van gogh letters 121-130

by 2:51 AM 0 comments
121
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Senin, 9 Juli, 1877.

Amsterdam, 9 Juli 1877

My dear Theo,
Nah, apa yang Anda katakan tentang Anna? Ini mengejutkan saya, dan tampaknya serius juga, dan dipastikan akan terjadi, orang akan berani say.1 Ini bisa menjadi baik. Kesulitan memegang posisi bawahan, terutama ketika salah satu bertekun di dalamnya untuk jangka waktu lama, karena dia sebenarnya dilakukan selama bertahun-tahun dalam semua kehormatan dan kebajikan, sangat besar dan kadang-kadang menjadi perjuangan keras, dan tampaknya mudah menjadi sangat sulit .
Ada demikian banyak puisi di dalamnya, dan tahun tersebut adalah harta tidak mudah hilang, dan ketika salah satu menyangkal dan merendahkan diri sendiri, terutama pertama kalinya, seseorang memiliki perasaan yang luar biasa dari kedamaian batin, tapi aku akan memahami dengan baik jika masa depan kadang-kadang gelap untuknya juga - mungkin masuk akal dari dirinya, untuk pihaknya, untuk sudah memutuskan untuk mengambil langkah ini. Dan saya juga berpendapat bahwa dia benar-benar mencintai dia, saya percaya itu dan kepercayaan di dalamnya benar-benar, jika hal-hal yang tidak akan pergi sejauh ini. Dan jadi saya sangat berharap bahwa dia tidak akan kecewa tapi ini, dengan bimbingan Allah, akan menjadi jalan menuju kebahagiaan abadi nya. Semoga hibah Tuhan bahwa ia menemukan kedamaian, bahwa adik sayang, dan memberkatinya, dan memberikan hal-hal baik dalam hidup. Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Anda, juga, seperti yang telah saya Anna dan Pa dan Ma.
Bagaimana kabarmu, chap tua? Aku ingin menulis kepada Anda sebelumnya dan menjawab surat terakhir Anda. Saya memiliki banyak yang harus dilakukan dan pekerjaan tidak mudah. 1V: 2
Kemudian lagi, aku pergi ke gereja banyak, ada gereja tua yang indah di sini, dan pengkhotbah yang luar biasa, saya sering mendengar Paman Stricker, dan apa yang dia katakan sangat baik, dan ia berbicara dengan banyak kehangatan dan perasaan. Aku pernah mendengar Pendeta Laurillard tiga kali, Anda ingin dia juga, karena dia melukis, seolah-olah, dan karyanya pada seni sekaligus tinggi dan mulia. Dia memiliki perasaan seorang seniman dalam arti sebenarnya dari kata tersebut, sebagai seseorang likeAndersen saat dia berkata, misalnya:

Setiap malam datang bulan dan berbisik di telinga saya,
Menceritakan tentang malam yang tenang dan apa matanya
Telah dinyalakan pada dari yang menonton-posting di langit.
Ini yang tahu berabad-abad - melalui usia melakukannya berkeliaran,
Casting, tinggi di atas banjir dan puncak busa,
Pada tabut mengambang perak lembut bercahaya,
Sama seperti sekarang lampu jendela kesepian
Kemudian, juga, ketika rakyat Israel berlutut
Menangis dengan air Babel
Ini diterangi dengan sekejap sedih bawah
Kecapi gelisah, tergantung di willow.2 yang

Bulan masih bersinar sekarang, dan matahari dan bintang malam, yang beruntung, dan mereka sering berbicara tentang Kasih Tuhan, untuk mengingat kata-kata, lo, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir dunia.3
Sedang sibuk membuat ringkasan sejarah Reformasi, 4 ada banyak yang merangsang dan menarik dalam sejarah hari-hari.
Ruang di mana Trippenhuis Rembrandt Syndics menggantung terbuka lagi; berasal dari gereja kemarin aku berjalan di sana untuk sementara waktu, tergantung tepat di sebelah Rembrandt adalah bahwa potret oleh Van der Helst.5
Adieu, Theo, jabat tangan yang hangat dalam pikiran, saya berharap yang terbaik, dan percaya bahwa sering memikirkan Anda adalah

Adik paling mencintai Anda
Vincent

Dengan ini kontribusi kecil untuk lembar memo Anda, 6 apakah datang bersama? Berikan salam untuk teman serumah dan jika seseorang atau lainnya harus bertanya setelah saya.



122
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Minggu, 15 Juli, 1877.

Amsterdam, Minggu, 15 Juli, 1877

My dear Theo,
Saya merasa perlu untuk menulis kepada Anda lagi, biarkan aku memiliki sebuah kata dari Anda juga, jika Anda punya waktu.
Pagi ini saya pergi ke khotbah awal, 1 dan teks itu Ef. 05:14 Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati, dan Kristus akan memberimu cahaya. Ketika aku meninggalkan di sini hujan, dan juga saat meninggalkan gereja, meskipun selama khotbah matahari telah bersinar terang melalui jendela.
Pa harus memimpin layanan awal hari ini di Etten, dan setelah itu Pa harus pergi ke Zundert.
Setelah itu saya mendengar sayang Paman Stricker di Oudezijdskapel2 pada kata-kata 'Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki', 3 yang adalah peringatan untuk tidak menjadi terlalu melekat pada bentuk luar dan upacara tanpa perasaan religius yang benar-benar tulus dari hati , sebagai lawan untuk hidup tanpa keyakinan akan hal-hal yang lebih tinggi dibandingkan dalam hidup ini. Ada sangat sedikit orang di gereja, terpisah dari anak yatim dan anak-anak perempuan yatim piatu dengan pakaian mereka merah dan hitam, 4 yang mengisi sebagian besar gereja tua kecil tetap. Jika Anda datang ke sini lagi saya berharap untuk membawa Anda ke sana, bahwa Oudezijdskapel di jalan yang sangat sempit, Zeedijk, dekat bagian dari Buitenkant disebut 'tua tar-yards'5 dan dekat Warmoesstraat. Ini adalah bagian yang sangat bagus dari kota dan mengingatkan salah satu jantung kota London, seperti Booksellers 'Row6 atau tempat tersebut. Mungkin itu diberikan saya dalam waktu untuk berbicara seperti yang saya telah mendengar begitu banyak dilakukan, dan mendengar setiap hari Minggu lagi. Saya melakukan yang terbaik untuk menjadi terampil dengan semua kekuatan dalam diri saya.
Minggu lalu saya menghabiskan malam di Rev. Meijjes tua dan bertemu anaknya di sana, Pendeta Jeremie Meijjes dengan istrinya, putri Profesor Tilanus, dan dua anaknya - salah satu dari mereka menghadiri gimnasium di sini dan yang lainnya adalah pelatihan untuk menjadi engineer.7 terakhir ini membantu untuk membangun atap yang di sini di galangan kapal (di bawah yang kapal dibangun, di mana kami pergi dengan Paman sore itu kau ada di sini), serta Kattenburg baru bridge.8 itu malam yang menyenangkan dan kami berbicara tentang segala macam hal asing. Dia orang yang sangat berbakat dan memiliki bakat murni dan iman yang besar, mendengar dia di Westerkerk.9 Saw dia datang dari mimbar dan berjalan melalui gereja setelah khotbah, dan tinggi, sosok mulia dan lelah, wajah pucat dan bahwa kepala mulia, rambut sudah menunjukkan beberapa abu-abu, membuat kesan yang besar pada saya. Untuk menjadi lelah sedemikian rupa dari pekerjaan itu, yang adalah berkat.
Hari ini Anda mungkin akan pergi ke Scheveningen, memiliki Minggu baik, bagaimana saya ingin mengunjungi kamar kecil Anda. Mendengar dari rumah bahwa Anda mungkin akan pergi untuk melihat Mauve lagi segera di rumahnya di bukit-bukit pasir, 10 dan akan menginap, saya bisa membayangkan Anda duduk di sana, dan saya juga tahu apa yang akan Anda bahas. WeekMendes terakhir bercerita tentang bagian yang sangat menarik dari kota, yaitu daerah yang membentang dari Leidsepoort (demikian dekat dengan Vondelpark) ke station.11 Hollandsche Spoor Pergi ke sana kemarin, aku tahu bagian dari itu sudah, dan Anda juga, saya berpikir, yaitu bagian dekat 1V yang: 2 stasiun. Ada banyak pabrik besar, melihat-pabrik, rumah pekerja dengan taman kecil, rumah-rumah tua juga, dari semua jenis, dan sangat padat penduduknya, dan daerah silang-menyilang oleh semua jenis kanal kecil dan saluran air penuh tongkang, dan semua jenis jembatan yang indah dan sebagainya. Ini tentu harus menjadi hal yang indah untuk menjadi menteri di kabupaten tersebut.
Penelitian ini sulit, chap tua, tapi aku harus bertahan, dan untuk itu mungkin Dia membantu saya dari Siapa ada tertulis: Jika ada yang kekurangan hikmat, biarkan dia meminta kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang bebas, dan upbraideth tidak .12
Ma menulis dalam surat terakhirnya sesuatu tentang 'Anna rumah', yang merupakan ekspresi baru yang tidak terdengar buruk, dia mungkin akan sangat bahagia hari ini, mungkin dia telah membuat pilihan yang baik dan satu tidak akan bertobat of.13 terbaik yang bisa kita lakukan untuk saat ini, saya pikir, hanya sangat senang tentang itu.
Jika Anda harus terjadi untuk mengunjungi Mauve dan Jet salah satu dari hari-hari ini, memberikan salam hangat saya dan menghabiskan beberapa jam menyenangkan bersama-sama, dan tawaran baik-hari ke bukit dan laut bagi saya. Dan katakan Mauve bahwa foto dari gambarnya, bajak di lapangan, 14 yang tergantung di kamar kecil saya dan terus-menerus mengingatkan saya tentang dia.
Apakah Anda membaca sesuatu yang indah? Aku ingin begitu banyak untuk mulai membaca banyak buku besar tetapi tidak mungkin, jika Anda bisa mendapatkan John Halifax15 yang membacanya lagi, meskipun kita membacanya dengan nostalgia, masih, mari kita tidak mengatakan 'itu bukan untuk saya ', karena itu baik untuk terus percaya segala sesuatu yang baik dan mulia. Saya mendengar bahwa pria yang hidup dan karakter diminta buku yang akan ditulis meninggal baru-baru ini, ia dipanggil Harper dan mengelola toko buku besar di London.16 Saya pernah bertemu dengan painterMillais di jalan di London, setelah saya telah sangat senang melihat berbagai lukisannya, dan angka mulia membuat saya berpikir tentang John Halifax.17 Millais pernah dicat yang hilang sen, seorang wanita muda yang mencari di senja pagi untuk sen ia telah kehilangan (ada sebuah ukiran itu, tungau hilang ) 18 dan tidak sedikit indah karyanya adalah pemandangan musim gugur, Chill October.19
Adieu, chap tua, menerima dalam berpikir jabat tangan hangat, dan percayalah, setelah memberikan salam untuk teman serumah Anda, dengan tergesa-gesa, karena saya harus pergi ke gereja,

Adik paling mencintai Anda
Vincent



123
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Jumat 27 Juli, 1877.


Amsterdam, 27 Juli 1877

My dear Theo,
Terima kasih atas surat terakhir, saya mendengar dari rumah yang sudah pernah ke Mauve itu, 1 yang tidak diragukan lagi hari yang baik, saya pasti akan mendengar tentang hal itu kadang-kadang, ketika ada kesempatan. Dengan ini kontribusi untuk koleksi Anda, yaitu tiga litograf setelah Bosboom2 dan dua oleh J. Weissenbruch, 3 menemukan mereka pagi ini di sebuah toko buku Yahudi. Apakah itu satu demi Bosboom gereja di Scheveningen? Yang lainnya adalah Grote Kerk di Breda, yang ketiga setelah lukisannya yang berada di pameran besar di Paris. Kedua setelah Weissenbruch pindah saya - mungkin Anda sudah memilikinya, tapi sekali lagi mungkin tidak. Jangan terus mengumpulkan cetakan tersebut, dan buku juga.
Sekarang saya mengumpulkan Latin dan tema Yunani dan segala macam tulisan-tulisan tentang sejarah dan on.4 Am bekerja pada satu di Reformasi yang semakin agak panjang.
Baru-baru ini berbicara dengan seorang pemuda yang baru saja melakukan ujian masuk nya untuk kuliah Leiden dengan hasil yang baik - itu tidak mudah, dia mengatakan kepada saya apa yang mereka bertanya kepadanya, tapi aku tetap keberanian saya, dan dengan bantuan Tuhan saya ll melewati mereka, dan pemeriksaan berikut juga. Mendes telah memberi saya alasan untuk percaya bahwa pada akhir tiga bulan kami akan sejauh yang dia bayangkan kita akan jika semuanya berjalan well.5 Namun, pelajaran Yunani di jantung kota Amsterdam, di jantung kuartal Yahudi pada sore musim panas yang sangat hangat dan menindas, dengan perasaan yang tergantung di atas saya bahwa banyak ujian yang sulit harus diambil, ditetapkan oleh sangat terpelajar dan profesor licik, agak lebih menindas dari berjalan-jalan di pantai atau di wheatfields Brabant, yang pasti akan indah sekarang, pada hari seperti itu. Tapi kita harus 'berjuang di' melalui segala sesuatu, seperti yang Paman Jan mengatakan.
Beberapa hari yang lalu beberapa anak jatuh ke dalam air dekat jembatan Kattenburg. Paman melihatnya dan dikomandoi sloop dari Makasser yang ada di dermaga here.6 Seorang anak kecil ditarik keluar; Aku pergi bersama dengan dua dokter kapal yang Paman telah dikirim, dan orang-orang yang membawa anak itu ke toko obat membuat setiap usaha untuk menyadarkan anak, tetapi tidak berhasil. Sementara itu diakui oleh sang ayah, yang merupakan stoker di galangan kapal, dan tubuh kecil itu dibawa pulang dalam selimut wol. Pencarian berlangsung selama satu setengah jam, karena ia berpikir bahwa seorang gadis telah jatuh juga, meskipun bahagia yang tampaknya tidak menjadi case.7 Di malam hari aku kembali untuk melihat orang-orang, itu kemudian sudah gelap di rumah, tubuh kecil terbaring jadi masih di tempat tidur di sisi ruangan, dia seperti seorang anak kecil yang manis. Ada sedih, anak itu adalah cahaya rumah itu, seolah-olah, dan cahaya yang kini telah dipadamkan. Meskipun orang-orang kasar mengungkapkan kesedihan mereka dengan cara yang kasar dan tanpa martabat, sebagai ibu lakukan, antara lain, masih, orang merasa banyak di rumah seperti berkabung, 8 dan kesan tinggal dengan saya sepanjang malam ketika saya mengambil berjalan-jalan.
Terakhir Minggu pagi saya membuat perjalanan yang baik, yaitu pertama khotbah awal, Pendeta Posthumus Meijjes di Noorderkerk, 9 kemudian ke Bickerseiland, 10 di mana aku berjalan di tanggul sepanjang IJ sampai tiba waktunya bagi gereja lagi, dan kemudian ke Eilandskerk mana Paman Stricker preached.11Thus waktu berlalu, dan cepat juga, sudah kita hampir pada akhir minggu lagi. 1V: 2
Bagaimana kabarmu, chap tua? Jadi sangat sering, setiap hari, saya memikirkan Anda.
Allah membantu kita, berjuang, untuk tetap di atas, 12 itu baik bahwa Anda bergaul dengan seniman yang baik; Saya juga masih melekat pada memori banyak dari mereka. Mengalahkan kejahatan dengan kebaikan, 13 tertulis, dan satu dapat berusaha untuk melakukannya - dan untuk tujuan ini Allah dapat membantu dan membuat hari-hari kita tertahankan dengan banyak kebaikan sementara itu, dan melindungi kita dari terlalu banyak menyalahkan diri sendiri.
Ketika Paman Jan dikomandoi sekoci dan dokter untuk pergi dan membantu pada sore hari kecelakaan itu terjadi, saya melihat dia di elemen.
Sekarang saya harus mulai bekerja, meskipun aku masih harus mengisi page.Anna ini di Leiden, karena Anda pasti tahu, dan akan datang ke sini suatu hari dengan masa depan kita saudara ipar, 14 menanti-nantikan untuk melihat mereka sangat banyak, Pa menulis begitu riang tentang hari Minggu lalu ketika mereka berada di Etten dan semuanya itu baik di matanya, dan mereka melihat benar, jadi mari kita melihat apa yang terjadi pada saudari kita sebagai berkat di rumah kami, di mana kita semua berbagi ; jika salah satu anggota bersukacita, biarkan semua anggota senang dengan her.15
Minggu depan, atau bahkan mungkin besok, Paman dan Bibi Pompe16 datang untuk tinggal di sini, dan juga Fanny dan Bet 's Graeuwen, 17 itu sudah lama sejak aku telah melihat salah satu dari mereka.
Saya cukup sering naik lebih awal di pagi hari, dan ketika matahari terbit di atas halaman dan pekerja datang beberapa saat kemudian itu adalah pemandangan yang indah dari jendela, dan saya harus berharap untuk memiliki Anda di sini. Apakah saya nanti akan bekerja pada pagi tersebut pada khotbah tentang 'Dia menerbitkan matahari-Nya untuk orang yang jahat dan orang yang baik', 18 atau 'Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati, dan Kristus akan memberimu cahaya ', 19 atau' ini adalah hal yang baik untuk memuji Tuhan dalam morning'20 dan "Ini adalah hal yang bagi mata untuk dilihat sun'21 menyenangkan - saya berharap begitu.
Semua sama, tampaknya bahwa matahari tidak pernah bersinar begitu indah seperti dalam pendeta atau di gereja. Ini luar biasa untuk bekerja pada 'tulisan' pagi.
Jika Anda memiliki waktu dan prangko dan kertas, kemudian menulis lagi segera. Paman Jan mengirim salam, malam itu yang dijelaskan di sana di bukit-bukit pasir pasti menyenangkan. Di toko Paman Kor, aku baru-baru ini melihat Injil oleh Bida, 22 betapa indah itu, betapa indahnya itu harus menjadi labourer23 Kristen seperti itu, tapi itu tidak mungkin untuk dimasukkan ke dalam kata-kata betapa indah itu, yang it24 lagi, ada banyak dalam pekerjaan yang mengingatkan salah satu Rembrandt. Dan sekarang jabat tangan dalam pikiran, dan saya sangat berharap yang terbaik, dan percayalah pernah

Adik paling mencintai Anda
Vincent



124
Hermanus Gijsbertus Tersteeg. Amsterdam, Jumat, 3 Agustus, 1877.


Amsterdam, 3 Agustus 1877

Dear Mr Tersteeg,
Theo mengatakan kepada saya kehilangan Anda dalam surat terakhirnya, 1 dan saya merasa perlu untuk menulis beberapa kata untuk Anda.
"Dia yang mengasihi tidak tidak tahu, Allah; karena Allah adalah Kasih ', 2 Aku mendengar Pdt Keller van Hoorn, seorang teman lama dari Bapa-Ku, memberikan khotbah tentang teks ini di Dordrecht satu minggu malam, beberapa hari setelah kematian putrinya. Dia berkata: apa yang telah memberi saya kekuatan dan membuat saya terus setelah ini, pukulan yang paling menghancurkan saya pernah ditangani, adalah iman kepada Allah saya, tanpa yang saya tidak bisa hidup - saya menemukan kenyamanan lagi dalam kekayaan besar kata-kata-Nya. Dia tidak bisa membantu membuka Alkitab yang tergeletak di depannya dan, seakan mengenang saat itu patah hati, memukul atas bagian yang sama seperti itu, yaitu:
Karena itu Daud memohon Tuhan untuk anak, ketika anaknya sangat sakit, dan pergi, 3 dan berbaring sepanjang malam di atas bumi. Dan tua-tua rumahnya muncul, dan pergi ke dia, untuk mengangkatnya dari bumi: tapi dia tidak mau, dia juga tidak makan roti dengan mereka. Dan terjadilah pada hari yang ketujuh, anak itu meninggal. Dan Daud takut untuk mengatakan kepadanya bahwa anak itu sudah mati, karena mereka berkata, Lihatlah, sementara anak itu masih hidup, kami berbicara kepada dia, dan dia tidak mau mendengarkan suara kami: bagaimana ia kemudian menyusahkan dirinya sendiri, jika kita katakan padanya bahwa anak sudah mati? Tapi ketika David melihat bahwa pegawai-pegawainya berbisik, David merasa bahwa anak itu sudah mati: Karena itu Daud berkata kepada hamba-hambanya, Apakah anak mati? Dan mereka berkata, Dia sudah mati. Lalu Daud muncul dari bumi, dan dicuci, lalu meminyaki dirinya, dan mengubah pakaian, dan datang ke rumah Tuhan, dan menyembah: kemudian ia datang ke rumahnya sendiri; dan ketika ia dibutuhkan, mereka menetapkan roti di depannya, dan dia tidak makan. Maka kata hamba-Nya kepadanya, apa hal yang ini yang telah engkau lakukan? Engkaulah yang telah cepat dan menangisi anak, sementara itu masih hidup; tapi ketika anak itu sudah mati, Engkaulah yang telah naik dan makan roti. Dan dia berkata, Selagi anak itu masih hidup, aku berpuasa dan menangis, karena aku berkata, siapa tahu Tuhan akan mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup? Tapi sekarang dia sudah mati, karenanya aku harus berpuasa? Aku bisa membawanya kembali lagi? Aku akan pergi ke dia, tapi dia tidak akan kembali ke me.4
Dan juga 1 Raja-raja XIX: 3-15: Ketika Elia melihat bahwa, dia bangkit, dan pergi untuk hidupnya, dan datang ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana. Ia sendiri masuk satu hari perjalanan ke padang gurun, dan datang dan duduk di bawah pohon juniper: dan ia meminta untuk dirinya sendiri bahwa ia akan mati; dan berkata, Cukuplah; sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku; sebab aku tidak lebih baik dari ayah saya. Dan saat ia berbaring dan tidur di bawah pohon juniper, lihatlah, maka malaikat menyentuh dia, dan berkata kepadanya, Bangunlah dan makan. Dan dia melihat, dan, lihatlah, ada Baken kue di atas bara, dan kendi di kepalanya. Dan dia tidak makan dan minum, dan membaringkannya lagi. Dan Malaikat Tuhan datang lagi untuk kedua kalinya, dan menyentuh dia, dan berkata, Bangunlah dan makan; karena perjalanan terlalu besar bagimu. Dan dia bangkit, dan melakukan makan dan minum, dan pergi dalam kekuatan daging empat puluh hari dan empat puluh malam kepada Horeb gunung Allah. 1V: 2
Dan dia datang ke sana kepada sebuah gua, dan bermalam di situ; dan, lihatlah, firman TUHAN datang kepadanya, dan ia berkata kepadanya, Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Dan dia berkata, saya telah sangat cemburu bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; dan saya, bahkan saya saja, dirilah; dan mereka ingin mencabut nyawaku, untuk mengambilnya. Dan dia berkata, Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN. Dan, lihatlah, Tuhan lewat, dan angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung, dan meremukkan batu di hadapan TUHAN; tapi tidak ada TUHAN dalam angin: dan setelah angin gempa; tapi tidak ada TUHAN dalam gempa bumi: dan setelah gempa api; Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu: dan setelah api suara masih kecil. Dan itu sangat, ketika Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, dan pergi keluar, dan berdiri di pintu di gua. Dan, lihatlah, datanglah suara kepadanya, dan berkata, Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Dan dia berkata, saya telah sangat cemburu bagi TUHAN, Allah semesta alam: karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; dan saya, bahkan saya saja, dirilah; dan mereka ingin mencabut nyawaku, untuk mengambilnya. Dan Tuhan berkata kepadanya, Go, kembali pada-Mu way.5
Lalu ia menutup Alkitab dan berbicara panjang lebar dan dengan perasaan yang luar biasa tentang bagaimana hari dan keadaan kita berbeda dengan Daud dan Elia, namun Allah mereka tidak jauh dari masing-masing dan setiap orang dari kita, dan bagi kami, juga, ada datang kekuatan dari atas, karena ketika kita lemah, maka kita kuat, 6 mulutnya berbicara dari kelimpahan hati, 7 kata-kata jatuh dari bibirnya sebagai salju atau timbul hujan turun dari langit, 8 satu hal diikuti yang lain, ini itu, iman. Kata-kata memiliki suara khusus datang pada saat-saat seperti itu dari bibir seperti: Akulah kebangkitan dan hidup: dia yang percaya di dalam Aku, meskipun ia sudah mati, ia akan hidup: dan barangsiapa yang hidup dan percaya di dalam Aku tidak akan pernah mati. Percayakah engkau akan hal ini 9 Dan kata-kata lain juga:? Dia tidak mati, tapi sleepeth.10
Bapa-Ku juga merasa apa yang akan Anda telah merasa ini hari terakhir. Saya baru-baru berdiri satu pagi di pemakaman di Zundert11 sebelah kuburan kecil yang ditulis: Menderita anak-anak kecil untuk datang kepada-Ku, karena seperti itulah yang empunya Kerajaan God.12 Lebih dari 25 tahun telah berlalu sejak ia dikuburkan nya anak kecil pertama di sana, pada hari-hari ia tergerak oleh sebuah buku oleh Bungener13 yang saya dikirimkan kepada Anda kemarin, berpikir itu akan menjadi sebuah buku setelah hati Anda sendiri. Semua hal akan bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, 14 ini telah (yaitu Bapa-Ku) pengalaman minimal, dan dalam segala hal yang menimpa dirinya dan anak-anaknya ia telah sampai sekarang tumbuh secara bertahap kuat, dan imannya telah mengambil nya akar yang lebih tegas, sehingga ada ikatan yang tidak pernah melepaskan kita, bahkan ketika kita paling menderita, ikatan kasih Allah.
Ketika Cromwell berdiri oleh tubuh anak kecil itu dan pedang menusuk jiwanya, seolah-olah, kata-kata ini memberinya kekuatan, karena saya telah belajar, dalam segala keadaan saya, dengan itu menjadi konten. Aku tahu apa yang akan direndahkan dan tahu bagaimana berlimpah, setiap tempat dan dalam segala hal yang saya diperintahkan untuk menjadi penuh dan menjadi lapar, baik untuk berlimpah dan menderita kebutuhan. Aku bisa melakukan segala sesuatu melalui Kristus yang menyegarkan saya (Philip IV: 11-13) .15
Kini telah mempelajari bahasa Latin dan Yunani selama sekitar 3 bulan dan guru saya, Mendes da Costa, mengatakan beberapa hari lalu ketika saya bertanya kepadanya tentang hal itu bahwa kami telah berkembang sejauh yang dia pikir kita akan di jumlah waktu jika saya cocok untuk belajar, jadi saya tidak tanpa harapan dan aku pergi dari hari ke hari dengan harapan yang baik, dengan sesuatu dari iman old.16 Adikku Anna datang ke Amsterdam hari ini dengan futurebrother mertua saya dan saya melihat ke depan tidak sedikit untuk melihat mereka. Jangan berpikir buruk tentang saya untuk menulis kepada Anda seperti yang saya lakukan, saya merasa perlu untuk melakukannya.
Saya salam ke Mrs Tersteeg dan Betsy dan percayalah, dengan jabat tangan dalam pemikiran untuk anda semua

Hormat kami,
Vincent

Apakah Anda akan begitu baik untuk memberikan catatan tertutup ke Theo?

121
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Senin, 9 Juli, 1877.

Amsterdam, 9 Juli 1877

My dear Theo,
Nah, apa yang Anda katakan tentang Anna? Ini mengejutkan saya, dan tampaknya serius juga, dan dipastikan akan terjadi, orang akan berani say.1 Ini bisa menjadi baik. Kesulitan memegang posisi bawahan, terutama ketika salah satu bertekun di dalamnya untuk jangka waktu lama, karena dia sebenarnya dilakukan selama bertahun-tahun dalam semua kehormatan dan kebajikan, sangat besar dan kadang-kadang menjadi perjuangan keras, dan tampaknya mudah menjadi sangat sulit .
Ada demikian banyak puisi di dalamnya, dan tahun tersebut adalah harta tidak mudah hilang, dan ketika salah satu menyangkal dan merendahkan diri sendiri, terutama pertama kalinya, seseorang memiliki perasaan yang luar biasa dari kedamaian batin, tapi aku akan memahami dengan baik jika masa depan kadang-kadang gelap untuknya juga - mungkin masuk akal dari dirinya, untuk pihaknya, untuk sudah memutuskan untuk mengambil langkah ini. Dan saya juga berpendapat bahwa dia benar-benar mencintai dia, saya percaya itu dan kepercayaan di dalamnya benar-benar, jika hal-hal yang tidak akan pergi sejauh ini. Dan jadi saya sangat berharap bahwa dia tidak akan kecewa tapi ini, dengan bimbingan Allah, akan menjadi jalan menuju kebahagiaan abadi nya. Semoga hibah Tuhan bahwa ia menemukan kedamaian, bahwa adik sayang, dan memberkatinya, dan memberikan hal-hal baik dalam hidup. Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Anda, juga, seperti yang telah saya Anna dan Pa dan Ma.
Bagaimana kabarmu, chap tua? Aku ingin menulis kepada Anda sebelumnya dan menjawab surat terakhir Anda. Saya memiliki banyak yang harus dilakukan dan pekerjaan tidak mudah. 1V: 2
Kemudian lagi, aku pergi ke gereja banyak, ada gereja tua yang indah di sini, dan pengkhotbah yang luar biasa, saya sering mendengar Paman Stricker, dan apa yang dia katakan sangat baik, dan ia berbicara dengan banyak kehangatan dan perasaan. Aku pernah mendengar Pendeta Laurillard tiga kali, Anda ingin dia juga, karena dia melukis, seolah-olah, dan karyanya pada seni sekaligus tinggi dan mulia. Dia memiliki perasaan seorang seniman dalam arti sebenarnya dari kata tersebut, sebagai seseorang likeAndersen saat dia berkata, misalnya:

Setiap malam datang bulan dan berbisik di telinga saya,
Menceritakan tentang malam yang tenang dan apa matanya
Telah dinyalakan pada dari yang menonton-posting di langit.
Ini yang tahu berabad-abad - melalui usia melakukannya berkeliaran,
Casting, tinggi di atas banjir dan puncak busa,
Pada tabut mengambang perak lembut bercahaya,
Sama seperti sekarang lampu jendela kesepian
Kemudian, juga, ketika rakyat Israel berlutut
Menangis dengan air Babel
Ini diterangi dengan sekejap sedih bawah
Kecapi gelisah, tergantung di willow.2 yang

Bulan masih bersinar sekarang, dan matahari dan bintang malam, yang beruntung, dan mereka sering berbicara tentang Kasih Tuhan, untuk mengingat kata-kata, lo, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir dunia.3
Sedang sibuk membuat ringkasan sejarah Reformasi, 4 ada banyak yang merangsang dan menarik dalam sejarah hari-hari.
Ruang di mana Trippenhuis Rembrandt Syndics menggantung terbuka lagi; berasal dari gereja kemarin aku berjalan di sana untuk sementara waktu, tergantung tepat di sebelah Rembrandt adalah bahwa potret oleh Van der Helst.5
Adieu, Theo, jabat tangan yang hangat dalam pikiran, saya berharap yang terbaik, dan percaya bahwa sering memikirkan Anda adalah

Adik paling mencintai Anda
Vincent

Dengan ini kontribusi kecil untuk lembar memo Anda, 6 apakah datang bersama? Berikan salam untuk teman serumah dan jika seseorang atau lainnya harus bertanya setelah saya.



122
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Minggu, 15 Juli, 1877.

Amsterdam, Minggu, 15 Juli, 1877

My dear Theo,
Saya merasa perlu untuk menulis kepada Anda lagi, biarkan aku memiliki sebuah kata dari Anda juga, jika Anda punya waktu.
Pagi ini saya pergi ke khotbah awal, 1 dan teks itu Ef. 05:14 Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati, dan Kristus akan memberimu cahaya. Ketika aku meninggalkan di sini hujan, dan juga saat meninggalkan gereja, meskipun selama khotbah matahari telah bersinar terang melalui jendela.
Pa harus memimpin layanan awal hari ini di Etten, dan setelah itu Pa harus pergi ke Zundert.
Setelah itu saya mendengar sayang Paman Stricker di Oudezijdskapel2 pada kata-kata 'Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki', 3 yang adalah peringatan untuk tidak menjadi terlalu melekat pada bentuk luar dan upacara tanpa perasaan religius yang benar-benar tulus dari hati , sebagai lawan untuk hidup tanpa keyakinan akan hal-hal yang lebih tinggi dibandingkan dalam hidup ini. Ada sangat sedikit orang di gereja, terpisah dari anak yatim dan anak-anak perempuan yatim piatu dengan pakaian mereka merah dan hitam, 4 yang mengisi sebagian besar gereja tua kecil tetap. Jika Anda datang ke sini lagi saya berharap untuk membawa Anda ke sana, bahwa Oudezijdskapel di jalan yang sangat sempit, Zeedijk, dekat bagian dari Buitenkant disebut 'tua tar-yards'5 dan dekat Warmoesstraat. Ini adalah bagian yang sangat bagus dari kota dan mengingatkan salah satu jantung kota London, seperti Booksellers 'Row6 atau tempat tersebut. Mungkin itu diberikan saya dalam waktu untuk berbicara seperti yang saya telah mendengar begitu banyak dilakukan, dan mendengar setiap hari Minggu lagi. Saya melakukan yang terbaik untuk menjadi terampil dengan semua kekuatan dalam diri saya.
Minggu lalu saya menghabiskan malam di Rev. Meijjes tua dan bertemu anaknya di sana, Pendeta Jeremie Meijjes dengan istrinya, putri Profesor Tilanus, dan dua anaknya - salah satu dari mereka menghadiri gimnasium di sini dan yang lainnya adalah pelatihan untuk menjadi engineer.7 terakhir ini membantu untuk membangun atap yang di sini di galangan kapal (di bawah yang kapal dibangun, di mana kami pergi dengan Paman sore itu kau ada di sini), serta Kattenburg baru bridge.8 itu malam yang menyenangkan dan kami berbicara tentang segala macam hal asing. Dia orang yang sangat berbakat dan memiliki bakat murni dan iman yang besar, mendengar dia di Westerkerk.9 Saw dia datang dari mimbar dan berjalan melalui gereja setelah khotbah, dan tinggi, sosok mulia dan lelah, wajah pucat dan bahwa kepala mulia, rambut sudah menunjukkan beberapa abu-abu, membuat kesan yang besar pada saya. Untuk menjadi lelah sedemikian rupa dari pekerjaan itu, yang adalah berkat.
Hari ini Anda mungkin akan pergi ke Scheveningen, memiliki Minggu baik, bagaimana saya ingin mengunjungi kamar kecil Anda. Mendengar dari rumah bahwa Anda mungkin akan pergi untuk melihat Mauve lagi segera di rumahnya di bukit-bukit pasir, 10 dan akan menginap, saya bisa membayangkan Anda duduk di sana, dan saya juga tahu apa yang akan Anda bahas. WeekMendes terakhir bercerita tentang bagian yang sangat menarik dari kota, yaitu daerah yang membentang dari Leidsepoort (demikian dekat dengan Vondelpark) ke station.11 Hollandsche Spoor Pergi ke sana kemarin, aku tahu bagian dari itu sudah, dan Anda juga, saya berpikir, yaitu bagian dekat 1V yang: 2 stasiun. Ada banyak pabrik besar, melihat-pabrik, rumah pekerja dengan taman kecil, rumah-rumah tua juga, dari semua jenis, dan sangat padat penduduknya, dan daerah silang-menyilang oleh semua jenis kanal kecil dan saluran air penuh tongkang, dan semua jenis jembatan yang indah dan sebagainya. Ini tentu harus menjadi hal yang indah untuk menjadi menteri di kabupaten tersebut.
Penelitian ini sulit, chap tua, tapi aku harus bertahan, dan untuk itu mungkin Dia membantu saya dari Siapa ada tertulis: Jika ada yang kekurangan hikmat, biarkan dia meminta kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang bebas, dan upbraideth tidak .12
Ma menulis dalam surat terakhirnya sesuatu tentang 'Anna rumah', yang merupakan ekspresi baru yang tidak terdengar buruk, dia mungkin akan sangat bahagia hari ini, mungkin dia telah membuat pilihan yang baik dan satu tidak akan bertobat of.13 terbaik yang bisa kita lakukan untuk saat ini, saya pikir, hanya sangat senang tentang itu.
Jika Anda harus terjadi untuk mengunjungi Mauve dan Jet salah satu dari hari-hari ini, memberikan salam hangat saya dan menghabiskan beberapa jam menyenangkan bersama-sama, dan tawaran baik-hari ke bukit dan laut bagi saya. Dan katakan Mauve bahwa foto dari gambarnya, bajak di lapangan, 14 yang tergantung di kamar kecil saya dan terus-menerus mengingatkan saya tentang dia.
Apakah Anda membaca sesuatu yang indah? Aku ingin begitu banyak untuk mulai membaca banyak buku besar tetapi tidak mungkin, jika Anda bisa mendapatkan John Halifax15 yang membacanya lagi, meskipun kita membacanya dengan nostalgia, masih, mari kita tidak mengatakan 'itu bukan untuk saya ', karena itu baik untuk terus percaya segala sesuatu yang baik dan mulia. Saya mendengar bahwa pria yang hidup dan karakter diminta buku yang akan ditulis meninggal baru-baru ini, ia dipanggil Harper dan mengelola toko buku besar di London.16 Saya pernah bertemu dengan painterMillais di jalan di London, setelah saya telah sangat senang melihat berbagai lukisannya, dan angka mulia membuat saya berpikir tentang John Halifax.17 Millais pernah dicat yang hilang sen, seorang wanita muda yang mencari di senja pagi untuk sen ia telah kehilangan (ada sebuah ukiran itu, tungau hilang ) 18 dan tidak sedikit indah karyanya adalah pemandangan musim gugur, Chill October.19
Adieu, chap tua, menerima dalam berpikir jabat tangan hangat, dan percayalah, setelah memberikan salam untuk teman serumah Anda, dengan tergesa-gesa, karena saya harus pergi ke gereja,

Adik paling mencintai Anda
Vincent



123
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Jumat 27 Juli, 1877.


Amsterdam, 27 Juli 1877

My dear Theo,
Terima kasih atas surat terakhir, saya mendengar dari rumah yang sudah pernah ke Mauve itu, 1 yang tidak diragukan lagi hari yang baik, saya pasti akan mendengar tentang hal itu kadang-kadang, ketika ada kesempatan. Dengan ini kontribusi untuk koleksi Anda, yaitu tiga litograf setelah Bosboom2 dan dua oleh J. Weissenbruch, 3 menemukan mereka pagi ini di sebuah toko buku Yahudi. Apakah itu satu demi Bosboom gereja di Scheveningen? Yang lainnya adalah Grote Kerk di Breda, yang ketiga setelah lukisannya yang berada di pameran besar di Paris. Kedua setelah Weissenbruch pindah saya - mungkin Anda sudah memilikinya, tapi sekali lagi mungkin tidak. Jangan terus mengumpulkan cetakan tersebut, dan buku juga.
Sekarang saya mengumpulkan Latin dan tema Yunani dan segala macam tulisan-tulisan tentang sejarah dan on.4 Am bekerja pada satu di Reformasi yang semakin agak panjang.
Baru-baru ini berbicara dengan seorang pemuda yang baru saja melakukan ujian masuk nya untuk kuliah Leiden dengan hasil yang baik - itu tidak mudah, dia mengatakan kepada saya apa yang mereka bertanya kepadanya, tapi aku tetap keberanian saya, dan dengan bantuan Tuhan saya ll melewati mereka, dan pemeriksaan berikut juga. Mendes telah memberi saya alasan untuk percaya bahwa pada akhir tiga bulan kami akan sejauh yang dia bayangkan kita akan jika semuanya berjalan well.5 Namun, pelajaran Yunani di jantung kota Amsterdam, di jantung kuartal Yahudi pada sore musim panas yang sangat hangat dan menindas, dengan perasaan yang tergantung di atas saya bahwa banyak ujian yang sulit harus diambil, ditetapkan oleh sangat terpelajar dan profesor licik, agak lebih menindas dari berjalan-jalan di pantai atau di wheatfields Brabant, yang pasti akan indah sekarang, pada hari seperti itu. Tapi kita harus 'berjuang di' melalui segala sesuatu, seperti yang Paman Jan mengatakan.
Beberapa hari yang lalu beberapa anak jatuh ke dalam air dekat jembatan Kattenburg. Paman melihatnya dan dikomandoi sloop dari Makasser yang ada di dermaga here.6 Seorang anak kecil ditarik keluar; Aku pergi bersama dengan dua dokter kapal yang Paman telah dikirim, dan orang-orang yang membawa anak itu ke toko obat membuat setiap usaha untuk menyadarkan anak, tetapi tidak berhasil. Sementara itu diakui oleh sang ayah, yang merupakan stoker di galangan kapal, dan tubuh kecil itu dibawa pulang dalam selimut wol. Pencarian berlangsung selama satu setengah jam, karena ia berpikir bahwa seorang gadis telah jatuh juga, meskipun bahagia yang tampaknya tidak menjadi case.7 Di malam hari aku kembali untuk melihat orang-orang, itu kemudian sudah gelap di rumah, tubuh kecil terbaring jadi masih di tempat tidur di sisi ruangan, dia seperti seorang anak kecil yang manis. Ada sedih, anak itu adalah cahaya rumah itu, seolah-olah, dan cahaya yang kini telah dipadamkan. Meskipun orang-orang kasar mengungkapkan kesedihan mereka dengan cara yang kasar dan tanpa martabat, sebagai ibu lakukan, antara lain, masih, orang merasa banyak di rumah seperti berkabung, 8 dan kesan tinggal dengan saya sepanjang malam ketika saya mengambil berjalan-jalan.
Terakhir Minggu pagi saya membuat perjalanan yang baik, yaitu pertama khotbah awal, Pendeta Posthumus Meijjes di Noorderkerk, 9 kemudian ke Bickerseiland, 10 di mana aku berjalan di tanggul sepanjang IJ sampai tiba waktunya bagi gereja lagi, dan kemudian ke Eilandskerk mana Paman Stricker preached.11Thus waktu berlalu, dan cepat juga, sudah kita hampir pada akhir minggu lagi. 1V: 2
Bagaimana kabarmu, chap tua? Jadi sangat sering, setiap hari, saya memikirkan Anda.
Allah membantu kita, berjuang, untuk tetap di atas, 12 itu baik bahwa Anda bergaul dengan seniman yang baik; Saya juga masih melekat pada memori banyak dari mereka. Mengalahkan kejahatan dengan kebaikan, 13 tertulis, dan satu dapat berusaha untuk melakukannya - dan untuk tujuan ini Allah dapat membantu dan membuat hari-hari kita tertahankan dengan banyak kebaikan sementara itu, dan melindungi kita dari terlalu banyak menyalahkan diri sendiri.
Ketika Paman Jan dikomandoi sekoci dan dokter untuk pergi dan membantu pada sore hari kecelakaan itu terjadi, saya melihat dia di elemen.
Sekarang saya harus mulai bekerja, meskipun aku masih harus mengisi page.Anna ini di Leiden, karena Anda pasti tahu, dan akan datang ke sini suatu hari dengan masa depan kita saudara ipar, 14 menanti-nantikan untuk melihat mereka sangat banyak, Pa menulis begitu riang tentang hari Minggu lalu ketika mereka berada di Etten dan semuanya itu baik di matanya, dan mereka melihat benar, jadi mari kita melihat apa yang terjadi pada saudari kita sebagai berkat di rumah kami, di mana kita semua berbagi ; jika salah satu anggota bersukacita, biarkan semua anggota senang dengan her.15
Minggu depan, atau bahkan mungkin besok, Paman dan Bibi Pompe16 datang untuk tinggal di sini, dan juga Fanny dan Bet 's Graeuwen, 17 itu sudah lama sejak aku telah melihat salah satu dari mereka.
Saya cukup sering naik lebih awal di pagi hari, dan ketika matahari terbit di atas halaman dan pekerja datang beberapa saat kemudian itu adalah pemandangan yang indah dari jendela, dan saya harus berharap untuk memiliki Anda di sini. Apakah saya nanti akan bekerja pada pagi tersebut pada khotbah tentang 'Dia menerbitkan matahari-Nya untuk orang yang jahat dan orang yang baik', 18 atau 'Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati, dan Kristus akan memberimu cahaya ', 19 atau' ini adalah hal yang baik untuk memuji Tuhan dalam morning'20 dan "Ini adalah hal yang bagi mata untuk dilihat sun'21 menyenangkan - saya berharap begitu.
Semua sama, tampaknya bahwa matahari tidak pernah bersinar begitu indah seperti dalam pendeta atau di gereja. Ini luar biasa untuk bekerja pada 'tulisan' pagi.
Jika Anda memiliki waktu dan prangko dan kertas, kemudian menulis lagi segera. Paman Jan mengirim salam, malam itu yang dijelaskan di sana di bukit-bukit pasir pasti menyenangkan. Di toko Paman Kor, aku baru-baru ini melihat Injil oleh Bida, 22 betapa indah itu, betapa indahnya itu harus menjadi labourer23 Kristen seperti itu, tapi itu tidak mungkin untuk dimasukkan ke dalam kata-kata betapa indah itu, yang it24 lagi, ada banyak dalam pekerjaan yang mengingatkan salah satu Rembrandt. Dan sekarang jabat tangan dalam pikiran, dan saya sangat berharap yang terbaik, dan percayalah pernah

Adik paling mencintai Anda
Vincent



124
Hermanus Gijsbertus Tersteeg. Amsterdam, Jumat, 3 Agustus, 1877.


Amsterdam, 3 Agustus 1877

Dear Mr Tersteeg,
Theo mengatakan kepada saya kehilangan Anda dalam surat terakhirnya, 1 dan saya merasa perlu untuk menulis beberapa kata untuk Anda.
"Dia yang mengasihi tidak tidak tahu, Allah; karena Allah adalah Kasih ', 2 Aku mendengar Pdt Keller van Hoorn, seorang teman lama dari Bapa-Ku, memberikan khotbah tentang teks ini di Dordrecht satu minggu malam, beberapa hari setelah kematian putrinya. Dia berkata: apa yang telah memberi saya kekuatan dan membuat saya terus setelah ini, pukulan yang paling menghancurkan saya pernah ditangani, adalah iman kepada Allah saya, tanpa yang saya tidak bisa hidup - saya menemukan kenyamanan lagi dalam kekayaan besar kata-kata-Nya. Dia tidak bisa membantu membuka Alkitab yang tergeletak di depannya dan, seakan mengenang saat itu patah hati, memukul atas bagian yang sama seperti itu, yaitu:
Karena itu Daud memohon Tuhan untuk anak, ketika anaknya sangat sakit, dan pergi, 3 dan berbaring sepanjang malam di atas bumi. Dan tua-tua rumahnya muncul, dan pergi ke dia, untuk mengangkatnya dari bumi: tapi dia tidak mau, dia juga tidak makan roti dengan mereka. Dan terjadilah pada hari yang ketujuh, anak itu meninggal. Dan Daud takut untuk mengatakan kepadanya bahwa anak itu sudah mati, karena mereka berkata, Lihatlah, sementara anak itu masih hidup, kami berbicara kepada dia, dan dia tidak mau mendengarkan suara kami: bagaimana ia kemudian menyusahkan dirinya sendiri, jika kita katakan padanya bahwa anak sudah mati? Tapi ketika David melihat bahwa pegawai-pegawainya berbisik, David merasa bahwa anak itu sudah mati: Karena itu Daud berkata kepada hamba-hambanya, Apakah anak mati? Dan mereka berkata, Dia sudah mati. Lalu Daud muncul dari bumi, dan dicuci, lalu meminyaki dirinya, dan mengubah pakaian, dan datang ke rumah Tuhan, dan menyembah: kemudian ia datang ke rumahnya sendiri; dan ketika ia dibutuhkan, mereka menetapkan roti di depannya, dan dia tidak makan. Maka kata hamba-Nya kepadanya, apa hal yang ini yang telah engkau lakukan? Engkaulah yang telah cepat dan menangisi anak, sementara itu masih hidup; tapi ketika anak itu sudah mati, Engkaulah yang telah naik dan makan roti. Dan dia berkata, Selagi anak itu masih hidup, aku berpuasa dan menangis, karena aku berkata, siapa tahu Tuhan akan mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup? Tapi sekarang dia sudah mati, karenanya aku harus berpuasa? Aku bisa membawanya kembali lagi? Aku akan pergi ke dia, tapi dia tidak akan kembali ke me.4
Dan juga 1 Raja-raja XIX: 3-15: Ketika Elia melihat bahwa, dia bangkit, dan pergi untuk hidupnya, dan datang ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana. Ia sendiri masuk satu hari perjalanan ke padang gurun, dan datang dan duduk di bawah pohon juniper: dan ia meminta untuk dirinya sendiri bahwa ia akan mati; dan berkata, Cukuplah; sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku; sebab aku tidak lebih baik dari ayah saya. Dan saat ia berbaring dan tidur di bawah pohon juniper, lihatlah, maka malaikat menyentuh dia, dan berkata kepadanya, Bangunlah dan makan. Dan dia melihat, dan, lihatlah, ada Baken kue di atas bara, dan kendi di kepalanya. Dan dia tidak makan dan minum, dan membaringkannya lagi. Dan Malaikat Tuhan datang lagi untuk kedua kalinya, dan menyentuh dia, dan berkata, Bangunlah dan makan; karena perjalanan terlalu besar bagimu. Dan dia bangkit, dan melakukan makan dan minum, dan pergi dalam kekuatan daging empat puluh hari dan empat puluh malam kepada Horeb gunung Allah. 1V: 2
Dan dia datang ke sana kepada sebuah gua, dan bermalam di situ; dan, lihatlah, firman TUHAN datang kepadanya, dan ia berkata kepadanya, Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Dan dia berkata, saya telah sangat cemburu bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; dan saya, bahkan saya saja, dirilah; dan mereka ingin mencabut nyawaku, untuk mengambilnya. Dan dia berkata, Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN. Dan, lihatlah, Tuhan lewat, dan angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung, dan meremukkan batu di hadapan TUHAN; tapi tidak ada TUHAN dalam angin: dan setelah angin gempa; tapi tidak ada TUHAN dalam gempa bumi: dan setelah gempa api; Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu: dan setelah api suara masih kecil. Dan itu sangat, ketika Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, dan pergi keluar, dan berdiri di pintu di gua. Dan, lihatlah, datanglah suara kepadanya, dan berkata, Apakah kerjamu di sini, hai Elia? Dan dia berkata, saya telah sangat cemburu bagi TUHAN, Allah semesta alam: karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; dan saya, bahkan saya saja, dirilah; dan mereka ingin mencabut nyawaku, untuk mengambilnya. Dan Tuhan berkata kepadanya, Go, kembali pada-Mu way.5
Lalu ia menutup Alkitab dan berbicara panjang lebar dan dengan perasaan yang luar biasa tentang bagaimana hari dan keadaan kita berbeda dengan Daud dan Elia, namun Allah mereka tidak jauh dari masing-masing dan setiap orang dari kita, dan bagi kami, juga, ada datang kekuatan dari atas, karena ketika kita lemah, maka kita kuat, 6 mulutnya berbicara dari kelimpahan hati, 7 kata-kata jatuh dari bibirnya sebagai salju atau timbul hujan turun dari langit, 8 satu hal diikuti yang lain, ini itu, iman. Kata-kata memiliki suara khusus datang pada saat-saat seperti itu dari bibir seperti: Akulah kebangkitan dan hidup: dia yang percaya di dalam Aku, meskipun ia sudah mati, ia akan hidup: dan barangsiapa yang hidup dan percaya di dalam Aku tidak akan pernah mati. Percayakah engkau akan hal ini 9 Dan kata-kata lain juga:? Dia tidak mati, tapi sleepeth.10
Bapa-Ku juga merasa apa yang akan Anda telah merasa ini hari terakhir. Saya baru-baru berdiri satu pagi di pemakaman di Zundert11 sebelah kuburan kecil yang ditulis: Menderita anak-anak kecil untuk datang kepada-Ku, karena seperti itulah yang empunya Kerajaan God.12 Lebih dari 25 tahun telah berlalu sejak ia dikuburkan nya anak kecil pertama di sana, pada hari-hari ia tergerak oleh sebuah buku oleh Bungener13 yang saya dikirimkan kepada Anda kemarin, berpikir itu akan menjadi sebuah buku setelah hati Anda sendiri. Semua hal akan bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, 14 ini telah (yaitu Bapa-Ku) pengalaman minimal, dan dalam segala hal yang menimpa dirinya dan anak-anaknya ia telah sampai sekarang tumbuh secara bertahap kuat, dan imannya telah mengambil nya akar yang lebih tegas, sehingga ada ikatan yang tidak pernah melepaskan kita, bahkan ketika kita paling menderita, ikatan kasih Allah.
Ketika Cromwell berdiri oleh tubuh anak kecil itu dan pedang menusuk jiwanya, seolah-olah, kata-kata ini memberinya kekuatan, karena saya telah belajar, dalam segala keadaan saya, dengan itu menjadi konten. Aku tahu apa yang akan direndahkan dan tahu bagaimana berlimpah, setiap tempat dan dalam segala hal yang saya diperintahkan untuk menjadi penuh dan menjadi lapar, baik untuk berlimpah dan menderita kebutuhan. Aku bisa melakukan segala sesuatu melalui Kristus yang menyegarkan saya (Philip IV: 11-13) .15
Kini telah mempelajari bahasa Latin dan Yunani selama sekitar 3 bulan dan guru saya, Mendes da Costa, mengatakan beberapa hari lalu ketika saya bertanya kepadanya tentang hal itu bahwa kami telah berkembang sejauh yang dia pikir kita akan di jumlah waktu jika saya cocok untuk belajar, jadi saya tidak tanpa harapan dan aku pergi dari hari ke hari dengan harapan yang baik, dengan sesuatu dari iman old.16 Adikku Anna datang ke Amsterdam hari ini dengan futurebrother mertua saya dan saya melihat ke depan tidak sedikit untuk melihat mereka. Jangan berpikir buruk tentang saya untuk menulis kepada Anda seperti yang saya lakukan, saya merasa perlu untuk melakukannya.
Saya salam ke Mrs Tersteeg dan Betsy dan percayalah, dengan jabat tangan dalam pemikiran untuk anda semua

Hormat kami,
Vincent

Apakah Anda akan begitu baik untuk memberikan catatan tertutup ke Theo?


127
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Sabtu, 18 Agustus, 1877.

Amsterdam, 18 Agustus 1877.

My dear Theo,
Saya merasa perlu untuk menulis kepada Anda lagi, mungkin agak lama sebelum kita bertemu lagi, meskipun saya berharap bahwa dalam hal apapun kita akan bersama-sama di Etten untuk Natal. Ulang tahun Bibi Mina adalah Sunday1 lalu dan, seperti aku ada di sana malam itu, Paman Stricker meminta saya satu atau dua hal dan tampaknya tidak puas. Dalam segala sesuatu yang saya sering berpikir tentang kata-kata dalam Kisah Para Rasul, "kami datang ', 2 kita juga harus hanya pergi berjalan, cobalah untuk maju, melihat ke depan langkah demi langkah untuk tujuan dan menjaganya agar tetap terlihat, dan ketika kita telah membuat upaya untuk sementara waktu dengan cara itu, "berjuang pada ', sebagai Paman Jan mengatakan, maka kita melihat melalui satu atau lain hal yang kita telah datang jauh.
Saat orang melihat di sini di semua buku dan cetak toko potret yang sangat baik dari Uhland, 3 Andersen, 4 Dickens5 dan banyak lainnya, juga rohaniwan seperti Ten Kate, 6 baiknya untuk melihat mereka sering, untuk melihat apakah seseorang mungkin akan orsomething itu. Apakah saya menulis kepada Anda bahwa saya mendengar Pendeta Ten Kate di gereja kecil di Bickerseiland minggu Minggu lalu? 7 suara dan banyak Nya ekspresi penasaran mengingatkan saya ofPa. Gereja itu penuh sesak, dan alun-alun sekitar gereja kecil itu penuh gerbong. Itu adalah bagian yang baik dan indah ia berbicara tentang, yaitu, Rom. I: 15-17, Jadi, sebanyak di saya adalah, saya siap untuk memberitakan Injil kepada kamu. Sebab aku tidak malu akan Injil Kristus: untuk itu adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya. Karena di dalamnya adalah kebenaran Allah mengungkapkan dari iman kepada iman: seperti ada tertulis, Orang benar akan hidup oleh iman.
Itu adalah malam yang menyenangkan di Paman Stricker pada hari ulang tahun Bibi, pagi itu Paman telah bekerja dalam dongeng sermon8the tentang La mort et le bucheron9 (teks adalah Amsal XV: 24, The cara hidup di atas bijak):

Sebuah penebang kayu miskin, kayu bakar ditumpuk di atas punggungnya
Dan dibebani oleh beban dan jumlah tahun,
Mengerang dan membungkuk rendah, membuat jalan dengan tapak yang berat
Dan mencoba untuk mencapai cot berasap itu.
Akhirnya, dengan usaha dan dengan o'ercome nyeri
Dia meletakkan beban ke bawah dan berdiam pada keadaan menyesal nya.
Apa yang menyenangkan yang telah dikenal di seluruh hari-harinya?
Apakah ada seorang laki-laki miskin di seluruh dunia mengubah ini?
Lapar kadang-kadang, dan tidak pernah mengetahui sisa;
Istrinya, anak-anaknya, serdadu, dipotong pajak itu, kreditur dan memaksa penghambaan Membuat yang sangat cetakan dia kemalangan itu.
Dia menyebut tentang Kematian. Kematian segera datang, Minta apa yang harus dilakukan.
Dia mengatakan, untuk membantu saya memuat kayu ini setelah saya kembali lagi
Anda tidak akan tinggal hidup lama.

Passing kami datang, obat untuk setiap sakit,
Tapi mari kita tidak bergeser dari tempat kami berdiri.
Menderita lebih cepat dari mati,
Itu maxim.10 manusia

Aku punya waktu yang cukup pada Kamis pagi; Paman telah meninggalkan kota untuk pergi ke Utrecht, dan pada 07:00 Aku harus berada di Strickers ', karena Jan berangkat ke Paris dan aku berjanji untuk menemaninya ke stasiun dari Hollandsche Spoor. Jadi sudah bangun pagi dan melihat para pekerja tiba di galangan kapal dengan matahari bersinar indah. "Ini adalah hal yang baik untuk memuji Tuhan Allah di pagi hari ', 11 itulah yang orang berpikir pada saat seperti itu. Anda ingin melihat penasaran itu aliran tokoh hitam, besar dan kecil, pertama di jalan sempit di mana matahari bersinar hanya sebentar dan kemudian di halaman. Makan pagi setelah itu, sepotong roti kering dan segelas bir - yang merupakan obat Dickens merekomendasikan kepada mereka di ambang bunuh diri sebagai sangat manjur dalam membersihkan mereka dari niat itu, untuk sementara di least.12 Dan bahkan jika salah satu tidak tepat dalam suasana hati seperti itu, itu tetap baik untuk melakukannya sekarang dan kemudian, dan berpikir pada saat yang sama, misalnya, lukisan Rembrandt dari makan malam di Emmaus.13 1V: 2
Sebelum pergi ke Strickers 'aku berjalan melalui quarter14 Yahudi dan Buitenkant, Oude Teertuinen, Zeedijk, Warmoesstraat dan melewati Oudezijdskapel dan Oude dan Zuiderkerk, 15 melalui semua jenis jalan-jalan tua dengan Smithies dan cooperages dan seterusnya, dan melalui sempit gang seperti Niezel, 16 dan kanal dengan jembatan sempit tua seperti yang kita berdiri di malam itu di Dordrecht.17 itu bagus untuk melihat aktivitas dimulai pada jam awal.
Menulis teks di mana semua perumpamaan yang tercantum dalam urutan dan mujizat dan seterusnya, 18 dan saya juga melakukan hal yang sama dalam bahasa Inggris dan Perancis, mengharapkan Latin dan Yunani yang akan ditambahkan di kemudian hari, mungkin itu terjadi! Siang hari saya sibuk belajar untuk Mendes, dan bekerja di atasnya sore hari atau, misalnya, hari ini sampai larut malam dan di pagi hari. Setelah berada di Inggris dan Perancis begitu lama, itu tidak akan benar jika saya tidak secara bertahap menguasai bahasa lebih teliti dan setidaknya menjaga mereka, ada tertulis: memolesnya tak henti-hentinya dan memolesnya lagi, 19 dan juga, kerja, bersusah payah, menggali, menggali, muncul bumi, meninggalkan bukan tempat di mana tangan lulus tidak lulus dan lagi, 20 dan juga tertulis 'sehingga sepenuhnya leavened'.21

Petani dan children22 nya

Kerja, bersusah payah,
Itulah sumber daya yang gagal sedikit.
Seorang petani kaya, merasa kematian sudah dekat,
Memanggil anak-anaknya, berbicara kepada mereka-diam.
Hati-hati, ia mengatakan kepada mereka, dan tidak menjual
Warisan leluhur kita diturunkan.
Harta tersembunyi di dalamnya.
Aku tidak tahu tempat, tapi keberanian akan cukup
Untuk membawa Anda ke sana, dan Anda akan menemukan itu.
Plough bidang Anda segera setelah panen dalam.
Dig, menggali, muncul bumi, meninggalkan bukan tempat di mana tangan lulus tidak lulus dan lagi.
Ayah mereka meninggal, anak-anak dibajak baik lapangan,
Cara ini dan itu, sedemikian rupa sehingga satu tahun situ
Membawa kembali lebih Dalam koin yang sama sekali tidak menyembunyikan. Tapi orang itu bijaksana,
Dalam menunjukkan mereka, sebelum kematiannya,
Pekerjaan itu adalah kekayaan.

Ek dan reed23 yang

Ek suatu hari berkata kepada buluh,
Anda memiliki tujuan baik 'alam gainst mengeluh:
Untuk Anda Goldcrest adalah beban berat,
Angin sedikit yang mungkin barangkali
Membuat riak di wajah air
Memaksa Anda untuk menundukkan kepala.
Sedangkan keningku, seperti perkasa Kaukasus,
Tidak hanya berhenti sinar panas matahari
Tapi tawaran badai melakukan apa yang mungkin.
Untuk Anda, setiap angin adalah ledakan utara, bagi saya angin sepoi-sepoi.
Seandainya Anda, tetapi tumbuh dalam naungan daun
Dengan yang saya menutup semua tempat ini sekitar
Penderitaan Anda akan kurang;
Aku akan membela Anda gainst kemarahan badai itu.
Tapi yang paling sering ditemukan
Di tepi basah dari alam berangin,
Dan alam tampaknya memperlakukan Anda sakit memang.
Kasihan Anda, menjawab dia semak liat,
Mata air dari hati Anda ramah, tetapi tidak memiliki perawatan bagi saya.
Bagi saya, angin kurang menakutkan daripada mereka kepada Anda,
Aku membungkuk, saya tidak melanggar; sampai sekarang
Terhadap hajaran mengerikan mereka
Anda telah mengulurkan; punggung tidak membungkuk,
Tapi mari kita lihat bagaimana akhirnya; dan saat ia berbicara,
Dari cakrawala jauh marah datanglah
The fearfullest semua merenung
Utara itu belum melepaskan pada sisi-sisi nya.
Ek berdiri kokoh, buluh membungkuk rendah.
Angin bertiup keras dan kemudian lebih sulit lagi
Sampai ditarik oleh akar-akarnya
Yang yang kepalanya mencapai surga,
Kaki yang berdiri di dekat kerajaan orang mati.

Dia membungkuk untuk conquer.24

Bagaimana kabarmu, chap tua? Menulis beberapa kata lagi ketika Anda bisa, Anda tidak keberatan saya mengirim uang kembali kepada Anda, apakah Anda, 25 dan Anda tahu bahwa saya ingin SO VERY MUCH datang, pertama-tama untuk menjabat tangan Anda lagi, dan juga untuk pameran? 26 Tapi untuk saat ini aku tidak meninggalkan kota pada hari Minggu, saya hanya tidak mungkin.
Memiliki pembicaraan lain pagi ini dengan Mendes tentang M. Maris, dan menunjukkan kepadanya bahwa litograf dari mereka 3 anak, 27 dan juga A baptisan, 28 dan ia mengerti dengan sangat baik. Mendes terkadang mengingatkan saya The imitasi Yesus Kristus byRuipérez.29
Apakah Anda tahu apa-apa tentang Caroline? Pergi ke Utrecht dan kembali pada hari penerimaan Hendrik, saya juga mengucapkan selamat kepada mereka untuk Anda. Itu sangat elegan, banyak tanaman hijau yang indah di dalam ruangan, pengantin wanita tampak enough.30 manis Paman Jan tampak bahagia. Di Utrecht saya melihat katedral, church31 tua lain dan gedung Akademi, itu sangat seperti Cloisters oleh Westminster Abbey.32Goodbye, Theo, aku berharap yang terbaik, memberikan salam untuk teman serumah Anda, saya harap Anda baik, jika itu adalah mungkin. Paman Jan dan Anna Tak33 mengirimkan salam mereka, kata perpisahan, jabat tangan dalam pemikiran dari

Saudara yang paling penuh kasih Anda,
Vincent

Besok pada pukul 10 Rev. Laurillard akan berkhotbah di Oudezijdskapel.

Itu seperti khotbah yang baik, anak laki-laki tua, Paman Stricker berikan pada Cara hidup di atas dengan bijaksana, Bahwa dia dapat berangkat dari neraka bawah, 34 dan ia bekerja bahwa La mort et le Bucheron ke dalamnya dengan perasaan tersebut.

Sesuatu yang lain, keterlibatan Paul Stricker kepada Nona Margreet Meyboom telah patah, saya pikir itu pity.35 sebuah



128
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Senin 27 Agustus, 1877

Amsterdam, 27 Agustus 1877.

My dear Theo,
Ini mendekati ulang tahun Ma, 1 jadi aku mengirimkan Anda dengan ini wesel untuk 1,23 1/2 gulden, karena aku sangat ingin memberikan sesuatu yang sama dengan Anda. Hal ini tidak banyak, tapi itu semua yang saya miliki; jika Anda menambahkan jumlah yang sama untuk itu maka kita tetap bisa mendapatkan foto yang bagus.
Anda pasti dapat memilih satu sendiri. Kristus berjalan di laut oleh Jalabert lebih mahal lagi, 2 jika tidak saya akan menyarankan itu, dan bahkan jauh lebih mahal adalah Supper di Emaus oleh Rembrandt.3 Enfin, Anda tahu itu juga dan pasti akan membuat pilihan yang baik, tapi menulis judul apa yang Anda pilih, di kartu pos jika perlu.
Terima kasih atas surat Anda, yang saya very4 senang untuk mendapatkan, seperti juga dengan surat ceria dari rumah yang tiba kemarin.
Kemarin pagi itu hujan, jadi saya memakai mantel saya untuk pergi ke khotbah awal Noorderkerk. Pendeta Posthumus Meijjes (yaitu, menteri muda) sedang berkhotbah di sana pada Kisah Para Rasul 4:12 dan 12a, 5 adalah batu yang ditetapkan pada sia-sia dari pembangun, yang menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di lain: untuk tidak ada nama lain di bawah surga diberikan di antara manusia, dimana kita harus diselamatkan.
Pendeta Meijjes mengajarkan dengan sangat baik, itu juga memperlakukan untuk melihat sons6 nya duduk dengan dia di gereja. Dia memiliki suara yang sangat indah, meskipun itu hampir terlalu kuat, kedengarannya bagus, namun, dalam sebuah gereja yang sangat besar, dan penampilannya sangat mencolok, sudah menulis kepada Anda tentang bagaimana pindah saya untuk melihat dia turun dari mimbar sekali . Sepertinya saya bahwa ia harus mampu berbicara dengan baik di 'trees'7 sycamore dan Bukit Olives8 dan, misalnya, pada teks seperti' melahirkan karena itu buah yang sesuai dengan pertobatan dan reformasi ', 9 atau' dukacita menurut kehendak Allah mengerjakannya pilihan keselamatan untuk tidak bertobat dari ', 10 atau Zacchaeus.11 Anda pasti mengerti apa yang saya maksud, seseorang dapat mengatakan di mana hati dan pikirannya selalu berada dan apa pikiran dia; ketika kita melihat dia salah satu segera berpikir tentang seorang imam dan orang suci. Anaknya datang ke sini kemarin dan menghabiskan beberapa saat dalam studi kecil, ia datang pada kenyataannya untuk menanyakan apakah saya akan mengunjungi mereka di rumah malam ini, 12 yang saya dengan senang hati setuju untuk. Pergi lagi minggu lalu untuk melihat menteri yang lama, father.13 nya
Juga pergi kemarin pagi ke Eilandskerk ke hearUncle Stricker, 14 yang berbicara pada Luke XI: 28. Namun Ia mengatakan, Ya bukan, berbahagialah mereka yang mendengar firman Allah, dan tetap, menyebutkan contoh Maria, ibu Yesus yang menyimpan semua hal-hal ini, merenungkan dalam hatinya, 15 dan Maria dari Betania yang duduk di kaki Yesus dan telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari her.16 aku menghabiskan sore dan bagian dari malam di paman Stricker dan jadi punya Minggu baik, sering memikirkan apa yang Anda lakukan. Pa menulis bahwa Anna telah menulis surat rumah yang baik, dia sedang sibuk karena ada begitu banyak orang yang tinggal, tapi tampaknya sangat bahagia, dan Ma sudah sibuk menyusun trousseau.17 nya
Apakah Anda akan membuat trip18 di musim gugur dan datang ke Amsterdam kemudian juga? Saya sangat berharap begitu, menulis segera setelah Anda mendengar apa-apa tentang hal itu. Dan kita harus mengatur bagi Anda untuk datang dan tinggal di sini, ada ruang yang cukup di rumah dan Anda hanya perlu membiarkan Paman tahu, kita harus membuat sebagian besar waktu dan kesempatan untuk bersama. Masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan hari ini, apakah Anda sibuk di galeri? 1V: 2
Minggu lalu di galangan kapal kapal (memantau Draak) diluncurkan; 19 yang menarik untuk melihat dan sukacita yang besar bagi para pekerja. Ada juga banyak galangan kapal di Bickerseiland, tapi untuk kerajinan kecil; setiap kali saya pergi ke sana saya melihat yang baik pada mereka, jika seseorang ingin belajar bagaimana bekerja diri seseorang harus memperhatikan para pekerja, dan lokakarya jika seseorang memiliki sedikit belajar, karena seperti di galangan kapal ada yang lebih kecil dan kapal yang lebih besar yang pada akhirnya selesai dan diluncurkan, dalam penelitian yang ada lebih besar dan lebih kecil karya direncanakan dan dijalankan 'oleh kelanjutan pasien dalam doing'20 baik dan dilengkapi dengan blessing.21 Allah dan juga tertulis' Meninggalkan bukan karya-karya-Mu tangan sendiri, 22 bersabar, lihatlah, petani menantikan hasil yang berharga dari bumi, dan Maha kesabaran panjang untuk itu, sampai ia menerima hujan awal dan akhir. Jadilah kamu juga pasien; stablish hearts'.23 Anda

Ada sesuatu yang baik di semua labour.24

Ini juga merupakan teks yang indah: Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan; tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Tapi mari ketekunan itu sempurna, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh, 'ingin nothing'.25
Jika ada yang kurang Wisdom, biarkan dia meminta kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang bebas, dan upbraideth tidak; dan hal itu akan diberikan kepadanya. Tapi biarkan dia meminta dalam iman, tidak goyah. Karena ia wavereth itu seperti gelombang laut digerakkan dengan angin dan tossed.26 Karena itu marilah kita memperbaiki hati kita, keinginan kita dan pikiran kita pada satu hal yang baik atau yang lain, seumur hidup, dan meminta para Lord.27 Untuk saya sendiri ingin begitu banyak untuk memiliki kebijaksanaan yang kita lihat di dalam Bapa dan Ibu kami, mereka ke tingkat yang lebih besar daripada di tempat lain, tidak ada keluarga seperti kita, bahkan, menurut saya, antara orang-orang yang baik dan mulia, di antara 'orang-orang yang berkehendak baik ', seperti banyak pelukis dan penulis, ada yang lebih baik daripada Bapa kita.
Mari kita tetapi terus mencari dan melihat apakah kita juga dapat menemukan sesuatu itu, 'melakukannya dengan baik apa yang Anda do'28 dan semua pekerjaan adalah pekerjaan Allah, 29 praktek membuat sempurna, 30 dan' cat dan repolish itu tak henti-hentinya ', 31 pekerjaan, bersusah payah, menggali, liang, berbalik, maka tidak ada tempat tangan Anda belum tersentuh dan retouched, 32 menjaga kata-kata ini dalam pikiran dan bertindak pada mereka akan membuat beberapa hal menjadi baik.
Boy tua, aku merindukan kasih, jangan segera datang dengan thenouveautés, dan pastikan untuk mengaturnya sehingga kita dapat menghabiskan waktu bersama-sama.
Apakah kita mungkin dapat memiliki Minggu lain di sini bersama-sama? Saya akan sangat senang jika Anda bisa melihat Oudezijdskapel kadang-kadang dan mendengar salah seorang menteri seperti Rev. Laurillardor Paman Stricker. Jangan mencoba untuk mengaturnya.
Aku tidak tahu bahwa buku oleh Daudet Anda menulis tentang, tetapi apakah Anda pernah membaca 'Hidup untuk hidup' oleh wanita yang menulis John Halifax? 33 Jika Anda bisa mendapatkannya kapan, jangan membacanya, itu penuh iman dan juga alam, dari kesehatan dan dari kota-kota seperti Liverpool, dan setiap halaman adalah roh dan life.34 Sekarang saya harus bekerja pada tema Yunani, memberikan salam untuk teman serumah Anda, dan juga untuk ungu muda dan Jet35 jika Anda pergi ke sana. Selesai teks dengan perumpamaan dan mukjizat di Perancis, dan harus menyelesaikannya dalam bahasa Inggris malam ini. Adieu, saudaraku, jabat tangan hangat dalam pikiran, saya akan dengan senang hati mengirimkan lebih untuk ulang tahun Ma tetapi tidak bisa, aku berharap yang terbaik, tampaknya sangat baik kepada saya bahwa Anda menghabiskan hari-hari di Mr Tersteeg's.36 Percaya saya pernah

Adik paling mencintai Anda
Vincent

Paman Jan berencana untuk pergi ke Helvoirt selama seminggu pada 1 September, saya berharap untuk mendapatkan keuntungan dengan dengan duduk di lantai bawah untuk waktu yang lama di malam hari di ruang tamu dan menulis, aku bisa tetap melakukannya, tetapi kamar tidur Paman dekatnya , jadi saya harus tenang. Bisa pergi dan duduk di kamar tidur saya, tapi ada godaan untuk beristirahat terlalu besar ketika itu terlambat, dan tidak ada gas dalam studi kecil saya.

Anda tahu bahwa Lips Bapa tua died.37 Pada pemakaman Paspoke tentang pemakaman di ladang jagung oleh Van der Maaten38 dan juga tentang I Tes. IV: 13-18, V: 1-10, yang pasti itu, 39 seperti Mark IV: 26-29 dan Yohanes XII: 24 dan I Kor. XV: 35-38, 40-58.

Hanya memiliki surat baik dari Anna. Surat-suratnya cukup langka, jadi aku mengirimkan satu ini untuk membaca.
129
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Selasa, 4 September, 1877.


Amsterdam, 4 September 1877.

My dear Theo,
Dengan ini catatan untuk Anna dan Lies, 1 tidak menulis sesuatu di atasnya dan mengirimkannya ketika ulang tahun Ma mendekati. (Saya harus memberitahu Anda bahwa alasan saya mengirimkannya kepada Anda adalah bahwa aku takut aku tidak akan memiliki lagi perangko saat itu, kecuali untuk menulis rumah. Jika Anda tidak menulis sampai nanti, biarkan menunggu ini .)
Paman Jan pergi ke Helvoirt Sabtu lalu, ia berniat untuk menjauh sampai 10 September, sehingga sangat tenang dalam house2 hari ini dan belum hari-hari terbang, karena saya memiliki pelajaran sehari-hari dan harus belajar untuk mereka, dan bahkan akan begitu banyak seperti hari-hari menjadi sedikit lebih lama untuk mendapatkan lebih banyak dilakukan, karena itu tidak selalu pekerjaan mudah, dan bahkan jika seseorang telah berada di sana selama beberapa waktu, memberikan tapi kepuasan sedikit, enfin, apa yang sulit adalah baik, saya merasa yakin itu bahkan jika seseorang melihat ada hasil.
Saya juga sibuk menyalin keluar seluruh L'imitasi de Jésus Christ3 dari edisi Perancis saya sudah dipinjam dari Paman Kor, buku yang luhur, dan ia yang menulis itu pasti seorang yang berkenan di hati Tuhan; punya kerinduan tak tertahankan untuk buku yang beberapa hari yang lalu, mungkin karena saya melihat bahwa litograf setelah Ruipérez4 begitu sering, dan meminta Paman Cor jika aku bisa meminjamnya. Sekarang aku duduk di sini di malam hari menulis itu keluar, itu banyak pekerjaan tapi bagian yang baik dari hal itu dilakukan, dan saya tahu tidak ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan beberapa ke kepala saya. Saya juga membeli Bossuet, Oraisons funèbres5 lagi (I got it untuk 40 sen), saya merasa terdorong untuk merebut memegang tugas tegas, kadang-kadang saya berpikir tentang kata-kata 'hari-hari ini adalah jahat', 6 dan kita harus mempersenjatai diri sendiri dan mencoba sebagai sebisa mungkin untuk memiliki sesuatu yang baik dalam diri sendiri agar mampu menahan dan menjadi prepared.7 Hal ini, seperti yang Anda ketahui, tidak ada usaha kecil, dan kita tidak tahu hasilnya, dan dalam hal apapun saya ingin mencoba dan melawan fight.8 baik
Ini adalah buku penasaran, yang satu oleh Thomas a Kempis, ada kata-kata begitu dalam dan serius bahwa seseorang tidak dapat membacanya tanpa emosi dan hampir takut, setidaknya jika seseorang membaca mereka dengan keinginan yang tulus untuk cahaya dan kebenaran, 9 bahasa yang memang kefasihan yang menang hati karena berasal dari hati. Anda memilikinya, pasti. Pa menulis kepada saya tentang suatu peristiwa yang terjadi di paman Vincent. Anda pasti tahu tentang hal itu sudah, yaitu bahwa istri Pendeta Richard jatuh dari tangga satu malam dan dalam condition.10 sangat menyedihkan dan jadi salah satu mendengar setiap hari sekarang satu hal maka lain, di mana-mana dan di semua sisi, yang adalah mengapa saya memiliki setidaknya kesan bahwa 'hari-hari yang evil'.11 Karena bahkan jika hal itu tidak terjadi pada kita, orang merasa tetap bahwa mungkin itu tidak jauh dari kita baik, dan bahwa kita berada dalam cobaan yang sama , 12as itu adalah. Mode dunia ini melampaui jauh - namun akan saya engkau tanpa carefulness.13 1V: 2
"Namun akan saya engkau tanpa kejelian ', tidak yang mengatakan, sejauh Anda khawatir, merasa semua hal ini, 14' merasa kesedihan Mu ', 15 dan menjaga them16 dalam hatimu dengan orang lain, tapi pergi Anda cara, 'kembali di jalan-Mu', 17 tetap sama seperti Anda berada di awal, ketika Anda mencari yang baik dan berpikir telah menemukan sesuatu itu - karena Allah juga, sama seperti Dia berada di awal, 18 dan dengan-Nya ada variableness, tidak bayangan turning19 - engkau juga memiliki semangat yang tepat dalam you20 dan memiliki iman kepada Allah, bagi mereka yang percaya kepada-Nya tidak akan ashamed.21 kita melihat bahwa dalam ayah kami, yang merasa semua menderita, semua penderitaan dan juga semua dosa di sekelilingnya, yang juga saham di dalamnya dan membantu sebanyak yang ia bisa, namun berjalan jalan mantap sendiri, berbuat baik dan tidak mencari back.22 Ya, memang benar, ia memiliki semangat Yesus, bahwa semangat yang dia berkata: Bapa, ke dalam tangan-Mu aku memuji spirit.23 saya Dan begitu banyak memiliki sama - meskipun tidak dalam ukuran besar seperti - itu bukan tugas sia-sia bagi kita untuk berusaha untuk itu juga.
'Jadilah bersemangat dalam mengubah seluruh hidup Anda inThomas ditulis a Kempis, 24 dan itulah apa yang harus dilakukan dan tidak menyerah, bahkan jika ada yang takut oleh salah yang ada dalam diri kita dan yang benar menyebabkan kita untuk mengatakan, saya sendiri telah menyebabkan semua penderitaan ini untuk diri sendiri dan others25 - dia yang merasa bahwa, baginya itu adalah waktu, yang 'sangat man'.26 untuk orang-orang seperti ada tertulis' Kamu harus dilahirkan again'.27 bagi orang-orang seperti ini, firman Tuhan akan menjadi lamp28 dan Dia sendiri melalui kata-kata Teman dan Penghibur, 29 dan dukacita menurut kehendak Allah akan worketh30 bahwa yang akan mengerjakannya jika seseorang tidak takut.
Ada sesuatu yang saya merasa terdorong untuk memberitahu Anda, Anda dari siapa saya tidak punya rahasia. Dalam kehidupan Paman Jan, Paman Cor, Paman Vincent, ada banyak, banyak kebaikan dan kesucian, namun ada sesuatu yang hilang. Tidakkah Anda berpikir bahwa ketika dua yang disebut pertama duduk di sini, seperti yang sering terjadi, berbicara di malam hari dalam indah, mabuk ruang akrab bagi Anda, itu adalah pemandangan yang tidak hati baik, terutama jika kita melihat mereka dengan cinta seperti yang saya lakukan? Namun - Perjamuan di Emaus oleh Rembrandt31 bahkan lebih indah, dan itu bisa saja itu dan sekarang sudah hampir itu tetapi tidak altogether.32 Pa memiliki apa yang mereka kekurangan - itu baik untuk menjadi seorang Kristen, hampir dan juga sama sekali, untuk yang hidup eternal33 - dan sekarang aku akan pergi lebih jauh dan mengatakan apa yang hilang di dalamnya, hilang di rumah mereka dan keluarga mereka, dan kemudian Anda akan mengatakan atau setidaknya memikirkan orang yang melihat sebuah mote di mata saudaranya tetapi tidak mempertimbangkan balok di eye34 sendiri - dan kemudian saya akan menjawab, ada kemungkinan sesuatu itu, tapi ini setidaknya adalah kata-kata yang benar, "itu baik untuk menjadi seorang Kristen, hampir dan juga sama sekali '.
Beberapa hari yang lalu saya menghabiskan malam dalam studi Pendeta Jeremie Meijjes, bukan menteri tua tapi itu sangat laki-laki yang telah pindah saya begitu banyak di gereja. 1V: 3
Itu adalah malam yang menyenangkan, ia meminta satu atau dua hal tentang London, tentang yang saya tahu cukup banyak, dan dia mengatakan kepada saya tentang pekerjaannya dan berkat-berkat ia tampaknya mengalami. Tergantung di ruangan itu gambar arang yang sangat baik dari ibadah yang ia terbiasa untuk menjaga dengan dia di rumah pada malam musim dingin, sangat baik, Israels akan menyukainya, jemaat itu terdiri dari pekerja dan istri-istri mereka, 35 ada adalah subyek yang sama dalam buku Doré tentang London.36 Pergi dirinya ke London selama dua minggu. Memiliki keluarga besar, 6 atau 7 anak, wife37 nya memiliki sesuatu yang tak terlukiskan - sesuatu Ma - atau istri Pendeta Jones, misalnya. Singkatnya, itu adalah keluarga Kristen di sana dalam segala kekuatan dan mekar, kadang-kadang ada ekspresi kebahagiaan yang sangat besar pada wajah lelah orang itu, dan ketika seseorang di rumah itu orang merasa sesuatu 'menunda sepatu-Mu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri di atasnya adalah ground'.38 suci
Juga menghabiskan malam di Strickers 'dan mendengar Paman memberitakan Sunday39 terakhir pada I Kor. III: 14, Jika pekerjaan seseorang tahan yang ia telah dibangun kemudian, ia akan menerima upah. Hal ini sering tampak seolah-olah saya sudah merasakan sesuatu berkat dan perubahan dalam hidup saya. Bagaimana saya ingin menunjukkan segala macam hal di sini. Saya memikirkan Degroux begitu sering di quarter40 Yahudi dan juga di tempat lain; ada interior sana dengan penebang kayu, tukang kayu, toko grosir, toko-toko apotek, Smithies dan sebagainya dan sebagainya yang akan senang dia. Misalnya, pagi ini saya melihat besar, gelap wine cellar dan gudang berdiri terbuka, momok yang sesaat muncul kepada saya - Anda tahu apa - laki-laki berjalan bolak-balik dengan lampu di lemari besi gelap - sekarang itu adalah sesuatu yang orang dapat melihat setiap hari , tetapi ada saat-saat ketika hal-hal sehari-hari yang biasa membuat kesan yang luar biasa dan tampaknya memiliki makna mendalam dalam pengaturan lain. Degroux berhasil menunjukkan bahwa begitu baik dalam lukisannya, dan terutama dalam litografi nya.
Surat Anda baru saja tiba ketika saya menulis ini. Terima kasih. Pa sudah menulis bahwa ia telah mengunjungi Anda, tapi apa yang benar-benar mengejutkan saya adalah bahwa Gladwell adalah di Den Haag. Beri dia salam saya, dan oh, bagaimana aku ingin dia datang ke sini kadang-kadang, hanya menulis sebuah kartu pos untuk meminta dia untuk melakukan yang terbaik untuk datang ke Amsterdam juga, Anda mencoba dan membujuk dia juga. Anda tahu sendiri bagaimana menarik itu adalah untuk orang asing untuk melihat kota, juga galangan kapal dan daerah di sekitar sini, dan bagaimana saya ingin menunjukkan kepadanya sekitar sebanyak yang dalam kekuasaan saya. Dan aku rindu untuk melihat mata cokelat, yang bisa berkilau jadi ketika kita melihat lukisan ofMichel dan orang lain atau berbicara tentang 'banyak things'.41 Ya, itu tidak akan buruk jika ia datang, dan bahkan tinggal sebagai selama mungkin, dan saya percaya bahwa kita pasti akan merasa bahwa ada sesuatu yang benar-benar tulus dalam persahabatan kami sebelumnya dan bahwa tidak ada hal kecil, dengan berjalannya waktu kita tidak selalu merasa kuat, tapi tidak mati, tetapi itu telah tertidur, 42Dan untuk membuatnya terjaga dan hidup lagi itu baik untuk bertemu lagi. 1r: 4
Dengan ini kata dia, tampaknya bagi saya bahwa dia tidak harus meninggalkan Belanda tanpa melihat Trippenhuis dan Van der Hoop, 43 melakukan yang terbaik untuk membuat dia melakukannya, setidaknya jika hal ini bisa terjadi dengan cara ini dan ia doesn 't melakukannya di luar kemauannya. Harus begadang malam ini selama aku bisa membuka mata dan mengakhiri ini; jika saya punya waktu, saya akan menyelesaikan halaman ini.
Jika kenalan Anda dengan Gladwell kuat dan meninggalkan sesuatu yang baik di belakang, saya akan berpikir itu indah, sudah lama sejak terakhir kali aku melihatnya.
Adieu, menerima jabat tangan dalam pemikiran dan hangat selamat atas ulang tahun Ma, tapi mungkin aku akan menulis lagi pada hari itu sendiri. Sekarang aku hanya bicara dan terus dalam surat ini, dan saya tidak tahu apakah itu baik dan saya hanya mengirim dengan cara itu. Saya harap Anda baik, berjabat tangan Gladwell bagi saya, dan saya percaya pernah

Saudara yang paling penuh kasih Anda,
Vincent

Longfellow menulis sebuah buku tentang kehidupan Yesus, 44 di mana ada ini dan hal-hal lain.

Datanglah kepada-Ku,
Apa yang kamu letih lesu dan berbeban berat
Dan saya akan memberikan istirahat - Datanglah kepada-Ku
Karena Aku lemah lembut, dan saya rendah hati
Dan kamu semua akan mendapat ketenangan kepada souls.45 Anda

Tahukah kamu wanita ini? Ketika rumah-Mu aku masuk,
Engkau telah memberikan Me tidak ada air untuk kaki saya,
Tapi dia Maha dicuci mereka dengan air matanya,
dan menyeka mereka,
Dengan rambut sendiri! Engkau telah memberikan Me tidak ada ciuman,
Wanita ini hantu tidak berhenti sejak saya datang di
Mencium kaki saya! Kepalaku dengan wafat minyak engkau
Mengurapi tidak, tapi wanita ini telah mengurapi
Kakiku dengan salep. Oleh karena itu saya katakan kepadamu
Dosanya yang telah banyak diampuni
Untuk dia Maha much.46 dicintai

Percaya Me wanita
Saatnya datang, ketika kamu tidak akan
Setelah gunung ini, juga di Yerusalem
Menyembah Bapa, sebab saatnya akan datang
Dan sekarang datang, bahwa penyembah-penyembah benar
Harus menyembah Bapa dalam Roh dan kebenaran.
Bapa berikhtiar tersebut untuk menyembah Dia.
Allah adalah Roh, dan mereka yang menyembah Dia,
Harus menyembah-Nya dalam roh dan truth.47

Pemungut cukai,
Berdiri dari jauh tidak akan mengangkat begitu banyak,
Bahkan saat matanya ke Surga, tapi memukul dadanya.
Mengatakan: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa.
Saya memberitahu Anda bahwa orang ini pergi ke rumahnya
Lebih dibenarkan dari yang lain. semua orang
Adakah yang meninggikan dirinya akan direndahkan.
Dan dia yang merendahkan dirinya akan exalted.48

Menderita anak-anak kecil
Untuk datang kepada-Ku, dan melarang mereka tidak
Dari Itulah Kerajaan Surga, dan Malaikat mereka
Lihatlah selalu di My Fathers face.49

Apa, bisa kamu tidak menonton dengan Me satu jam?
o Watch dan berdoa agar kamu bisa masuk tidak
Ke dalam pencobaan, Untuk Roh memang
Bersedia, tapi daging adalah weak.50

Bapa segala sesuatu yang mungkin untuk Mu!
Jika cawan ini mungkin tidak lulus dariku
Kecuali aku minum itu. Mu akan done.51



130

Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Jumat, 7 September, 1877.


Amsterdam, 7 September 1877

My dear Theo,
Rasanya indah untuk mendengar suara Gladwell di aula saat aku duduk di lantai atas belajar dan melihat dia beberapa saat kemudian dan menjabat tangannya. Kemarin kami mengambil jalan bagus melalui jalan-jalan utama dan melewati sebagian besar gereja-gereja, dan bangun pagi ini sebelum 5 untuk melihat orang-orang yang datang ke galangan dan kemudian berjalan ke Zeeburg dan juga melihat kuburan dan pergi ke Trippenhuis (dua kali) dan dia sendiri untuk Van der Hoop, dan dia juga di gallery1 Paman Cor itu (yang tidak di kota, namun) dan dengan Mendes di dalam ruangan. Sekarang kami juga memiliki rencana untuk pergi ke Paman Stricker itu (karena saya telah diundang untuk makan di sana hari ini dan hanya akan mengambil risiko itu dan membawanya bersama), dan jika kita punya waktu juga untuk melihat Vos dan Kee. Dan saya juga ingin sangat banyak untuk pergi bersamanya ke Bickerseiland, tapi mungkin tidak akan ada waktu. Memiliki juga sangat menyarankan bahwa ia pergi ke Haarlem untuk melihat lukisan oleh Frans Hals, 2 dan sekarang dia pergi ke sana dan tidak Antwerp seperti yang telah direncanakan, tapi akan menghemat Belgia untuk nanti dan berkonsentrasi sekarang secara eksklusif pada Belanda.
Kami juga menghabiskan banyak waktu dalam studi kecil dan berbicara tentang hal-hal baru dan old.3
Ketika dia duduk di samping saya, saya lagi merasakan perasaan yang sama yang menarik saya untuk dia begitu sering, seolah-olah dia adalah anak dari keluarga yang sama dan seorang saudara dalam iman karena dia mencintai 'orang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita grief'.4 Siapa adalah Allah kita dan siapa ajaran dan kebangkitan kita percaya, siapa semangat kita mencari, dari siapa cinta kami meminta itu membatasi kita dalam hidup dan tidak ada yang memisahkan kita dari itu, baik yang ada sekarang, maupun yang akan come.5 di dalam Dia, juga , dukacita menurut kehendak Allah akan bekerja apa yang dalam banyak hal telah bekerja dan bekerja dan akan bekerja, pilihan untuk tidak bertobat dari, 6 untuk bagian yang baik yang tidak akan diambil, 7 dan memilih satu-satunya hal yang diperlukan dan layak menelorkan buah yang sesuai dengan repentance.8 Dia adalah seorang Kristen dan akan menjadi salah satu lebih dan lebih. Pagi ini kita membaca bersama-sama kisah Elia di tepi sungai Kerit dan di widow's9 - karena ketika kita tinggal bersama di Montmartre10 kami menemukan bahwa laras makan tidak menyia-nyiakan dan kendi tidak fail11 - dan kemarin malam perumpamaan sower12 dan others.13 Sekarang dia akan tinggal bersama Anda untuk sementara waktu juga, dan kerinduan untuk melihat kamar kecil Anda dan apa yang Anda miliki di jalan cetak.
Diterima dari dia Bunyan, Kemajuan peziarah, yang merupakan aset, seperti Bossuet, Oraison Funebres, yang saya baru saja membeli sangat murah, 14 dan The imitasi oleh T. a Kempis dalam bahasa Latin, yang saya dapatkan dari Vos15 dan yang saya harap untuk bisa membaca dalam bahasa Latin beberapa hari. 1V: 2
Dia baca di sini berbagai potongan-potongan Bungener, Esquiros, Lamennais, Souvestre, Lamartine (Cromwell), dan mengambil kesenangan dalam litograf setelah Bosboom, 16 kami membeli satu dari seorang Yahudi, dan dia memberi saya petunjuk untuk membeli lagi untuk dia ketika kesempatan hadiah itu sendiri.
Saya sangat berharap bahwa Anda akan memiliki malam yang menyenangkan dengan dia, dan saya percaya bahwa semakin Anda mencari dalam dirinya semakin Anda akan menemukan di him.17
Kami berbicara tentang ini dan itu, dan apa yang kita berkata satu sama lain adalah ini: banyak, yang datang ke titik dalam hidup di mana kita harus membuat pilihan tentang kehidupan, telah dipilih untuk bagian mereka 'kasih Kristus dan kemiskinan', 18 atau lebih tepatnya 'memberikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan, makan saya dengan roti nyaman untuk me'.19 waktu bersama terbang melewati bagi saya, dan saya berharap kami bisa tinggal bersama-sama sedikit lebih lama; tapi tidak bisa, dan setiap orang harus kembali ke way20 dan terus melakukan apapun tangan findeth untuk do21 dalam panggilan ini dimana ia dipanggil, 22dan I untuk bagian saya bersyukur dari lubuk hati saya bahwa saya bisa melihat dia lagi, dan menemukan dalam dirinya bahwa yang menarik saya untuk dia. Dia mengatakan kepada saya bahwa Anda pasti akan melakukan perjalanan dengan nouveautés, mungkin dalam waktu sekitar 4 minggu, jadi saya juga berharap untuk bertemu lagi kemudian.
Saya sangat berharap bahwa ia akan memiliki menyenangkan dan baik kenangan kunjungannya ke Belanda, itu berani dia telah bertahan dengan rencana itu.
Berikan salam untuk teman serumah Anda, memiliki malam yang baik dengan dia; harus ingin bagi Anda untuk melekat pada dirinya karena saya merasa melekat pada dirinya saat ini, dan menerima dalam berpikir jabat tangan dari

Adik paling mencintai Anda
Vincent

Anda sudah tidak diragukan lagi mendengar tentang kematian Nyonya Richard; itu harus menjadi night.23 sulit

Untuk mempelajari Alkitab dengan baik dan menyeluruh dan dengan cinta, apakah itu tidak menjadi hal yang sangat diinginkan?



sumber : http://vangoghletters.org/
terjemahan : google translate















sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment