Mythopoeia

by 1:24 AM 0 comments
sekali lagi mohon maaf kepada pembaca, karena sedikitnya waktu yang saya miliki, maka artikel yang saya ambil dari wikipedia ini belum sembat saya edit dan perbaiki terjemahannya. kalau saya sudah ada waktu, pasti akan saya perbaiki artikel ini. terimakasih...

Mythopoeia (juga mythopoesis, setelah Helenistik μυθοποιία Yunani, μυθοποίησις "mitos-making") adalah genre narasi dalam sastra modern dan film yang mana mitologi fiksi yang dibuat oleh penulis prosa atau fiksi lainnya. Ini arti mythopoeia kata berikut penggunaannya oleh JRR Tolkien pada 1930-an. Penulis dalam genre ini mengintegrasikan tema mitologi tradisional dan arketipe ke fiksi.




Isi [hide]
1 Pendahuluan dan definisi
2 Etimologi
3 Tempat di masyarakat
4 Kritik dari genre
5 Dalam literatur
5.1 Antiquity
Konsep 5.2 Tolkien dari mythopoeia
5.2.1 Mythopoeia puisi
5.2.2 Tolkien dan Inklings
5.3 C. S. Lewis
5.4 William Blake
5.5 Upaya kolaboratif
5.6 sastra modern lainnya
6 Dalam film
6.1 George Lucas dan seri Star Wars
7 Dalam musik
8 Dalam budaya populer
9 Organisasi
10 Lihat juga
11 Catatan kaki
12 Referensi
Pendahuluan dan definisi [sunting]
Pertanyaan buku-new.svg
Bagian ini tidak mengutip manapun acuan atau sumber. Harap membantu meningkatkan bagian ini dengan menambahkan kutipan ke sumber terpercaya. Disertai rujukan bahan mungkin sulit dan dihapus. (Oktober 2010)
Mythopoeia juga tindakan yang membuat (menciptakan) mitologi. Penulis Mythopoeic penting termasuk Tolkien, CS Lewis, William Blake, HP Lovecraft, Lord Dunsany, Mervyn Peake dan George MacDonald. Sementara banyak karya sastra membawa tema mitis, hanya beberapa pendekatan padat diri kereferensialan dan tujuan mythopoeia. Hal ini menciptakan mitologi itu, daripada timbul dari berabad-abad tradisi lisan, yang ditulis selama periode waktu yang singkat oleh seorang penulis tunggal atau sekelompok kecil kolaborator.

Yang dibedakan dari dunia fantasi atau alam semesta fiksi ditujukan pada kebangkitan dari dunia rinci dengan sejarah yang tertata dengan baik, geografi, dan hukum-hukum alam, mythopoeia bertujuan meniru dan termasuk mitologi dunia nyata, khusus diciptakan untuk membawa mitologi bagi pembaca modern, dan / atau untuk menambah kredibilitas dan kedalaman sastra ke dunia fiksi dalam fantasi atau fiksi ilmiah buku dan film.

Mythopoeia hampir selalu dibuat sepenuhnya oleh seorang individu, seperti dunia Middle-earth.

Etimologi [sunting]
The mythopoeia Istilah dari μυθοποιία Yunani, "mitos-making". [1] Dalam penggunaan awal, itu disebut pembuatan mitos di zaman kuno. [2] Hal ini diadopsi dan digunakan oleh Tolkien sebagai judul salah satu puisinya , ditulis pada tahun 1931 dan diterbitkan di Pohon dan Daun [3] puisi dipopulerkan. yang mythopoeia kata sebagai usaha seni dan sastra dan genre.

Tempat di masyarakat [sunting]
Karya mythopoeia sering dikategorikan sebagai fantasi atau fiksi ilmiah, tetapi mengisi ceruk untuk mitologi di dunia modern, menurut Joseph Campbell, seorang mahasiswa terkenal mitologi dunia. Campbell berbicara tentang dunia Nietzschean yang hari ini hidup lebih lama banyak mitologi masa lalu. Ia mengklaim bahwa mitos baru harus dibuat, tetapi ia percaya bahwa budaya ini berubah terlalu cepat bagi masyarakat harus benar-benar dijelaskan oleh kerangka mitologis tersebut sampai usia lanjut. Dia, bagaimanapun, gunakan Star Wars sebagai contoh penciptaan dunia fantasi seperti di mana peradaban akan suatu hari menggambarkan dirinya. [Rujukan?] Tanpa mitologi yang relevan, Campbell mengaku, masyarakat tidak dapat berfungsi dengan baik. [Rujukan?]

Kritik dari genre [sunting]
Mythopoeia kadang-kadang disebut mitologi buatan, yang menekankan bahwa hal itu tidak berkembang secara alami dan merupakan kecerdasan yang sebanding dengan bahasa buatan, sehingga tidak dianggap serius sebagai mitologi. Misalnya cerita rakyat mencatat Alan Dundes berpendapat bahwa "Novel apapun tidak dapat memenuhi kriteria budaya mitos. Sebuah karya seni, atau kecerdasan, tidak bisa dikatakan sebagai narasi tradisi sakral budaya ini ... [itu​​] paling banyak, mitos buatan. "[4]

Dalam literatur [sunting]
Antiquity [sunting]
Mungkin upaya pertama untuk membangun mitologi adalah kitab Pherecydes Syros, ditulis dalam bahasa Yunani Italia Selatan pada abad ke-6 SM. Pherecydes mengubah pantheon Yunani tak bisa dikenali, dengan Zas ("dia yang tinggal") daripada Zeus sebagai raja para dewa, dan Chronos ("waktu") daripada Kronos sebagai ayah Zas ini. Buku Pherecydes adalah titik balik utama dalam gerakan Yunani terhadap pemikiran ilmiah dan filosofis. [Rujukan?]

Konsep Tolkien dari mythopoeia [sunting]
Mythopoeia puisi [sunting]
Artikel utama: Mythopoeia (puisi)
Tolkien menulis Mythopoeia (puisi) setelah diskusi pada malam 19 September 1931 di Magdalen College, Oxford dengan CS Lewis dan Hugo Dyson untuk menjelaskan dan membela kreatif mitos-keputusan. Diskusi ini dicatat dalam buku The Inklings oleh Humphrey Carpenter. [4]

Puisi mengacu pada penulis manusia kreatif sebagai "sedikit pembuat" memegang "sendiri tongkat emas kecil" yang berkuasa subcreation nya (dipahami penciptaan sebagai asli dalam ciptaan utama Allah).

Tolkien dan Inklings [sunting]
Pekerjaan sekarang terkenal Tolkien dari mythopoeia termasuk The Lord of the Rings dan The Silmarillion. [4] Dunia Tengah JRR Tolkien mungkin yang paling terkenal dari mitologi diciptakan kontemporer. Dalam karya fiksinya, Tolkien diciptakan tidak hanya mitos asal, mitos penciptaan dan siklus puisi epik, tetapi juga linguistik fiktif, geologi dan geografi.

Ide Tolkien dari mythopoeia segera diikuti oleh penulis kunci dalam Inklings, sebuah kelompok diskusi sastra informal yang terkait dengan University of Oxford, Inggris, antara tahun 1920 dan 1950-an. Ini termasuk teman dekatnya C. S. Lewis.

C. S. Lewis [sunting]
Pada saat yang Tolkien diperdebatkan kegunaan mitos dan mythopoeia dengan CS Lewis pada tahun 1931, Lewis adalah teis sebuah, [5] dan suka tapi skeptis mitologi, mengambil posisi bahwa mitos adalah "kebohongan dan oleh karena itu tidak berharga, meskipun 'bernapas melalui silver '"[4] [6] Namun Lewis kemudian mulai berbicara tentang agama Kristen sebagai satu." mitos benar ". Lewis menulis, "Kisah Kristus hanyalah sebuah mitos yang benar:. Mitos yang bekerja pada kita dengan cara yang sama seperti yang lain, tetapi dengan perbedaan yang besar ini yang benar-benar terjadi" [1] Selanjutnya, Chronicles of Narnia nya dianggap sebagai mythopoeia, dengan alur cerita referensi bahwa mitologi Kristen, yaitu narasi seorang raja besar yang dikorbankan untuk menyelamatkan umat-Nya dan bangkit. Niat Mythopoeic Lewis sering bingung dengan alegori, di mana karakter dan dunia Narnia akan berdiri di kesetaraan langsung dengan konsep dan peristiwa dari teologi dan sejarah Kristen, tapi Lewis berulang kali menekankan bahwa pembacaan alegoris ketinggalan titik (mythopoeia) dari Narnia cerita. [rujukan?]

CS Lewis juga menciptakan mythopoeia dalam representasi neo-abad pertengahan tentang perjalanan ekstra-planet dan planet "tubuh" dalam Cosmic atau Space Trilogy.

William Blake [sunting]
Artikel utama: mitologi William Blake

Karena William Blake bekerja di beberapa media artistist, pencetakan dan menggambarkan buku-buku seni yang luas, masyarakat mitologis yang luas sendiri adalah baik ditulis tentang dan diilustrasikan. Di sini, Los tersiksa di bengkel nya dengan bagian karakteristik sifat manusia momok dalam ilustrasi Blake puisi Yerusalem. Gambar ini berasal dari Copy E. pekerjaan itu, dicetak pada tahun 1821 dan dalam koleksi Yale Center for British Art [7] [8]
"Karya kenabian" William Blake (misalnya Vala, atau The Four Zoas) berisi persenjataan lengkap kaya dewa asli, seperti Urizen, Orc, Los, Albion, Rintrah, Ahania dan Enitharmon. Blake adalah pengaruh penting pada tulisan Thelemic Aleister Crowley, yang menyilaukan jajaran dewa diciptakan dan radikal angka re-cor dari mitologi Mesir dan Kitab Wahyu merupakan suatu mitologi diciptakan mereka sendiri.

Upaya kerjasama [sunting]
The Cthulhu Mythos HP Lovecraft itu juga diambil oleh banyak kolaborator dan pengagum.

Usaha-usaha terkini untuk menghasilkan mitologi baru melalui cara-cara kolaboratif antara gerakan yang dikenal sebagai New atau Metamodern klasisisme. Menurut website-nya, klasisisme metamodern berusaha untuk menciptakan ", proyek budaya kolaboratif yang luas, menyatukan Pelukis, Penyair, Musisi, Arsitek, dan semua Artists dalam satu usaha Mythopoeic Tujuan kami tidak lain adalah tradisi mitologis yang hidup. Interaktif, dinamis, berkembang-dan relevan. "[9]

Sastra modern lainnya [sunting]
Cerita oleh George MacDonald dan H. Rider Haggard Kategori ini. CS Lewis memuji baik untuk mereka "Mythopoeic" hadiah. [10]

TS Eliot The Waste Land (1922) adalah usaha yang disengaja untuk model mitologi abad ke-20 berpola setelah motif kelahiran-kelahiran kembali dijelaskan oleh Frazer. [Rujukan?]

Motif yang berulang karya Jorge Luis Borges fiksi (cermin, labirin, harimau, dll) menggoda mengisyaratkan sebuah mitos yang lebih dalam yang mendasari dan belum diam-diam menahan diri dari presentasi yang jelas itu. [Rujukan?]

Karya-karya pulp Edgar Rice Burroughs (dari 1912) dan Robert E. Howard (dari 1924) berisi membayangkan dunia yang cukup besar untuk menjadi alam semesta dalam diri mereka sendiri, [rujukan?] Seperti yang dilakukan fiksi ilmiah EE "Doc" Smith, Frank Herbert, dan Michael Moorcock satu atau dua generasi kemudian. [rujukan?]

Fritz Leiber (dari tahun 1930-an) juga menciptakan dunia yang luas, mirip dengan Robert E. Howard; cukup besar untuk menjadi alam semesta, dan memang merupakan omniverse fiksi. Hal ini menyatakan bahwa dua pelaku utama, Fafhrd dan Grey Mouser "perjalanan melalui alam semesta dan tanah" dan akhirnya terjadi mengatakan mereka akhirnya kembali di kota fiktif Lankhmar.

Pembuat Star (1937) oleh Olaf Stapledon adalah upaya langka di fiksi ilmiah mitos kohesif.

Greg Stafford menciptakan dunia dan mitologi petugas dari Glorantha (dari tahun 1975), yang membentuk dasar untuk role-playing game (lihat Runequest dan Heroquest), meskipun ruang lingkup sastra yang jauh melebihi genrenya. [Klarifikasi diperlukan]

Novel Stephen King dan cerita pendek merupakan mitos yang rumit dan sangat maju, menggambar sebagian pada Lovecraftian, dengan karakter seperti setan Crimson Raja dan Randall Flag tampil di beberapa (tidak berhubungan) bekerja, serta kekuatan supranatural yang hanya dikenal sebagai "Si Putih". Seri Dark Tower berfungsi sebagai pasak pd as roda untuk mitos ini, menghubungkan dengan hampir semua berbagai alur cerita Raja dalam satu atau lain cara.

Harry Potter seri buku JK Rowling, serta seri film diadaptasi dari karyanya, ada dalam alam semesta Rowling mythopoetic dibuat dengan menggabungkan berbagai mitologi dengan fantasi aslinya sendiri. Novel-novel Neil Gaiman berfungsi sama.

Dalam film [sunting]
Frank McConnell, penulis Bercerita dan mythmaking dan profesor bahasa Inggris, University of California, menyatakan film yang merupakan seni lain "mythmaking", yang menyatakan: ". Film dan sastra peduli sebanyak yang mereka lakukan karena mereka adalah versi mythmaking" [11] Dia juga berpikir film adalah suatu kendaraan yang sempurna untuk mythmaking: "fILM ... berusaha menuju pemenuhan realitas diproyeksikan sendiri dalam idealnya asosiatif, dunia pribadi." [12] dalam analisis yang luas, McConnell mengasosiasikan film-film barat Amerika dan film percintaan mitologi Arthur, [13] petualangan dan aksi film ke "dunia epik" mitologi pendiri masyarakat, [14] dan banyak film percintaan di mana pahlawan tersebut kiasan memainkan peran kesatria, untuk "pencarian" mitologi seperti Sir Gawain dan Quest untuk Holy Grail. [15]

George Lucas dan seri Star Wars [sunting]
Pembuat Film George Lucas berbicara tentang alur cerita sinematik Star Wars sebagai contoh modern mitos-keputusan. Pada tahun 1999 ia mengatakan kepada Bill Moyers, "Dengan Star Wars Saya sadar mengatur tentang untuk menciptakan kembali mitos dan motif mitologis klasik." [16] Ide Star Wars sebagai "mitologi" telah bertemu dengan tinjauan yang beragam. Di satu sisi, Frank McConnell mengatakan "itu telah berlalu, lebih cepat daripada orang bisa membayangkan, dari status film dengan mitologi populer sah dan tertanam." [17] John Lyden, Profesor dan Ketua Departemen Agama di Dana College, berpendapat bahwa Star Wars memang mereproduksi tema agama dan mitos; khusus, ia berpendapat bahwa pekerjaan ini apokaliptik dalam konsep dan ruang lingkup. [18] Steven D. Greydanus The Layak Film Gratis setuju, menyebut Star Wars "karya dari mythopoeia epik". [19] Bahkan, Greydanus berpendapat bahwa Star Wars adalah contoh utama dari mythopoeia Amerika:

"The Force, para kesatria Jedi, Darth Vader, Obi-Wan, Princess Leia, Yoda, lightsabers, dan Death Star mengadakan tempat dalam imajinasi kolektif orang Amerika yang tak terhitung jumlahnya yang hanya dapat digambarkan sebagai mitis. Dalam ulasan saya A Baru harapan saya menelepon Star Wars 'mitologi Amerika klasik,' take Amerika pada Raja Arthur, Tolkien, dan epos samurai / wuxia Timur ... "[19]

Roger Ebert telah mengamati tentang Star Wars, "Ini bukan kebetulan bahwa George Lucas bekerja sama dengan Joseph Campbell, seorang ahli mitos dasar di dunia, dalam membentuk suatu skenario yang berutang banyak cerita tertua manusia." [20] The "mitos" aspek Star Wars waralaba telah ditantang oleh para kritikus film lainnya. Mengenai klaim oleh Lucas sendiri, Steven Hart mengamati bahwa Lucas tidak menyebutkan Joseph Campbell pada saat asli Star Wars; jelas mereka bertemu hanya pada 1980-an. Saling mengagumi mereka "melakukan keajaiban untuk [Campbell] visibilitas" dan mengaburkan jejak Lucas dalam "dibenci bergenre" fiksi ilmiah; "epos membuat set jauh berkelas pengaruh". [21]

Dalam musik [sunting]
Dalam musik klasik, opera Richard Wagner adalah usaha yang disengaja untuk menciptakan jenis baru Gesamtkunstwerk ("total karya seni"), mengubah legenda masa lalu Teutonik hampir keluar dari pengakuan menjadi monumen baru untuk proyek Romantic.

Dalam musik populer, George Clinton Funkadelic Parlemen-kolektif menghasilkan sejumlah album konsep yang diikat bersama-sama dalam apa yang disebut sebagai mitologi P-Funk.

Sementara pura-pura dikenal jamming improvisasi, grup rock Phish pertama disemen sebagai sebuah kelompok sementara proyek senior memproduksi anggota terkemuka Trey Anastasio di perguruan tinggi, yang disebut The Man Who Melangkah Ke Kemarin. Siklus lagu fitur narasi dari peristiwa besar di tanah mitos yang disebut Gamehendge, mengandung jenis makhluk imajiner dan terutama dihuni oleh ras yang disebut "Kadal". Ini pada dasarnya adalah bunga rampai postmodern, menggambar dari bunga Anastasio dalam musikal atau opera batu sebanyak dari membaca filsafat dan fiksi. [22] Penciptaan mitos dianggap oleh banyak penggemar pernyataan tesis kelompok, musik dan filosofis, seperti buku Gamehendge tentang rahasia yang hilang (disebut "Membantu ramah Book") diringkas sebagai dorongan untuk improvisasi dalam setiap bagian dari kehidupan: ". trik ini adalah untuk menyerah kepada arus" [23]

The NewVillager kolektif musik membangun sebuah mitologi dari Joseph Campell ini Monomyth yang semua mereka musik, seni, dan video berfungsi untuk mengekspresikan.

Band Rhapsody of Fire telah menciptakan dan menceritakan kisah-kisah dari dunia fantasi penuh dikembangkan dengan cerita-cerita perang epik antara baik dan jahat, meskipun banyak unsur yang diambil langsung dari Tolkien dan penulis lain.

Dalam budaya populer [sunting]
Buku komik telah dipanggil versi abad keduapuluh epik [rujukan?] Dalam Mythos dari Superheroes dan Mythos Orang Suci, [24] Thomas Roberts mengamati bahwa.:

"Untuk siswa mitos, mitos superhero komik adalah kepentingan yang unik."
"Mengapa manusia ingin mitos dan bagaimana mereka membuat mereka? Beberapa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dapat ditemukan hanya enam puluh tahun yang lalu. Di mana Superman dan superhero lainnya berasal? Dalam Ensiklopedia tentang Superheroes, Jeff Rovin benar mengamati , "pada hari-hari awal, kami memanggil mereka 'dewa'."

Superman, misalnya, dikirim dari "langit" oleh ayahnya untuk menyelamatkan umat manusia, adalah tipe mesias karakter dalam tradisi Alkitab. [25] Selain itu, bersama dengan sisa Kehakiman Liga DC Comic murah dari Amerika, Superman mengawasi manusia dari Menara Pengawal di langit; seperti dewa-dewa Yunani lakukan dari Gunung Olympus. [26]

"Jack Kirby Keempat Dunia" seri, dengan perjuangan kosmik antara Darkseid ini Apokolips dan para dewa dari New Genesis dan Pak Keajaiban dan Orion sebagai mesias-tokoh merupakan contoh yang baik. Seri Sandman Neil Gaiman ini menciptakan mitologi sekitar tak berujung, keluarga perwujudan dewa-seperti dari kekuatan alam seperti kematian dan bermimpi.

Role-playing game sering termasuk mitologi diciptakan untuk pemain mereka untuk berinteraksi dengan. Contohnya termasuk Alam Lupa pengaturan dari Dungeons & Dragons, dunia White Wolf Ta'ala dan World of Darkness, dan Warhammer dan Warhammer 40.000 pengaturan Games Workshop ini. Rekan-rekan virtual mereka, peran-bermain video game, kadang-kadang memiliki alam semesta fiksi yang rumit yang terus dieksplorasi lebih banyak sekuel, seperti penjualan terbaik The Elder Scrolls seri, dan Final Fantasy franchise lama RPG Jepang, di mana masing-masing angsuran memiliki sebuah dunia yang unik dan pengaturan meskipun seri menampilkan beragam andalan makhluk dunia lain dan konsep.

Dalam serial TV Battlestar Galactica, sebuah mitologi diciptakan merupakan fondasi penting dari plot. Sebagian besar dari manusia, atau penjajah, adalah musyrik dan percaya pada dewa-dewa kobol, yang nama dan atribut yang sangat mirip dengan dewa-dewa Klasik Yunani dan Romawi, seperti Zeus, Athena, Apollo, Ares atau Hera. Salah satu buku-buku agama Kolonial kanon ditulis oleh atau nama untuk nabi Pythia. Kitab Pythia bercerita tentang jatuhnya planet kobol (di mana menurut legenda Kemanusiaan pertama kali muncul), eksodus dari Dua Belas Suku ke planet baru mereka (Koloni), dan perjalanan seorang Thirteenth Tribe ke planet disebut Bumi. Cylons, ras robot, percaya pada satu Tuhan satu-satunya dan telah menyarankan bahwa asal-usul agama mereka mungkin di Kuil Lima, tempat suci yang muncul dalam nubuatan Pythia dan ditemukan oleh kolonial dan armada Cylon.

Organisasi [sunting]
The Mythopoeic Masyarakat ada untuk mempromosikan sastra Mythopoeic, sebagian dengan cara dari Mythopoeic Awards.




sumber : wikipedia











sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment