satir

by 1:21 AM 0 comments
sekali lagi mohon maaf kepada pembaca, karena sedikitnya waktu yang saya miliki, maka artikel yang saya ambil dari wikipedia ini belum sembat saya edit dan perbaiki terjemahannya. kalau saya sudah ada waktu, pasti akan saya perbaiki artikel ini. terimakasih...


Satir adalah genre sastra, dan seni grafis dan kadang-kadang tampil, di mana kejahatan, kebodohan, pelanggaran, dan kekurangan yang tidak masuk akal, idealnya dengan maksud mempermalukan individu, perusahaan, pemerintah atau masyarakat itu sendiri, dalam perbaikan. [1 ] Meskipun satir biasanya dimaksudkan untuk menjadi lucu, tujuannya lebih sering kritik sosial yang konstruktif, menggunakan kecerdasan sebagai senjata dan sebagai alat untuk menarik perhatian kepada masalah-masalah tertentu dan lebih luas dalam masyarakat.



Sebuah fitur sindiran adalah ironi yang kuat atau sarcasm- "di satir, ironi adalah militan" [2] -tapi parodi, olok-olok, berlebihan, [3] penjajaran, perbandingan, analogi, dan makna ganda semua sering digunakan dalam pidato satir dan menulis . Ini "militan" ironi atau sarkasme sering mengaku menyetujui (atau setidaknya menerima sebagai alam) sangat satiris hal yang ingin menyerang.

Sindiran ini saat ditemukan dalam berbagai bentuk artistik ekspresi, termasuk sastra, drama, komentar, acara televisi, dan media seperti lirik.

Isi [hide]
1 Etimologi dan akar
2 Satir dan humor
3 fungsi sosial dan psikologis
4 Klasifikasi satir
4.1 Horatian, Juvenalian, Menippean
4.1.1 Horatian
4.1.2 Juvenalian
4.2 Satir vs menggoda
4.3 Klasifikasi berdasarkan topik
4.4 Klasifikasi berdasarkan media
5 Pembangunan
5.1 Mesir Kuno
5.2 Yunani Kuno
5.3 Romawi
5.4 dunia Islam Abad Pertengahan
5.5 Abad Pertengahan Eropa
5.6 Awal satir Barat modern
5.7 Abad Pencerahan
5.8 Satir di Inggris Victorian
5.9 20 satir abad
5.10 satir Kontemporer
6 Teknik
7 Status hukum
8 Sensor dan kritik dari satir
8.1 argumen Khas
8.1.1 Bad rasa
8.1.2 Penargetan korban
8.1.3 Romantis prasangka
8.2 Sejarah oposisi terhadap satir terkenal
8.2.1 1599 larangan buku
8.2.2 polemik abad ke-21
9 nubuatan Satir
10 Lihat juga
11 Catatan
12 Referensi
13 Bibliografi
14 Bacaan lebih lanjut
15 Pranala luar
Etimologi dan akar [sunting]
Kata sindiran berasal dari kata Latin Satur dan Satura frase lanx berikutnya. Satur berarti "penuh" tapi penjajaran dengan lanx bergeser makna untuk "varia atau medley": ". Hidangan penuh dengan berbagai jenis buah-buahan" yang Satura ekspresi lanx harfiah berarti [4]

The Satura kata seperti yang digunakan oleh Quintilian, bagaimanapun, digunakan untuk menunjukkan hanya sindiran ayat Romawi, sebuah genre yang ketat yang dikenakan bentuk heksameter, genre sempit daripada apa yang akan kemudian dimaksudkan sebagai sindiran. [4] [5] Quintilian terkenal mengatakan bahwa Satura , yang merupakan sindiran dalam ayat-ayat heksameter, adalah sebuah genre sastra asal sepenuhnya Romawi (Satura tota nostra est). Dia menyadari dan mengomentari satir Yunani, tetapi pada saat itu tidak memberi label seperti itu, meskipun saat ini asal sindiran dianggap Aristophanes 'Old Comedy. Kritikus pertama yang menggunakan sindiran dalam arti yang lebih luas modern adalah Apuleius. [4]

Untuk Quintilian, sindiran adalah bentuk sastra yang ketat, tetapi istilah segera melarikan diri dari definisi sempit yang asli. Robert Elliott menulis:

Begitu kata benda memasuki domain metafora, sebagai salah satu sarjana modern telah menunjukkan, clamours perpanjangan; dan Satura (yang telah tidak verbal, adverbial, atau bentuk kata sifat) segera diperluas dengan apropriasi dari kata Yunani untuk "satir" (satyros) dan turunannya. Hasil aneh adalah bahwa "sindiran" Bahasa Inggris berasal dari Satura Latin; tapi "menyindir", "menyindir", dll, adalah asal Yunani. Sekitar abad ke-4 Masehi penulis satir kemudian dikenal sebagai satyricus; St. Jerome, misalnya, disebut oleh salah satu musuh-musuhnya 'a satiris dalam prosa' ('scriptor satyricus di Prosa'). Modifikasi ortografi berikutnya dikaburkan asal Latin sindiran kata: '. Satyre' Satura menjadi satyra, dan di Inggris, pada abad ke-16, itu ditulis [1]

Kata sindiran berasal dari Satura, dan asal-usulnya tidak dipengaruhi oleh sosok mitologi Yunani satir. [6] Pada abad ke-17, filolog Isaac Casaubon adalah yang pertama untuk sengketa etimologi sindiran dari satir, bertentangan dengan kepercayaan up saat itu [7] Meskipun asal terpisah, sindiran berbagi sifat subversif dari satyr sendiri, yang merupakan kekuatan bertentangan dengan kesopanan, sopan santun, dan peradaban itu sendiri..

Satir dan humor [sunting]
Tertawa bukan merupakan komponen penting dari sindiran; [8] sebenarnya ada jenis satir yang tidak dimaksudkan untuk menjadi "lucu" sama sekali. Sebaliknya, tidak semua humor, bahkan pada topik-topik seperti politik, agama atau seni niscaya "satir", bahkan ketika menggunakan alat-alat satir ironi, parodi, dan olok-olok.

Bahkan cahaya-hati satir memiliki serius "setelah-rasa": penyelenggara Ig Nobel menggambarkan ini sebagai "pertama membuat orang tertawa, dan kemudian membuat mereka berpikir" [9].

Fungsi sosial dan psikologis [sunting]
Satir dan ironi dalam beberapa kasus telah dianggap sebagai sumber yang paling efektif untuk memahami suatu masyarakat, bentuk tertua dari studi sosial. [10] Mereka menyediakan wawasan paling tajam ke dalam jiwa kolektif suatu kelompok, mengungkapkan nilai-nilai dan selera yang sedalam-dalamnya, dan masyarakat dunia struktur kekuasaan. [11] [12] Beberapa penulis telah menganggap satir sebagai unggul disiplin non-komik dan non-artistik seperti sejarah atau antropologi. [10] [13] [14] Dalam sebuah contoh yang menonjol dari Yunani Kuno, filsuf Plato , ketika ditanya oleh seorang teman untuk sebuah buku untuk memahami masyarakat Athena, dirujuk ke drama Aristophanes. [15] [16]

Secara historis, satir telah memenuhi kebutuhan populer untuk menghilangkan prasangka dan ejekan para tokoh dalam politik, ekonomi, agama dan alam terkemuka lainnya kekuasaan. [17] Satires menghadapi wacana publik dan kolektif imajiner, bermain sebagai penyeimbang opini publik untuk kekuasaan (menjadi politik, ekonomi, agama, simbolik, atau sebaliknya), dengan menantang para pemimpin dan penguasa. Misalnya, memaksa pemerintah untuk mengklarifikasi, mengubah atau menetapkan kebijakan mereka. Pekerjaan Satir adalah untuk mengekspos masalah dan kontradiksi, dan itu tidak berkewajiban untuk menyelesaikannya. [18] Karl Kraus diatur dalam sejarah satir contoh yang menonjol dari peran satiris sebagai cofronting wacana publik. [19]

Untuk sifat dan peran sosial, satir telah menikmati di banyak masyarakat lisensi kebebasan khusus untuk mengejek individu dan lembaga terkemuka. [20] Dorongan menyindir, dan ekspresi ritual nya, melaksanakan fungsi menyelesaikan ketegangan sosial. [21] Lembaga seperti badut ritual, dengan memberikan ekspresi dengan kecenderungan antisosial, merupakan katup pengaman yang membangun kembali keseimbangan dan kesehatan di kolektif imajiner, yang terancam oleh aspek represif masyarakat. [22] [23]

Keadaan satire politik dalam suatu masyarakat tertentu mencerminkan intoleransi atau intoleransi yang menjadi ciri khas itu, [17] dan keadaan kebebasan sipil dan hak asasi manusia. Di bawah rezim totaliter setiap kritik dari sistem politik, dan terutama satir, ditekan. Sebuah contoh sederhana adalah Uni Soviet di mana para pembangkang, seperti Aleksandr Solzhenitsyn dan Andrei Sakharov berada di bawah tekanan kuat dari pemerintah. Sementara satir kehidupan sehari-hari di Uni Soviet diizinkan, yang satiris paling menonjol yang Arkady Raikin, satir politik ada dalam bentuk anekdot. [24] yang mengolok-olok pemimpin politik Soviet, khususnya Brezhnev, terkenal karena sempit mindness dan cinta untuk penghargaan dan dekorasi.

Klasifikasi satir [sunting]
Satir adalah genre beragam yang kompleks untuk mengklasifikasikan dan menentukan, dengan berbagai menyindir "mode". [25] [26]

Horatian, Juvenalian, Menippean [sunting]

"Le satir e l'epistole di Q. Orazio Flacco", dicetak pada tahun 1814.
Literatur satir dapat umumnya dikategorikan sebagai Horatian, Juvenalian, atau Menippean. [27]

Horatian [sunting]
Satir Horatian, nama untuk satiris Romawi Horace (65-8 SM), main-main mengkritik beberapa wakil sosial melalui lembut, ringan, dan cahaya-hati humor. Mengarahkan kecerdasan, berlebihan, dan humor yang mencela diri ke arah apa yang mengidentifikasi sebagai kebodohan, daripada kejahatan. Nada simpatik Horatian sindiran adalah umum dalam masyarakat modern. [28]

contoh:

The Ig Hadiah Nobel.
Bierce, Ambrose, Kamus Setan.
Defoe, Daniel, yang benar-Born Inggris.
The Savoy Opera Gilbert dan Sullivan.
Gogol, Nikolai, Souls Mati.
Groening, Matthew 'Matt', The Simpsons.
Kubrick, Stanley, Dr. Strangelove.
Lewis, Clive Staples, The Screwtape Letters.
Mercer, Richard 'Rick', The Rick Mercer Report.
Paus, Alexander, The Rape of the Lock.
Merampok, Reiner, This Is Spinal Tap.
Twain, Mark, Adventures of Huckleberry Finn.
Juvenalian [sunting]
Satir Juvenalian, dinamai Romawi satiris Juvenal (akhir abad ke-1 - awal abad ke-2), lebih menghina dan kasar daripada Horatian. Satir Juvenalian alamat kejahatan sosial melalui cemoohan, kemarahan, dan ejekan buas. Bentuk ini sering pesimis, ditandai dengan ironi, sarkasme, kemarahan moral dan makian pribadi, dengan kurang penekanan pada humor. Sangat terpolarisasi satir politik sering Juvenalian. Juga lihat: Satires of Juvenal.

contoh:

Barnes, Julian, Inggris, Inggris.
Bradbury, Ray, Fahrenheit 451.
Bulgakov, Mikhail, Heart of Anjing.
Burgess, Anthony, A Clockwork Orange.
Burroughs, William, Naked Lunch.
Ellis, Bret Easton, American Psycho.
Golding, William, Lord of the Flies.
Hall, Yusuf, Virgidemiarum.
Heller, Joseph, Catch-22.
Huxley, Aldous, Brave New World.
Johnson, Samuel, London adaptasi dari Juvenal, Satire Ketiga.
Mencken, HL, libido untuk Ugly.
Morris, Chris, Brasseye.
---, The Day Today.
Orwell, George, Nineteen Eighty-Four.
Orwell, George, Animal Farm.
Swift, Jonathan, A Proposal Sederhana.
Zamyatin, Yevgeny, Kami.
Voltaire, Candide.
Sindiran vs menggoda [sunting]
Dalam sejarah teater selalu ada konflik antara keterlibatan dan pelepasan pada politik dan isu yang relevan, antara satir dan aneh di satu sisi, dan bercanda dengan menggoda di sisi lain. [29] Max Eastman mendefinisikan spektrum satir dalam hal "derajat menggigit", seperti mulai dari sindiran yang tepat pada hot-end, dan "bercanda" di violet-end; Eastman mengadopsi istilah bercanda untuk menunjukkan apa yang hanya satir dalam bentuk, tetapi tidak benar-benar menembaki target. [30] pemenang Nobel dramawan satir Dario Fo menunjukkan perbedaan antara satir dan menggoda (sfottò). [31] Menggoda adalah sisi reaksioner komik, membatasi dirinya untuk parodi dangkal penampilan fisik; efek samping menggoda adalah bahwa hal itu memanusiakan dan menarik simpati bagi individu yang kuat terhadap yang diarahkan. Sindiran bukan menggunakan komik untuk melawan kekuasaan dan penindasan, memiliki karakter subversif, dan dimensi moral yang menarik hukuman atas target perusahaan. [32] [33] [34] [35] Fo merumuskan kriteria operasional untuk memberitahu sindiran nyata dari sfottò, mengatakan bahwa satir nyata membangkitkan reaksi marah dan kekerasan, dan bahwa semakin mereka mencoba untuk menghentikan Anda, semakin baik pekerjaan yang Anda lakukan. [36] secara historis, orang-orang dalam posisi kekuasaan telah menyambut dan mendorong periang lawak, sementara orang-orang modern dalam posisi kekuasaan telah mencoba untuk menyensor, mengucilkan dan menekan satir. [29] [32]

Menggoda (sfottò) adalah bentuk kuno lawak sederhana, bentuk komedi tanpa subversif tepi satir ini. Menggoda termasuk ringan dan parodi sayang, baik periang ejekan, sederhana satu dimensi menusuk menyenangkan, parodi jinak. Menggoda biasanya terdiri dalam peniruan seseorang monkeying sekitar dengan atribut-nya eksterior, tics, noda fisik, suara dan tingkah laku, kebiasaan, cara berpakaian dan berjalan, frase yang biasanya mengulangi. Sebaliknya, menggoda tidak pernah menyentuh inti masalah, tidak pernah membuat kritik serius menilai target dengan ironi; itu tidak pernah merugikan target perilaku, ideologi dan posisi kekuasaan; tidak pernah merusak persepsi moralitas dan dimensi budaya. [32] [34] Sfottò diarahkan individu yang kuat, membuatnya tampil lebih manusia dan menarik simpati terhadapnya. [37] Hermann Göring disebarkan jests dan lelucon terhadap dirinya sendiri, dengan bertujuan memanusiakan citranya. [38] [39]

Klasifikasi berdasarkan topik [sunting]
Jenis satir juga dapat diklasifikasikan sesuai dengan topik yang berhubungan dengan. Dari zaman awal, setidaknya sejak drama Aristophanes, topik utama satir sastra telah politik, agama dan seks. [40] [41] [42] [43] Hal ini sebagian karena ini adalah masalah yang paling mendesak yang mempengaruhi siapa pun yang tinggal di masyarakat, dan sebagian lagi karena topik ini biasanya tabu. [40] [44] di antaranya, politik dalam arti yang lebih luas dianggap sebagai topik unggulan dari satir. [44] satir yang menargetkan para ulama adalah jenis satir politik, sementara satir agama adalah yang menargetkan keyakinan agama. [45] satir seks mungkin tumpang tindih dengan komedi biru, off-warna humor dan kontol lelucon.

Scatology memiliki hubungan sastra panjang dengan sindiran, [40] [46] [47] karena merupakan modus klasik aneh, tubuh aneh dan menyindir aneh. [40] [48] Sial memainkan peranan penting dalam satir karena itu melambangkan kematian, kotoran menjadi "obyek mati akhir." [46] [47] perbandingan satir individu atau lembaga dengan kotoran manusia, menghadapkan mereka "inertness melekat, korupsi dan mati-rupa." [46] [49] [50] badut ritual masyarakat badut, seperti antara Indian Pueblo, memiliki upacara dengan kotoran-makan. [51] [52] dalam budaya lain, dosa-makan merupakan ritus apotropaic di mana dosa-eater (juga disebut kotoran -eater), [53] [54] dengan menelan makanan yang disediakan, mengambil "pada dirinya dosa berangkat." [55] Satire tentang kematian tumpang tindih dengan humor hitam, tiang gantungan humor.

Klasifikasi lain oleh topik, adalah perbedaan antara satir politik, satir agama dan sindiran dari sopan santun. [56] satir politik kadang-kadang disebut satir topikal, satir tata krama kadang-kadang disebut satir kehidupan sehari-hari, dan sindiran agama kadang-kadang disebut satir filosofis. Komedi tata krama, kadang-kadang juga disebut satir tata krama, cara hidup orang biasa mengkritik; satir politik bertujuan perilaku, sopan santun politisi, dan keburukan dari sistem politik; satir filosofis memiliki sebagai objek kejahatan global yang melekat pada manusia. [rujukan?] Secara historis, Comedy tata krama, yang pertama kali muncul di teater Inggris pada tahun 1620, telah secara tidak kritis menerima kode sosial kelas atas. [57] Komedi pada umumnya menerima aturan main sosial, sementara satir merongrong mereka. [58]

Analisis lain dari sindiran adalah spektrum nada kemungkinan nya:. Wit, ejekan, ironi, sarkasme, sinisme, yang sinis dan makian [59] [60]

Klasifikasi oleh media [sunting]
Sindiran ditemukan tidak hanya dalam bentuk sastra yang ditulis. Dalam budaya yang belum melek huruf memanifestasikan itselfs dalam bentuk ritual dan rakyat, serta cerita penipu dan puisi lisan. [21]

Tampaknya juga dalam seni grafis, musik, patung, tari, strip kartun, grafiti. Contohnya adalah patung Dada, Pop Art bekerja, musik Gilbert dan Sullivan dan Erik Satie, punk dan musik rock. [21] Dalam budaya media modern, stand-up comedy adalah enklave di mana satir dapat diperkenalkan ke media massa, menantang arus utama wacana. [21] daging panggang Comedy, festival pura-pura, dan stand-up komedian di klub malam dan konser, adalah bentuk modern dari ritual menyindir kuno. [21]


Pembangunan [sunting]
Mesir Kuno [sunting]

Papirus Satir di museum Inggris

Satir Ostraca menunjukkan Cat menjaga angsa c1120 SM, Mesir.

Ostracon Figur Menampilkan Kucing Menunggu pada Mouse, Mesir
Salah satu contoh awal dari apa yang kita sebut satir, The Satire of the Trades, [61] secara tertulis Mesir dari awal milenium ke-2 SM. Pembaca jelas teks ini adalah mahasiswa, lelah belajar. Ini berpendapat bahwa banyak mereka sebagai ahli-ahli Taurat berguna, dan banyak mereka jauh lebih tinggi dari manusia biasa. Cendekiawan seperti Helck [62] berpikir bahwa konteks itu dimaksudkan untuk menjadi serius.

Papyrus Anastasi I [63] (akhir milenium ke-2 SM) berisi surat satir yang pertama memuji kebajikan penerimanya, tapi kemudian mengolok-olok pengetahuan dan prestasi sedikit pembaca.

Yunani Kuno [sunting]
Orang-orang Yunani tidak punya kata untuk apa yang kemudian akan disebut "satir", meskipun istilah sinisme dan parodi yang digunakan. Kritikus modern menyebut dramawan Yunani Aristophanes salah satu satiris awal paling dikenal: dramanya dikenal karena komentar politik dan sosial kritis mereka, [64] terutama untuk satir politik yang ia mengkritik Cleon kuat (seperti dalam The Knights). Dia juga terkenal karena penganiayaan ia menjalani. [64] [65] [66] [67] Aristophanes 'memainkan berbalik pada gambar kotoran dan penyakit. [68] gaya mesum Nya diadopsi oleh Yunani sandiwara-komedian Menander. Nya awal bermain Mabuk berisi serangan terhadap politisi Callimedon.

Bentuk tertua dari sindiran masih digunakan adalah sindiran Menippean oleh Menippus dari Gadara. Tulisan-tulisannya sendiri hilang. Contoh dari pengagum dan peniru nya campuran keseriusan dan ejekan dalam dialog dan parodi hadir sebelum latar belakang dari cacian. Pembaca dimaksudkan untuk mempertanyakan kebenaran disetujui pengetahuan reformasi. [Rujukan?] Seperti dalam kasus Aristophanes memainkan, satir menippean berbalik pada gambar kotoran dan penyakit. [68]

Romawi [sunting]
Romawi pertama yang membahas sindiran kritis adalah Quintilian, yang menemukan istilah untuk menggambarkan tulisan-tulisan Lucilius. Kedua satiris Romawi kuno yang paling menonjol dan berpengaruh adalah Horace dan Juvenal, yang menulis selama hari-hari awal Kekaisaran Romawi. Satiris penting lainnya dalam bahasa Latin kuno Lucilius dan Persius ketika. Satir dalam pekerjaan mereka jauh lebih luas daripada dalam pengertian modern dari kata, termasuk fantastis dan sangat berwarna tulisan lucu dengan sedikit atau tanpa maksud mengejek nyata. Ketika Horace mengkritik Augustus, ia menggunakan terselubung istilah ironis. Sebaliknya, Pliny melaporkan bahwa 6 abad SM penyair Hipponax menulis satirae yang begitu kejam bahwa tersinggung menggantung diri. [69]

Dunia Islam abad pertengahan [sunting]
Artikel utama: satir Arab dan sindiran Persia
Puisi Arab abad pertengahan termasuk genre hija menyindir. Sindiran diperkenalkan ke literatur prosa Arab oleh penulis Afro-Arab Al-Jahiz pada abad ke-9. Sementara berurusan dengan topik serius dalam apa yang sekarang dikenal sebagai antropologi, sosiologi dan psikologi, ia memperkenalkan pendekatan satir, "berdasarkan pada premis bahwa, bagaimanapun serius subjek laporan, itu bisa dibuat lebih menarik dan dengan demikian mencapai efek yang lebih besar, jika hanya satu beragi benjolan dari kesungguhan dengan menyisipkan sebuah anekdot lucu sedikit atau dengan melempar dari beberapa pengamatan lucu atau paradoks. dia sangat menyadari bahwa, dalam mengobati tema baru dalam prosanya bekerja, ia harus menggunakan kosakata . alam yang lebih akrab di hija, puisi satir "[70] misalnya, dalam salah satu karya zoologi, ia satir preferensi untuk ukuran penis manusia lagi, menulis:" Jika panjang penis adalah tanda kehormatan, maka keledai akan menjadi milik (suku terhormat) Quraisy ". Cerita satir lain berdasarkan preferensi ini adalah kisah Arabian Nights disebut "Ali dengan Large Anggota". [71]

Pada abad ke-10, penulis Tha'alibi mencatat puisi satir yang ditulis oleh penyair Arab As-Salami dan Abu Dulaf, dengan As-Salami memuji luasnya macam Abu Dulaf tentang pengetahuan dan kemudian mengejek kemampuannya dalam semua mata pelajaran ini, dan dengan Abu Dulaf menanggapi kembali dan satir As-Salami imbalan. [72] contoh satir politik Arab termasuk lain penyair abad ke-10 Jarir satir Farazdaq sebagai "pelanggar syariat" dan kemudian penyair Arab pada gilirannya menggunakan istilah "Farazdaq-seperti" sebagai bentuk sindiran politik. [73]

Istilah "komedi" dan "satir" menjadi sinonim setelah Poetics Aristoteles diterjemahkan ke dalam bahasa Arab di dunia Islam abad pertengahan, di mana ia diuraikan oleh para filsuf Islam dan penulis, seperti Abu Bischr, muridnya Al-Farabi, Ibnu Sina, dan Averroes . Karena perbedaan budaya, mereka memisahkan komedi dari representasi dramatis Yunani dan bukannya diidentifikasi dengan tema puitis Arab dan bentuk, seperti hija (puisi satir). Mereka melihat komedi sebagai hanya "seni celaan", dan tidak menyinggung cahaya dan acara ceria, atau awal bermasalah dan happy ending, terkait dengan komedi Yunani klasik. Setelah terjemahan Latin dari abad ke-12, istilah "komedi" demikian memperoleh makna semantik baru dalam literatur Medieval. [74]

Ubayd Zakani memperkenalkan satir dalam literatur Persia pada abad ke-14. Karyanya yang terkenal karena satir dan ayat-ayat cabul, sering politik atau mesum, dan sering dikutip dalam perdebatan yang melibatkan praktek homoseksual. Dia menulis Resaleh-ye Delgosha, serta Akhlaq al-Ashraf ("Etika aristokrasi") dan dongeng lucu yang terkenal Masnawi Mush-O-Gorbeh (Mouse dan Cat), yang merupakan sindiran politik. Non-satir ayat serius klasiknya juga telah dianggap sebagai sangat baik tertulis, di liga dengan karya-karya besar lainnya sastra Persia. Antara 1905 dan 1911, Bibi Khatoon Astarabadi dan penulis Iran lainnya menulis satir terkenal.

Abad pertengahan Eropa [sunting]
Pada Abad Pertengahan Awal, contoh sindiran adalah lagu-lagu oleh Goliards atau vagants sekarang dikenal sebagai sebuah antologi disebut Carmina Burana dan dibuat terkenal sebagai teks dari komposisi oleh komposer abad ke-20 Carl Orff. Puisi satir diyakini telah populer, meskipun sedikit yang selamat. Dengan munculnya Internet Abad Pertengahan dan kelahiran sastra vernakular modern di abad ke-12, itu mulai digunakan lagi, terutama oleh Chaucer. Cara tidak sopan dianggap "kristiani" dan diabaikan tapi untuk sindiran moral, yang mengejek perilaku dalam hal Kristen. Contohnya adalah Livre des Manières oleh Étienne de Fougères (fr) (~ 1178), dan beberapa Chaucer Canterbury Tales. The epos diejek, dan bahkan masyarakat feodal, tapi ada hampir tidak kepentingan umum dalam genre.

Dua satiris besar Eropa pada masa Renaisans yang Giovanni Boccaccio dan François Rabelais. Contoh lain dari Renaissance satir termasuk Till Eulenspiegel, Reynard Fox, Sebastian Brant Narrenschiff (1494), Erasmus 'Moriae Encomium (1509) dan Thomas More Utopia (1516).

Awal satir Barat modern [sunting]

Pieter Bruegel ini 1.568 lukisan satir The Blind Memimpin Blind.
Komentar sosial langsung melalui satir kembali dengan dendam di abad ke-16, ketika teks lucu seperti karya François Rabelais ditangani masalah yang lebih serius (dan mendatangkan murka mahkota sebagai hasilnya).

The Elizabethan (yaitu abad ke-16 Inggris) penulis memikirkan sindiran yang terkait dengan terkenal kasar, kasar dan tajam bermain satir. Elizabethan "satir" (biasanya dalam bentuk pamflet) karena itu mengandung pelecehan lebih mudah daripada ironi halus. The French Huguenot Isaac Casaubon menunjukkan di tahun 1605 yang satir dengan cara Romawi adalah sesuatu yang sama sekali lebih beradab. Casaubon ditemukan dan dipublikasikan menulis Quintilian dan disajikan makna asli dari istilah (Satira, tidak satir), dan rasa wittiness (mencerminkan "Dishfull buah") menjadi lebih penting lagi. Abad ke-17 Inggris satir sekali lagi ditujukan pada "perubahan keburukan" (Dryden).

Dalam tahun 1590-an gelombang baru ayat satir pecah dengan penerbitan Hall Virgidemiarum, enam buku dari satir ayat menargetkan segala sesuatu dari mode sastra untuk bangsawan korup. Meskipun Donne sudah beredar satir dalam naskah, Hall adalah upaya nyata pertama dalam bahasa Inggris ayat satir pada model Juvenalian. [75] [Halaman diperlukan] Keberhasilan karyanya dikombinasikan dengan suasana nasional kekecewaan di tahun-tahun terakhir Elizabeth pemerintahan memicu longsoran sindiran - banyak yang kurang sadar model klasik dari Hall -. sampai fashion dibawa ke berhenti mendadak oleh sensor [a]

Abad Pencerahan [sunting]
Era Pencerahan, sebuah gerakan intelektual pada abad advokasi rasionalitas ke-17 dan ke-18, menghasilkan kebangkitan besar satir di Inggris. Hal ini dipicu oleh munculnya politik partisan, dengan formalisasi Tory dan Whig pihak - dan juga, pada tahun 1714, dengan pembentukan Scriblerus Club, yang termasuk Alexander Pope, Jonathan Swift, John Gay, John Arbuthnot, Robert Harley , Thomas Parnell, dan Henry St John, 1 Viscount Bolingbroke. Klub ini termasuk beberapa dari satiris terkenal dari awal abad ke-18 Inggris. Mereka memusatkan perhatian mereka pada Martinus Scriblerus, "sebuah belajar bodoh diciptakan ... yang karyanya mereka disebabkan semua yang membosankan, berpikiran sempit, dan bertele-tele dalam keilmuan kontemporer". [77] Di tangan mereka satir yang cerdik dan menggigit lembaga dan individu menjadi senjata populer. Pergantian abad ke-18 ditandai dengan beralih dari Horatian, lembut, pseudo-satir, untuk menggigit "Juvenal" satir. [78]

Jonathan Swift adalah salah satu yang terbesar dari satiris Anglo-Irlandia, dan salah satu yang pertama untuk berlatih satir jurnalistik modern. Misalnya, Dalam Proposal Sederhana nya Swift menunjukkan bahwa petani Irlandia didorong untuk menjual anak-anak mereka sendiri sebagai makanan untuk orang kaya, sebagai solusi untuk "masalah" kemiskinan. Tujuannya adalah tentu saja untuk menyerang tidak peduli pada penderitaan orang yang sangat miskin. Dalam bukunya Perjalanan Gulliver ia menulis tentang kelemahan dalam masyarakat manusia dalam masyarakat umum dan bahasa Inggris pada khususnya. John Dryden menulis esai berpengaruh berjudul "A Wacana Mengenai Asli dan Kemajuan Satir" [79] yang membantu memperbaiki definisi sindiran dalam dunia sastra. Nya menyindir Mac Flecknoe ditulis dalam menanggapi persaingan dengan Thomas Shadwell dan akhirnya terinspirasi Alexander Pope menulis satir The Rape-nya dari Lock. Karya satir lainnya oleh Paus termasuk Surat Dr Arbuthnot.

Daniel Defoe mengejar jenis yang lebih jurnalistik sindiran, yang terkenal karena yang benar-Born Inggris yang mengolok-olok patriotisme xenophobia, dan The Shortest-Way dengan Ingkar - advokasi toleransi beragama dengan cara berlebihan ironis dari sikap yang sangat toleran terhadap waktu .

Ebenezer Cooke (1665-1732), penulis "The Sot-Weed Factor" (1708), merupakan salah satu penjajah Amerika pertama yang menulis sindiran sastra. Benjamin Franklin (1706-1790) dan lain-lain mengikuti, menggunakan sindiran untuk membentuk budaya bangsa yang muncul melalui indra konyol.

Satir di Inggris Victoria [sunting]
Beberapa makalah menyindir bersaing untuk perhatian publik di era Victoria (1837-1901) dan periode Edwardian, seperti Punch (1841) dan Fun (1861).

Mungkin contoh yang paling abadi satir Victorian, bagaimanapun, dapat ditemukan di Savoy Opera Gilbert dan Sullivan. Bahkan, di The yeomen dari Guard, badut yang diberikan garis yang melukiskan gambaran yang sangat rapi dari metode dan tujuan satiris, dan mungkin hampir dianggap sebagai pernyataan tujuan Gilbert sendiri:

"Saya dapat mengatur pembual quailing dengan sindiran yang,
The pemula saya bisa layu dengan kemauan;
Dia mungkin memakai tertawa gembira atas bibirnya,
Tapi tawanya memiliki gema yang muram! "
Novelis seperti Charles Dickens sering digunakan bagian tulisan menyindir dalam perlakuan mereka terhadap isu-isu sosial.

Pada periode yang sama, di Amerika Serikat, Mark Twain (1835-1910) adalah seorang satiris besar Amerika: novelnya Huckleberry Finn (1884) diatur dalam sebelum perang Selatan, di mana nilai-nilai moral Twain ingin mempromosikan benar-benar dihidupkan mereka kepala. Pahlawannya, Huck, adalah anak agak sederhana tapi goodhearted yang malu karena "godaan dosa" yang membawa dia untuk membantu budak yang melarikan diri. Bahkan hati nuraninya, menyesatkan oleh dunia moral yang menyimpang ia telah tumbuh di, sering mengganggu dia paling ketika dia di terbaik. Ironisnya, ia siap untuk berbuat baik, percaya itu salah.

Twain muda kontemporer Ambrose Bierce (1842-1913) menjadi terkenal sebagai sinis, pesimis dan humoris hitam dengan gelap, pahit cerita ironis, banyak set selama Perang Saudara Amerika, yang satir keterbatasan persepsi manusia dan alasan. Karya paling terkenal Bierce tentang sindiran mungkin Kamus Setan (1906), di mana definisi tidak bisa pura-pura, kemunafikan dan menerima kebijaksanaan.

Abad ke-20 satir [sunting]
Karl Kraus dianggap yang pertama satiris besar Eropa sejak Jonathan Swift. [19] Dalam literatur abad ke-20, satir digunakan oleh penulis seperti Aldous Huxley (1930) dan George Orwell (1940), yang di bawah inspirasi Rusia 1921 Novel Zamyatin We , membuat komentar-komentar yang serius dan bahkan menakutkan tentang bahaya perubahan sosial menyapu terjadi di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Banyak kritikus sosial saat itu, seperti Dorothy Parker dan HL Mencken, digunakan satir sebagai senjata utama mereka, dan Mencken khususnya terkenal karena yang mengatakan bahwa "satu kuda-tertawa bernilai sepuluh ribu silogisme" dalam persuasi publik untuk menerima kritik. Novelis Sinclair Lewis dikenal karena kisah-kisah satir nya seperti Babbitt (1922), Main Street (1920), dan Tidak Bisa Terjadi di Sini (1935). Buku-bukunya sering dieksplorasi dan satir nilai-nilai Amerika kontemporer. Film The Great Dictator (1940) oleh Charlie Chaplin adalah parodi dari Adolf Hitler; Chaplin kemudian menyatakan bahwa ia akan tidak membuat film jika dia tahu tentang kamp-kamp konsentrasi. [80]


Benzino Napaloni dan Adenoid Hynkel di The Great Dictator (1940). Chaplin kemudian menyatakan bahwa ia akan tidak membuat film jika dia tahu tentang kamp-kamp konsentrasi. [80]
Di Amerika Serikat tahun 1950-an, satir diperkenalkan ke Amerika stand-up comedy paling menonjol oleh Lenny Bruce dan Mort Sahl. [21] Ketika mereka menantang tabu dan kebijaksanaan konvensional saat itu, yang dikucilkan oleh media massa pembentukan komedian sebagai sakit. Pada periode yang sama, majalah Paul Krassner The Realis mulai diterbitkan, menjadi sangat populer selama tahun 1960-an dan awal 1970-an di kalangan masyarakat tandingan; itu artikel dan kartun yang biadab, satir menggigit politisi seperti Lyndon Johnson dan Richard Nixon, Perang Vietnam, Perang Dingin dan Perang terhadap Narkoba. Tokoh menyindir stand-up comedian George Carlin mengakui pengaruh The Realis telah di konversi 1970 untuk seorang komedian menyindir. [81] [82]


Peter Sellers di satir terkenal Dr. Strangelove (1964).
Sebuah merek lebih lucu dari satir menikmati kebangkitan di Inggris pada awal 1960-an dengan booming sindiran, yang dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Peter Cook, Alan Bennett, Jonathan Miller, dan Dudley Moore, yang menunjukkan tahap luar Fringe adalah hit tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Amerika Serikat. Pengaruh yang signifikan lainnya di tahun 1960-an satir Inggris termasuk David Frost, Eleanor Bron dan program televisi Itu Apakah Seminggu Itu Apakah. [Rujukan?]

Karya paling terkenal Joseph Heller, Catch-22 (1961), satirizes birokrasi dan militer, dan sering disebut sebagai salah satu karya sastra terbesar dari abad kedua puluh. [83] Film Dr. Strangelove dari tahun 1964 adalah sebuah satir populer di Perang Dingin.

Satir kontemporer [sunting]
Penggunaan populer kontemporer dari istilah "sindiran" sering sangat tidak tepat. Sementara satir sering menggunakan karikatur dan parodi, tidak berarti semua penggunaan ini atau perangkat lucu lainnya, menyindir. Mengacu pada definisi yang cermat dari satir yang mengepalai artikel ini.

Satir digunakan pada banyak program televisi Inggris, panel menunjukkan sangat populer dan kuis menunjukkan seperti Mock Minggu (2005) dan Apakah saya Got Berita untuk Anda (1990-sekarang). Demikian pula ditemukan pada kuis radio acara seperti The News Quiz (1977-sekarang) dan The Now Show (1998-sekarang).

Program televisi South Park (1997) bergantung hampir secara eksklusif pada sindiran untuk mengatasi masalah dalam budaya Amerika, dengan episode menangani anti-Semitisme, ateisme militan, homofobia, environmentalisme, budaya perusahaan, kebenaran politik dan anti-Katolik, di antara isu-isu lainnya.

Australia Chris Lilley menghasilkan seni komedi dalam gaya mockumentaries (Kami Bisa Heroes, Summer Heights Tinggi, Angry anak laki-laki) dan karyanya sering digambarkan sebagai sindiran sosial yang kompleks.

Budaya Amerika sangat menyambut sindiran, dengan banyak warga yang mendukung program televisi populer dan outlet sosial.


Stephen Colbert menyindir impersonates komentator televisi dogmatis dan merasa benar sendiri pada nya Program Comedy Central di Amerika Serikat.
Program televisi Stephen Colbert, The Colbert Report (2005), adalah mendidik dalam metode sindiran Amerika kontemporer. Karakter Colbert adalah komentator dogmatis dan benar sendiri yang, dalam wawancara TV-nya, mengganggu orang, poin dan mengibaskan jarinya pada mereka, dan "tanpa disadari" menggunakan sejumlah kesalahan logis. Dalam melakukannya, ia menunjukkan prinsip satire politik Amerika modern: ejekan dari tindakan politisi dan tokoh masyarakat lainnya dengan mengambil semua pernyataan dan keyakinan yang mengaku ke terjauh mereka (diduga) kesimpulan logis, sehingga mengungkapkan kemunafikan mereka dirasakan atau absurditas. Satir politik lainnya termasuk berbagai penyebab politik di masa lalu, termasuk yang relatif sukses Polandia Beer-Lovers Partai 'dan kandidat politik lelucon Molly Anjing [84] dan Brian Miner. [85]

Di Inggris, sebuah satiris modern yang populer adalah Sir Terry Pratchett, penulis seri buku Discworld internasional terlaris. Salah satu satiris Inggris yang paling terkenal dan kontroversial adalah Sir Chris Morris, co-penulis dan sutradara dari Four Lions.

Di Kanada, sindiran telah menjadi bagian penting dari adegan komedi. Stephen Leacock merupakan salah satu awal satiris Kanada terkenal, dan pada awal abad ke-20, ia mencapai ketenaran dengan menargetkan sikap hidup kota kecil. Dalam tahun-tahun terakhir, Kanada telah memiliki beberapa tokoh satir serial televisi dan acara radio. Beberapa, termasuk CODCO, The Royal Canadian Air lelucon, ini adalah itu, dan Jam ini memiliki 22 Menit kesepakatan langsung dengan berita saat ini dan tokoh politik, sementara yang lain, seperti Sejarah Bites sindiran sosial kontemporer hadir dalam konteks peristiwa dan tokoh-tokoh dalam sejarah . The Canadian organisasi Kanada News Network memberikan komentar pada berita acara kontemporer yang terutama Kanada di alam. Penulis lagu Kanada Nancy Putih menggunakan musik sebagai kendaraan untuk satir, dan lagu-lagu rakyat komik nya secara teratur dimainkan di CBC Radio.

Kartunis sering menggunakan satir serta humor lurus. Al Capp yang satir komik Li'l Abner disensor pada bulan September 1947. Kontroversi, seperti yang dilaporkan dalam Time, berpusat pada penggambaran Capp murah dari Senat AS. Kata Edward Leech dari Scripps-Howard, "Kami tidak berpikir itu adalah editing yang baik atau kewarganegaraan suara untuk gambar Senat sebagai kumpulan dari orang-orang aneh dan penjahat ... payudara dan tak diinginkan." [86] Walt Kelly Pogo itu juga disensor pada tahun 1952 lebih dari satir terbuka tentang Senator Joe McCarthy, karikatur dalam komik sebagai "Simple J. malarky". Garry Trudeau, yang komik strip Doonesbury berfokus pada satir dari sistem politik, dan memberikan merek dagang pandangan sinis pada event nasional. Trudeau mencontohkan humor dicampur dengan kritik. Baru-baru ini, salah satu karakter gay-nya menyesalkan bahwa karena ia tidak secara hukum menikah dengan pasangannya, ia dicabut dari "penderitaan indah" mengalami perceraian jahat dan menyakitkan seperti heteroseksual. Ini, tentu saja, satir klaim bahwa serikat gay akan merendahkan kesucian pernikahan heteroseksual.

Seperti beberapa pendahulunya sastra, banyak satir televisi baru-baru mengandung unsur yang kuat dari parodi dan karikatur; misalnya, animasi serial populer The Simpsons dan South Park kedua parodi keluarga modern dan kehidupan sosial dengan mengambil asumsi mereka yang ekstrim; keduanya telah menyebabkan penciptaan dari seri yang sama. Serta pengaruh murni lucu hal semacam ini, mereka sering sangat mengkritik berbagai fenomena dalam politik, kehidupan ekonomi, agama dan banyak aspek lain dari masyarakat, dan dengan demikian memenuhi syarat sebagai satir. Karena sifat animasi mereka, ini menunjukkan dapat dengan mudah menggunakan gambar tokoh masyarakat dan umumnya memiliki kebebasan yang lebih besar untuk melakukannya daripada menunjukkan konvensional menggunakan aktor hidup.

Palsu Berita juga merupakan bentuk yang sangat populer dari sindiran kontemporer, muncul dalam selebar berbagai format sebagai media berita itu sendiri: print (misalnya The Onion, Kanada News Network, Mata Swasta), radio (misalnya On kiamat), televisi (misalnya The Day Hari ini, The Daily Show, Kuningan Mata) dan web (misalnya Mindry.in, Scunt News, [87] Memalsukan News, El Koshary Hari ini, The Giant Serbet, [88] Sumber belum dikonfirmasi [89] dan situs web The Onion ini ). Satir lainnya berada di daftar satiris dan satir. Formulir internet-driven lain sindiran adalah untuk mencerca pemain internet yang buruk. Contoh dari hal ini adalah karakter meme internet Miranda Sings. [90] [91]

Dalam sebuah wawancara dengan Wikinews, Sean Mills, Presiden The Onion, kata surat marah parodi berita mereka selalu membawa pesan yang sama. "Ini apa pun mempengaruhi orang itu", kata Mills. "Jadi itu seperti, 'Aku suka kalau Anda membuat lelucon tentang pembunuhan atau perkosaan, tetapi jika Anda berbicara tentang kanker, baik saudara saya menderita kanker dan itu tidak lucu bagi saya." Atau orang lain bisa mengatakan, 'Kanker lucu, tapi jangan bicara tentang perkosaan karena sepupu saya mendapat diperkosa.' Mereka adalah contoh yang agak ekstrim, tetapi jika hal itu mempengaruhi seseorang secara pribadi, mereka cenderung lebih sensitif tentang hal itu. "[92]

Zhou Libo, komedian dari Shanghai, adalah satiris paling populer di Cina. Humor memiliki kepentingan kelas menengah orang dan telah terjual habis menunjukkan sejak naik ke ketenaran. Terutama pemain teater, Zhou mengatakan karyanya tidak pernah ditulis, sehingga dia berimprovisasi lelucon tentang peristiwa baru-baru. Dia sering mengolok-olok tokoh-tokoh politik yang mendukung


Teknik [sunting]
Satir sastra biasanya ditulis dari karya menyindir sebelumnya, mengulangi sebelumnya konvensi, commonplaces, sikap, situasi dan nada suara. [93] Melebih-lebihkan adalah salah satu teknik satir yang paling umum. [3]

Status hukum [sunting]
Untuk sifat dan peran sosial, satir telah menikmati di banyak masyarakat lisensi kebebasan khusus untuk mengejek individu dan lembaga terkemuka. [20] Di Jerman, [94] dan Italia [17] [95] satir dilindungi oleh konstitusi.

Sejak satir milik ranah seni dan ekspresi seni, itu manfaat dari batas keabsahan yang lebih luas daripada sekadar kebebasan informasi jenis jurnalistik. [95] Di beberapa negara tertentu "hak untuk satir" diakui dan batas-batasnya melampaui "tepat melaporkan "jurnalisme dan bahkan" hak untuk mengkritik. "[95] Satir manfaat tidak hanya dari perlindungan terhadap kebebasan berbicara, tetapi juga dengan budaya, dan bahwa untuk produksi ilmiah dan artistik. [17] [95]

Sensor dan kritik sindiran [sunting]
Deskripsi efek menggigit satir pada target termasuk 'berbisa', 'cutting', 'menyengat', [96] vitriol. Karena satir sering menggabungkan kemarahan dan humor, serta fakta bahwa itu alamat dan menimbulkan pertanyaan banyak isu-isu kontroversial, dapat amat menggelisahkan.

Argumen khas [sunting]
Karena pada dasarnya ironis atau sarkastis, satire sering disalahpahami. Sebuah kesalahpahaman yang khas adalah untuk membingungkan satiris dengan persona-nya. [97]

Bad rasa [sunting]
Tanggapan tak mengerti umum untuk satir termasuk jijik (tuduhan rasa miskin, atau bahwa "itu tidak lucu" misalnya), dengan gagasan bahwa satiris sebenarnya tidak mendukung ide-ide, kebijakan, atau orang-orang yang menyerang. Misalnya, pada saat publikasi, banyak orang salah paham tujuan Swift di A Proposal Sederhana, dengan asumsi itu menjadi rekomendasi serius termotivasi ekonomis kanibalisme.

Penargetan korban [sunting]
Beberapa kritikus Mark Twain melihat Huckleberry Finn sebagai rasis dan ofensif, hilang titik bahwa pengarangnya jelas dimaksudkan untuk menjadi satire (rasisme yang sebenarnya hanya satu dari sejumlah kekhawatiran dikenal Mark Twain diserang di Huckleberry Finn). [98] [99] kesalahpahaman yang sama diderita oleh karakter utama dari tahun 1960-an Inggris komedi televisi satir Till Death Do Kami Part. Karakter Alf Garnett (diperankan oleh Warren Mitchell) diciptakan untuk mengolok-olok jenis berpikiran sempit, rasis, sedikit Englander bahwa Garnett diwakili. Sebaliknya, karakternya menjadi semacam anti-pahlawan bagi orang-orang yang benar-benar setuju dengan pandangannya. Hal yang sama terjadi dalam hal karakter utama di Amerika TV Show All in the Family, Archie Bunker.

Komedi televisi satir Australia menunjukkan War The Chaser pada Semuanya telah menderita serangan berulang-ulang berdasarkan berbagai interpretasi yang dirasakan dari "target" serangan nya. The "Membuat Realistic Wish Foundation" sketsa (Juni 2009), yang menyerang dengan cara menyindir klasik heartlessness orang yang enggan untuk disumbangkan ke badan amal, secara luas ditafsirkan sebagai serangan terhadap Membuat Wish Foundation, atau bahkan sakit parah anak-anak dibantu oleh organisasi tersebut. Perdana Menteri waktu Kevin Rudd menyatakan bahwa Tim Chaser "harus menggantung kepala mereka karena malu". Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa "Saya tidak melihat itu, tapi itu sudah dijelaskan kepada saya. ... Tetapi memiliki pergi di anak-anak dengan penyakit terminal benar-benar di luar batas, benar-benar di luar batas." [100] Stasiun Televisi manajemen ditangguhkan pertunjukan selama dua minggu dan mengurangi musim ketiga sampai delapan episode.

Romantis prasangka [sunting]
Prasangka romantis terhadap sindiran adalah keyakinan yang disebarkan oleh gerakan romantis yang satir adalah sesuatu yang tidak layak perhatian serius; prasangka ini telah memegang pengaruh yang cukup besar sampai hari ini. [101] prasangka tersebut meluas ke humor dan segala sesuatu yang membangkitkan tawa, yang sering diremehkan sebagai sembrono dan tidak layak studi yang serius. [102] Sebagai contoh, humor umumnya diabaikan sebagai topik penelitian antropologi dan pengajaran. [103]

Sejarah oposisi terhadap satir terkenal [sunting]

Satir pada budaya internet
Karena satir mengkritik dalam cara yang pada dasarnya tidak langsung ironis, sering lolos sensor dengan cara kritik lebih langsung mungkin tidak. Secara berkala, namun, itu berjalan menjadi oposisi yang serius, dan orang yang berkuasa yang merasa kehidupannya menyerang upaya untuk menyensor atau mengadili para praktisi. Dalam contoh klasik, Aristophanes dianiaya oleh demagog Cleon.

1599 larangan buku [sunting]
Pada 1599, Uskup Agung Canterbury John Whitgift dan Uskup London Richard Bancroft, yang kantornya memiliki fungsi buku untuk publikasi lisensi di Inggris, mengeluarkan dekrit melarang ayat satir. Dekrit, sekarang dikenal sebagai Ban Waligereja 1599, memerintahkan pembakaran volume tertentu satir oleh John Marston, Thomas Middleton, Joseph Hall, dan lain-lain; itu juga diharuskan sejarah dan memainkan secara khusus disetujui oleh anggota dari Ratu Privy Council, dan melarang pencetakan masa depan sindiran dalam ayat. [104]

Motif larangan tidak jelas, terutama sejak beberapa buku yang dilarang telah dilisensi oleh otoritas yang sama kurang dari tahun sebelumnya. Berbagai ahli berpendapat bahwa target adalah norma kesusilaan, pencemaran nama baik, atau hasutan. Nampaknya berlama-lama kecemasan tentang kontroversi Martin Marprelate, di mana para uskup sendiri mempekerjakan satiris, berperan; baik Thomas Nashe dan Gabriel Harvey, dua tokoh kunci dalam kontroversi itu, menderita larangan lengkap tentang semua karya-karya mereka. Dalam acara tersebut, meskipun, larangan itu sedikit dipaksakan, bahkan oleh otoritas perizinan itu sendiri.

Polemik abad ke-21 [sunting]
Pada tahun 2005, Kontroversi kartun Nabi Muhammad Jyllands-Posten memicu protes global dengan Muslim tersinggung dan serangan kekerasan dengan banyak kematian di Timur Dekat. Itu bukan kasus pertama protes Muslim terhadap kritik dalam bentuk sindiran, tapi dunia Barat terkejut oleh permusuhan dari reaksi: bendera Setiap negara di mana surat kabar memilih untuk mempublikasikan parodi sedang dibakar di negara Timur Dekat , maka kedutaan diserang, menewaskan 139 orang di terutama empat negara; politisi di seluruh Eropa sepakat bahwa satir adalah aspek kebebasan berbicara, dan karena itu menjadi sarana yang dilindungi dialog. Iran mengancam akan memulai Holocaust Kartun Kompetisi Internasional, yang segera ditanggapi oleh orang-orang Yahudi dengan Kartun Anti-Semit Israel Contest.

Pada tahun 2006 komedian Inggris Sacha Baron Cohen dirilis Borat: Cultural Learnings of America for Make Benefit Glorious Nation of Kazakhstan, sebuah "mockumentary" yang satir semua orang, dari masyarakat yang tinggi untuk anak laki-laki frat. Kritik film itu berat, dari klaim antisemitisme (meskipun fakta bahwa Baron Cohen adalah Yahudi) ke boikot besar-besaran dari film oleh pemerintah Kazakhstan; film itu sendiri telah menjadi reaksi terhadap pertengkaran lagi antara pemerintah dan pelawak.

Pada tahun 2008, kartunis Afrika Selatan populer dan satiris Jonathan Shapiro (yang diterbitkan dengan nama pena Zapiro) dikecam karena menggambarkan kemudian presiden ANC Jacob Zuma dalam tindakan melepaskan pakaian dalam persiapan untuk pemerkosaan tersirat dari 'Lady Justice' yang ditekan oleh Zuma loyalis. [105] kartun itu ditarik dalam menanggapi upaya Zuma untuk biaya bebek korupsi, dan kontroversi memuncak dengan adanya fakta bahwa Zuma adalah dirinya dibebaskan dari perkosaan Mei 2006. pada bulan Februari 2009, Selatan Afrika Broadcasting Corporation, dilihat oleh beberapa pihak oposisi sebagai juru bicara ANC yang mengatur, [106] disimpan acara TV satir yang dibuat oleh Shapiro, [107] dan Mei 2009 penyiar menarik film dokumenter tentang satir politik (menampilkan Shapiro antara lain) untuk kedua kalinya, jam sebelum jadual siaran. [108] Apartheid Afrika Selatan juga memiliki sejarah panjang sensor.

Pada tanggal 29 Desember 2009, Samsung menggugat Mike Breen, dan Korea Times sebesar $ 1 juta, mengklaim pencemaran nama baik atas kolom satir yang diterbitkan pada Hari Natal, 2009. [109] [110]

Nubuat satir [sunting]
Sindiran ini kadang-kadang kenabian: lelucon mendahului peristiwa aktual [111] [112] Di antara contoh terkemuka adalah.:

The 1784 presaging siang hari modern yang menghemat waktu, kemudian benar-benar diusulkan pada tahun 1907. Sementara utusan Amerika ke Prancis, Benjamin Franklin anonim diterbitkan surat pada tahun 1784 menunjukkan bahwa Paris menghemat pada lilin dengan timbul sebelumnya untuk menggunakan sinar matahari pagi. [113]
Pada 1920-an kartunis Inggris membayangkan hal yang sangat menggelikan untuk waktu itu: sebuah hotel untuk mobil. Dia menarik parkir bangian. [112]
Episode kedua dari Monty Python Terbang Circus, yang memulai debutnya pada tahun 1969, menampilkan sebuah drama komedi berjudul "The Masalah Mouse" (dimaksudkan untuk menyindir pemaparan media kontemporer tentang homoseksualitas), yang menggambarkan fenomena budaya menakutkan mirip dengan fandom berbulu modern (yang tidak menjadi meluas sampai tahun 1980-an, lebih dari satu dekade setelah drama komedi pertama kali ditayangkan)
Film komedi "Americathon", dirilis pada tahun 1979 dan ditetapkan di Amerika Serikat tahun 1998, diperkirakan sejumlah tren dan peristiwa yang akhirnya akan terungkap dalam waktu dekat, termasuk krisis utang Amerika, kapitalisme Cina, jatuhnya Uni Soviet , terorisme ditujukan pada penduduk sipil, skandal seks presiden, dan popularitas reality show.
Pada Januari 2001, sebuah artikel berita satir di The Onion, yang berjudul "Our Panjang Nasional Mimpi buruk Perdamaian dan Kemakmuran Apakah Akhirnya Over" [114] telah baru terpilih Presiden George Bush bersumpah untuk "mengembangkan teknologi senjata baru dan mahal" dan untuk "terlibat dalam konflik bersenjata setidaknya satu Gulf War-tingkat dalam empat tahun ke depan. "Selanjutnya ia akan "membawa kembali stagnasi ekonomi dengan menerapkan pemotongan pajak besar, yang akan menyebabkan resesi." Ini menubuatkan Perang Irak dan pemotongan pajak Bush.
Pada tahun 1975, episode pertama dari Saturday Night Live termasuk iklan untuk silet tiga disebut Triple-Trac; pada tahun 2001, Gillette memperkenalkan Mach3. Pada tahun 2004, The Onion satir Schick dan Gillette pemasaran yang terus semakin multi-blade pisau cukur dengan artikel mock menyatakan Gillette sekarang akan memperkenalkan pisau cukur lima-blade. [115] Pada tahun 2006, Gillette merilis Gillette Fusion, pisau cukur lima-blade .



sumber : wikipedia












sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment