sastra nonsense

by 12:48 AM 0 comments
sekali lagi mohon maaf kepada pembaca, karena sedikitnya waktu yang saya miliki, maka artikel yang saya ambil dari wikipedia ini belum sembat saya edit dan perbaiki terjemahannya. kalau saya sudah ada waktu, pasti akan saya perbaiki artikel ini. terimakasih...

Menurut Pradopo (2001:78) nonsense adalah kata-kata yang secara linguistik tidak mempunyai arti sebab hanya berupa rangkaian bunyi dan tidak terdapat dalam kamus. 
Omong kosong sastra (atau sastra omong kosong) adalah kategorisasi yang luas dari literatur yang menggunakan unsur-unsur sensical dan masuk akal untuk menentang konvensi bahasa atau penalaran logis. Meskipun bentuk yang paling terkenal dari omong kosong sastra adalah ayat omong kosong, genre hadir dalam berbagai bentuk sastra.
Pengaruh omong kosong sering disebabkan oleh kelebihan makna, daripada kurangnya itu. Omong kosong sering lucu di alam, dan humor yang berasal dari alam dan penggunaan elemen tak terduga masuk akal nya. [1]

isi
   [hide]
1 Sejarah
2 Teori
3 Apa omong kosong adalah
4 Pemirsa
5 penulis Omong kosong
6 Budaya populer
7 Lihat juga
8 Catatan
9 Referensi
10 Bacaan lebih lanjut
11 Pranala luar
Sejarah [sunting]

Penggambaran John Tenniel tentang makhluk omong kosong di Carroll Jabberwocky.
Akar dari omong kosong sastra dibagi menjadi dua cabang. Yang pertama dan lebih tua cabang ditelusuri kembali ke tradisi rakyat, cerita rakyat, drama, sajak, lagu, dan permainan, seperti sajak anak-anak Hey Diddle Diddle. [2] sajak Schoolyard dan figureMother Goose sastra adalah inkarnasi agak kontemporer gaya ini penulisan. Perannya dalam tradisi rakyat bervariasi dari perangkat mnemonik untuk parodi dan satir.
Kedua, cabang baru omong kosong sastra memiliki asal-usul dalam absurditas intelektual penyair pengadilan, ulama, dan intelektual dari berbagai jenis. Para penulis ini sering dibuat bentuk omong kosong canggih parodi Latin, travesties agama dan sindiran politik. [3]
Hari ini omong kosong sastra berasal dari kombinasi dari kedua cabang. [4] Meskipun bukan yang pertama untuk menulis jenis hibrida ini omong kosong, Edward Lear dikembangkan dan dipopulerkan di banyak limericks nya (yang dimulai dengan kata Kitab Omong kosong, 1846) dan teks terkenal lainnya seperti The Owl dan Pussycat, The Dong dengan Hidung Luminous, The Jumblies dan Kisah Empat Anak kecil yang Pergi di Seluruh Dunia. Lewis Carroll melanjutkan tren ini, membuat omong kosong sastra fenomena di seluruh dunia dengan Alice Adventures in Wonderland (1865) dan Through the Looking-Glass (1871). Carroll puisi Jabberwocky, yang muncul dalam buku yang terakhir, sering dianggap sastra omong kosong klasik. [5]
Teori [sunting]
Dalam omong kosong sastra, diksi formal dan nada dapat diimbangi dengan unsur absurditas. Hal ini paling mudah dikenali oleh berbagai teknik yang ia gunakan untuk membuat efek tidak masuk akal, seperti penyebab rusak dan akibat, portmanteau, neologisme, pembalikan dan inversi, ketidaktepatan, simultanitas, gambar / teks keganjilan, kesewenang-wenangan, pengulangan yang tak terbatas, negatif atau mirroring, dan [6] nonsense tautologi, reduplikasi, dan presisi masuk akal penyelewengan. juga telah digunakan secara efektif dalam genre omong kosong. [7] untuk teks yang berada dalam batas-batas omong kosong sastra, ia harus memiliki kelimpahan teknik omong kosong ditenun menjadi kain potongan. Jika teks mempekerjakan hanya teknik omong kosong sesekali, maka tidak dapat diklasifikasikan sebagai omong kosong sastra, meskipun mungkin ada efek masuk akal untuk bagian-bagian tertentu dari pekerjaan. [8]
Sastra Nonsense efektif karena keinginan manusia untuk menemukan makna di mana-mana, dalam segala hal, dan di mana mungkin tidak ada. [9]
Ada-ada saja yang [sunting]
Omong kosong bisa menjadi bentuk omong kosong, tetapi sastra omong kosong sejati memiliki semantik, sintaksis, fonetik atau makna kontekstual. [10] Sastra yang mempekerjakan penggunaan neologisme atau kata-kata yang dibuat-buat dibedakan dari omong kosong jika konteksnya memberikan makna terhadap kata-kata atau jika permainan kata yang digunakan untuk menghubungkan omong kosong dengan kata-kata yang akrab, asJabberwocky tersebut atau Hey Diddle Diddle. [11]
Omong kosong berbeda dengan fantasi, meskipun kadang-kadang ada kemiripan di antara mereka. Sementara omong kosong dapat menggunakan makhluk aneh, situasi lain duniawi, sihir, dan berbicara hewan fantasi, fenomena supranatural tidak masuk akal jika mereka memiliki logika dilihat mendukung keberadaan mereka. Perbedaan terletak pada sifat koheren dan terpadu fantasi [12] Semuanya mengikuti logika dalam aturan dunia fantasi.; dunia omong kosong, di sisi lain, tidak memiliki sistem logika, meskipun mungkin menyiratkan adanya satu gaib, hanya di luar jangkauan kami. [13] Sifat sihir dalam dunia imajiner adalah contoh dari perbedaan ini. Dunia fantasi mempekerjakan kehadiran sihir untuk logis menjelaskan mustahil. Dalam literatur omong kosong, sihir jarang tetapi ketika hal itu terjadi, alam tidak masuk akal yang hanya menambah misteri daripada logis menjelaskan apa-apa. Contoh sihir masuk akal terjadi pada Stories Rootabaga Carl Sandburg, saat Jason Squiff, memiliki sebuah ajaib "kulit rusa emas whincher", memiliki topinya, sarung tangan, dan sepatu berubah menjadi popcorn karena menurut "aturan" dari sihir, "Anda memiliki huruf Q dalam nama Anda dan karena Anda memiliki kesenangan dan kebahagiaan memiliki Q di nama Anda, Anda harus memiliki topi popcorn, sarung tangan dan sepatu popcorn popcorn". [14]
Teka-teki hanya tampak omong kosong sampai jawabannya ditemukan. Teka-teki omong kosong paling terkenal hanya begitu karena awalnya tidak memiliki jawaban. [15] Dalam Carroll Alice in Wonderland, Mad Hatter meminta Alice "Mengapa gagak seperti tulisan-meja?" Ketika Alice menyerah, Hatter menjawab bahwa dia tidak tahu, menciptakan teka-teki tidak masuk akal. [16] Beberapa teks yang tampaknya omong kosong sebenarnya teka-teki, seperti yang populer tahun 1940-an lagu Mairzy Doats, yang pada awalnya tampaknya memiliki sedikit arti dilihat tapi memiliki pesan ditemukan. [17]
Sasaran [sunting]
Sementara sebagian besar omong kosong kontemporer telah ditulis untuk anak-anak, bentuk ini memiliki sejarah panjang dalam konfigurasi dewasa sebelum abad kesembilan belas. Tokoh-tokoh seperti John Hoskyns, Henry Peacham, John Sandford, dan John Taylor hidup pada awal abad ketujuh belas dan dicatat penulis omong kosong dalam waktu mereka. [18] Omong kosong itu juga merupakan elemen penting dalam karya-karya Flann O'Brien dan Eugène Ionesco . Omong kosong sastra, yang bertentangan dengan bentuk rakyat omong kosong yang selalu ada dalam sejarah tertulis, hanya pertama kali ditulis untuk anak-anak pada awal abad kesembilan belas. Itu dipopulerkan oleh Edward Lear dan kemudian oleh Lewis Carroll. Hari ini omong kosong sastra menikmati penonton bersama orang dewasa dan anak-anak.
Penulis omong kosong [sunting]
Edward Lear (1812-1888) dan
Lewis Carroll (Charles Lutwidge Dodgson) (1832-1898).
L. Frank Baum
Samuel Beckett. [19]
William S. Burroughs. [20]
Ivor Cutler
Roald Dahl
Bob Dylan. [21]
Dave Egger
Mike Gordon
Edward Gorey
Andrew Hussie
James Joyce
Norton Juster
Frank Key
John Lennon
Spike Milligan
Flann O'Brien
Mervyn Peake
Jack Prelutsky
Laura E. Richards
Michael Rosen
Carl Sandburg
Dr. Seuss
Jean Shepherd
Shel Silverstein
James Thurber
Jhonen Vasquez
Alan Watts
Penulis omong kosong dari bahasa lain meliputi:
Lennart Hellsing (Swedia)
Zinken Hopp (Norwegia)
Alfred Jarry (fr)
Franz Kafka (Jerman)
Daniil Kharms (Rusia)
Christian Morgenstern (Jerman)
Halfdan Rasmussen (Denmark)
Sukumar Ray (India) sastra Bengali
Erik Satie (fr)
Miron Białoszewski (Polandia)
Budaya populer [sunting]
David Byrne, frontman dari seni cadas / group gelombang baru Talking Heads, digunakan teknik masuk akal dalam penulisan lagu. Byrne sering dikombinasikan frase belum berhubungan koheren untuk membuat lirik masuk akal dalam lagu-lagu seperti:. Membakar Down the House, Membuat Flippy Floppy dan pacar Lebih Baik [22] Kecenderungan ini membentuk dasar dari judul untuk film Talking Heads konser, Berhenti Membuat Sense. Baru-baru ini, Byrne diterbitkan Arboretum (2006), volume diagram seperti pohon yang, "peta mental wilayah imajiner". Dia melanjutkan, menjelaskan aspek omong kosong.. "Logika irrasional - [...] Penerapan kekuatan ilmiah logis dan bentuk ke tempat pada dasarnya irasional Untuk melanjutkan, hati-hati dan sengaja, dari omong kosong, dengan wajah lurus, sering tiba di jenis baru akal. "[23]
Syd Barrett, satu kali frontman dan pendiri Pink Floyd, dikenal karena lagu sering tidak masuk akal itu dipengaruhi oleh Lear dan Carroll yang menampilkan berat pada album pertama Pink Floyd, The Piper at the Gates of Dawn. [24]
Komik Glen Baxter sering omong kosong, mengandalkan interaksi membingungkan antara kata dan gambar. [25]
Zippy the Pinhead, oleh Bill Griffith, adalah strip Amerika yang mencampur filosofi, termasuk apa yang disebut "gangguan Heideggerian" [26] dan budaya pop dalam proses masuk akal nya. [27]



sumber : wikipedia












sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment