Berjuang Untuk Sesama

by 10:50 PM 0 comments
Beberapa bulan lalu, saya berkungjung ke sebuah yayasan sosial yang ada di sidoarjo. Saya berkunjung ke yayasan itu karena ajakan teman yang sudah cukup lama menjadi sukarelawan yang mambantu di yayasan tersebut. Selama saya mengunjungi yayasan, saya seringkali berbincang dengan anak-anak di sana, mereka bercerita kepada saya tentang hidup mereka yang berat dan banyak cobaan, mulai dari mereka harus membantu orang tua mereka untuk memulung. Hingga anak yang orang tuanya meninggal semenjak masih kecil, sehingga harus menghidupi dirinya sendiri.

Setelah mendengar kisah hidup mereka, saya menjadi semakin ingin membantu mereka lebih banyak lagi. Akhirnya saya ikut membantu untuk menjadi sukarelawan penggalian dana. Melakukan penggalian dana untuk sebuah yayasan sosial bukanlah hal yang mudah. Sangat banyak hambatan dan cobaan yang harus saya hadapi, mulai dari rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap yayasan sosial, hal ini dikarenakan banyaknya penipuan yang mengatasnamakan yayasan sosial beberapa tahun lalu, rendahnya kesadaran masyarakat untuk membantu kegiatan sosial, dan yang paling berat adalah masyarakat yang memandang rendah dan remeh para sukarelawan yang melakukan penggalian dana.

Seringkali saat datang ke rumah warga untuk mengajukan proposal bantuan, para sukarelawan diperlakukan kurang pantas. Saya pernah mendapat telepon dari seorang donatur untuk mengambil dana di rumahnya, tapi saat saya sampai di sana ternyata dia sedang keluar rumah, kemudian saya disuruh datang esoknya lagi, saat saya sampai disana dia berkata sedang buru-buru karena diajak anaknya ke restauran. Saya juga pernah dilempar uang 5000 rupiah dari balik pagar rumah, karena dianggap pengemis. sampai diusir dengan anjing penjaga rumah. Bahkan pernah seorang sukarelawan dipukul oleh petugas keamanan karena disangka pencuri saat sedang menunggu donatur didepan pintu rumahnya.

Karena kejadian tersebut saya semakin bersyukur karena telah dianugerahi dengan rizki dan keluarga yang lengkap. Dan yang paling penting adalah, karena saya mempunyai kesadaran untuk membantu orang yang membutuhkan untuk membuat membuat hidup mereka menjadi lebih baik.

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment