van gogh letters 191-200

by 3:09 AM 0 comments
191
Untuk Theo van Gogh. The Hague, antara Kamis, 1 dan Sabtu, 3 Desember, 1881.
  1r: 1
The Hague, Desember 1881.

My dear Theo,
Seperti yang Anda lihat, saya menulis kepada Anda dari Den Haag. Aku sudah di sini sejak hari Minggu lalu. Seperti yang Anda tahu, Mauve telah merencanakan untuk datang dan tinggal di Etten selama beberapa days.1 aku takut tidak akan datang itu atau bahwa itu akan menjadi terlalu pendek dan berpikir, saya akan pergi dan mencoba cara lain, dan jika mungkin berurusan dengan hal itu agak lebih drastis. Saya berbicara dengan Mauve dan berkata, akan Anda menyetujui jika saya harus datang dan kesulitan Anda selama satu bulan atau lebih baik - maka ketika waktu itu habis aku akan melewati kejengkelan kecil pertama lukisan dan akan kembali ke Het Heike.
Nah, Mauve segera dipasang saya di depan kehidupan masih terdiri dari beberapa bakiak tua dan benda-benda lain, sehingga aku bisa mengatur untuk work.2
Dan saya juga pergi ke dia di malam hari untuk menarik. Saya tinggal dekat Mauve di kos-rumah kecil di mana saya membayar 30 gulden untuk tidur dan breakfast.3 Jadi jika saya mengandalkan 100 franc dari Anda maka saya dapat mengelola. Dan Mauve memberi saya harapan bahwa saya akan membuat sesuatu yang dijual cukup segera. Pokoknya, Mauve berkata, "Saya selalu berpikir Anda membosankan berdarah, tapi sekarang saya melihat bahwa ini tidak begitu ', dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa kata-kata biasa-terucap dari M. memberikan kepuasan lebih dari segerobak penuh seluruh pujian Jesuit akan memberi saya. 1V: 2Mauve dapat menulis kepada Anda sendiri segera.
'Sementara' Aku pernah ke Amsterdam.4 J.P.S. agak marah, meskipun ia mengungkapkan dalam kata-kata yang lebih halus daripada Sialan Anda. Tapi semua sama, saya tidak menyesal kunjungan saya di sana.
Apa yang harus dilakukan sekarang - karena saya harus memberitahu Anda bahwa saya tidak kembali kurang cinta dari aku pergi.
Bukan karena dia mendorong saya, meskipun. Sebaliknya, untuk sesaat atau lebih tepatnya 24 jam atau jadi dia membuat saya sangat sedih. Tapi pada refleksi, saya pikir saya akan melihat dari sesuatu tertentu yang 'hal-hal yang maju pula'. Pada refleksi, saya katakan, merenungkan lebih dari hal-hal yang romantis dan sentimental.
Tapi itu menjadi kurang dan kurang seperti 'memetik stroberi di spring'5 - begitu banyak lebih baik -' stroberi 'akan muncul kemudian dalam waktu mereka sendiri yang baik!
Saya juga pergi sebentar untuk melihat Willemien, yang terlihat baik dan sehat dan ceria. Apa manis gadis dia menjadi, atau lebih tepatnya is.6 1V: 3
Saya juga pernah melihat Mr Tersteeg, dan pelukis yang saya temui (merry) Weissenbruch7 dan Jules Bakhuyzen andDe Bock.
Singkatnya, Theo, setiap hari saya akan menjadi lebih dari seorang realis dalam segala hal, saya pikir. Dia, terima kasih Tuhan, juga sesuatu yang sangat nyata.
Yah, aku mengirimkan salam, juga dari Mauve dan Jet, dan percayalah,

Pernah Anda,
Vincent

Begitu Mauve memungkinkan saya, saya akan mengirimkan gambar lain, tapi M. bilang aku harus menyimpan semua studi saya. Terutama mencari studi. Tapi M. bilang aku akan belajar untuk membuat cat air dalam waktu yang relatif singkat.
192
Untuk Theo van Gogh. The Hague, pada atau sekitar Minggu 18 Desember, 1881.

My dear Theo,
Ada kemungkinan bahwa Anda sudah menunggu sebuah kata dari saya untuk mendengar apa yang saya lakukan hari ini. Dan untuk bagian saya, saya sudah melihat ke depan untuk sebuah kata dari Anda.
Aku masih akan mauve setiap hari, siang hari untuk melukis, di malam hari untuk menarik. Sekarang telah dicat 5 studi dan 2 cat air, dan alami beberapa goresan.
Saya tidak bisa memberitahu Anda seberapa baik dan baik Mauve dan Jet telah saya hari ini. Dan Mauve telah menunjukkan dan mengatakan kepada saya hal-hal yang saya tidak bisa melakukan langsung namun secara bertahap akan dimasukkan ke dalam praktek. Tapi aku harus terus bekerja keras, dan ketika saya di Etten lagi beberapa perubahan akan diperlukan, antara lain saya harus melihat tentang menyewa sebuah ruangan besar di suatu tempat di mana saya bisa berdiri kembali jarak yang cukup, jika tidak angka gambar tidak benar-benar mungkin, kecuali untuk mempelajari beberapa fragmen.
Pokoknya, saya sedang mempertimbangkan masalah ini dengan M. dan aku akan menulis kepada Anda tentang hal itu lagi suatu hari.
Studi yang dicat masih Lifes, 1 cat air dilakukan dari model, Scheveningen woman.2 1V: 2 Mungkin M.will menulis surat kepada Anda sendiri segera.
Tapi Theo, aku sudah pergi hampir satu bulan sekarang, dan Anda akan mengerti bahwa aku sudah biaya lebih dari biasanya. M. sebenarnya telah memberi saya berbagai hal, cat & c., Tapi aku harus membeli lebih dari ini dan itu, saya juga membayar model selama beberapa hari. Dan membutuhkan sepasang sepatu, dan selain itu, saya tidak selalu memperhatikan setiap sen, sehingga saya sudah agak melebihi batas 100-franc, untuk seluruh perjalanan kini telah saya biaya 90 gulden sama sekali. Dan sekarang saya berpikir bahwa Pa agak kekurangan uang dan saya tidak tahu apa yang harus dilakukan.
Bagi saya, saya ingin tinggal di sini sebentar lagi, bahkan ingin menyewa kamar di sini selama beberapa bulan, di Scheveningen, misalnya, dan mungkin lebih dari beberapa bulan. Namun dalam keadaan itu mungkin akan lebih baik untuk kembali ke Etten. Saya menemukan Scheveningen begitu almightily indah dan jenis dan angka. Tapi model ada biaya 1,50 atau 2 gulden per hari, beberapa dari mereka bahkan lebih. 1V: 3
Tapi di sini adalah satu berhubungan dengan pelukis & c. Ketika saya menulis Topa minggu ini untuk uang, pikirnya 90 gulden aku menghabiskan begitu sangat banyak.
Anda, meskipun, akan mengerti, saya pikir, bahwa ini tidak masuk akal, karena semuanya mahal. Tapi aku terkutuk baik benci harus memberikan Pa rekening dari setiap sen, lebih-lebih karena semuanya mengoceh untuk orang lain, bukan tanpa hiasan dan membesar-besarkan.
Terlebih lagi, Pa kini menghabiskan uang pada mantel bagi saya yang tergantung ke tanah ketika aku mendapatkannya, dan vulgar, gaya flamboyan untuk boot. Mungkin Pa melakukannya dari kebaikan, tapi itu benar-benar bukan waktu untuk melakukannya, karena kita memiliki begitu banyak biaya yang sudah, dan itu juga tidak ada cara untuk membeli pakaian, tanpa berkonsultasi orang dan tanpa pas atau pengukuran. Pa mengirim mantel di sini, tapi saya segera dikirim kembali. Jadi saya hanya ingin mengatakan, Theo, aku mulai mendapatkan agak sulit bangun. 1r: 4
Dan aku menulis kepada Anda untuk memberitahu Anda ini. Saya tidak punya uang untuk tinggal, aku tidak punya uang untuk kembali. Aku akan menunggu satu atau dua hari dalam hal apapun dan melakukan apapun yang Anda inginkan.
Apakah Anda pikir lebih baik saya tinggal di sini sebentar? Aku sangat ingin tinggal sedikit lebih lama, dan tidak kembali sebelum saya telah berkembang banyak lagi.
Jika Anda ingin saya untuk kembali segera, itu juga baik-baik saja dengan saya. Asalkan Saya menemukan ruang yang baik di suatu tempat, agak lebih besar dari studio kecil di rumah. Lalu aku dapat potter sendiri untuk sementara waktu, dan kembali ke Den Haag lagi nanti. Dalam hal apapun, Theo, aku sudah begitu tercerahkan oleh Mauve sehubungan dengan misteri palet dan lukisan cat air di. Dan itu akan membayar 90 gulden perjalanan ini memiliki biaya. M. mengatakan bahwa matahari terbit bagi saya, tapi itu masih diselimuti mist.3 Oh well, aku punya apa-apa terhadap itu. Kadang-kadang aku akan memberitahu lebih lanjut tentang bagaimana baik dan baik M. itu.
Jadi sekarang aku akan menunggu di sini beberapa hari, menunggu jawaban Anda. 2r: 5 Tetapi jika jawaban Anda tidak datang dalam waktu 3 atau 4 hari, aku akan meminta Pa untuk uang untuk kembali segera.
Aku masih memiliki segala macam hal untuk memberitahu Anda di mana Anda akan mungkin akan tertarik, tentang cara kerja dari model di Etten, tapi seperti yang sudah saya katakan, saya akan menulis kepada Anda tentang ini nanti - segera. Aku akan mengirim Anda dengan ini goresan dari dua lukisan cat air. Saya memiliki setiap harapan membuat sesuatu yang dijual dalam waktu yang relatif singkat, ya, percaya bahwa jika perlu itu harus mungkin untuk menjual kedua. Terutama yang di mana M. telah menambahkan beberapa touches.4 Tapi aku lebih memilih untuk menjaga mereka sendiri untuk sementara waktu, lebih baik untuk mengingat berbagai hal mengenai eksekusi mereka.
Bagaimana mengagumkan cat air untuk mengekspresikan ruang dan airiness, memungkinkan gambar untuk menjadi bagian dari atmosfer dan kehidupan untuk memasukkannya.
Sekarang Anda ingin saya untuk membuat beberapa cat air untuk Anda di sini? Aku ingin sesuatu yang lebih baik, tetapi akomodasi di sini dan model dan cat dan kertas & c. & c. semua biaya saya uang, dan aku tidak punya lagi. 2v: 6
Jadi menulis kepada saya dalam hal apapun oleh kembali posting, dan jika Anda ingin aku tinggal, mengirim saya uang jika mungkin.
Saya benar-benar berpikir bahwa saya akan dapat membuat lebih banyak kemajuan sekarang, sekarang aku sudah mendengar beberapa hal praktis tentang warna dan penanganan kuas. Dan Anda dapat membayangkan bahwa saya menetapkan toko besar oleh M. tidak harus menyesal kebaikannya.
Kami akan mencoba dan menarik melalui dan menaruh beberapa energi ke dalamnya.
Sekarang kata perpisahan, aku menghitung dalam hal apapun pada tulisan Anda kata dengan kembalinya pos, alamat A. Mauve. Uilenbomen 198. Percayalah, dengan jabat tangan dalam pemikiran,

Pernah Anda,
Vincent.

Saya memiliki tinta yang sangat buruk di sini yang memiliki sesuatu yang berwarna merah di dalamnya yang telah datang melalui dalam sketsa.

  2v: 7
[sketsa A]

[sketsa B]
[sketsa C]

Ini adalah subyek dari 2 studi dicat. Salah satunya adalah kepala terakota seorang anak mengenakan topi bulu, yang lain kubis putih dan beberapa kentang & c.




193
Untuk Theo van Gogh. Etten, pada atau sekitar Jumat, 23 Desember, 1881.

Kadang-kadang, aku takut, Anda membuang buku jauh karena terlalu realistis. Memiliki kasih sayang dan kesabaran dengan surat ini, dan membacanya, meskipun beratnya.

My dear Theo,
Seperti yang saya sudah menulis kepada Anda dari Den Haag, 1 Saya memiliki beberapa hal untuk mendiskusikan dengan Anda sekarang bahwa aku kembali ke sini. Ini bukan tanpa emosi yang saya melihat kembali perjalanan saya ke Den Haag. Ketika saya pergi untuk melihat M.2 jantungku berdetak lebih keras, karena saya berpikir untuk diri sendiri, dia juga akan mencoba dan fob me off atau aku akan menemukan sesuatu yang lain di sini? Dan juga, apa yang saya alami dengan dia adalah bahwa ia memerintahkan dan mendorong saya dalam segala macam cara baik dan praktis. Meskipun tidak hanya dengan selalu menyetujui segala sesuatu yang saya lakukan atau katakan, sebaliknya. Tapi jika dia memberitahu saya, ini atau itu tidak baik, maka itu karena dia mengatakan pada saat yang sama 'tetapi cobalah cara ini atau cara itu, dan itu sama sekali berbeda dari mengkritik demi mengkritik. Atau jika seseorang mengatakan 'kau sakit dengan ini atau itu', yang tidak membantu banyak, tapi jika seseorang mengatakan 'melakukan ini atau itu dan Anda akan mendapatkan yang lebih baik', dan nasihatnya tidak menipu, lihat, itu hal yang nyata, dan - dan - secara alami membantu. Sekarang saya sudah datang dari dia dengan penelitian dicat sedikit dan beberapa watercolours.3 Tentu saja mereka tidak karya dan belum saya benar-benar percaya ada sesuatu suara dan nyata di dalamnya, lebih setidaknya dari apa yang telah saya buat sekarang. Dan sekarang saya menganggap diri saya untuk menjadi di awal awal membuat sesuatu yang serius. Dan karena saya sekarang memiliki beberapa sumber daya yang lebih teknis di pembuangan saya, yaitu melukis dan sikat, segala sesuatu yang dibuat baru lagi, 4 seolah-olah.
Tapi - sekarang kita harus mempraktikkannya. Dan hal pertama adalah bahwa saya harus menemukan ruang yang cukup besar untuk dapat mengambil jarak yang cukup. Mauve hanya mengatakan kepada saya, ketika ia melihat studi saya, "kau terlalu dekat dengan model '.
Dalam banyak kasus ini membuat tidak mungkin untuk mengambil pengukuran yang diperlukan untuk proporsi, jadi ini tentunya merupakan salah satu hal pertama yang saya harus diperhatikan. Sekarang aku harus mengatur untuk menyewa sebuah ruangan besar di suatu tempat, baik itu ruang atau gudang. Dan itu tidak akan begitu sangat mahal. Pondok Sebuah buruh di daerah ini biaya 30 gulden setahun untuk menyewa, sehingga tampaknya bagi saya bahwa ruang dua kali lebih besar seperti yang di pondok buruh akan biaya sesuatu seperti 60 gulden.
Dan yang tidak dapat diatasi. Saya sudah melihat gudang, meskipun memiliki terlalu banyak ketidaknyamanan, terutama di musim dingin. Tapi aku bisa bekerja di sana, setidaknya ketika cuaca lebih ringan. Dan di sini di Brabant, apalagi, ada model yang akan ditemukan, saya percaya, tidak hanya di Etten tetapi juga di desa-desa lain, jika kesulitan yang muncul di sini.
Namun, meskipun aku suka Brabant sangat banyak, saya juga memiliki perasaan untuk angka selain jenis petani Brabant. Scheveningen, misalnya, saya kembali menemukan terkatakan indah. Tapi setelah semua aku di sini, dan itu sangat mungkin akan lebih murah untuk tinggal di sini. Namun, saya pasti sudah berjanji M. bahwa saya akan melakukan yang terbaik saya untuk menemukan sebuah studio yang baik, dan sekarang saya juga harus menggunakan cat yang lebih baik dan kertas yang lebih baik.
Namun demikian, kertas Ingres sangat baik untuk studi dan goresan. Dan itu jauh lebih murah untuk membuat sketsa dalam semua format dari itu diri daripada membeli buku sketsa siap pakai. Saya masih memiliki pasokan kecil kertas Ingres, tetapi Anda akan lakukan saya bantuan besar jika Anda bisa mengirim lebih banyak dari jenis yang sama ketika Anda mengirim kembali studi tersebut. Tidak murni putih, meskipun, namun warna linen dikelantang, tidak ada nuansa dingin. 1V: 2
Theo, apa hal nada yang besar dan warna! Dan siapa pun yang tidak mendapatkan perasaan untuk itu, seberapa jauh dari kehidupan dia akan tetap! M. telah mengajarkan saya untuk melihat begitu banyak hal yang saya tidak melihat sebelumnya, dan

ketika saya memiliki kesempatan saya akan mencoba dan memberitahu Anda tentang apa yang dia bilang, karena mungkin masih ada satu atau dua hal yang Anda tidak melihat benar baik. Lagi pula, kita akan berbicara tentang hal-hal artistik kadang-kadang, saya berharap.
Dan Anda tidak bisa membayangkan perasaan lega aku mulai dapatkan ketika saya berpikir tentang hal M. mengatakan kepada saya tentang mendapatkan uang. Hanya memikirkan bagaimana aku mampat pergi selama bertahun-tahun, selalu dalam semacam posisi yang salah. Dan sekarang, sekarang ada secercah cahaya nyata.
Saya berharap bahwa Anda bisa melihat dua lukisan cat air aku membawa dengan saya, karena Anda akan melihat bahwa mereka cat air sama seperti cat air lainnya. Mungkin ada banyak ketidaksempurnaan di dalamnya, bahwa karena mungkin, saya akan menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa aku masih sangat puas dengan mereka, namun, itu berbeda dari apa yang telah saya lakukan sampai sekarang, dan tampaknya segar dan sehat. Semua sama, itu harus menjadi jauh lebih segar dan sehat, tapi kita tidak bisa melakukan apa yang diinginkan sekaligus. Muncul secara bertahap. Aku butuh beberapa orang gambar sendiri, namun, untuk membandingkan dengan apa yang saya akan buat di sini, karena saya harus melakukannya setidaknya serta apa yang saya lakukan di M..
Tapi meskipun Mauve memberitahu saya bahwa jika saya terus bekerja keras pergi di sini selama beberapa bulan dan kemudian kembali padanya lagi pada bulan Maret, misalnya, saya akan kemudian dapat membuat gambar yang dapat dijual secara teratur, aku namun akan melalui periode yang agak sulit. Biaya model, studio, menggambar dan melukis bahan mengalikan, dan tidak ada laba belum.
Diakui, Pa mengatakan bahwa saya tidak perlu takut biaya yang tak terelakkan, dan Pa senang dengan apa M. sendiri berkata kepadanya, dan juga dengan studi dan gambar saya dibawa kembali. Tapi aku merasa benar-benar, benar-benar celaka Pa harus menderita karenanya. Tentu saja kami berharap bahwa hal-hal akan berubah baik nanti, tapi tetap saja, hal itu sangat berat di hati saya. Karena sejak aku sudah di sini Pa benar-benar tidak mendapatkan keuntungan dari saya, dan lebih dari sekali ia membeli mantel atau celana, misalnya, yang aku benar-benar suka tidak memiliki, meskipun saya benar-benar membutuhkannya, tapi Pa shouldn 't menderita dengan itu. Lebih-lebih jika jas dan celana yang bersangkutan tidak cocok dan hanya setengah atau tidak sama sekali apa yang saya butuhkan. Anyway, masih vexations lebih kecil dari life.5 manusia Dan, seperti yang telah saya katakan sebelumnya, saya merasa benar-benar mengerikan tidak bebas sama sekali. Karena meskipun Pa tidak meminta saya untuk menjelaskan secara harfiah setiap sen, 1V: 3 masih, dia selalu tahu persis berapa banyak saya habiskan dan apa yang saya habiskan di. Dan sekarang, meskipun saya tidak perlu memiliki rahasia, saya tidak benar-benar seperti orang-orang yang mampu melihat kartu saya. Bahkan rahasia saya tidak selalu rahasia untuk mereka yang saya merasa simpati.
Tapi Pa bukanlah jenis orang untuk siapa saya bisa merasakan apa yang saya rasakan untuk Anda, misalnya, atau untuk Mauve. Aku benar-benar mencintai Pa dan Ma, tapi itu adalah perasaan yang sangat berbeda dari apa yang saya rasakan untuk Anda atau Mauve. Pa tidak bisa berempati atau bersimpati dengan saya, dan saya tidak bisa menetap di Pa dan rutin Ma, itu terlalu konstriksi bagi saya - itu akan mati lemas saya.
Setiap kali saya katakan Pa apa-apa, itu semua bicara hanya menganggur dia, dan tentu saja tidak kurang sehingga untuk Ma, dan saya juga menemukan Pa dan Ma khotbah dan ide-ide tentang Tuhan, orang-orang, moralitas, kebajikan, nonsense.6 lengkap hampir saya juga membaca Alkitab kadang-kadang, sama seperti aku kadang-kadang membaca Michelet atau Balzac atau Eliot, tapi saya melihat hal-hal yang sama sekali berbeda dalam Alkitab dari Pa melihat, dan saya tidak setuju sama sekali dengan apa yang Pa membuat itu dalam kecil, cara akademisnya. Karena Pendeta Ten Kate diterjemahkan Goethe Faust, 7 Pa dan Ma telah membaca buku itu, karena sekarang pendeta telah diterjemahkan, itu tidak bisa menjadi semua yang bermoral (??? apa itu?). Namun mereka tidak melihat apa-apa di dalamnya tapi konsekuensi bencana dari love.8 pezina
Dan mereka pasti memahami Alkitab seperti sedikit. TakeMauve, misalnya, ketika ia membaca sesuatu yang mendalam ia tidak segera mengatakan, bahwa manusia berarti ini atau itu. Karena puisi begitu dalam dan tak berwujud yang satu tidak bisa hanya menentukan semuanya secara sistematis, namun Mauve memiliki sensibilitas halus dan, Anda lihat, saya menemukan bahwa kepekaan bernilai jauh lebih banyak dari definisi dan kritik. Dan oh, ketika saya membaca, dan aku benar-benar tidak membaca begitu banyak dan bahkan kemudian, hanya satu-dan-a-setengah penulis, beberapa orang yang saya tidak sengaja menemukan, maka saya melakukannya karena mereka melihat hal-hal yang lebih luas dan lebih ringan dan dengan lebih banyak cinta daripada saya, dan lebih baik berkenalan dengan kenyataan, dan karena saya bisa belajar sesuatu dari mereka. Tapi semua itu omong kosong tentang kebaikan dan kejahatan, moralitas dan amoralitas, saya benar-benar peduli begitu sedikit tentang hal itu. Untuk benar-benar, tidak mungkin bagi saya selalu tahu apa yang baik, apa yang jahat, apa yang moral, apa yang tidak bermoral.

Moralitas atau imoralitas kebetulan membawa saya ke KV Ah! Kutulis kepada Anda bahwa mulai tampak kurang dan kurang seperti makan stroberi di spring.9 Nah, yang tentu saja benar. Jika saya harus terjerumus ke dalam pengulangan, maafkan aku, aku tidak tahu apakah aku sudah menulis kepada Anda tentang apa yang terjadi padaku di Amsterdam. Aku pergi ke sana berpikir, siapa tahu apakah ada, bahkan, tidak pernah tidak mencair, itu cuaca ringan tersebut. Dan suatu malam saya sedang membuat jalan di sepanjang Keizersgracht, mencari rumah, dan memang ditemukan it.10 Dan tentu saja aku membunyikan bel dan mendengar bahwa keluarga masih di meja. Tapi kemudian saya mendengar bahwa saya bisa datang dalam semua sama. Dan ada mereka, termasuk Jan, profesor yang sangat terpelajar, 11 semua dari mereka kecuali Kee. Dan mereka semua masih memiliki piring di depan mereka, dan tidak ada piring terlalu banyak. Detail kecil ini tertangkap mata saya. Mereka ingin membuat saya berpikir bahwa Kee tidak ada, dan telah diambil piringnya, tapi aku tahu dia ada di sana, saya pikir begitu banyak seperti komedi atau permainan. 1r: 4
Setelah beberapa saat saya bertanya (setelah mengobrol sedikit dan menyapa semua orang), Tapi di mana Kee? Kemudian J.P.S. mengulangi pertanyaan saya, berkata kepada istrinya, Ibu, di mana Kee? Dan melihat ke Nona mengatakan, Kee keluar. Dan untuk saat ini saya tidak mengejar masalah tapi berbicara sedikit dengan profesor tentang pameran di Arti dia hanya seen.12 Nah, profesor menghilang dan sedikit Jan Vos menghilang, dan JPS dan istri sama dan Anda benar-benar tetap sendirian dan mendapatkan diri kita ke posisi. JPS, sebagai imam dan Bapa, mulai berbicara dan mengatakan ia berada di titik mengirimkan surat tertentu untuk Anda benar-benar dan ia akan membaca surat itu keras-keras. Namun, awalnya saya bertanya lagi, mengganggu Hon-Nya. atau Pendeta, mana Kee? (Karena aku tahu dia berada di kota.) Lalu J.P.S. kata, Kee meninggalkan rumah segera setelah dia mendengar kau ada di sini. Yah, aku tahu beberapa hal tentang dia, dan saya harus mengatakan bahwa saya tidak tahu itu dan masih tidak tahu dengan pasti apakah dingin dan kekasaran adalah pertanda baik atau buruk. Ini banyak saya tahu, bahwa saya belum pernah melihat begitu tampaknya atau benar-benar dingin dan tidak berperasaan dan kasar terhadap siapa pun kecuali aku. Jadi saya tidak mengatakan banyak balasan dan tetap mati tenang. Biarkan aku mendengar surat itu, saya katakan, atau tidak, saya tidak terlalu peduli dengan cara baik. Kemudian datang surat ini. Menulis itu hormat dan sangat terpelajar dan jadi ada tidak benar-benar apa-apa di dalamnya, meskipun tampaknya untuk mengatakan bahwa saya sedang diminta untuk berhenti sesuai dan saya diberi saran untuk membuat upaya kuat untuk melupakan masalah ini. Akhirnya pembacaan surat itu berakhir. Aku merasa benar-benar seolah-olah aku mendengar menteri di gereja, setelah beberapa menaikkan dan menurunkan suaranya, mengatakan amin - itu meninggalkan aku hanya sebagai dingin sebagai khotbah biasa. Dan kemudian saya mulai, dan aku berkata setenang dan sopan yang saya bisa, baik ya, aku sudah mendengar baris ini penalaran cukup sering, tapi sekarang pergi - dan setelah itu? Tapi kemudian J.P.S. mendongak ... ia bahkan tampak agak kagum pada saya tidak sepenuhnya yakin bahwa kami telah mencapai batas ekstrim dari kapasitas manusia untuk berpikir dan merasakan. Ada, menurut dia, tidak ada 'setelah itu' mungkin. Kami pergi seperti ini, dan sesekali Bibi M.13 dimasukkan ke dalam kata yang sangat Jesuit, dan aku cukup hangat dan akhirnya kehilangan kesabaran saya. Dan J.P.S. kehilangan kesabaran juga, sebanyak pendeta bisa kehilangan kesabarannya. Dan meskipun ia tidak benar-benar mengatakan 'Sialan kamu, orang lain selain seorang pendeta dalam suasana hati JPS ini akan menyatakan dirinya seperti itu. Tapi kau tahu, bahwa aku mengasihi kedua Paand J.P.S. dengan cara saya sendiri, meskipun fakta bahwa saya benar-benar benci sistem mereka, dan aku berubah taktik sedikit dan memberi dan mengambil sedikit, sehingga pada akhir malam mereka mengatakan kepada saya bahwa jika saya ingin tinggal di rumah mereka saya bisa. Lalu aku berkata, terima kasih. Jika Kee berjalan keluar dari rumah ketika saya datang, maka saya tidak berpikir itu adalah saat yang tepat untuk tinggal di sini, aku akan saya kosan. Dan kemudian mereka bertanya, di manakah Engkau tinggal? Saya katakan, saya belum tahu, dan kemudian Paman dan Bibi bersikeras membawa saya sendiri ke yang baik, murah kosan. Dan langit, dua dears tua datang dengan saya melalui dingin, berkabut, jalan-jalan berlumpur, dan benar-benar, mereka menunjukkan sebuah kos-rumah yang sangat baik dan sangat murah. Aku tidak ingin mereka datang sama sekali tetapi mereka bersikeras menunjukkan kepada saya. 2r: 5 Dan, Anda lihat, saya berpikir bahwa lebih manusiawi dari mereka dan itu menenangkan saya agak. Aku tinggal di Amsterdam dua hari lagi dan berbicara dengan JPS lagi, tapi aku tidak melihat Kee, dia membuat dirinya langka setiap kali. Dan saya mengatakan bahwa mereka harus tahu bahwa meskipun mereka ingin saya untuk mempertimbangkan hal di atas dan dilakukan dengan, saya tidak bisa membawa diri untuk melakukannya. Dan mereka terus menjawab tegas: "Kemudian aku akan mengerti lebih baik '. Sekarang dan kemudian saya juga melihat profesor lagi, dan saya harus mengatakan dia tidak begitu buruk, tapi - tapi - tapi - apa lagi yang bisa saya katakan tentang pria itu? Aku bilang aku berharap bahwa ia mungkin jatuh cinta satu hari. Voila. Dapat profesor jatuh cinta? Apakah pendeta tahu apa itu cinta?

Baru saja saya membaca Michelet, La femme, la agama et le prêtre.14 Buku seperti itu penuh dengan realitas, namun apa yang lebih nyata dari realitas itu sendiri, dan apa yang lebih hidup daripada kehidupan itu sendiri? Dan kami yang melakukan yang terbaik untuk hidup, mengapa kita tidak hidup bahkan lebih!
Aku berjalan tanpa tujuan tiga hari di Amsterdam, aku merasa terkutuk menyedihkan, dan setengah kebaikan pada bagian ofUncle dan Bibi dan semua argumen itu, saya menemukan mereka sangat membosankan. Sampai akhirnya saya mulai menemukan diri membosankan dan berkata kepada diri sendiri: Anda ingin menjadi sedih lagi? Dan kemudian saya berkata pada diri sendiri, Jangan biarkan diri Anda kewalahan. Dan jadi itu pada hari Minggu pagi bahwa saya terakhir pergi untuk melihat JPS dan berkata kepadanya, Dengar, Paman saya sayang, jika Kee Vos adalah seorang malaikat dia akan terlalu tinggi bagi saya, dan saya tidak berpikir bahwa saya akan tinggal cinta dengan seorang malaikat. Apakah dia setan, aku tidak ingin ada hubungannya dengan dia. Dalam kasus ini, saya melihat dalam dirinya wanita sejati, dengan gairah feminin dan keinginan, dan aku sangat mencintainya, itu hanya cara itu, dan saya senang itu. Selama dia tidak menjadi malaikat atau setan, kasus tersebut belum berakhir. Dan J.P.S. tidak bisa mengatakan sangat banyak untuk itu, dan berbicara sendiri nafsu feminin, aku tidak benar-benar yakin apa yang dia katakan tentang mereka, dan kemudian JPS berangkat ke gereja. Tidak heran menjadi mengeras dan mati rasa di sana, saya tahu bahwa dari pengalaman saya sendiri. Dan sejauh saudaramu yang bersangkutan yang bersangkutan, ia tidak ingin membiarkan dirinya kewalahan. Tapi itu tidak mengubah fakta bahwa ia merasa kewalahan, bahwa ia merasa seolah-olah dia telah bersandar dingin, keras, dinding gereja bercat putih terlalu lama. Oh well, harus saya katakan lagi, chap tua? Ini agak berani untuk tetap realis, tapi Theo, Theo, Anda juga adalah seorang realis, oh beruang dengan realisme saya! Aku bilang, bahkan rahasia saya belum tentu rahasia. Yah, aku tidak akan mengambil kata-kata kembali, menganggap saya sebagai Anda akan, dan apakah Anda menyetujui atau tidak menyetujui apa yang saya lakukan kurang penting.
Aku akan terus - dari Amsterdam saya pergi ke Haarlem dan duduk sangat setuju dengan saudari kita tercinta Willemien, dan saya berjalan-jalan dengan dia, dan di malam hari aku pergi ke Den Haag, dan saya mendarat di M. sekitar tujuh pukul. 2v: 6
Dan aku berkata: mendengarkan M., Anda seharusnya datang ke Etten untuk mencoba dan memulai saya, lebih atau kurang, menjadi misteri palet. Tapi aku sudah berpikir bahwa tidak akan mungkin hanya dalam beberapa hari, jadi sekarang aku datang untuk Anda dan jika Anda menyetujui saya akan tinggal empat minggu atau lebih, atau enam minggu atau lebih, atau selama atau sesingkat yang Anda inginkan, dan kami hanya harus melihat apa yang bisa kita lakukan. Ini sangat kurang ajar saya untuk menuntut begitu banyak dari Anda, tetapi dalam waktu singkat, aku di bawah banyak tekanan. Nah, Mauve mengatakan, apakah Anda memiliki apa-apa dengan Anda? Tentu saja, berikut adalah beberapa studi, dan dia mengatakan banyak hal yang baik tentang mereka, terlalu banyak, pada saat yang sama menyuarakan kritik, terlalu sedikit. Nah, dan hari berikutnya kami mendirikan kehidupan diam dan ia mulai dengan mengatakan, ini adalah bagaimana Anda harus memegang palet Anda. Dan sejak itu saya telah membuat studi dicat sedikit dan setelah itu dua lukisan cat air.
Ini adalah ringkasan dari pekerjaan saya, tapi ada lebih hidup dari bekerja dengan tangan dan kepala.
Aku tetap dingin sampai ke tulang sumsum, yang mengatakan ke sumsum jiwaku oleh tembok gereja imajiner atau tidak-imajiner tersebut. Dan aku tidak ingin membiarkan diriku menjadi kewalahan dengan itu deadening perasaan, kataku. Lalu saya berpikir, saya ingin bersama seorang wanita, aku tidak bisa hidup tanpa cinta, tanpa seorang wanita. Saya tidak akan peduli ara untuk hidup jika tidak ada sesuatu yang tak terbatas, sesuatu yang mendalam, sesuatu yang nyata. Tapi, aku berkata kepada diriku sendiri sebagai jawaban: Anda mengatakan 'Dia dan tidak ada other'15 dan harus Anda pergi ke seorang wanita? Tapi tentunya itu tidak masuk akal, pasti yang bertentangan logika? Dan jawaban saya untuk itu, Siapa master, logika atau saya? Apakah logika ada untuk saya atau aku ada untuk logika, dan tidak ada alasan dan tidak ada pemahaman tidak masuk akal saya atau kebodohan saya? Dan apakah saya bertindak benar atau salah, saya tidak bisa melakukan sebaliknya, bahwa tembok sialan terlalu dingin bagi saya, saya akan mencari seorang wanita, aku tidak bisa, aku tidak akan, saya mungkin tidak hidup tanpa cinta. Aku hanya manusia, dan manusia dengan gairah pada saat itu, saya perlu seorang wanita atau aku akan membekukan atau beralih ke batu, atau tetap kewalahan. Dalam keadaan, bagaimanapun, aku berjuang banyak dalam diri saya, dan dalam perjuangan bahwa beberapa hal tentang kekuatan fisik dan kesehatan meraih kemenangan, hal-hal yang saya percaya dan tahu lebih banyak atau kurang melalui pengalaman pahit. Satu tidak hidup terlalu lama tanpa seorang wanita tanpa dihukum. Dan aku tidak berpikir bahwa apa yang beberapa sebut Tuhan dan sesama tertinggi makhluk dan lain-lain alam adalah tidak masuk akal dan tanpa ampun, dan, dalam kata, saya sampai pada kesimpulan, saya harus melihat apakah saya tidak dapat menemukan seorang wanita. 2v: langit 7Damai, aku tidak terlihat begitu jauh. Saya menemukan seorang wanita, tidak berarti muda, tidak berarti cantik, dengan tidak ada yang istimewa tentang dia, jika Anda will.16 Tapi mungkin Anda agak aneh. Dia cukup besar dan kuat dibangun, dia tidak benar-benar memiliki tangan wanita seperti KV tetapi mereka seorang wanita yang bekerja keras. Tapi dia tidak kasar dan tidak umum, dan memiliki sesuatu yang sangat feminin tentang dia. Dia sedikit mirip sosok yang bagus byChardin atau Frère atau mungkin Jan Steen. Bagaimanapun, apa yang panggilan Perancis 'seorang wanita yang bekerja'. Dia punya banyak peduli besar, orang bisa melihat bahwa, dan kehidupan memberinya kekalahan yang, oh tidak dibedakan, ada yang luar biasa, tidak ada yang luar biasa.

Setiap wanita, pada setiap usia, jika dia mencintai dan jika dia baik, dapat memberikan seorang pria tidak tak terbatas saat ini tapi saat infinite.17 yang

Theo, saya menemukan pesona yang tak terbatas seperti dalam quoi je ne sais pelayuan, yang drubbed dengan kualitas hidup. Ah! Saya menemukan dia memiliki pesona, saya tidak bisa membantu melihat sesuatu nya dengan Feyen-Perrin, oleh Perugino. Dengar, aku tidak benar-benar tulus seperti bawang, apalagi seorang anak dalam buaian. Ini bukan pertama kalinya aku tidak bisa menahan perasaan kasih sayang, terutama cinta dan kasih sayang bagi orang-orang perempuan yang oleh pendeta sialan begitu angkuh dan menghina dan mengutuk dari mimbar. Saya tidak sialan mereka, saya tidak mengutuk mereka, saya tidak membenci mereka. Dengar, aku berusia hampir tiga puluh tahun, dan apakah Anda pikir saya tidak pernah merasa perlu untuk cinta?

K.V. lebih tua dari saya, dia juga memiliki cinta di belakangnya, tapi dia semua lebih mahal bagi saya karena alasan itu. Dia tidak bodoh, tetapi tidak am I. Jika dia ingin hidup dengan cinta lama dan jika dia ingin tahu apa-apa yang baru, yang usahanya, tapi semakin ia bertekun dalam itu dan menghindari saya, semakin saya tidak bisa hanya menahan energi saya dan kekuatan pikiran demi dia. Tidak, saya tidak ingin itu, aku mencintainya, tapi saya tidak ingin membekukan dan menghilangkan pikiran saya demi dia. Dan stimulus, percikan api yang kita butuhkan, yaitu cinta dan aku tidak benar-benar berarti cinta mistik.
Wanita itu tidak menipu saya - oh, siapa pun yang berpikir semua saudara mereka adalah penipu begitu salah dan memahami begitu sedikit.
Wanita yang baik bagi saya, sangat baik, sangat layak, sangat manis. Dalam hal apa? Bahwa saya tidak akan mengulangi bahkan saudara saya Theo, karena saya sangat curiga adikku Theo yang pernah dialami sesuatu ini sendiri sekarang dan then.18 Semakin baik baginya.
Apakah kita menghabiskan banyak bersama-sama? Tidak, karena saya tidak punya banyak dan saya berkata padanya, mendengarkan, Anda dan saya tidak perlu mabuk merasakan sesuatu untuk satu sama lain, hanya mengantongi apa yang mampu saya. Dan aku berharap aku bisa diberikan lagi, karena dia layak.
Dan kami berbicara tentang segala macam hal, tentang hidupnya, tentang peduli, tentang kemiskinan, tentang kesehatannya, dan aku memiliki percakapan lebih hidup dengan 2r nya: 8 dibandingkan dengan belajar sepupu profesor saya Jan Stricker, misalnya.
Aku benar-benar mengatakan hal-hal ini karena saya berharap Anda akan melihat bahwa meskipun saya mungkin memiliki beberapa perasaan, saya tidak ingin menjadi sentimental dengan cara yang tidak masuk akal. Itu, tidak peduli apa, saya ingin melestarikan beberapa kehangatan hidup dan menjaga pikiran saya jernih dan tubuh saya sehat untuk bekerja. Dan bahwa saya mengerti cintaku K.V. sedemikian rupa sehingga demi dia Aku tidak ingin mengatur tentang pekerjaan saya dengan sedih atau membiarkan diriku marah.
Anda akan mengerti itu, Anda yang menulis dalam surat Anda sesuatu tentang masalah kesehatan. Anda berbicara tentang yang telah tidak cukup sehat beberapa waktu lalu, itu sangat baik Anda mencoba untuk mendapatkan diri Anda diluruskan.
Pendeta hubungi kami berdosa, dikandung dan dilahirkan di sin.19Bah! Saya berpikir bahwa omong kosong sialan. Apakah dosa untuk mencintai, membutuhkan cinta, tidak bisa melakukan tanpa cinta? Saya menganggap hidup tanpa cinta kondisi berdosa dan kondisi tidak bermoral. Jika ada sesuatu yang aku menyesal, itu adalah bahwa untuk sementara waktu saya membiarkan profundities mistik dan teologis merayu saya ke menarik terlalu banyak di dalam diri saya. Saya sudah berangsur-angsur berhenti melakukan hal itu. Jika Anda bangun di pagi hari dan Anda tidak sendirian dan Anda melihat di senja manusia sesama, itu membuat dunia jauh lebih menyenangkan. Jauh lebih menyenangkan daripada jurnal mendidik dan dinding bercat putih gereja rohaniwan sedang jatuh cinta dengan. Itu mabuk, ruang kecil sederhana ia tinggal di, dengan tenang, nada abu-abu karena dataran wallpaper dan belum sehangat sebuah lukisan karya Chardin, lantai kayu dengan tikar dan sepotong tua karpet merah tua, seorang kompor biasa dapur, laci, tempat tidur yang sempurna sederhana besar, singkatnya, interior seorang wanita pekerja sejati. Dia harus melakukan cuci hari berikutnya. Tepat, sangat baik, saya akan menemukan dia sama menawan di jaket ungu dan rok hitam seperti sekarang dalam rok coklat atau merah-abu-abu. Dan dia sudah tidak muda lagi, mungkin asK.V. usia yang sama, dan dia punya anak, ya, kehidupan telah memberinya kekalahan dan masa mudanya hilang. Pergi? - Tidak ada hal seperti woman.20 tua Ah, dan dia kuat dan sehat - namun tidak kasar, tidak umum. Mereka yang menghargai perbedaan begitu sangat tinggi, dapat mereka selalu mengatakan apa yang dibedakan? Langit! Orang kadang-kadang mencarinya tinggi dan rendah ketika itu dekat, seperti yang saya lakukan juga sekarang dan kemudian.
Saya senang bahwa saya melakukan apa yang saya lakukan, karena saya berpikir bahwa tidak ada di dunia harus menjaga aku dari pekerjaan saya atau menyebabkan saya kehilangan semangat yang baik saya.
Ketika saya berpikir tentang KV, saya masih mengatakan 'dia dan tidak ada lainnya, dan saya pikir persis sama seperti yang saya lakukan musim panas lalu tentang' sementara mencari lass'.21 lain Tapi itu bukan hanya baru-baru bahwa saya telah tumbuh menyukai orang-orang wanita yang dikutuk dan dibenci dan dikutuk oleh pendeta, cintaku mereka bahkan agak lebih tua dari cinta saya untuk Kee Vos. Setiap kali aku berjalan menyusuri jalan - sering sendirian dan di ujung longgar, setengah sakit dan miskin, tanpa uang di saku saya - saya melihat mereka dan merasa iri orang-orang yang bisa pergi dengan dia, dan saya merasa seolah-olah gadis-gadis miskin adalah saudara saya, sejauh keadaan kita dan pengalaman hidup yang bersangkutan. Dan, Anda lihat, perasaan itu sudah tua dan berakar dalam diri saya. Bahkan sebagai seorang anak saya kadang-kadang tampak dengan simpati tak berujung dan menghormati ke wajah setengah layu perempuan yang ditulis, seolah-olah: kehidupan dan realitas telah memberi saya sebuah kekalahan. 3r: 9 Tetapi perasaan saya untuk K.V. benar-benar baru dan sesuatu yang sama sekali berbeda. Tanpa sadar, dia dalam semacam penjara. Dia juga miskin dan tidak bisa melakukan segala sesuatu yang dia inginkan, dan Anda lihat, dia memiliki semacam pengunduran diri dan saya berpikir bahwa Jesuitisms dari pendeta dan wanita yang taat sering membuat lebih dari kesan pada dirinya dari pada saya, Jesuitisms yang tidak lagi terkesan saya untuk alasan yang telah saya pelajari beberapa trik. Tapi dia mematuhi mereka dan tidak tahan jika sistem pengunduran diri dan dosa dan Tuhan dan yang lainnya tampak keangkuhan seorang. Dan saya tidak berpikir itu terjadi padanya bahwa mungkin Godonly sebenarnya dimulai ketika kita mengucapkan kata-kata dengan whichMultatuli menutup doanya dari orang yang tidak beriman: "Ya Allah, tidak ada God'.22 Lihat, saya menemukan Tuhan rohaniwan itu mati sebagai a doornail. Tapi apakah itu membuat saya seorang ateis? Para pendeta berpikir saya satu - bahwa karena mungkin - tapi lihat, aku cinta, dan bagaimana aku bisa merasakan cinta jika aku sendiri tidak hidup dan lain-lain yang tidak hidup? Dan jika kita hidup, ada sesuatu yang menakjubkan tentang hal itu. Sebut saja sifat Tuhan atau manusia atau apa yang akan Anda, tapi ada sesuatu tertentu yang saya tidak dapat menentukan dalam suatu sistem, meskipun itu sangat hidup dan nyata, dan Anda melihat, bagi saya itu Tuhan atau hanya sebagai baik sebagai Tuhan. Dengar, jika saya harus mati pada waktunya dalam satu atau lain cara, baik, apa yang akan ada untuk tetap hidup? Bukankah akan memikirkan cinta (cinta moral atau tidak bermoral, apa yang saya tahu tentang hal itu?). Dan langit, aku mencintai Kee Vos selama seribu alasan, tapi justru karena saya percaya dalam hidup dan dalam sesuatu yang nyata saya tidak lagi menjadi terganggu seperti dulu ketika saya memiliki pikiran tentang Tuhan dan agama yang kurang lebih mirip dengan Kee Vos sekarang tampaknya memiliki. Aku tidak akan melepaskannya, tapi krisis batin dia mungkin akan melalui akan memakan waktu, dan saya memiliki kesabaran untuk itu, dan tidak ada yang dia katakan atau lakukan membuat saya marah. Tapi selama dia terus melekat pada masa lalu dan menempel untuk itu, saya harus bekerja dan menjaga pikiran saya jelas untuk melukis dan menggambar dan bisnis. Jadi saya melakukan apa yang saya lakukan, dari kebutuhan untuk kehangatan kehidupan dan dengan mata untuk kesehatan. Saya juga mengatakan hal-hal ini sehingga Anda tidak mendapatkan ide lagi bahwa saya sedang dalam, suasana hati termenung melankolis atau terganggu. Sebaliknya, aku biasanya pottering tentang dengan dan berpikir tentang cat, membuat cat air, mencari studio & c. & c. Chap tua, kalau saja aku bisa menemukan sebuah studio yang cocok. 3v: 10
Nah, surat saya telah berkembang lama, tapi tetap.
Saya kadang-kadang berharap bahwa tiga bulan antara sekarang dan akan kembali ke M. sudah berakhir, tapi seperti mereka akan, mereka akan membawa beberapa baik. Menulis kepada saya, meskipun, sekarang dan kemudian. Kau datang lagi di musim dingin?
Dan mendengarkan, menyewa studio & c., Aku akan melakukannya atau saya tidak akan, tergantung pada apa Mauve berpikir itu. Aku mengirimnya rencana lantai yang telah disepakati, dan mungkin dia akan datang dan memiliki melihat dirinya sendiri jika diperlukan. Tapi Pa harus tinggal keluar dari itu. Pa bukanlah orang yang tepat untuk ikut campur dalam hal artistik. Dan kurang harus saya lakukan dengan Pa dalam hal bisnis, lebih baik saya akan bergaul dengan Pa. Tapi aku harus bebas dan mandiri dalam banyak hal, yang perlu dikatakan.
Aku kadang-kadang bergidik membayangkan KV, melihat tempat tinggal nya di masa lalu dan menempel lama, gagasan mati. Ada sesuatu yang fatal tentang hal itu, dan oh, dia akan ada yang lebih buruk untuk berubah pikiran. Saya pikir itu sangat mungkin bahwa reaksinya akan datang, ada begitu banyak dalam dirinya yang sehat dan hidup. Dan Maret aku akan pergi ke Den Haag lagi dan - dan - lagi ke Amsterdam. Tapi ketika saya meninggalkan Amsterdam kali ini, saya berkata pada diri sendiri, dalam situasi harus Anda menjadi melankolis dan biarkan diri Anda kewalahan sehingga pekerjaan Anda menderita, apalagi sekarang itu mulai maju. Makan stroberi di musim semi, 23 ya, itu bagian dari kehidupan, tapi itu hanya bagian pendek dari tahun dan itu masih jauh.

Dan Anda harus iri saya karena ini atau itu? Oh tidak, chap tua, karena apa yang saya mencari dapat ditemukan oleh semua, oleh Anda mungkin lebih cepat daripada saya. Dan oh, aku sangat terbelakang dan berpikiran sempit tentang banyak hal, kalau saja aku tahu persis mengapa dan apa yang harus saya lakukan untuk memperbaiki. Tapi sayangnya kita sering tidak melihat balok di eye.24 kita sendiri Jangan menulis kepada saya segera, dan Anda hanya harus memisahkan gandum dari sekam dalam surat saya, jika kadang-kadang ada sesuatu yang baik di dalamnya, sesuatu yang benar, itu lebih baik, tapi tentu saja ada banyak di dalamnya yang salah, lebih atau kurang, atau mungkin berlebihan, tanpa saya selalu menyadarinya. Aku benar-benar tidak ada ulama dan saya sangat sangat bodoh, oh, seperti banyak orang lain dan bahkan lebih daripada yang lain, tapi aku tidak bisa mengukur itu sendiri, dan saya bisa mengukur orang lain bahkan kurang dari saya bisa mengukur diri, dan saya sering luas tanda. Tapi bahkan saat kita tersesat kita kadang-kadang menemukan trek pula, dan ada sesuatu yang baik di semua movement25 (by the way, saya kebetulan mendengar Jules Breton mengatakan bahwa dan ingat bahwa ucapan itu). Katakan, apakah Anda pernah heardMauve berkhotbah ?? Aku pernah mendengar dia meniru beberapa pendeta - setelah ia memberikan khotbah pada barque26 Petrus (khotbah dibagi menjadi 3 bagian: Pertama, apakah ia telah membeli atau mewarisinya Kedua, apakah ia telah membayar untuk itu dengan angsuran atau bagian?? ketiga, apakah ia mungkin (menghalau pikiran) mencurinya?). Kemudian ia melanjutkan untuk berkhotbah tentang 'kebaikan Lord'27 dan' Tigris dan Euphrates'28 dan akhirnya ia melakukan imitasi dari JPS, bagaimana ia telah menikah A. dan Lecomte.29
Tapi ketika saya mengatakan kepadanya bahwa saya pernah mengatakan dalam sebuah percakapan dengan Pa yang saya percaya bahwa orang bisa mengatakan sesuatu mendidik bahkan di gereja, bahkan dari mimbar, M. kata, Ya. Dan kemudian dia melakukan imitasi dari Bapa Bernhard: 30 Allah - Allah - mahakuasa - ia menciptakan laut, dia menciptakan bumi dan langit dan bintang-bintang dan matahari dan bulan, dia bisa melakukan segalanya - semuanya - segala sesuatu - dan namun - tidak, Dia tidak maha kuasa, ada satu hal yang dia tidak bisa lakukan. Apa satu hal yang Tuhan Yang Maha Esa tidak bisa lakukan? Tuhan Yang Maha Esa tidak bisa membuang berdosa. Nah, kata perpisahan, Theo, jangan menulis segera, dalam pikiran jabat tangan, percayalah

Pernah Anda,
Vincent



194
Untuk Theo van Gogh. The Hague, Kamis 29 Desember, 1881.
  1r: 1
The Hague, Kamis malam

My dear Theo,
Terima kasih saya untuk surat Anda dan kandang. Ketika saya menerima surat Anda saya kembali Etten, mengikuti saran Mauve itu, seperti yang saya tulis untuk Anda. Tapi sekarang, seperti yang Anda lihat, aku kembali di Den Haag lagi.
Saat Natal saya memiliki argumen yang agak keras dengan Pa, dan perasaan berlari begitu tinggi sehingga Pa mengatakan akan lebih baik jika aku meninggalkan rumah. Nah, dikatakan begitu jelas bahwa saya benar-benar meninggalkan hari yang sama.
Hal benar-benar datang ke kepala karena aku tidak pergi ke gereja, dan juga mengatakan bahwa jika pergi ke gereja adalah sesuatu yang dipaksakan dan aku harus pergi ke gereja, aku pasti tidak pernah pergi lagi, bahkan tidak keluar dari kesopanan, seperti saya sudah melakukan cukup teratur sepanjang waktu aku sudah berada di Etten. Tapi oh, sebenarnya ada lebih banyak untuk itu, termasuk seluruh kisah tentang apa yang terjadi musim panas ini antara aku dan KV
Aku marah daripada yang pernah saya ingat berada dalam hidupku, dan aku mengatakan kepada Pa jelas bahwa saya menemukan seluruh sistem agama yang menjijikkan, dan justru karena aku berdiam pada hal-hal terlalu banyak selama waktu yang menyedihkan di life1 saya tidak ingin sesuatu yang lebih dengan hal itu, dan harus menjaga terhadap hal itu sebagai sesuatu yang melawan fatal.
Apakah aku terlalu marah, terlalu keras? - Jadi itu, tapi bahkan menyangka bahwa akan terjadi, maka setidaknya sekarang sudah berakhir dan dilakukan dengan.
Aku kembali ke M. dan berkata, mendengarkan M., aku tidak bisa tinggal di Etten dan aku harus pergi dan tinggal di tempat lain, sebaiknya di sini.
Nah, M. mengatakan, tinggal di sini kemudian. Dan jadi saya telah menyewa studio di sini, yaitu ruang dan ceruk yang bisa dibuat sesuai. Cukup murah, kota di luar di Schenkweg, sekitar 10 menit dari M.2 1V: 2
Pa mengatakan kepada saya bahwa jika saya perlu uang yang akan meminjamkan kepada saya jika perlu, tapi sekarang itu tidak mungkin, aku harus tetap benar-benar independen dari Pa. Bagaimana? Saya belum tahu, tapi M. bersedia membantu saya jika diperlukan, dan Anda juga, saya berharap dan kepercayaan, dan tentu saja saya akan bekerja dan melakukan yang terbaik saya untuk mendapatkan sedikit.
Aku di sini sekarang, dan faktanya adalah tidak ada jalan untuk kembali. Pada saat yang kurang tepat, tapi apa yang harus dilakukan?
Aku harus memiliki beberapa perabot yang sederhana, dan biaya saya untuk menggambar dan melukis bahan tidak mendapatkan apapun lebih rendah.
Saya juga harus mencoba dan berpakaian lebih baik. Ini langkah berani, dan pertanyaan tenggelam atau berenang. Tetapi beberapa hari aku telah menyiapkan rumah saya sendiri, jadi apa lagi yang bisa saya lakukan? Sekarang hal sudah lebih cepat dari yang saya harapkan.
Sejauh hubungan antara Pa dan Ma dan saya prihatin, mereka tidak bisa dihukum hak begitu sangat cepat. Perbedaan mentalitas dan pandangan hidup yang terlalu besar.
Dan meskipun saya berbicara dalam kemarahan, saya mengatakan hal-hal yang saya juga berpikir ketika saya sedang dalam suasana hati yang lebih tenang. Jadi saya tidak mengambil kembali apa yang saya katakan, dan tetap Pa kini telah mendengarnya dengan jelas. Jika aku telah lebih tenang, saya akan mengatakan itu di lain, warna kurang ekstrim, tapi pada dasarnya saya akan berpikir sama.
Dan saya berharap bahwa dalam hal apapun itu akan menyebabkan sesuatu yang baik. Aku harus bertahan buruk kali dan air akan naik, mungkin setinggi bibir dan bahkan mungkin lebih tinggi, bagaimana saya bisa tahu sebelumnya? Tapi aku akan berjuang melawan saya dan hidup saya menjual mahal dan mencoba untuk menang dan menarik melalui. 1V: 3
Aku akan pindah ke studio sekitar 1 Januari. Mengenai furnitur, aku akan mengambil yang sangat sederhana, meja kayu, beberapa kursi.
Untuk tidur, aku akan puas dengan selimut wol dan lantai. Tapi M. ingin saya untuk membeli tempat tidur dan akan meminjamkan uang jika diperlukan. Ketika menyusun account dari 100 franc, ada ternyata uang tersisa, meskipun saya membuat dua perjalanan musim panas ini, dan sekali, terakhir kali, untuk waktu yang lama. Memang benar bahwa saya makan dan tidur di rumah, tapi Pa sendiri mengatakan pada waktu itu bahwa ia bisa menyisihkan itu.
Anda memahami bahwa saya sekarang sangat khawatir, dan meramalkan banyak kerja keras dan penderitaan. Tapi tetap saja melegakan bagi saya bahwa saya sudah begitu jauh sehingga saya tidak bisa lagi kembali, dan bahwa meskipun jalan sulit, jalan saya sekarang cukup jelas.
Tak usah dikatakan bahwa saya meminta Anda, Theo, jika Anda bisa melakukannya, untuk mengirim saya sekarang dan kemudian apa yang Anda bisa tanpa pendek sendiri. Dan - dalam situasi, kirimkan ke saya daripada memberikannya kepada orang lain. Karena jika mungkin kita tidak harus getMauve terlibat dalam kasus ini, sejauh masalah keuangan yang bersangkutan. Ini sudah yang tak ternilai bahwa dia membantu saya artistik dalam kata dan perbuatan. Dia menegaskan, bagaimanapun, bahwa saya membeli tempat tidur, misalnya, dan beberapa perabot, dan berkata, aku akan meminjamkan kepada Anda jika diperlukan. Karena menurutnya aku harus, tidak peduli apa, tampil rapi dalam hal pakaian saya, dan tidak mencoba untuk berhemat dan menabung. 1r: 4
Aku akan menulis lagi segera. Saya tidak ingin menganggapnya sebagai nasib sial bahwa itu ternyata cara ini, sebaliknya, meskipun semua emosi saya merasa tenang tertentu.
Ada keselamatan di tengah-tengah danger.3 Apa yang akan hidup jika kita tidak berani mengambil hal-hal di tangan?
Aku berlari di mana-mana untuk mencari studio itu, baik di kota dan di Scheveningen.
Scheveningen adalah sangat mahal. Studio ini biaya hanya 7 gulden per bulan, tapi perabotan menyulitkan. Namun, jika seseorang memiliki hal-hal sendiri, mereka tidak akan hilang, dan satu memiliki tanah lebih pasti di bawah kaki seseorang.
Cahaya datang dari selatan, lebih atau kurang, tetapi jendela besar dan tinggi, 4 dan saya memiliki harapan bahwa itu akan terlihat bagus setelah beberapa waktu.
Anda bisa membayangkan betapa aku merasa terangsang. Apa yang akan pekerjaan saya menjadi seperti dalam setahun? Kalau saja aku bisa mengekspresikan apa yang saya rasakan - baik, Mauve memahami semua ini dan ingin memberikan banyak tips teknis yang ia dapat - apa mengisi kepala saya dan hati harus dinyatakan dalam gambar atau lukisan.
Ungu muda dirinya sangat sibuk dengan lukisan besar pink terhadap pasir yang diangkut oleh horses.5 saya pikir bagus untuk berada di Den Haag, dan saya tidak menemukan akhir hal-hal indah dan saya harus mencoba dan menggambarkan beberapa dari mereka.
Adieu, chap tua, menerima jabat tangan dalam pemikiran dan menulis segera, percayalah

Pernah Anda,
Vincent

Banyak hal dari M. dan Jet.

Saya masih memiliki sedikit uang, tapi berapa lama aku akan bisa mendapatkan oleh itu? Saya harus tinggal di kos-rumah sampai 1 Januari.

Hanya alamat surat Anda ke alamat A. Mauve. Uilebomen 198, karena aku pergi ke sana hampir setiap hari.



195
Untuk Anthon van Rappard. The Hague, Jumat, 30 Desember, 1881.
  1r: 1
The Hague, 30 Desember 1881.

Terkasih Rappard,
Aku menerima surat Anda dari Brussels.1
Saya tidak suka sama sekali, tapi tetap saja, Anda menulisnya pada saat, seperti yang Anda sendiri mengatakan, Anda tidak cukup normal. Apa-apa atau apa-apa dalam surat Anda memegang air.
Aku senang kau kembali dari Brussels. Namun, Anda tidak berada di sana menurut pendapat saya, dan sehubungan dengan kompetensi teknis 'Anda berharap untuk mendapatkan di Akademi, Anda akan, saya takut, akhirnya ditipu. Bahkan yang tidak bisa dipelajari dari orang-orang seperti Stallaert.
Tapi sekarang aku sibuk dengan segala macam pekerjaan, karena aku telah menyewa sebuah studio kecil di sini dan akan pindah ke sekitar tanggal 1 Januari dan masih memiliki banyak hal untuk melihat ke.
Kemudian, ketika hal-hal telah mereda sedikit, saya akan menulis lagi dengan tenang tentang ini dan itu, tetapi tidak tersinggung jika saya punya hal-hal yang lebih serius yang harus dilakukan sekarang daripada menulis surat.
Tentu saja surat saya tidak berpura-pura selalu memukul tanda, selalu menjelaskan hal-hal secara tepat, oh tidak, aku sering salah tentang hal. Tapi kalau aku bilang, 1V:. 2 Rappard, mereka akademisi Anda khawatir tentang tidak layak tuppence, dan saya mengacu toStallaert dan Severdonck2 & c, aku sungguh-sungguh dengan segenap hati saya, dan saya bilang, kalau aku jadi kau aku akan melupakan mereka. Tapi aku sudah bilang ini beberapa kali, saya tidak akan mengatakannya lagi, saya tidak ingin mendengar suku kata lain atau mengucapkan suku lain tentang seluruh akademi lagi. Hal ini tidak perlu repot-repot.
Dan dengan ini saya mengirimkan salam - orang macam apa yang mereka, orang-orang seniman dengan siapa Anda minum Lambiek 3 Mengapa kau tidak menyebutkan bahkan beberapa dari mereka dengan nama? Apakah mereka orang-orang yang akan berguna bagi Anda? Saya harap begitu, karena kamu, tapi aku benar-benar ragu.
Baik-hari, pria tua, saya tidak punya banyak waktu, atau keinginan, untuk menulis lagi. Ketika Anda berada di studio Anda, bekerja sering dengan model, Anda akan mendapatkan lebih banyak kepuasan dari itu dalam jangka panjang. Pokoknya - baik-hari.

Vincent

  1V: 3
Jika Anda ingin menulis kepada saya lagi, mengirim surat ke Etten. Mereka akan mengirim mereka - aku bimbang antara 2 atau 3 studio dan akan memutuskan mana yang harus diambil sebelum 1 Januari 4Tetapi saat ini saya tidak memiliki alamat tetap, Anda akan belajar dari itu di beberapa titik. Aku meninggalkan Etten karena saya memiliki terlalu banyak masalah dengan ayah saya tentang segala macam hal yang sebenarnya tidak layak berbicara tentang - tentang pergi ke gereja & c. & c., dan bahkan jika saya bekerja keras dan banyak, itu menempatkan saya dalam keadaan lelah dan dingin itu tidak baik untuk apa pun. Jadi saya sudah menetap di sini dan saya senang berada di lingkungan yang berbeda. Aku punya beberapa kekhawatiran, tapi itu lebih baik dari semua yang bertengkar dan mengomel.


196
Untuk Theo van Gogh. The Hague, pada atau sekitar Selasa, 3 Januari, 1882.
  1r: 1
Saudaraku,
Aku hanya menulis untuk mengucapkan Tahun Baru bahagia, mungkin itu menjadi tahun yang baik bagi Anda dalam segala hal dan, saya menambahkan egoistically, untuk diri saya sendiri juga.
Sekarang untuk saya, itu akan mungkin tidak akan tidak menyenangkan bagi Anda untuk belajar bahwa aku dipasang di studio saya sendiri. Sebuah ruangan dan ceruk, cahaya cukup terang, untuk jendela besar (dua kali lebih besar jendela biasa), dan itu lebih atau kurang menghadap ke selatan. Saya sudah membeli furniture sejati 'desa gaya polisi', 1AS Anda menyebutnya, tapi saya berpikir bahwa saya menyerupai jauh lebih dari Anda, meskipun itu Anda yang menciptakan istilah. (Saya memiliki kursi yang nyata dapur, misalnya, dan meja dapur yang benar-benar kokoh.)
Mauve meminjamkan uang, 100 gulden, untuk menyewa, memberikan dan mendapatkan jendela dan cahaya tetap up. Ini agak khawatir, Anda akan mengerti, tapi bagaimanapun itu satu-satunya cara yang masuk akal, dan dalam jangka panjang itu memiliki hal-hal sendiri daripada selalu menghabiskan uang lagi ruang semi-furnished jauh lebih murah.
Aku sudah banyak kesulitan, apa dengan menemukan dan kemudian mengatur perabot di sedemikian rupa sehingga aku bisa mengatur dengan apa yang saya miliki. 1V: 2 Tetapi sekarang, chap tua, saya memiliki studio nyata saya sendiri dan saya sangat senang dengan itu.
Aku tidak berani berharap bahwa hal-hal akan pergi secepat ini, tapi sekarang saya pikir itu luar biasa dan berharap bahwa Anda lakukan juga.
Dengar, kau tahu itu semua, pengeluaran saya akan sedikit lebih tinggi daripada mereka di Etten, tapi mari kita bahu kami ke wheel.M. memberi saya banyak harapan bahwa saya akan segera mendapatkan sesuatu.
Dan sekarang aku di studio saya sendiri, itu akan sangat mungkin membuat kesan tidak menguntungkan pada beberapa orang yang sampai sekarang berpikir bahwa aku hanya mencoba-coba, idling atau kemalasan tentang.
Saya berharap bahwa Anda akan dapat mengirim sesuatu suatu hari. Jika saya butuh sesuatu mendesak dan meminta itu dari Mauve, ia tidak akan menolak, tapi untuk saat ini dia benar-benar dilakukan cukup. Hal ini terjadi pada semua orang di beberapa titik dalam hidup bahwa ia harus mengatur dirinya sendiri di rumahnya sendiri, dan meskipun pada awalnya saya tidak bisa menghadapi berada di utang, saya merasa bahwa lebih baik dengan cara ini. 1V: 3
Rencananya adalah bahwa saya terus bekerja secara teratur dari model. Itu mahal, namun itu adalah cara termurah.
De Bock akhirnya mengecewakan saya, ada sesuatu yang bertulang tentang dia, dan dia marah jika seseorang mengatakan hal-hal tertentu dia yang sebenarnya hanya ABC. Dia memiliki perasaan untuk landscape, ia kadang-kadang berhasil mengilhami mereka dengan semacam pesona (termasuk lukisan besar dia sekarang bekerja pada), 2 tetapi dalam dirinya tidak ada yang mendapatkan. Dia terlalu samar dan terlalu substansial - kapas terlalu halus woven.3 Lukisannya bayangan dari kesan, dan menurut saya kesan bahwa hampir tidak layak mengulangi begitu sering.
Saya tidak akan mengasosiasikan sangat banyak dengan pelukis. Saya menemukan Mauvemore mampu dan lebih solid setiap hari. Dan apa lagi yang saya inginkan? Theo, aku harus mulai berpakaian sedikit lebih baik sekarang, meskipun. Sekarang aku tahu lebih atau kurang arah saya harus mengambil, dan dapat berdiri untuk itu terbuka, jadi saya tidak akan menghindari kontak dengan orang-orang - juga tidak mengikuti mereka terlalu banyak. M. dan Jet mengirimkan salam mereka, kata perpisahan, saya masih harus banyak yang harus dilakukan, percayalah

Pernah Anda,
Vincent


197
Theo van Gogh Vincent van Gogh. Paris, Kamis, 5 Januari, 1882.
  1r: 1
[Kop surat: Goupil Paris]

Paris, 5 Januari 1882

Terkasih Vincent,
Aku menerima dua surat Anda dan terima kasih untuk menjaga saya informasi tentang bagaimana hal-hal yang going.1 saya pikir sangat baik bahwa Anda secara permanen dipasang di Den Haag, dan berharap untuk melakukan sebanyak yang saya bisa untuk membantu Anda sampai Anda dapat mulai penghasilan sendiri, tapi apa yang saya tidak suka adalah cara Anda dibikin untuk meninggalkan Pa dan Ma. (1) 2 ada kemungkinan bahwa Anda tidak tahan untuk tinggal di sana, dan itu tidak lebih dari alam yang berbeda dalam Anda cara berpikir dari orang-orang yang telah menghabiskan seluruh hidup mereka di negara 1r: 2 dan belum memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dari kehidupan modern, tapi apa setan membuat Anda begitu kekanak-kanakan dan tidak tahu malu untuk merancang cara ini untuk membuat Pa dan kehidupan Ma sengsara dan hampir tidak mungkin? (2) Hal ini tidak sulit untuk bertarung dengan seseorang yang sudah lelah. (3) Ketika Pa menulis kepada saya tentang hal itu, saya pikir itu adalah kesalahpahaman, tapi Anda sendiri mengatakan dalam surat Anda, sejauh hubungan antara Pa dan saya prihatin, mereka tidak dapat dihukum hak begitu cepat. (4) Apakah Anda tidak kenal dia, dan tidak tahukah kamu, bahwa Pa tidak dapat hidup selama ada buruk darah antara Anda berdua? (5) ini yourduty untuk mengatur hal-hal lurus di semua biaya, dan saya meyakinkan Anda bahwa suatu hari Anda akan mati-matian menyesal telah menangani masalah ini begitu kasar. (6) Sekarang Anda memiliki Mauve yang menarik Anda, dan karena Anda membawa hal-hal yang terlalu jauh, siapa pun yang tidak seperti dia tidak menarik bagi Anda, karena Anda sedang mencari kualitas yang sama dalam diri setiap orang. (7) Apakah tidak sulit bagi Pa untuk melihat dirinya dikurangi menjadi apa-apa dengan ? seseorang yang mengaku menjadi lebih bebas berpikir (8) dari dia, dan siapa dia mungkin kadang-kadang iri dalam hati untuk persepsi tajam nya (9) Apakah 1V hidupnya: 3 hitungan untuk apa-apa (10) saya tidak mengerti Anda . (11)
Menulis kepada saya lagi bila Anda dapat, (12) dan memberikan salam toMauve dan Jet. selalu

Pernah Anda,
Theo
198
Untuk Theo van Gogh. The Hague, Kamis, 5 atau Jumat, 6 Januari, 1882.
  1r: 1
Saudaraku,
Katakan padaku, Theo, bagaimana cara berdiri dengan Anda? Tentunya Anda sudah menerima surat terakhir saya, 1 di mana saya katakan satu dan lain hal tentang apa yang terjadi di rumah dan bagaimana yang mengakibatkan saya meninggalkan rumah dan kembali ke Den Haag, dan saya sekarang di studio saya sendiri, alamat SCHENKWEG ada . 138 (dekat stasiun Rijnspoor) .2
Ungu muda, kau tahu, membantu saya untuk menetap di, tapi aku masih memiliki semua jenis biaya di depan saya, dan saya benar-benar tidak punya sepeser pun di saku saya untuk satu atau dua hari. Tentu saja aku benar-benar dihitung pada Anda setelah dikirim setidaknya 100 franc untuk bulan Januari. 1V: 2
Tapi saya belum menerima apa pun, bahkan tidak surat dari Anda. Yang terburuk adalah bahwa tidak mungkin bagi saya untuk bekerja dengan model sebelum aku memiliki sesuatu di saku saya lagi, dan jadi ada hampir tidak ada yang bisa saya lakukan, cuaca terlalu buruk untuk duduk di luar ruangan, walaupun saya sudah mencoba berulang kali.
Aku baik-baik, namun beberapa hari terakhir aku sudah lemah dari ketegangan.
Aku sudah mencari model dan tahu dari beberapa, tapi aku tidak bisa membawa mereka.
Hari ini aku pergi ke Goupil putus asa, karena sesuai dengan apa yang 1V: 3 Anda menulis saya ingin bertanya Tersteeg untuk meminjamkan uang demi Tuhan.
Tapi Tersteeg baru saja meninggalkan kota untuk beberapa hari.
Saya tidak ingin berbicara dengan Iterson tentang hal itu.
Saya juga harus bertahan dengan berani menuju Mauve. M. telah benar-benar dilakukan sudah cukup.
Tersteeg telah berjanji untuk datang dan melihat-lihat, tapi dia belum di sini belum. 1r: 4
Jika untuk satu atau alasan lain Anda tidak dapat mengirim 100 franc sekaligus, kirimi saya bagian dari itu dengan kembalinya pos.
Saya baru saja menemukan perangko di saku saya, kalau tidak saya tidak akan bahkan telah mampu mengirim surat ini. Ini adalah waktu perjuangan bagi Anda dan bagi saya, tapi saya percaya kita maju. Jadi mari kita menjaga roh kita, kata perpisahan, dengan jabat tangan.

Pernah Anda,
Vincent


199
Untuk Theo van Gogh. The Hague, Minggu, 8 atau Senin, 9 Januari, 1882.
  1r: 1
Anda tidak harus berpikir bahwa saya akan mengirim surat kembali untuk menghina Anda, tapi saya merasa ini cara tercepat untuk menjawab dengan jelas. Dan jika Anda tidak memiliki surat Anda kembali, Anda tidak akan mampu memahami apa jawaban saya mengacu, sedangkan sekarang nomor membimbing Anda. Saya tidak punya waktu, aku sedang menunggu untuk model hari ini.

  1V: 2
Karena saya hanya memiliki sedikit waktu, aku tahu tidak berarti lebih baik menjawab surat Anda daripada untuk menjawab satu dan lain hal seperti ini, poin demi poin.

(1) saya tidak 'merancang' untuk melakukannya, sebaliknya, ketika Pa ada di sini, 1 Mauve, Pa dan saya berbicara tentang saya menyewa sebuah studio di Etten - menghabiskan musim dingin di sana - kembali ke Den Haag dalam semi. Karena model dan karena saya telah mengatur untuk bekerja di sana, dan itu mulai berjalan dengan baik.
Semua sama, aku akan menyukai untuk memperpanjang saya tinggal di Den Haag sedikit, karena aku di sini pula, tapi tetap saja aku serius berniat melanjutkan studi saya jenis petani Brabant. Dan ketika saya melintas di merealisasikan rencana itu, setelah M. telah berkonsultasi dan saya telah menulis kepadanya tentang studio tersebut (gudang yang diperlukan beberapa perbaikan), saya tidak bisa menahan amarah.
Harap diingat salah satu surat saya kepada Anda di mana saya menulis kepada Anda secara luas tentang rencana saya untuk melanjutkan mereka studies.2 saya maksud surat yang saya meminta Anda untuk mengatakan kata-kata tulus beberapa memberikan kesan kepada Pa dan Ma betapa pentingnya saya bekerja di Etten adalah untuk me & c. Saya ingat kata-kata saya gunakan: itu benar-benar akan terlalu buruk jika kemauan dari Pa adalah untuk membuat saya menyerah bekerja yang sekarang berkembang dengan baik dan yang saya telah bekerja selama berbulan-bulan. Pikirkan tentang hal ini sendiri - bantuan despiteMauve itu, aku di lebih kesulitan di sini daripada di rumah, dan saya benar-benar tidak tahu bagaimana saya akan mendapatkan.
2) Ekspresi itu yang saya merancang untuk membuat hidup Pa dan Ma sengsara sebenarnya bukan milikmu, aku sudah tahu itu untuk waktu yang lama sebagai salah satu Pa Jesuitisms, dan juga mengatakan kepada Pa dan Ma yang saya anggap itu hal bermuka dua dan tidak mengambil pemberitahuan sedikit itu.
Pa teratur datang dengan beberapa seperti mengatakan jika seseorang mengatakan sesuatu kepadanya bahwa dia tidak tahu bagaimana menjawab, dan berkata, antara lain, 'Anda akan kematian saya', sementara dengan tenang membaca koran dan merokok nya pipa. Jadi saya mengambil ekspresi seperti pada nilai wajah mereka. 1V: 3
Atau Pa mendapat sangat marah dan digunakan untuk orang-orang yang takut, dan itu mengejutkan Pa jika orang tidak memberi jalan kepada kemarahannya.
Pa sangat mudah terluka dan marah dan penuh obstinacies dalam kehidupan rumah tangga dan digunakan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Dan kategori 'konvensi dan aturan rumah ini', yang seharusnya saya amati, termasuk harfiah segala sesuatu yang datang ke kepala Pa.
3) 'Berjuang dengan orang tua tidak sulit & c. "Karena Pa adalah orang tua saya sudah menyelamatkannya seratus kali, dan ditoleransi hal-hal yang hampir tak tertahankan. Nah, kali ini tidak melawan, tetapi hanya mengatakan 'cukup', dan karena ia tidak mendengarkan alasan dan akal sehat saya mengatakan langsung untuk sekali, dan itu memang sangat bagus bahwa Pa akhirnya mendengar satu hal dan berbicara lain jelas bahwa orang lain kadang-kadang berpikir juga.
4) Bahwa tidak akan dihukum hak cepat. Demi penampilan 'Saya meluruskan hal-hal dengan menulis kembali ke Pa mengatakan bahwa saya telah menyewa studio, bahwa saya juga berharap dia bahagia Tahun Baru, saya berharap bahwa tahun baru kita seharusnya tidak lagi berperang di jalan itu atau dengan cara lain. Aku tidak melakukan apapun tentang hal itu, saya tidak perlu melakukan lebih banyak tentang hal itu. Jika adegan terakhir ini adalah satu-satunya dari jenisnya, itu akan berbeda, tapi didahului oleh adegan lain, ketika aku berkata kepada Pa, dalam tenang namun tegas cara, banyak hal yang Hon-Nya. sistematis menepis satu per satu. Jadi dalam hal-hal yang saya katakan dalam kemarahan, saya pikir hal yang sama dalam suasana hati yang lebih tenang, barulah aku menahan diri dari mengatakan mereka keluar dari diplomasi atau saya katakan mereka dengan cara lain. Tapi semua diplomasi ditinggalkan saya ketika saya marah, dan, well, sekarang aku akhirnya berkata itu. Aku tidak meminta maaf, dan selama Pa dan Ma mengambil sikap ini saya tidak akan mengambil semua itu kembali. Jika, di kemudian hari, mereka mungkin menjadi sedikit lebih manusiawi dan sensitif dan adil, maka saya akan senang untuk mengambil semuanya kembali. Tapi aku ragu apakah yang akan terjadi.
5) Bahwa Pa dan Ma tidak tahan jika ada darah yang buruk & c. Itu lantaran benar karena mereka menciptakan gurun di sekitar mereka dan membuat usia tua mereka sengsara, meskipun bisa menjadi baik dan memuaskan. Tapi seperti yang mereka ekspresi, "Aku tidak bisa tahan ',' ini akan menjadi kematian saya ',' hidup saya adalah penderitaan ', saya tidak lagi memperhatikan apapun, karena itu hanya sebuah perangai. Dan jika mereka tidak berubah, aku takut, karena saya sudah mengatakan, bahwa mereka berada dalam untuk beberapa hari sengsara dan kesepian.
6) Bahwa aku akan menyesal & c. Sebelum hal-hal menjadi buruk seperti sekarang, saya merasa banyak penyesalan dan kesedihan, dan tersiksa sendiri karena hal itu akan begitu parah antara Pa dan Maand saya. Tapi sekarang bahwa itu datang ke ini, baik, jadi itu, dan untuk memberitahukan kebenaran aku tidak lagi maaf karena tidak bisa menahan rasa lega. Jika saya kemudian menyadari bahwa saya telah melakukan hal yang salah, ya, tentu saja aku akan menyesalinya, tapi aku masih tidak benar-benar melihat bagaimana hal itu akan mungkin untuk bertindak sebaliknya. Ketika seseorang mengatakan kepada saya dengan tegas, 'meninggalkan rumah saya, lebih cepat lebih baik, dalam setengah jam daripada jam', baik, chap tua, maka aku keluar dalam waktu kurang dari seperempat jam, dan tidak akan kembali lagi baik. Itu benar-benar terlalu buruk. Untuk alasan keuangan, dan agar tidak menyebabkan Anda atau orang lain masalah lagi, saya tidak akan meninggalkan begitu mudah atas kemauan sendiri, Anda pasti mengerti itu, tapi sekarang mereka bukan aku berkata 'pergi', baik , jalur yang saya harus mengambil cukup jelas. 2r: 4
7) Sejauh Mauve yang bersangkutan - ya tentu saja aku sangat menyukai M., dan bersimpati dengan dia, aku suka karyanya sangat banyak - dan saya menganggap diri saya beruntung untuk belajar sesuatu dari dia, tapi aku tidak bisa menutup diri dalam sistem atau sekolah lebih daripada Mauve sendiri bisa, dan di samping Mauve dan Mauve karya, saya juga seperti orang lain yang sangat berbeda dan bekerja sangat berbeda. Dan sejauh saya dan pekerjaan saya sendiri yang bersangkutan, mungkin ada kesamaan kadang-kadang, tapi pasti juga perbedaan yang berbeda. Jika saya mencintai seseorang atau sesuatu, maka saya sungguh-sungguh, dan pasti ada semangat dan api kadang-kadang, tapi itu tidak berarti bahwa saya sistematis menemukan hanya beberapa orang yang sempurna dan semua yang lain tidak berharga - Tuhan melarang.
8) Hotel-pemikiran: sebenarnya itu kata yang saya benci, meskipun aku kadang-kadang terpaksa menggunakannya untuk menginginkan sesuatu yang lebih baik.
9) Masalahnya adalah bahwa saya melakukan yang terbaik untuk memikirkan semuanya dan mencoba untuk mengambil alasan dan akal sehat mempertimbangkan apa yang saya lakukan. Dan itu akan benar-benar konsisten dengan itu jika seseorang ingin mengurangi seseorang untuk apa-apa. Jadi itu sepenuhnya benar bahwa kadang-kadang saya berkata kepada Pa 'jangan menganggap ini atau itu penuh', atau 'ini atau itu tidak menahan air menurut pendapat saya, tapi itu tidak berusaha untuk mengurangi seseorang untuk apa-apa. Dan aku bukan musuh Pa jika aku mengatakan yang sebenarnya untuk sekali, bahkan ketika aku mengatakan itu marah dalam bahasa asin. Hanya itu tidak membantu saya sama sekali, dan Pa mengambil itu buruk. Apakah Pa berarti bahwa saya mengatakan bahwa moralitas dan sistem keagamaan pendeta dan gagasan akademis yang tidak layak tuppence bagi saya karena saya telah belajar banyak dari trik mereka, maka saya pasti tidak akan mengambil kembali, karena saya sungguh-sungguh . Ini hanya dalam suasana hati yang tenang bahwa saya tidak berbicara tentang hal itu, tapi itu sesuatu yang lain jika seseorang mencoba, misalnya, memaksa saya untuk pergi ke gereja atau untuk melampirkan nilai untuk itu, maka tentu saja saya katakan itu benar-benar keluar dari pertanyaan.
10) Apakah kehidupan Pa berarti apa-apa? Saya sudah mengatakan bahwa jika saya mendengar seseorang berkata 'Anda akan kematian saya, dan semua sementara pria yang membaca koran dan setengah menit kemudian mulai berbicara tentang kebaikan tahu apa iklan, maka saya menemukan ekspresi seperti itu bukan tidak pantas dan tidak perlu dan tidak memperhatikan hal itu. Begitu kata-kata atau sejenisnya diulang kepada orang lain, yang kemudian mulai memandang saya sebagai sesuatu yang seorang pembunuh atau bahkan pembunuhan ayah, maka saya katakan, fitnah tersebut tidak lebih dan tidak kurang dari Jesuitisms. Jadi di sana Anda memilikinya. Selain itu, sekarang pembunuh telah meninggalkan rumah dan sebagainya, dengan kata lain, saya tidak memperhatikan hal itu, dan saya bahkan berpikir itu konyol.
11) Anda mengatakan 'Saya tidak mengerti'. Nah, yang saya pasti percaya, karena menulis sebenarnya merupakan cara yang mengerikan untuk menjelaskan hal-hal satu sama lain. Dan tidak memakan banyak waktu, dan Anda dan saya lebih suka banyak yang harus dilakukan. Tapi kita harus memiliki sedikit kesabaran dengan satu sama lain sampai kita melihat dan berbicara satu sama lain lagi. 2v: 5
12) Menulis ke saya lagi. Ya tentu saja, tapi pertama-tama saya harus setuju dengan Anda tentang cara.
Apakah Anda ingin saya untuk menulis dalam semacam gaya bisnis, kering dan formal dan memilih dan memilih kata-kata saya dan benar-benar mengatakan apa-apa?
Atau apakah Anda ingin aku pergi menulis seperti yang telah saya lakukan baru-baru ini, mengatakan segala sesuatu yang muncul di kepala saya tanpa takut untuk membiarkan terbang, tanpa kata-kata cincang saya atau menahan.
Saya lebih memilih untuk melakukan yang terakhir, yaitu menulis atau mengatakan dengan jelas apa yang saya maksud.
Dan sekarang saya akan mengakhiri jawaban langsung saya surat Anda karena saya masih harus berbicara dengan Anda tentang menggambar & c., Dan saya lebih suka berbicara tentang itu. Silakan beruang dengan saya jika saya berpura-pura untuk saat itu Pa dan Ma tidak ada, itu akan menjadi jauh lebih baik jika aku menghabiskan musim dingin ini di Etten, dan itu akan menjadi jauh lebih mudah bagi saya, terutama karena alasan keuangan . Jika saya berpikir dan khawatir tentang hal itu, itu akan membuat saya sedih, sehingga itu saja, itu sudah berakhir. Sekarang aku di sini dan saya harus mengelola entah bagaimana. Jika saya menulis ke Pa tentang hal itu lagi, itu akan menambahkan bahan bakar ke api, dan saya tidak ingin mendapatkan begitu marah lagi, dan aku melemparkan diri dengan sekuat tenaga ke dalam kehidupan dan hal-hal di sini, apa lagi bisa saya lakukan? Etten hilang dan Het Heike, tapi aku akan mencoba untuk mendapatkan kembali sesuatu yang lain sebagai gantinya.

Sekarang saya terima kasih banyak memang untuk apa yang Anda dikirim.
Saya tidak perlu memberitahu Anda bahwa saya benar-benar memiliki banyak kekhawatiran yang besar selain. Tentu pengeluaran saya lebih daripada di Etten dan saya tidak dapat mengatur untuk bekerja dengan setengah energi sebanyak saya ingin dan harus mampu jika saya memiliki lebih pembuangan saya.
Tapi studio saya adalah mematikan dengan baik. Saya berharap Anda bisa melihatnya, aku sudah menutup semua studi saya, dan Anda harus mengirim kembali yang Anda miliki karena mereka mungkin dapat berguna bagi saya. Mereka mungkin tidak dapat dijual, dan saya sendiri mengakui semua kesalahan mereka, tetapi mereka mengandung sesuatu dari alam karena mereka dibuat dengan gairah tertentu. 2v: 6
Dan Anda tahu bahwa aku sekarang berjuang untuk membuat cat air, dan jika saya menjadi mahir dalam hal itu mereka akan menjadi laku.
Tapi Theo, Anda dapat yakin bahwa ketika saya pertama kali pergi ke Mauvewith gambar pena dan M. mengatakan, Anda harus mencobanya dengan arang dan kapur dan kuas dan tunggul, itu terkutuk sulit bagi saya untuk bekerja dengan materi baru. Saya adalah pasien dan tampaknya tidak membantu sama sekali, dan kadang-kadang saya tumbuh begitu sabar aku menginjak-injak arang saya dan sepenuhnya dan benar-benar putus asa. Namun, beberapa saat kemudian saya mengirimkan gambar yang dibuat dengan kapur dan arang dan kuas, 3 dan aku kembali ke Mauve dengan batch seluruh gambar tersebut yang tentu saja ia mengkritik, dan memang demikian, dan Anda juga, tapi semua yang sama saya telah mengambil langkah maju.
Sekarang aku akan melalui periode yang sama perjuangan dan patah semangat, kesabaran dan ketidaksabaran, harapan dan kehancuran. Tapi aku harus bekerja keras dan tetap, setelah beberapa saat aku akan lebih mengerti tentang pembuatan cat air.
Jika semudah itu, orang tidak akan mengambil kesenangan di dalamnya. Dan itu persis sama dengan lukisan. Selain itu, cuaca buruk, dan musim dingin ini saya belum keluar untuk kesenangan. Namun, saya menikmati hidup dan, khususnya, memiliki studio sendiri terlalu indah untuk kata-kata. Ketika Anda akan datang dan minum kopi atau teh dengan saya? Segera saya berharap. Anda dapat tinggal di sini juga, jika perlu, yang akan menyenangkan dan bergaul. Dan aku bahkan memiliki bunga, dan beberapa kotak lampu. Dan aku juga membeli ornamen lain untuk studio saya, saya mendapat tawaran besar pada beberapa ukiran kayu indah dari The Grafis, beberapa dari mereka mencetak bukan dari klise tapi blok itu sendiri. Hanya apa yang saya sudah lama ingin selama bertahun-tahun.
Gambar-gambar oleh Herkomer, 4 Frank Holl, 5Walker, 6 dan lain-lain. Saya membelinya dari Blok, penjual buku Yahudi, 7 dan memilih yang terbaik dari tumpukan besar Grafis dan London News selama lima gulden. Beberapa dari mereka adalah luar biasa, termasuk tak berumah dan tunawisma oleh Fildes 2r: 7 (orang miskin menunggu di luar tempat penampungan malam) 8 dan dua Herkomers besar dan yang kecil, dan emigran Irlandia oleh Frank Holl9 dan 'gerbang Lama' oleh Walker sekolah .10 Dan terutama gadis-gadis 'oleh Frank Holl11and juga bahwa Herkomer besar, invalids.12 yang
Singkatnya, itu persis hal yang saya butuhkan.
Dan saya memiliki hal-hal yang indah seperti dengan jenis restfulness di rumah saya karena, chap tua, meskipun aku masih jauh dari membuat mereka begitu indah sendiri, masih, saya punya beberapa studi petani tua dan seterusnya tergantung di dinding yang membuktikan bahwa antusiasme saya untuk mereka draughtsmen tidak hanya kesombongan, tapi aku berjuang dan berjuang untuk membuat sesuatu sendiri yang realistis dan belum dilakukan dengan sentimen. Saya memiliki sekitar 12 tokoh penggali dan orang-orang yang bekerja di bidang kentang, 13 dan aku bertanya-tanya jika saya tidak bisa membuat sesuatu dari mereka, Anda juga memiliki beberapa dari mereka, termasuk seorang pria menempatkan kentang di sack.14 sebuah Anyway , saya tidak tahu apa, tapi apakah itu sekarang atau nanti, saya harus melakukannya kadang-kadang, karena saya mengambil melihat itu musim panas ini, dan di sini di bukit-bukit pasir aku bisa membuat sebuah studi yang baik bumi dan langit dan kemudian berani menempatkan angka dalam. Meskipun saya tidak menghargai mereka studi sangat banyak, dan harapan tentu saja untuk membuat mereka sangat berbeda dan lebih baik, tetapi jenis Brabant yang khas, dan siapa yang tahu bagaimana mereka bisa dimanfaatkan. Jika ada beberapa di antara mereka yang ingin menjaga, maka dengan segala cara, tapi aku sangat ingin memiliki kembali orang-orang yang Anda tidak menghargai. Dengan mempelajari model-model baru aku akan otomatis menjadi waspada terhadap kesalahan dalam proporsi studi saya musim panas ini dan, mengambil yang ke account, mereka dapat dengan mudah berguna bagi saya. Ketika surat Anda mengambil begitu lama untuk tiba (untuk pergi karena pertama Mauve aku bahkan kemudian), saya harus pergi ke Mr Tersteeg dan dia memberi saya 25 gulden untuk terakhir sampai saya menerima surat Anda. Mungkin akan lebih baik jika saya, dengan pengetahuan Anda, atau Anda dengan pengetahuan saya, adalah untuk menyelesaikan beberapa hal dengan Mr T. Karena Anda memahami, Theo, saya harus tahu sebagai pasti mungkin di mana aku berdiri, dan saya harus bekerja itu di muka, dan tahu bahwa aku bisa atau tidak bisa melakukan ini atau itu. Jadi Anda akan melakukan saya nikmat yang besar dengan memasukkan perjanjian yang pasti, dan saya harap Anda akan menulis kepada saya tentang hal itu segera.
Mauve telah berjanji untuk merekomendasikan saya untuk keanggotaan asosiasi Pulchri, 15 karena aku akan mampu menarik dari model dua malam seminggu dan akan lebih banyak berhubungan dengan artis. Kemudian saya akan menjadi anggota biasa sesegera mungkin. Nah, chap tua, terima kasih untuk apa yang Anda kirim - dan percayalah, dengan jabat tangan,

Pernah Anda,
Vincent

200
Untuk Theo van Gogh. The Hague, pada atau sekitar Sabtu, 14 Januari, 1882.
  1r: 1
Saudaraku,
Seperti yang saya sudah sering dilakukan, saya mengirimkan jawaban dalam surat terakhir saya yang singkat dan to the point tentang satu dan lain hal, namun dalam kata-kata kasar yang tetap benar-benar mengungkapkan apa yang saya pikirkan tentang hal-hal, tetapi Anda tidak harus berpikir bahwa aku selalu dalam kasar, suasana berhati dingin yang Mauve akan mungkin memanggil soapa mood atau suasana hati air asin kuning. Tetapi bahkan jika saya telah menulis surat sabun kuning atau surat air asin, pasti itu tidak lebih buruk daripada mengambil hal-hal yang terlalu sentimental.
Anda berkata, "Anda benar-benar akan menyesal suatu hari '. Chap tua, saya percaya bahwa saya punya banyak penyesalan & c tersebut. sebelum sekarang. Aku melihatnya datang dan mencoba untuk menggigit sejak awal, baik itu tidak berhasil, dan lagi pula, apa yang terjadi, terjadi. Apakah saya sekarang menyesal? Tidak, sebenarnya saya tidak punya waktu untuk menyesal. Menggambar menjadi lebih dan lebih semangat, dan itu hanya seperti gairah pelaut untuk laut. Mauve sekarang telah menunjukkan cara baru untuk membuat sesuatu, yaitu cat air. Nah, sekarang aku tenggelam dalam itu, dan aku daubing dan mencuci, singkatnya, mencari dan berusaha.
Untuk satu harus membuat upaya putus asa.
Karena ada sesuatu yang jahat tentang pelaksanaan cat air.
Karena ada sesuatu yang baik di semua movement.1 energik
Jadi meskipun saya berencana untuk menulis kepada Anda bahkan lebih rinci tentang apa yang terjadi di rumah, untuk mencoba dan menjelaskan bagaimana hal-hal berdiri dari sudut pandang saya, meskipun saya juga ingin mengatakan ini dan itu tentang mata pelajaran lain, saya haven 't waktu untuk itu sekarang, dan berpikir lebih baik untuk menulis kepada Anda lagi tentang menggambar. 1V: 2
Selain beberapa cat air kecil, aku baru saja memulai satu besar, setidaknya sebagai besar sebagai salah satu studi tokoh saya membuat di Etten.
Tentu tidak secara otomatis berjalan dengan baik dan mudah langsung.
Mauve sendiri mengatakan bahwa saya akan merusak setidaknya 10 gambar atau lebih sebelum aku tahu bagaimana menangani sikat sedikit. Tapi itu akan menyebabkan masa depan yang cerah, jadi saya bekerja pada dengan sebanyak darah dingin yang saya kerahkan, dan jangan biarkan diriku terhalang oleh kesalahan saya.

[sketsa A]

Ini adalah sketsa sedikit salah satu cat air kecil, itu adalah sudut studio saya dengan seorang gadis grinding coffee.2
Anda lihat saya sedang mencari nada, kepala atau tangan yang bersinar, dengan kehidupan di dalamnya, dan yang menonjol dengan latar belakang mengantuk, remang-remang, dan berdiri dengan berani melawan itu, bahwa fragmen perapian dan kompor, besi dan batu bata , dan lantai kayu. Jika saya bisa mendapatkan gambar cara saya ingin itu, aku akan membuat setidaknya 3/4 dari itu dalam gaya sabun kuning dan 1V: 3 memperlakukan hanya sudut yang mana anak duduk dengan hati-hati dan lembut dan dengan sentimen. Tapi Anda mengerti bahwa saya masih belum bisa mengungkapkan semua itu karena saya merasa itu, tapi menurut saya intinya adalah hanya untuk menyerang kesulitan, dan bagian sabun kuning masih belum sabun kuning cukup dan kelembutan kontras masih belum lembut cukup. Tapi bagaimanapun, sketsa masih membuang dan konsepsi jelas, dan bagi saya tampaknya cukup baik. Tentu saja seseorang tidak dapat menguasai teknik hari pertama.

[sketsa B]

Ini adalah subyek dari gambar besar, 3 tapi aku melakukannya terburu-buru dan sketsa mengerikan. Meski begitu, mungkin itu memberi Anda ide, dan dalam hal apapun itu sudah di atas kertas.
Saya mendengar bahwa seseorang meminta saya hari ini, Mr Tersteeg, saya pikir. Saya harap begitu, karena dia berjanji dia akan mampir, dan saya ingin membahas beberapa hal dengan dia.
Dia seharusnya datang kembali besok pagi.
Theo, Saya mengalami banyak masalah dengan model, saya mencari mereka dan ketika saya menemukan mereka itu adalah perjuangan untuk mendapatkan mereka untuk datang ke studio saya, dan kadang-kadang mereka membiarkan saya turun. Seperti anak laki-laki smith pagi ini, yang tidak bisa datang karena ayahnya mengatakan bahwa saya harus membayar gulden per jam, dan tentu saja saya tidak cenderung untuk melakukan itu.
Besok saya memiliki wanita tua kecil sebagai model lagi, tapi dia tidak bisa datang selama 3 hari berjalan. Nah kemudian, ketika saya pergi keluar, aku cukup sering pergi ke sketsa di dapur sup atau kelas 3 menunggu room4 atau places.5 seperti Tapi itu begitu terkutuk luar dingin, terutama bagi saya, karena saya belum menarik secepat sebagai draughtsmen lebih terlatih, dan benar-benar harus bekerja gambar saya secara lebih rinci bagi mereka untuk menjadi berguna bagi saya. 1r: 4
Jadi Anda lihat saya tidak tinggal diam dan saya tidak lagi tinggal di Etten, tapi saya mencoba untuk meletakkan akar di sini. Tentu model saya biaya uang, dan saya harus memberitahu Anda bahwa saya membeli apa yang diperlukan untuk diriku sendiri, meskipun termurah mungkin. (Aku pergi ke dapur umum untuk makan.) Dan saya belum mempercayai Anda tidak akan memiliki keberatan saya melanjutkan. Tapi saya ulangi apa yang saya katakan dalam surat terakhir saya: biarkan aku tahu setepat mungkin di mana aku berdiri, dan saya pikir itu akan baik-baik saja jika Anda bisa datang ke kesepakatan withMr Tersteeg, sehingga dalam kasus kesulitan aku bisa pergi dengannya tanpa terlalu banyak was-was. Bagi saya, saya berjanji bahwa saya akan bekerja sebanyak yang saya bisa, meskipun hal-hal seperti model sering bergantung pada uang yang saya lakukan atau tidak ada di saku saya, apakah saya bisa mulai bekerja dengan kecepatan penuh, setengah kecepatan atau kadang-kadang tidak sama sekali. Sekarang, misalnya, saya bernegosiasi dengan ibu dengan anak kecil, 6though aku takut itu akan berubah menjadi terlalu mahal bagi saya. Yakinlah bahwa saya lebih memilih untuk pergi kecepatan penuh tapi ... anyway, Anda memahami itu semua, aku harus menahan diri sampai aku memiliki lebih banyak sumber daya dan kebebasan. Menulis kepada saya lagi segera, dan mendengarkan, mengirim uang secepatnya pada bulan Februari, karena saya yakin saya tidak akan memiliki sepeser pun saat itu.
Saya berencana untuk pergi untuk membuat gambar pena kecil bila memungkinkan, 7 tetapi berbeda dari yang besar saya membuat ini summer.8 Sedikit lebih tajam dan sedikit marah. Ini adalah sketsa

[sketsa C]

dari Schenkweg, pemandangan dari window.9 saya
Nah, kata perpisahan, dengan jabat tangan.

Pernah Anda,
Vincent





sumber : http://vangoghletters.org/
terjemahan : google translate












sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment