sastra epik

by 1:07 AM 0 comments
sekali lagi mohon maaf kepada pembaca, karena sedikitnya waktu yang saya miliki, maka artikel yang saya ambil dari wikipedia ini belum sembat saya edit dan perbaiki terjemahannya. kalau saya sudah ada waktu, pasti akan saya perbaiki artikel ini. terimakasih...


Epik (dari Yunani Kuno kata sifat ἐπικός (epikos), dari ἔπος (epos) "kata, cerita, puisi" [1]) adalah sebuah narasi puisi panjang, biasanya mengenai subjek yang serius yang berisi rincian dari perbuatan heroik dan peristiwa penting untuk budaya atau bangsa [2] Milman Parry dan Albert Tuhan berpendapat. bahwa epos-epos Homer, karya-karya awal sastra Barat, yang pada dasarnya merupakan bentuk puisi lisan. Karya-karya ini membentuk dasar dari genre epik dalam literatur Barat. Hampir semua epik Barat (termasuk Vergil Aeneid dan Divine Comedy Dante) sadar diri hadir sebagai
kelanjutan dari tradisi dimulai oleh puisi-puisi ini. Klasik epik terus mempekerjakan heksameter dactylic dan Pusat plot di seluruh tema perjalanan, baik fisik (seperti ditandai oleh Odysseus di Odyssey) atau mental (seperti yang ditandai oleh Achilles dalam Iliad) atau keduanya. Epos cenderung juga untuk menyoroti norma-norma budaya dan untuk menentukan atau menelepon ke nilai-nilai budaya pertanyaan, terutama karena mereka berhubungan dengan kepahlawanan.
Tipe lain dari puisi epik adalah epyllion (jamak: epyllia), yang merupakan narasi puisi singkat dengan tema romantis atau mitologis. Istilah, yang berarti "epik kecil", mulai digunakan pada abad kesembilan belas. Hal ini mengacu terutama untuk ilmiah, puisi heksameter pendek periode theHellenistic dan karya-karya serupa yang terdiri di Roma dari usia neoterics; untuk tingkat yang lebih rendah, istilah tersebut termasuk beberapa puisi dari Inggris Renaissance, terutama yang dipengaruhi oleh Ovid. [rujukan?] Contoh yang paling terkenal dari epyllion klasik mungkin Catullus 64.
Beberapa contoh yang paling terkenal dari puisi epik antara India kuno Ramayana dan Mahabharata, Yunani Kuno Iliad dan Odyssey, Divine Comedy Dante, John Milton Paradise Lost, dan Lusiads Portugis.
isi
   [hide]
1 epos oral atau epos rakyat dunia
2 puisi epik Terkemuka
2.1 epos kuno (500)
2.2 epos Abad Pertengahan (500-1500)
2,3 epos modern (dari 1500)
3 epos Lainnya
4 Lihat juga
5 Referensi
6 Bibliografi
Epos oral atau epos rakyat dunia [sunting]
Epos pertama adalah produk dari masyarakat yang belum melek huruf dan tradisi puisi lisan. Dalam tradisi ini, puisi ditransmisikan ke penonton dan dari pemain ke pemain dengan cara murni lisan.
Studi abad kedua puluh awal hidup tradisi epik lisan di Balkan oleh Milman Parry dan Albert Tuhan menunjukkan paratacticmodel digunakan untuk menulis puisi ini. Apa yang mereka menunjukkan adalah bahwa epos lisan cenderung akan dibangun di episode pendek, masing-masing status yang sama, bunga dan pentingnya. Hal ini memfasilitasi menghafal, sebagai penyair yang mengingat setiap episode pada gilirannya dan menggunakan episode selesai untuk menciptakan seluruh epik saat ia melakukan itu. Parry dan Lord juga menunjukkan bahwa sumber yang paling mungkin untuk teks tertulis dari epos Homer adalah dikte dari kinerja oral.
Epic: sebuah puisi narasi yang panjang dalam gaya tinggi menyajikan karakter dari posisi tinggi di petualangan membentuk suatu keseluruhan organik melalui hubungan mereka dengan tokoh heroik pusat dan melalui pengembangan mereka dari episode penting bagi sejarah suatu bangsa atau ras. (Harmon dan Holman)
Sebuah usaha untuk menggambarkan sepuluh karakteristik utama dari sebuah epik: [3]
Dimulai pada media res.
Pengaturan yang luas, mencakup banyak negara, dunia atau alam semesta.
Dimulai dengan doa untuk muse (epik doa).
Dimulai dengan pernyataan tema.
Termasuk penggunaan julukan.
Berisi daftar panjang, disebut katalog epik.
Fitur panjang dan pidato-pidato resmi.
Menunjukkan campur tangan ilahi pada urusan manusia.
Fitur pahlawan yang mewujudkan nilai-nilai peradaban.
Sering fitur keturunan pahlawan tragis ke dalam Underworld atau neraka.
Pahlawan umumnya berpartisipasi dalam perjalanan siklus atau quest, menghadapi musuh yang mencoba untuk mengalahkan dia dalam perjalanannya dan mengembalikan rumah secara signifikan diubah oleh perjalanannya. Pahlawan epik menggambarkan sifat, melakukan perbuatan, dan mencontohkan moral tertentu yang dihargai oleh masyarakat epik berasal dari. Banyak pahlawan epik yang berulang karakter dalam legenda budaya asli mereka.
Konvensi epik:
Praepositio: Membuka dengan menyatakan tema atau penyebab epik. Ini mungkin mengambil bentuk sebuah tujuan (seperti di Milton, yang mengusulkan "untuk membenarkan cara-cara Allah untuk manusia"); dari pertanyaan (seperti dalam Iliad, yang memulai Homer dengan meminta Muse untuk menyanyi kemarahan Achilles '); atau suatu situasi (seperti dalam Kidung Roland, dengan Charlemagne di Spanyol).
Doa: Writer memanggil Muse, salah satu dari sembilan putri Zeus. Penyair berdoa untuk Muses untuk memberinya ilham ilahi untuk menceritakan kisah seorang pahlawan besar. (Konvensi ini jelas terbatas pada budaya dipengaruhi oleh budaya klasik Eropa. The Epic of Gilgamesh, misalnya, atau Bhagavata Purana akan jelas tidak mengandung unsur ini).
Dalam media res: narasi terbuka "di tengah-tengah hal-hal", dengan pahlawan pada titik terendah nya. Biasanya kilas balik menunjukkan bagian-bagian awal cerita.
Enumeratio: Katalog dan silsilah yang diberikan. Maskapai daftar panjang benda, tempat, dan orang-orang menempatkan tindakan terbatas epik dalam yang lebih luas, konteks universal. Seringkali, penyair juga memberikan penghormatan kepada nenek moyang penonton.
Julukan: Berat penggunaan pengulangan atau saham frase: ". Anggur gelap laut" misalnya, Homer "rosy-jari fajar" dan
Penyair dalam masyarakat melek huruf kadang-kadang disalin format epik. Awal hidup contoh Eropa adalah Argonautica Apollonius dari Rhodes dan Virgil Aeneid, yang mengikuti kedua gaya dan subyek Homer. Contoh nyata lainnya adalah Nonnus 'Dionysiaca, Tulsidas' Sri Ramacharit Manas.
Puisi epik Terkemuka [sunting]

Halaman pertama dari Beowulfmanuscript, 8 ke abad ke-10.
Daftar ini dapat dibandingkan dengan dua orang lain, epik nasional dan daftar dunia folk-epos. [4]
Epos kuno (500) [sunting]
20 ke abad ke-10 SM:
Epos Gilgames (mitologi Mesopotamia)
Atrahasis (mitologi Mesopotamia)
Enuma Elish (mitologi Babilonia)
Legenda Keret (mitologi Ugarit)
Siklus Kumarbi (mitologi Hur)
The Poem of Pentaur (akun Mesir Kuno dari pertempuran Kadesh)
(Tanggal komposisi epik Babilonia sering sulit untuk menentukan, karena mereka dapat bertahan hidup pada naskah yang lebih lambat dari komposisi pertama. Ada juga komplikasi bahwa mereka mengalami revisi berturut-turut dan redactions.)
Abad ke-8 SM sampai abad ke-3 Masehi:
Mahabharata, dianggap berasal dari Veda Vyasa (mitologi Hindu)
Ramayana, dianggap berasal dari Walmiki (mitologi Hindu)
Tanggal asal ini epos Hindu sulit untuk menentukan, karena mereka ada untuk waktu yang lama dalam sejarah sebagai tradisi lisan dengan berbagai versi dan juga di berbagai daerah di India dan Asia Selatan.
8 ke abad ke-6 SM:
Iliad, dianggap berasal dari Homer (mitologi Yunani)
Odyssey dianggap berasal dari Homer (mitologi Yunani)
Pekerjaan dan Hari, dianggap berasal dari Hesiod (mitologi Yunani)
Theogony, dianggap berasal dari Hesiod (mitologi Yunani)
Katalog Perempuan, dianggap berasal dari Hesiod (mitologi Yunani)
Perisai Heracles, dianggap berasal dari Hesiod (mitologi Yunani)
Berikut puisi yang berkaitan mitologi Yunani ditulis selama periode ini tetapi mereka hanya dikenal melalui fragmen

Cypria, Aethiopis, kecil Iliad, Iliou Persis, Nostoi dan Telegony, membentuk apa yang disebut Epic Cycle
Oedipodea, Thebaid, Epigoni dan Alcmeonis, membentuk apa yang disebut Siklus Thebes
Serangkaian puisi berasal Hesiod selama jaman dahulu: Aigimios (alternatif dianggap berasal Cercops dari Miletus), Astronomia, Descent of Perithous, Idaean Dactyls (hampir sepenuhnya hilang), Megala Erga, Megalai Ehoiai, Melampodia dan Pernikahan Ceyx
Penangkapan Oechalia, dianggap berasal dari Homer atau Creophylus dari Samos selama zaman kuno
Phocais, dianggap berasal dari Homer selama jaman dahulu
Titanomachy berasal Eumelus of Corinth
Danais (ditulis oleh salah satu penyair siklik dan dari mana Danaid tetralogi Aeschylus menarik materialnya), Minyas dan Naupactia, hampir sepenuhnya hilang
Abad ke-3 SM:
Argonautica oleh Apollonius dari Rhodes
Abad ke-2 SM:
Annales oleh Quintus Ennius (Sejarah Romawi)
Abad ke-1 SM:
Aeneid oleh Virgil (mitologi Romawi)
De rerum natura oleh Lucretius (Latin Sastra, filsafat Epicurean)
Abad ke-1 Masehi:
Metamorfosis oleh Ovid (Yunani dan mitologi Romawi)
Pharsalia oleh Lucan (sejarah Romawi)
Punica oleh Silius Italicus (sejarah Romawi)
Argonautica Gayus Valerius Flaccus (penyair Romawi, mitologi Yunani)
Thebaid dan Achilleid oleh Statius (penyair Romawi, mitologi Yunani)
Abad ke-2:
Buddhacarita oleh Aśvaghoṣa (puisi epik India)
Saundaranandakavya oleh Aśvaghoṣa (puisi epik India)
2 untuk abad ke-5:
Lima Besar epos Tamil Sastra:
Silappadikaram oleh Pangeran Ilango Adigal
Manimekalai oleh Seethalai Saathanar
Civaka Cintamani oleh Tirutakakatevar
Kundalakesi oleh penyair Buddha
Valayapati oleh penyair Jaina
3 untuk abad ke-4:
Posthomerica oleh Quintus dari Smyrna
Abad ke-4:
Evangeliorum libri oleh Juvencus
Kumārasambhava oleh Kalidasa (puisi epik India)
Raghuwangsa oleh Kalidasa (puisi epik India)
De Raptu Proserpinae oleh Claudian
Abad ke-5:
Argonautica Orphica oleh Anonymous
Dionysiaca oleh Nonnus


Epos abad pertengahan (500-1500) [sunting]

Patung penyair Iran Ferdowsi di Roma, Italia. Epik nasional Ferdowsi Shahnameh memainkan peran penting dalam kebangkitan patriotisme Iran dan bahasa Persia setelah kedua secara sistematis ditekan oleh pendudukan Arab Iran
.

Abad ke-7:
Tain bo Cúailnge (Old Irish)
Bhaṭṭikāvya, Sansekerta epik sopan berdasarkan Ramayana dan Aṣṭādhyāyī Panini
Kiratarjuniya oleh Bharavi, epik Sansekerta berdasarkan sebuah episode dalam Mahabharata
Sisupala Vadha oleh Magha, epik Sansekerta berdasarkan episode lain dalam Mahabharata
8 ke abad ke-10:
Beowulf (Inggris Kuno)
Waldere, versi Inggris Kuno dari kisah yang diceritakan di Waltharius (di bawah), yang dikenal hanya sebagai fragmen singkat
Daud SaSun (Armenia)
Abad ke-9:
Bhagavata Purana (Sansekerta) "Cerita dari Tuhan", berdasarkan sumber-sumber sebelumnya
Lay dari Hildebrand dan Muspilli (Old Tinggi Jerman, c.870)
Abad ke-10:
Shahnameh (sastra Persia; detail legenda Persia dan sejarah dari zaman prasejarah sampai jatuhnya Kekaisaran Sassanid, berdasarkan Ferdowsi)
Waltharius oleh Ekkehard St. Gall (Latin); tentang Walter dari Aquitaine
Puitis Edda (ada penulis tertentu; tradisi lisan dari masyarakat Utara Jerman)
Vikramarjuna Vijaya dan Adi Purana, c. 941, Kannada puisi oleh Adikavi Pampa
Shantipurana, c. 950, Kannada puisi oleh Sri Ponna
Ajitha Purana dan Gadaayuddha, c.993 dan c.999, Kannada puisi oleh Ranna
Neelakesi (Tamil Jain epik)
Abad ke-11:
Taghribat Bani Hilal (Arab); melihat sastra epik juga Arab
Ruodlieb (Latin), oleh penulis Jerman
Digenis Akritas (Yunani); tentang pahlawan Kekaisaran Bizantium
Epic Raja Gesar (Tibet)
Carmen Campidoctoris, puisi pertama tentang El Cid Campeador (c. 1083)
Borzu Nama, dianggap berasal dari 'tengah Abu'l' Ala '' Ata b. Yaqub Kateb Razi (epik Persia dengan karakter utama dan gaya puitis yang berkaitan dengan "Shahnameh")
Faramarz Nama (epik Persia dengan karakter utama dan gaya puitis yang berkaitan dengan "Shahnameh")
Moremi, bagian dari Yoruba corpus tradisi ilahi. Hal ini umumnya dianggap sebagai kelanjutan dari kisah Oduduwa, protagonis ayah mertua.
Oduduwa, bagian dari Yoruba corpus tradisi ilahi. Meskipun periode yang bagian dinasti korpus menjelaskan umumnya diyakini abad ke-11, penawaran bagian ilahi dengan asal-usul dunia itu sendiri, dan kota Yoruba suci Ile-Ife dikenal menjadi pemukiman kuno yang tanggal untuk waktu yang lama sebelum kelahiran Kristus. Karena ini yang terjadi, hal itu mungkin aman untuk mengasumsikan bahwa aspek awal korpus berasal dari era kuno.
Oranyan, bagian dari Yoruba corpus tradisi ilahi. Hal ini umumnya dianggap sebagai kelanjutan dari kisah Oduduwa, ayah protagonis.

The Knight di Panther Skin oleh Shota Rustaveli, salah satu penyair terbesar Georgia.
Abad ke-12:
The Knight di Kulit Panther (Georgia) oleh Shota Rustaveli
Alexandreis oleh Walter dari Châtillon (Latin)
De bello Troiano dan kehilangan Antiocheis oleh Joseph dari Exeter
Carmen de Prodicione Guenonis, versi kisah Kidung Roland dalam bahasa Latin
Architrenius oleh John dari Hauville, sindiran Latin
Liber ad honorem Augusti oleh Peter dari Eboli, narasi penaklukan Sisilia oleh Henry VI, Kaisar Romawi Suci (Latin)
The Tale of Kampanye Igor dan Bylinas (11-19 abad)
Roman de Troie oleh Benoît de Sainte-Maure, abad pertengahan re-telling dari Perang Troya
Poem of Almeria (Latin)
Roman de Brut dan Roman de Rou oleh Wace, kronik dalam bahasa Norman
Eupolemius oleh seorang penulis berbahasa Jerman anonim
Bahman Nama dan Kush Nama, dianggap berasal dari Hakim Īrānšāh b. Abil Khayr
Banu Goshasp Nama
Ramavataram oleh Kambar, didasarkan pada "Ramayana"
Abad ke-13:
Philippide (Latin) oleh William Breton
Nibelungenlied (Tengah Tinggi Jerman)
Kudrun (Tengah Tinggi Jerman)
Brut oleh Layamon (Early English Tengah)
Chanson de la croisade Albigeoise ("Song of the Albigensian Perang Salib"; Occitan)
Antar (Arab); melihat sastra epik juga Arab
Sirat al-Zahir Baibars (Arab); melihat sastra epik juga Arab
Osman Dream (Ottoman Turki)
Epos Sundiata
El Cantar de Mio Cid, epik Spanyol dari Reconquista yang (Old Spanyol)
De triumphis ecclesiae oleh Johannes de Garlandia (Latin)
Gesta Regum Britanniae oleh William dari Rennes (Latin)
Poema de Fernan González, cantar de Gesta oleh seorang pendeta dari San Pedro de Arlanza; 1250-1266 (Old Spanyol)
Jewang ungi oleh Yi Seung-Hyu ("berirama Chronicles of Sovereigns"; 1287 Korea)
Basava purana oleh Palkuriki Somanatha (Telugu)
Abad ke-14:
Kursor Mundi oleh seorang ulama anonim (c. 1300)
Afrika oleh Petrarch (Latin)
Kisah tentang Heike (Jepang kisah perang epik)
Brus oleh John Barbour
La Spagna, dikaitkan dengan Sostegno di Zanobi (c. 1350-1360)
Mocedades de Rodrigo, anonim Kastilia cantar de Gesta (c. 1360)
Pengepungan Yerusalem (c. 1370-1380, Inggris Tengah)
Zafar-Nameh oleh Hamdollah Mostowfi
The Ballads of Marko Kraljievic, kelompok puisi tentang Pangeran Marko Serbia
Abad ke-15:
Aliterasi Morte Arthure (English Tengah)
Orlando innamorato oleh Matteo Maria Boiardo (1495)
Shmuel-Bukh (Old Yiddish ksatria asmara berdasarkan buku Alkitab dari Samuel)
Mlokhim-Bukh (Old Yiddish puisi epik berdasarkan Buku Alkitab Kings)
Kitab Dede Korkut
Morgante oleh Luigi Pulci (1485), dengan unsur-unsur khas dari genre mock-heroik
The Wallace oleh Blind Harry (puisi kesatria Skotlandia)
Greysteil (Skotlandia puisi kesatria)
Troy Pesan hingga John Lydgate, tentang perang Trojan (English Tengah)
Heldenbuch, sekelompok naskah dan cetakan 15 dan abad ke-16, biasanya termasuk bahan dari siklus Theodoric dan siklus Hugdietrich, Wolfdietrich dan Ortnit
Epos Modern (dari 1500) [sunting]
Abad ke-16:
Orlando furioso oleh Ludovico Ariosto (1516)
Christiad oleh Marco Girolamo Vida (1535)
Os Lusiadas oleh Luís de Camões (c.1572) [5]
L'Amadigi oleh Bernardo Tasso (1560)
La Araucana oleh Alonso de Ercilla y Zuniga (1569-1589)
La Gerusalemme Liberata oleh Torquato Tasso (1575)
La Trasimenide oleh Matteo dall'Isola
Ramacharitamanasa (berdasarkan Ramayana) oleh Goswami Tulsidas (1577)
Matilda oleh Michael Drayton (1594)
The Faerie Queene oleh Edmund Spenser (1596)
Arauco Domado oleh Pedro de Ona (1596)
Abad ke-17:
La Argentina oleh Martín del Barco Centenera (1602)
Wars The Barons 'oleh Michael Drayton (1603; awal versi 1596 berjudul Mortimeriados)
Seluruh Karya Homer Prince of Poets oleh George Chapman (1616) menceritakan kembali dari Iliad dan Odyssey di bait berima iambik: Iliad di heptameter iambik, dan Odyssey di pentameter iambik.
Les Tragiques oleh Agripa D'Aubigne (1616)
La Cristiada oleh Diego de Hojeda (1611)
L'Adone ("Adonis", yang diterbitkan pada tahun 1623, puisi heroik berdasarkan mitologi Romawi), Gerusalemme distrutta ("Yerusalem Hancur", 1626), Anversa Liberata ("Antwerp Freed", atribusi tidak pasti) dan Strage degl'Innocenti ("pembantaian dari Innocents ", 1632; puisi suci) oleh Giambattista Marino
La Cleopatra oleh Girolamo Graziani (1632)
Biag ni Lam-ang oleh Pedro Bucaneg (1640)
Il Conquisto di Granata oleh Girolamo Graziani (1650)
Tepat Epitome of Four monarki oleh Anne Bradstreet (1650) [6]
Szigeti veszedelem, juga dikenal dengan judul Latin Obsidionis Szigetianae, sebuah epik Hungaria oleh Miklós Zrinyi (1651)
Gondibert oleh William Davenant (1651)
Paradise Lost oleh John Milton (1667)
Davideis oleh Abraham Cowley (c. 1668)
Paradise kembali oleh John Milton (1671)
Wojna chocimska oleh Waclaw Potocki (1672)
Pangeran Arthur oleh Richard Blackmore (1695)
King Arthur oleh Richard Blackmore (1697)
Abad ke-18:
Kumulipo oleh Keaulumoku (1700) sebuah silsilah kosmogonik Hawaii kuno pertama kali diterbitkan pada (1889)
Eliza oleh Richard Blackmore (1705)
Columbus menurut Ubertino Carrara (1714)
Penebusan oleh Richard Blackmore (1722)
Henriade oleh Voltaire (1723)
La Pucelle d'Orléans oleh Voltaire (1756)
Alfred oleh Richard Blackmore (1723)
Utendi wa Tambuka oleh Bwana Mwengo (1728)
Lima fundada, o La conquista del Perú oleh Pedro de Peralta y Barnuevo (1732)
Leonidas oleh Richard Glover (1737)
Epigoniad oleh William Wilkie (1757)
The Highlander; oleh James Macpherson (1758)
The Works of Ossian oleh James MacPherson (1765)
O Uraguai oleh Basilio da Gama (1769)
Caoineadh Airt Ui Laoghaire oleh Eibhlín Dubh Ní Chonaill (1773)
Der Messias oleh Friedrich Gottlieb Klopstock (1773)
Rossiada oleh Mikhail Matveyevich Kheraskov (1771-1779)
Caramuru oleh Santa Rita Durao (1781)
Vladimir Reborn oleh Mikhail Matveyevich Kheraskov (1785)
Penaklukan Kanaan oleh Timothy Dwight IV (1785)
The Anarchiad oleh David Humphreys, Joel Barlow, John Trumbull, dan Lemuel Hopkins (1786-1787)
Athenaid oleh Richard Glover (1787)
Joan of Arc oleh Robert Southey (1796)
Hermann dan Dorothea oleh Johann Wolfgang von Goethe (1797)
Achilleid oleh Johann Wolfgang von Goethe (1797-1799)
Abad ke-19:
The Tale of Kieu oleh Nguyễn Du (1800?)
Thalaba Destroyer oleh Robert Southey (1801)
Madoc oleh Robert Southey (1805)
Faust oleh Johann Wolfgang von Goethe (bagian 1 1806, bagian 2 c. 1833)
The Columbiad oleh Joel Barlow (1807)
Milton: a Poem oleh William Blake (1804-1810)
Marmion oleh Walter Scott (1808)
Kutukan Kehama oleh Robert Southey (1810)
Childe Harold Pilgrimage oleh Lord Byron, menceritakan perjalanan dari Childe Harold (1812-1818) [7]
Ratu Mab oleh Percy Bysshe Shelley (1813)
Roderick Terakhir dari Goth oleh Robert Southey (1814)
The Lord of the Isles oleh Walter Scott (1813)
Alastor, atau The Spirit of Solitude oleh Percy Bysshe Shelley (1815)
Revolusi Islam (Laon dan Cyntha) oleh Percy Bysshe Shelley (1817)
Harold yang Dauntless oleh Walter Scott (1817)
Endymion, (1818) oleh John Keats
Pertempuran Marathon oleh Elizabeth Barrett Browning (1820)
Hyperion, (1818), dan The Fall of Hyperion, (1819) oleh John Keats
L'Orléanide, Poème nasional en vingt-huit mengucapkannya, berdasarkan Philippe-Alexandre Le Brun de Charmettes (1821)
Phra Aphai Mani oleh Sunthorn Phu (1821 atau 1823-1845)
Don Juan oleh Lord Byron (1824), contoh "mock" epik dalam hal itu memparodikan gaya epik pendahulunya penulis [7]
Tamerlane oleh Edgar Allan Poe (1827)
Penciptaan, Manusia dan Mesias oleh Henrik Wergeland (1829)
Prometheus Bound oleh Elizabeth Barrett Browning (1833)
Pan Tadeusz oleh Adam Mickiewicz (1834)
Baptisan di Savica (Krst pri Savici) oleh Perancis Preseren (1836)
The Seraphim oleh Elizabeth Barrett Browning (1838)
Raja Alfred oleh John Fitchett (diselesaikan oleh Robert Roscoe dan diterbitkan pada 1841-1842)
János Vitez oleh Sándor Petőfi (1845)
Čengića oleh Ivan Mažuranić SMRT Smail-umur (1846)
Toldi (1846), Toldi szerelme ("Cinta Toldi ini", 1879) dan Toldi estéje ("Toldi Night", 1848) oleh János Arany, membentuk apa yang disebut "Toldi trilogi"
Evangeline oleh Henry Wadsworth Longfellow (1847)
The Mountain Wreath oleh Petar II Petrović-Njegos (1847)
Lazarica atau Pertempuran Kosovo oleh Joksim Nović-Otočanin (1847)
The Tales of Ensign Stal oleh Johan Ludvig Runeberg (bagian pertama diterbitkan pada tahun 1848, bagian kedua diterbitkan pada tahun 1860)
Kalevala oleh Elias Lonnrot (1849 mitologi Finlandia)
I-Juca-Pirama oleh Gonçalves Dias (1851)
Kalevipoeg oleh Friedrich Reinhold Kreutzwald (1853 Estonian mitologi)
Prelude oleh William Wordsworth
Song of Myself oleh Walt Whitman (1855)
The Song of Hiawatha oleh Henry Wadsworth Longfellow (1855)
The Saga Raja Olaf oleh Henry Wadsworth Longfellow (1856-1863)
Aurora Leigh oleh Elizabeth Barrett Browning (1857)
Terje Vigen oleh Henrik Ibsen (1862)
La Fin de Setan oleh Victor Hugo (ditulis antara tahun 1855 dan 1860, yang diterbitkan pada tahun 1886)
La Légende des siècles (The Legend of the Centuries) oleh Victor Hugo (1859-1877)
Firdaus Dunia oleh William Morris (1868-1870)
Ibonia, epik lisan dari Madagaskar (transkripsi pertama: 1870)
Martín Fierro oleh José Hernández (1872)
Idylls dari Raja oleh Alfred Lord Tennyson (c. 1874)
Clarel oleh Herman Melville (1876)
Kisah Sigurd yang Volsung dan Kejatuhan Niblungs oleh William Morris (1876)
L'Atlantida oleh Jacint Verdaguer (1877)
The Light of Asia oleh Edwin Arnold (1879)
Kota mengerikan Night oleh James Thomson (BV) (selesai pada tahun 1874, yang diterbitkan pada tahun 1880)
Tristram dari Lyonesse oleh Algernon Charles Swinburne (1882)
O Guesa oleh Sousândrade (terdiri 1858-1884)
Eros dan Psyche oleh Robert Bridges (1885)
Canigo oleh Jacint Verdaguer (1886)
Lāčplēsis ('The Bear-Slayer') oleh Andrejs Pumpurs (1888; Latvia Mitologi)
Tabare oleh Juan Zorrilla de San Martín (1888; epik nasional Uruguay)
The Wanderings dari Oisin oleh William Butler Yeats (1889)
LUC Vân tien oleh Nguyễn Định Chieu
Abad ke-20:
The Divine Pesona oleh John Neihardt (1900)
Lahuta e Malcís oleh Gjergj Fishta (terdiri 1902-1937)
Ural-Batyr (Bashkirs tradisi lisan diatur dalam bentuk tertulis oleh Mukhamedsha Burangulov pada tahun 1910)
Drake: (a epik 200-halaman dalam ayat kosong tentang komandan angkatan laut Elizabethan Sir Francis Drake), The Torch-pembawa (1917-1930) oleh Alfred Noyes
The Ballad of the White Horse oleh GK Chesterton (1911)
Mensagem oleh Fernando Pessoa (terdiri 1913-1934)
The Cantos oleh Ezra Pound (1915-1969 terdiri)
Hashish-Eater The; Atau, The Apocalypse of Evil oleh Clark Ashton Smith (1920)
Epik nasional Dorvyzhy, Udmurt disusun dalam bahasa Rusia oleh Mikhail Khudiakov (1920) mendasarkan pada karya-karya cerita rakyat
The Legend of Sigurd dan Gudrun oleh JRR Tolkien (terdiri 1920-1939)
Sebuah Siklus Barat oleh John Neihardt (terdiri 1921-1949)
Odyssey: Sebuah Sekuel modern oleh Nikos Kazantzakis (ayat Yunani, terdiri 1924-1938)
Dymer oleh C. S. Lewis (1926)
Tubuh John Brown oleh Stephen Vincent Benet (1928)
A oleh Louis Zukofsky (terdiri 1928-1968)
Jembatan oleh Hart Bangau (1930)
Kamayani oleh Jaishankar Prasad (1936)
Canto General Pablo Neruda (1938-1950)
Paterson oleh William Carlos Williams (terdiri c.1940-1961)
Sugata Saurabha oleh Chittadhar Hridaya (1941-1945)
Kemenangan untuk Dibunuh oleh Hugh John lofting (1942)
Kurukshetra (1946), Rashmirathi (1952), Urvashi (1961), Hunkar oleh Ramdhari Singh 'Dinkar'
Savitri oleh Aurobindo Ghose (1950)
The Maximus Puisi oleh Charles Olson (terdiri 1950-1970)
The Anathemata oleh David Jones (1952)
Libretto untuk Republik Liberia oleh Melvin B. Tolson (1953)
Aniara oleh Harry Martinson (terdiri 1956)
Perayaan Lizard The Doors (terdiri 1965-1968)
Song of Lawino oleh Okot p'Bitek (1966)
Helen di Mesir oleh Hilda Doolittle (Hilda Doolittle) (1974)
The Banner of Joan H. Warren Munn (1975)
Kristubhagavatam oleh P. C. Devassia (1976)
Perubahan Cahaya di Sandover oleh James Merrill (terdiri 1976-1982)
Kejatuhan Arthur oleh JRR Tolkien (terdiri sebelum 1977, diterbitkan 2013)
Battlefield Dimana Bulan Says Aku cinta kamu oleh Frank Stanford (diterbitkan 1977)
Kaisar Shaka Agung oleh Mazisi Kunene (1979)
Legenda Te Tuna oleh Richard Adams (diterbitkan 1982)
Empire of Dreams oleh Giannina Braschi (1988 di Spanyol, 1.994 dalam bahasa Inggris).
Omeros oleh Derek Walcott (1990)
Levant oleh Mircea Cărtărescu (1990)
Arundhati oleh Jagadguru Rambhadracharya (1994)
Mastorava oleh A. M. Sharonov (1994)
Astronautilía Hvězdoplavba oleh Jan Křesadlo (1995)
The Descent of Alette oleh Alice Notley (1996)
Cheikh Anta Diop: Puisi untuk Hidup oleh Mwatabu S. Okantah (1997)
The Folding Cliffs oleh W.S. Merwin (1998)
Fredy Neptune: A Novel dalam Ayat oleh Les Murray (1998)
The Adagios Quartet oleh Judith Fitzgerald (1999-2009)
The Dream of Norumbega: Epic di AS oleh James Wm. Chichetto (. C 1990; p 2000.)
Abad ke-21:
Sribhargavaraghaviyam (2002), Ashtavakra (2009) dan Gitaramayanam (2009-2010, diterbitkan pada tahun 2011) oleh Jagadguru Rambhadracharya
Di dalam Whale: Sebuah Novel dalam Ayat oleh Joseph G. Peterson (2011)
Thaliad oleh Marly Youmans (2012)
Sveta poroka oleh Vlado Žabot (2012)
Epos lainnya [sunting]
Gesta Berengarii Imperatoris
Epos Bamana Segu, epik lisan dari orang Bambara, digubah pada abad ke-19 dan dicatat dalam abad ke-20
Epic of Darkness, cerita dan legenda purba Cina
Epos Jangar, puisi rakyat Oirat
Epos Koroglu, tradisi lisan Turki ditulis sebagian besar di abad ke-18
Hinilawod, sebuah epik Panay
Khun Chang Khun Phaen, sebuah puisi Thai
Koti dan Chennayya dan Epic Siri, puisi Tulu
Kutune Shirka, suci yukar epik rakyat Ainu yang beberapa terjemahan ada
Parsifal oleh Richard Wagner (opera, terdiri 1880-1882)
Ramakien, epik nasional Thailand berasal dari Ramayana
Der Cincin des Nibelungen oleh Richard Wagner (opera, terdiri 1848-1874)
Siribhoovalaya, sebuah karya yang unik sastra multi-bahasa yang ditulis oleh Kumudendu Muni, seorang biarawan Jain
Yadegar-e Zariran (Persia Tengah)

sumber : wikipedia














sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment