van gogh letters 131-140

by 2:55 AM 0 comments
131
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Selasa 18 September, 1877.


Amsterdam, 18 September 1877.

My dear Theo,
Waktu mendekati ketika Anda akan pergi perjalanan untuk Tuan G & Cie, dan aku sudah tak sabar untuk melihat dan berbicara dengan Anda lagi.
Apa yang saya ingin bertanya apakah ini. Tidakkah Anda dapat mengaturnya sehingga kita bisa bersama-sama untuk sementara waktu, diam-diam dan tenang, aku berpikir setidaknya satu hari penuh.
Mendes berada di luar kota minggu ini, tinggal selama beberapa hari dengan Rev. Schröder1 di Zwolle yang memiliki pelajaran darinya pada satu waktu. Menjadi kurang diduduki karena ini, saya bisa melaksanakan rencana saya untuk melihat lukisan Rembrandt di Trippenhuis, pergi ke sana pagi ini dan saya senang saya lakukan it.2
Ketika aku berada di sana saya pikir, tidak akan Theo dan aku bisa melihat mereka bersama-sama kapan-kapan? Pikirkan tentang apakah Anda tidak bisa pergi sendiri untuk satu hari atau bahkan lebih lama untuk hal-hal seperti itu.
Berapa banyak orang seperti Pa - yang sering kali perjalanan pada malam hari, membawa lentera, 3 sampai orang sakit atau sekarat, misalnya, untuk berbicara dengannya tentang Dia yang kata juga merupakan light4 di malam hari penderitaan dan ketakutan fana - akan memiliki lukisan perasaan forRembrandt itu. Seperti penerbangan ke Egypt5 pada malam hari atau penguburan Yesus.6 Bahwa koleksi di Trippenhuis adalah indah, dan saya melihat banyak yang saya tidak pernah ditemukan sebelumnya, di sana mereka juga bercerita tentang gambar oleh R. di Fodor.7 Jika Anda pikir itu ide yang baik, berbicara dengan Mr Tersteeg tentang hal itu, dan menulis beberapa kata di muka dan memberitahu saya jika Anda datang, maka saya akan belajar ke depan untuk bebas dan Anda inginkan ketika Anda datang.
Aku tidak bisa melihat apa-apa seperti itu, lukisan baik, misalnya, tanpa memikirkan Anda dan Pa dan semua orang di rumah.
Apakah jika sampai telinga saya dalam pekerjaan, karena itu menjadi jelas bagi saya apa yang sebenarnya saya harus tahu, apa yang mereka ketahui dan apa yang menginspirasi orang-orang yang harus saya ingin mengikuti. 'Cari scriptures'8 tidak ditulis untuk apa-apa, tapi kata-kata adalah panduan yang baik, dan saya benar-benar ingin menjadi seorang juru tulis seperti yang seumpama seorang pria yang merupakan rumah tangga, yang bringeth keluar dari hal-hal harta karun tua dan new.9
Aku menghabiskan Senin malam dengan Vos dan Kee, mereka saling menyukai dan salah satu pasti pemberitahuan bahwa di mana Cinta hidup Tuhan memerintahkan blessing.10 Nya Sangat menyenangkan di rumah mereka, hanya disayangkan bahwa dia tidak bisa terus menjadi minister.11When orang melihat mereka duduk di sana bersama-sama di malam hari dengan ramah light12 lampu mereka di ruang tamu kecil dan dekat dengan kamar tidur anak laki-laki kecil mereka, 13 yang terbangun dari waktu ke waktu dan meminta ibunya untuk ini atau itu, itu adalah idyll, tetapi mereka juga tahu hari mengerikan dan malam tanpa tidur, dan ketakutan dan anxiety.14 Berjalan kembali di atas pasir karya besar oleh Oosterspoor15 yang Anda tahu, dan sepanjang Buitenkant, bulan bersinar dan semuanya penuh M. Maris orAndersen.16
Dari sana itu seperti pemandangan yang indah di seluruh kota dan menara, dengan lampu di sana-sini, di satu sisi IJ dan di sisi lain Bickerseiland. Dan semua itu begitu sunyi, 'daun layu tidak berdesir, bintang-bintang sendiri speak.17 Ketika semua suara berhenti, suara Tuhan terdengar di bawah 1V stars'.18: 2
Apakah dalam Oudezijdskapel19 hari Minggu lalu, di mana Pdt Yer. Meijjes berkhotbah tentang Pkh. XI: 7-XII: 7.

"Terang manis, dan hal yang menyenangkan itu adalah untuk mata untuk dilihat matahari: tetapi jika seorang pria hidup bertahun-tahun, dan bersukacita di dalamnya; namun biarkan dia ingat hari-hari gelap; karena mereka akan menjadi banyak. Semua yang datang adalah kesia-siaan. Bersukacitalah, hai anak muda, pada masa mudamu; dan biarkan hatimu menghibur engkau pada masa mudamu, dan turutilah dari hatimu, dan di hadapan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan. Buanglah berat dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena masa kanak-kanak dan remaja adalah kesia-siaan. Ingat sekarang Pencipta-Mu di hari-hari masa mudamu, sementara hari jahat datang tidak, maupun tahun mendekat, maupun bintang menjadi gelap, atau awan datang kembali sesudah hujan.
Di hari ketika penjaga rumah gemetar, dan orang-orang kuat membungkuk, dan perempuan-perempuan penggiling berhenti karena berkurang, dan yang melihat dari jendela semuanya menjadi kabur, dan pintu akan ditutup di jalan-jalan, ketika suara grinding rendah, dan dia akan bangkit suara burung, dan semua anak-anak perempuan Musick harus dibawa rendah; juga ketika mereka akan takut apa yang tinggi, dan ketakutan akan berada di jalan, dan pohon almond akan berkembang, dan belalang akan menjadi beban, dan keinginan akan gagal: karena manusia pergi ke rumahnya yang kekal dan pelayat pergi tentang jalan-jalan: atau pernah mangkuk perak harus dilepaskan, atau roda rusak di tangki. Kemudian akan debu kembali ke bumi seperti itu: dan semangat akan berbalik kepada Allah yang memberi it.'20 Untuk apa yang ditabur orang, itu juga yang akan menuai dan orang yang menabur dengan Roh akan Roh menuai Hidup Everlasting .21

Saya kemudian mendengar Pendeta Laurillard lagi di sermon22on awal Yer. VIII: 7, Ya, bangau di langit mengetahui waktu dia ditunjuk; dan kura-kura dan bangau dan burung layang-layang mengamati saat mereka datang.
Dia menceritakan tentang bagaimana dia telah berjalan di jalan di mana daun yang sudah jatuh dari pohon, dan telah melihat kawanan burung migran dan berbicara tentang fenomena 1V: 3birds migrasi, dan bagaimana manusia juga akan bermigrasi sekali untuk tanah hangat . Ia memperlakukan hal ini dalam semangat Michelet orRĂĽckert, atau seperti yang banyak juga melukis itu, termasuk Protais, Cinderamata dari homeland.23 yang
Pa menulis bahwa Anda pernah ke Antwerp, saya ingin sekali mendengar apa yang Anda lihat di sana, lama saya juga melihat lukisan-lukisan tua di museum24 - dan bahkan tampaknya ingat potret indah byRembrandt, 25 itu akan menjadi indah jika bisa mengingat segalanya dengan jelas, tapi itu hanya seperti melihat jalan panjang, dalam hal jarak tampak lebih kecil dan seolah-olah dalam kabut.
Ada api di sini satu malam di atas air, yaitu tongkang dengan arak atau sesuatu similar.26 Apakah dengan Uncleon yang Wassenaar, 27 tidak ada bahaya nyata karena mereka akan berhasil mendapatkan tongkang terbakar dari antara kapal lain dan telah diikat ke posting. Ketika api bangun sedikit satu melihat Buitenkant dan baris hitam orang yang berdiri di sana menonton, dan perahu-perahu kecil akan bolak-balik di sekitar api juga muncul hitam dalam air di mana api tercermin, saya tidak tahu apakah Anda akrab dengan foto-foto afterJazet yang berada di Photographique Galerie pada satu waktu, tetapi kini telah hancur, 'kebakaran The' 'malam Natal', dan lain-lain, 28 itu adalah sesuatu seperti itu.
Senja sudah jatuh, 'diberkati senja' Dickens menyebutnya, 29 dan memang dia benar. Senja diberkati terutama ketika dua atau tiga orang berkumpul dalam harmoni pikiran, 30 dan seperti ahli-ahli Taurat mendatangkan dari harta mereka lama dan hal-hal baru seperti sebuah householder.31 senja Blessed ketika dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Nya dan Dia sendiri adalah di tengah-tengah them.32 dan diberkatilah dia yang tahu hal-hal ini dan juga tidak them.33 Rembrandtknew itu, karena dari harta kaya heart34 ia melahirkan, antara lain, bahwa gambar di sepia, arang, tinta & c. (yang di British Museum) yang menggambarkan rumah di Bethany.35 Dalam ruang senja mendominasi, sosok Tuhan, mulia dan mengesankan, berdiri serius terhadap jendela melalui mana senja malam jatuh. Sama seperti sosok John Halifax. Dia mengatakan dia adalah seorang Kristen, di depan jendela dengan tirai putih di sebuah kamar di Rose Cottage, saya pikir, pada malam seperti begitu banyak yang dijelaskan dengan begitu banyak perasaan dalam book.36 yang Pada kaki Yesus duduk Maria, yang telah memilih bagian yang terbaik yang tidak akan diambil dari padanya, 37 dan Martha di ruang sibuk dengan sesuatu atau lainnya, aduk sampai api atau sesuatu seperti itu, 38 jika saya ingat benar. Saya harap tidak melupakan gambar itu, juga apa yang tampaknya berkata kepada saya: Akulah terang dunia: orang yang mengikut Aku tidak akan berjalan dalam kegelapan, tapi harus memiliki cahaya kehidupan, 39 1r: 4 cahaya Injil yang diberitakan kepada orang miskin di BapaKu Kingdom, 40 yang bersinar, seperti lilin ditempatkan pada candlestick, semua yang berada di house.41 aku datang bahwa mereka akan memiliki hidup dan bahwa mereka akan memiliki kelimpahan. 42 Akulah Kebangkitan dan Hidup: dia yang percaya di dalam Aku, meskipun ia sudah mati, ia akan hidup: dan barangsiapa yang hidup dan percaya di dalam Aku tidak akan pernah die.43 Jika seorang mengasihi aku, Bapa-Ku akan menghormati dia dan kami akan datang kepadanya, dan membuat tempat tinggal kami dengan dia, 44 kami akan datang kepadanya, dan akan sup dengan him.45 senja mengatakan hal tersebut kepada orang-orang yang memiliki telinga yang dapat digunakan untuk mendengar dan hati yang dapat digunakan untuk understand46 dan untuk memiliki iman kepada Allah - senja diberkati.
Dan itu juga senja dalam lukisan itu dengan Ruipérez, The imitasi Yesus Kristus, 47 dan juga dalam etsa lain byRembrandt, 'David berdoa kepada Allah', 48 ya! kita bisa berterima kasih 'senja diberkati' untuk kata-kata 'sebagai hart panteth setelah merindukan sungai yang berair, sehingga jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus Allah, karena Allah yang hidup.
Dalam memanggil kepada mendalam: semua gelombang-Mu dan ombak-Mu hilang di atasku. Namun Tuhan memerintahkan kasih setia-Nya di siang hari, dan di malam hari lagunya akan bersamaku, dan doa saya kepada Allah dalam hidup saya. Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku? Dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Harapan Engkau Tuhan; karena aku belum akan memuji-Nya, Siapa kesehatan wajah saya, dan saya God'.49
Tapi itu tidak selalu 'diberkati senja', seperti yang Anda lihat dari handwriting50 saya, saya dengan lampu di lantai atas, karena ada orang-orang di lantai bawah dan aku tidak bisa duduk dengan mereka dengan buku-buku saya.
Paman Jan mengirim salam, Hendrik dan Marie51were sini untuk hari ini minggu terakhir dan sekarang telah meninggalkan. Senin telegram bahwa Madura telah tiba di Southampton.52The hari keberangkatan mereka Paman pergi di pagi hari dengan kereta 6:00 dengan Mr Vos, 53 yang datang ke sini malam sebelumnya dari Utrecht - untuk Nieuwediep54 untuk mengucapkan selamat tinggal kepada mereka di papan.
Saya harap Anda baik, menulis segera dan jangan segera datang, karena itu baik untuk bertemu lagi dan berbicara, mungkin kita bisa pergi bersama-sama untuk melihat pameran yang akan membuka salah satu days.55 ini salamku juga, untuk Anda teman serumah. Anak berusia, betapa indahnya itu harus memiliki kehidupan di balik salah satu seperti Pa telah, Allah mengabulkan bahwa kita akan dan bahwa kita dapat menjadi lebih dan lebih anak setelah semangat dan hati-Nya, sesuatu yang mungkin belum datang itu, Ia dapat meningkatkan seseorang atas apa yang sifatnya, kekuatan-Nya dapat dibuat sempurna dalam weakness.56 kami
Adieu, menerima dalam berpikir jabat tangan dari

Adik paling mencintai Anda
Vincent



132
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Minggu 21 Oktober, 1877.


Amsterdam, 21 Oktober 1877

My dear Theo,
Ingin memastikan Anda mendapatkan beberapa baris lagi segera, kemarin surat yang baik dari Etten dari yang saya mengerti bahwa Anda sudah berada di sana dan diharapkan kembali pada Sabtu malam, untuk menghabiskan hari Minggu di rumah juga. Jadi Anda mungkin ada sekarang juga, dan itu akan menjadi hari Minggu yang baik.
Berada di layanan dini hari ini (Noorderkerk), 1afterwards berjalan di sekitar kota sedikit, kanal-kanal yang sangat indah sekarang bahwa daun di pohon-pohon memiliki warna musim gugur, dan kemudian pergi ke Inggris church2 dan mendengar khotbah yang sangat baik pada 'Ambillah ada pikiran (untuk hidup Anda) mengatakan, apa yang akan kami makan? atau yang akan kami minum? atau Apakah yang akan kami pakai? Karena setelah semua hal ini dilakukan bangsa-bangsa lain mencari: bagi Bapa Surgawi Anda tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tapi mencari kamu pertama Kerajaan Allah dan kebenarannya; dan semua hal-hal ini akan ditambahkan kepadamu, karena itu ada pemikiran untuk mengambil besok, untuk besok harus mengambil berpikir untuk hal-hal dari dirinya sendiri. Cukup sampai hari adalah thereof'.3 jahat Dan ia juga berbicara tentang sebelumnya 'Lihatlah unggas dari air'4 dan Perhatikanlah bunga bakung di field.5 yang Ada jemaat yang cukup besar dan menyenangkan. Saya sangat menyukai gereja kecil, dan banyak orang di sana mungkin ingat hal-hal dan tempat-tempat yang tidak asing bagi saya baik.
Apakah Anda pernah melihat atau membaca buku karangan Esquiros, La vie Anglaise (atau L'Angleterre et la vie Anglaise?)? 6 saya belum, tapi saya pikir itu harus menjadi buku yang menarik.
Jika Anda memiliki waktu dan kecenderungan, pikirkan bahwa sepotong demi Jules Breton, 7 dan yang satu lagi oleh Michelet.8
Paman Jan akan Leiden besok, dari sana ke Middelburg, dan akan kemungkinan besar juga pergi sebentar ke Princenhage, 9 di mana Pa mungkin bertemu Paman.
Apakah Anda memiliki perjalanan yang baik? Menulis beberapa baris segera, itu adalah kejutan yang menyenangkan ketika Anda datang ke sini yang evening.10 (NB:. Wanita di stasiun telah sedikit terkejut dengan keberangkatan kami tergesa-gesa) Itu bagus bahwa kita melihat Mauve sana. Kembali ke rumah, aku duduk bekerja untuk waktu yang lama. Itu seminggu yang lalu sudah, hari-hari terbang. 1V: 2
Betapa indahnya bahwa ukiran setelah Ary Scheffer adalah, The perempuan kudus di makam Kristus, 11 Saya sangat senang memilikinya, terutama yang wanita tua, itu it.12
Apakah Anda kebetulan untuk mengambil apa pun untuk lembar memo Anda dalam perjalanan? 13 Apakah melanjutkan dengan itu, karena itu adalah hal yang sangat baik.
Pagi ini saya melihat Menteri Angkatan Laut, Taalman Kip, 14 yang dibayar Paman kunjungan dan mengambil kopi di sini. Berapa banyak karakter yang ada di wajah itu dan di mata abu-abu, Yang Mulia segera mengingatkan saya tua Mr Goupil, 15or seseorang seperti Guizot.16 Ada baiknya untuk mengingat wajah seperti itu, karena itu adalah makanan bagi jiwa. Aku tidak tahu mengapa, tapi saya sudah berpikir sepanjang minggu lukisan itu dan etsa setelah 'A warga muda dari tahun V' oleh Jules Goupil.17 saya melihat lukisan di Paris, 18 terlukiskan indah dan tak terlupakan. Semua lukisan-lukisan Perancis tentang hari-hari Revolusi, 19 seperti The Girondists20 dan korban terakhir dari terror21 dan Marie Antoinette22 oleh Delaroche andMuller, dan bahwa warga negara muda dan lukisan lain dengan Goupil, 23 dan kemudian Anker24 dan banyak orang lain, apa seluruh indah mereka membentuk dengan banyak buku, seperti yang byMichelet25 dan Carlyle26 dan juga Dickens (Kisah dua kota) .27 dalam semua itu dikombinasikan ada sesuatu dari semangat yang adalah Kebangkitan dan Hidup, yang akan hidup meskipun tampaknya mati, 28 untuk itu tidak mati, tapi sleepeth.29
Aku begitu banyak suka membaca banyak, tapi aku tidak mungkin, meskipun sebenarnya saya tidak perlu merindukan untuk itu, karena segala sesuatu yang dalam kata-kata Kristus - lebih sempurna dan lebih mulia daripada di kata lain. Etsa yang oleh Jules Goupil tergantung untuk waktu yang sangat lama di kamar saya di London pada hari-hari ketika saya sangat sibuk dengan Micheletand penulis Perancis lainnya, saya percaya Harry Gladwell memiliki etsa yang sekarang. Memiliki surat pendek dari dia sejak dia kembali ke Paris, ingin berjalan dengan dia lagi pada hari seperti hari ini di senja sepanjang Seine oleh Notre-Dame.30 Paris begitu enchantingly indah di musim gugur, dan tempat itu tidak setidaknya begitu. Betapa indah krisan musim dingin di London akan berada di kebun kecil, dan mereka mekar di sana sepanjang musim dingin yang panjang. 1V: 3
Apakah Anda berencana untuk membaca buku-buku khususnya musim dingin, 'biaya apa mungkin' ini? Kadang-kadang ada baiknya untuk bertahan dan melanjutkan dengan itu. Paman Jan juga telah banyak membaca, dan masih banyak sekali things31 dalam dirinya. Sebuah seperti pikiran dan pengabdian dan cinta seperti itu antara Pa dan Paman, yang fruit32 hidup yang baik, dan bahkan jika api suci smoulders sekarang dan kemudian karena kekhawatiran dan hal-hal sehari-hari, kadang-kadang memanas, cerah dan mempesona dan mulia. Seperti, misalnya, malam itu dingin lalu ketika dua pergi ke Hoeven bersama-sama.

Puncak Gunung Hekla putih dengan salju,
Tapi di dalam api yang selama berabad-abad Maha menyala,
O Thou, meskipun dengan musim dingin di kepala beruban Mu,
Cinta, api Allah sendiri, dalam hati tidak dead.33

Kita tentu telah melihat apa artinya dan kita tahu sesuatu tentang hal itu. Api seperti Roh dan Cinta adalah Kekuatan God34 terhadap hal-hal yang gelap dan jahat dan mengerikan dunia dan sisi gelap kehidupan, itu adalah kekuatan Resurrection35 kuat dari kematian, dan cahaya harapan yang memberikan kesadaran dan jaminan di kedalaman dan di relung rahasia hati, ekspresi yang adalah kata-kata, yang sederhana namun mengatakan banyak: aku tidak pernah despair.36
Sekarang, anak laki-laki tua, saya masih harus bekerja dan harus berhenti, saya harap Anda baik, diberkati, dan semoga Tuhan memberikan Anda dan saya dan kita semua kehidupan yang lebih dari daging, 37 kehidupan melakukan Firman Tuhan. Lihat saja dalam seni dan dalam buku-buku dan melihat apakah Anda mungkin menemukan sesuatu, sebab ada tertulis, Carilah maka kamu akan menemukan, 38 dan: Jika ada yang membutuhkan kebijaksanaan, biarlah dia meminta God.39 Dan bahwa kita perlu . Bagaimana Caroline? Beri mereka salam, dan teman serumah Anda juga, dan untuk ungu muda dan Mr Tersteeg jika kesempatan muncul.
Dalam berpikir jabat tangan hangat, dan percayalah

Saudara penuh kasih Anda
Vincent

Potret Johan van Gogh40 memiliki beberapa kemiripan dengan yang muda Citizen.
Ini juga mengingatkan saya lagi dari 'sedih, namun alway bersukacita', 41 kata-kata yang dipahami dalam banyak hal.

  1r: 4
Salam dari Paman Jan juga.



133
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Selasa 30 Oktober, 1877.


Amsterdam, 30 Oktober 1877

My dear Theo,
Terima kasih atas surat terakhir, yang saya senang untuk mendapatkan. Ya, anak laki-laki tua, yang etsa setelah Jules Goupil1 indah dan bentuk, dengan semua yang terkait dengan itu, seluruh baik dan bagus itu adalah hal yang perlu hati seseorang. Saya lebih iri memiliki readCarlyle, 'Revolusi Perancis' Anda, itu tidak diketahui untuk saya, tetapi tidak membaca semua itu, saya menemukan bagian dalam buku lain, yaitu byTaine.2
Sedang sibuk membuat ekstrak dari Motley, termasuk penangkapan Den Briel dan pengepungan Haarlem, Alkmaar dan Leiden, 3have ditarik peta untuk pergi dengan itu, sehingga untuk menyelesaikannya. Juga selesai ekstrak dari progress.4 Pilgrim Bunyan Apakah bekerja sepanjang waktu, hari demi hari, sehingga beberapa hal yang bisa dilakukan.
Aku terus pekerjaan saya bersama-sama, semuanya bertujuan untuk mendapatkan melalui ujian, saya berkonsultasi Mendes pada segala sesuatu, dan memodelkan studi saya pada apa yang telah ia lakukan, karena itu adalah bagaimana saya ingin melakukannya juga. Sejarah Perang 80 Tahun benar-benar indah, orang akan melakukannya dengan baik untuk membuat suatu pertarungan hidup yang baik life.5Truly nya perkelahian, 6 dan kita harus membela diri dan melawan dan membuat rencana dan perhitungan dengan ceria dan waspada pikiran untuk membuatnya melalui dan maju. Hal ini menjadi tidak mudah yang lebih mendapat dalam hidup, dan telah benar berkata:

Apakah jalan pergi menanjak maka semua jalan?
"Ya sampai akhir '
Dan akan perjalanan mengambil sepanjang hari?
"Dari pagi sampai malam, friend.'7 saya

Tapi dengan melawan kesulitan di mana orang menemukan diri, kekuatan batin berkembang dari dalam hati kita, yang meningkatkan dalam perjuangan hidup (satu jatuh tempo dalam badai), 8 jika kita selalu berusaha untuk menjaga hati yang keluar dari yang terpancar kehidupan , 9 baik dan sederhana dan kaya di hadapan Allah, 10 untuk memulihkan itu dan membuatnya jadi lebih dan lebih, dan perlu diingat kata-kata yang kita harus memiliki hati nurani yang baik sebelum God11and sebelum orang.
Seperti kita menganggap orang lain sehingga kita dianggap oleh banyak mata. Ini adalah dari hati nurani - hadiah terbaik Allah, 12 dan bukti bahwa mata-Nya adalah kepada kami, semua-lihat dan semua-mengetahui, 13 dan juga jaminan bahwa Ia tidak jauh dari kita masing-masing, 14Tetapi sebagai naungan kami setelah tangan kanan kami, 15 dan bahwa Dia terus kita dari evil16 - bahwa cahaya kami datang dalam kegelapan hidup dan Asia.17 dan jika kita merasa mata mengawasi kami, seakan-akan, maka itu baik untuk menatap ke atas kadang-kadang seolah-olah melihat-Nya yang 1V invisible.18: 2
Saya tahu bahwa kehidupan Frederick byMenzel ilustrasi Besar, 19 itu adalah akuisisi yang baik, lakukan terus dengan koleksi yang; Saya juga tahu bahwa ukiran kayu setelah Jacque, kandang The, 20 tidak membawa hal-hal pulang dengan Anda saat Natal.
Telah membeli dari orang Yahudi litograf bahwa setelah L. Steffens yang pernah Anda menunjukkan lukisan, tua dan seorang imam muda berbicara dalam taman, 21 itu adalah litograf yang baik. Adegan mengingatkan saya pada sebuah lukisan karya Jacquand, difoto dalam cartes de visite, itu disebut 'The pendeta baru', saya percaya, 22 memiliki sentimen yang sama, dan juga pemula yang oleh G. Doré.23
Anak berusia, Latin dan Yunani dan belajar sulit, tapi semua sama saya merasa sangat senang dengan itu dan saya melakukan hal yang saya telah merindukan for.24 Saya tidak lagi diizinkan untuk duduk sampai larut di malam hari, Paman memiliki sangat ketat dilarang itu - namun kata-kata yang ditulis di bawah etsa oleh Rembrandt tetap dalam pikiran saya, di medio Noctis vim Suam lux exerit25 (di tengah malam cahaya berdifusi kekuatan) dan saya pastikan bahwa lampu gas kecil terus membakar keseluruhan malam, dan berbaring melihat sering di Noctis medio, berpikir tentang rencana saya untuk bekerja hari berikutnya dan mempertimbangkan bagaimana untuk pergi tentang itu belajar dengan sebaik-baiknya. Harapan di musim dingin untuk menyalakan api pagi (dan sementara mematuhi Paman belum membiarkan cahaya bersinar di malam hari dan darkness26 sesekali). Pagi hari musim dingin memiliki sesuatu yang istimewa tentang mereka, Frère dicat bahwa pekerja itu, "A cooper'27 (etching yang tergantung di kamar Anda, saya percaya), antara lain.
Isi jiwaku dengan kepahitan suci yang akan menyenangkan untuk Engkau, dan aku akan dengan rendah hati menghabiskan tahun-tahun hidup saya dalam pelayanan-Mu, dalam kepahitan jiwaku, 28 ya, bahkan di layanan-Mu, ya Man yang penuh kesengsaraan dan yang biasa dengan grief.29That tentu doa yang baik, dan saya pikir itu ketika saya katakan di simplicity30 bahwa itu baik untuk curam diri dalam kopi di kehidupan sehari-hari.
Seseorang memiliki kebutuhan, dan membutuhkan kekuatan dan fortifikasi untuk dapat bekerja. Dan kita harus membuat hubungannya dengan apa yang dimiliki dan bertarung dengan senjata seperti dijangkau seseorang, dan menggunakan cara-cara di pembuangan seseorang untuk membuat sebagian besar dari itu dan memperoleh keuntungan dari it.31
(Anda dapat melihat dari tulisan tangan saya bahwa mereka telah tumbuh gelap, tapi sekarang lampu menyala.) 32 Makan makanan daging dan sayur di paman Stricker'sone sore, dan aku sadar pada saat itu untuk membuat ekstrak dari Motley, saya akan menunjukkan kepada Anda pada hari Natal. Karena di sini di kota saya telah melihat dan berjalan begitu sangat depan pintu dan lantai gereja dan penerbangan dari langkah-langkah banyak hingga rumah, aku sadar untuk membuat orang-peta berbatu Skotlandia, dan sementara mewarnai mereka (hijau dan merah) saya pikir orang-orang yang pickles33 Paman begitu menyukai dan aku sudah dewasa menyukai juga. Jiwa seseorang adalah hal yang luar biasa aneh, dan itu baik, saya pikir, untuk memiliki satu seperti peta Inggris dibuat dengan cinta dan memiliki di dalamnya sebanyak mungkin dari cinta yang suci dan menutupi segala sesuatu 1V: 3 dan percaya segala sesuatu dan mengharapkan segala sesuatu dan sabar menanggung segala sesuatu dan tidak pernah faileth.34 Cinta itu adalah terang dunia, 35 kehidupan sejati yang terang men.36 pengetahuan bahasa tentu hal yang baik untuk memiliki, dan saya ikuti after37 dengan harapan bahwa saya mungkin juga memahami sesuatu itu.
Ketika salah satu makan kerak roti rye hitam itu tentu baik untuk memikirkan kata-kata 'Tunc Justi fulgebunt ut sol dalam regnum Patris sui'38 (Kemudian akan bersinar benar maju sebagai Matahari di Kerajaan Bapa mereka), atau juga saat salah satu yang sangat sering memiliki sepatu berlumpur atau basah, pakaian kotor. Semoga kita semua pada suatu masuk ke dalam kerajaan yang bukan dari dunia ini, 39 di mana mereka tidak menikah dan tidak dikawinkan 40 di mana matahari akan ada cahaya-Mu lebih dari hari ke hari, tidak untuk kecerahan akan memberikan cahaya bulan kepadamu, tetapi Tuhan akan menjadi Everlasting Cahaya, dan Tuhan kemuliaan kita, di mana matahari akan ada lagi turun, tidak akan menarik bulan itu sendiri, karena Tuhan menjadi bagianmu Everlasting Cahaya, dan hari-hari berkabung akan ended41 dan Allah akan menghapus segala air mata dari eyes.42 dan jadi kita bisa beragi dengan leaven43 dari 'sedih, namun alway bersukacita', 44 menjadi apa yang kita melalui kasih karunia Allah, karena dalam relung rahasia hati kata-kata 'aku tidak pernah despair'45 karena kita memiliki iman kepada Allah. Dan kemudian 'Set wajah Anda sebagai flint'46 sebuah kata-kata yang benar-benar baik dalam banyak situasi, dan juga' menjadi seperti pillar47 besi atau seperti ek pohon tua '. Ini juga baik untuk mencintai duri, seperti duri-pagar di sekitar gereja Inggris sedikit atau mawar di kuburan, mereka begitu indah hari ini, ya, jika seseorang bisa membuat diri mahkota duri kehidupan, 48 tidak bagi orang-orang tetapi dengan mana yang dilihat oleh Allah, maka orang akan melakukannya dengan baik.
Aku membayangkan Anda tahu ukiran kayu oleh Swain, dia orang pintar, studio adalah di bagian yang bagus dari London, 49 tidak jauh dari bagian dari Strand di mana kantor majalah digambarkan adalah (Ill Berita Lond.., The grafis, 50 Seeley & c.), 51 tidak jauh dari Row Booksellers 'baik, 52 penuh dengan segala macam kios buku dan toko-toko di mana seseorang melihat segala macam hal, dari lukisan Rembrandt edisi Rumah Tangga Dickens53 dan Chandos klasik, 54everything ada memiliki pemain hijau (terutama dalam cuaca berkabut di musim gugur, atau selama hari-hari gelap sebelum Natal), dan itu adalah tempat yang segera mengingatkan salah satu Efesus, seperti yang dijelaskan dengan kesederhanaan tunggal seperti di Acts.55 (Demikian pula, toko buku di Paris juga sangat menarik, di Faubourg St Germain, misalnya.) 56
Anak berusia, bagaimana inexpressibly senang saya akan jika saya berhasil lulus ujian saya, jika saya menaklukkan kesulitan itu akan dilakukan dengan tulus hati, 57 tetapi juga dengan doa kepada Tuhan, karena aku sering berdoa dengan sungguh-sungguh kepada-Nya untuk kebijaksanaan saya membutuhkan, dan bahwa Dia mungkin suatu hari hibah yang saya tulis dan memberikan banyak khotbah, yang lebih seperti Bapa kita yang lebih baik, dan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam hidup saya yang mengakhiri segala sesuatu bekerja bersama-sama untuk good.58
Aku berada di Paman Kor pada Senin malam, dan juga melihat Auntand seluruh keluarga, semua mengirimkan salam hangat mereka. Tinggal lebih lama karena saya tidak melihat Bibi untuk waktu yang lama dan satu menyinggung begitu mudah tanpa sengaja dengan memberikan theimpression tidak menghargai dan mengabaikan orang. Melihat melalui buku di Paman, oeuvre terukir C. Daubigny.59 Pergi dari sana ke Paman Stricker itu, Paman keluar tapi putra dari Pendeta Meyboom mengunjungi (kakak ofMargreet), seorang perwira di Angkatan Laut, 60 dan nya pacar dan seorang pemuda, Middelbeek, 61 yang telah di London untuk sementara waktu dan akan kembali ke sana. 1r: 4
Pada 10:00 Paman pulang basah kuyup, karena hujan cukup banyak malam itu, dan aku telah berbicara panjang dengan dia dan Bibi, karena Mendes telah mengunjungi mereka beberapa hari yang lalu (seseorang tidak harus mengucapkan jenius kata ringan, bahkan jika seseorang percaya bahwa ada lebih dari itu di dunia daripada banyak orang berpikir, tetapi Mendes tentu adalah orang yang sangat luar biasa, dan saya senang dan bersyukur untuk kontak saya dengan dia) dan tidak diberikan mereka sebuah laporan yang buruk, untungnya, tapi Paman bertanya apakah itu tidak sulit, dan saya mengakui bahwa itu sangat sulit dan bahwa saya melakukan yang terbaik untuk bertahan dan waspada dalam segala macam cara. Dia memberi saya dorongan, namun. Tapi sekarang masih ada yang aljabar dan geometri yang mengerikan, lagi pula, kita akan melihat - setelah Natal saya harus memiliki pelajaran pada mereka juga, tidak ada untuk itu.
Saya juga melekat ke gereja dan ke toko buku, jika saya bisa memikirkan tugas untuk lakukan di sana saya melakukannya. Hari ini, misalnya, aku berada di Schalekamp's62 dan di CL Brinkman di Hartestraat63 (yang toko Schalekamp adalah pemandangan yang menarik) dan membeli beberapa peta dari Masyarakat Guru ', yang ada sekitar 100 di Stuiver yang masing-masing, termasuk Belanda pada setiap kemungkinan period.64 sejarah (Jadi sering, di masa lalu juga, kunjungan ke toko buku telah bersorak saya dan mengingatkan saya bahwa ada hal-hal yang baik di dunia ini.)
Minggu pagi aku pergi ke service65 awal dan setelah itu untuk gereja Perancis, 66 di mana aku mendengar khotbah yang luar biasa dari Pdt Gagnebin: 67 rumah di Betania. "Satu saja yang perlu dan Maria telah memilih bahwa part'.68 baik itu Rev. Gagnebin memiliki penampilan yang menyenangkan dan kepala yang layak, 69 dan wajahnya memiliki sesuatu Perdamaian Allah yang melampaui segala understanding.70 Dia memiliki sesuatu, saya pikir, salah satu dari imam yang di korban terakhir terror71 atau itu pelayan pria rendah hati dan setia orang melihat dalam 'The perempuan kos-house'.72
Lukisan oleh Israels Anda menggambarkan harus cantik, aku bisa membayangkannya dari description.73 jelas Anda Melihat lukisan kecil nya di CM, 74 juga satu per Mauve, sangat indah, gembala dengan kawanan domba di dunes.75 yang
Sebuah surat ceria yang baik dari rumah juga, untungnya hal tampaknya akan lebih baik di Princenhage.76 Aku rindu tidak sedikit untuk Natal, lakukan membawa satu dan lain hal dengan Anda, sebisa mungkin, itu baik untuk kita semua. Jangan terburu-buru untuk mengirim tembakau; masih memiliki beberapa, itu adalah bantuan yang baik dan perlu untuk belajar.
Menulis surat panjang untuk Harry Gladwell yang pergi hari ini, juga mengirimkan salam Anda. Jika Anda memiliki waktu dan kesempatan, pikirkan Michelet, Anda tahu apa, dan J. Breton, 77 tapi kau tahu apa itu untuk dan bahwa tidak ada terburu-buru, dan jika perlu Natal segera. Sekarang, aku harus pergi bekerja dan lembaran kertas hampir penuh, saya harap Anda baik, menulis jika memungkinkan, saya memberikan Paman penerimaan tertutup dalam surat Anda. Paman mengirim salam, juga Paman dan Bibi Stricker. Tawaran teman serumah Anda baik-hari dari saya, dan harus kesempatan muncul juga Mauve dan istrinya dan Tersteegs dan Van Stockums (bagaimana dia?) Dan Haanebeeks, dan Borchers jika Anda bertemu dengannya. Berkat pada semua yang anda lakukan, saya berharap Anda kekuatan dan semangat di hari-hari musim gugur ini, dan biarlah Natal lagi dengan kami bersama-sama lagi sebelum kita tahu itu, seakan-akan, kata perpisahan, jabat tangan dalam pikiran, dan percayalah pernah

Adik paling mencintai Anda
Vincent.

Melihat 2 foto dari Gabriel Max, yang Yairus dan seorang biarawati di taman biara, 78 yang pertama, khususnya, itu indah.

Apakah Anda tahu ukiran setelah Landseer? Ini disebut The highlander, saya percaya, sebuah highlander dalam badai salju di puncak gunung memegang elang dia shot.79


134
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Senin 19 November, 1877.


Amsterdam, 19 November 1877

My dear Theo,
Saya merasa perlu untuk menulis kepada Anda lagi, karena saya sering berpikir tentang Anda dan panjang begitu banyak untuk Natal, ketika kami berharap untuk bertemu lagi. Nah, hari-hari gelap sebelum Natal sudah di depan mata, dan di belakang mereka terletak Natal, seperti ramah light1 dari rumah balik batu dan air yang memecah melawan mereka pada malam yang gelap.
Perayaan Natal selalu titik terang bagi kami, dan mungkin itu tetap begitu.
Ujian masuk telah diadakan di universitas di sini untuk pertama kalinya - itu di sini di kota yang aku akan duduk ujian sebagai well.2 Selain biasa 4 mata pelajaran bahasa Latin, Yunani, aljabar dan geometri, mereka juga diuji sejarah, geografi, dan Belanda.
Telah bersusah payah untuk menemukan guru Aljabar dan Geometri dan telah berhasil, yaitu sepupu Mendes, Teixeira de Mattos, seorang guru di Sekolah Yahudi untuk memprihatinkan.3 Dia memberi saya harapan bahwa kita akan telah memenuhi persyaratan sekitar Oktober tahun depan. Jika saya kemudian harus lulus ujian, hal-hal yang akan pergi dengan sangat baik. Karena ketika saya mulai mereka mengatakan bahwa 2 tahun akan diperlukan untuk 4 mata pelajaran pertama yang disebutkan, sedangkan jika saya harus lulus pada bulan Oktober, saya akan berbuat lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Semoga Allah memberikan saya kebijaksanaan yang saya butuhkan dan memberikan saya keinginan hatiku, yaitu untuk menyelesaikan studi saya secepat mungkin dan akan dilantik menjadi hidup dan tugas praktis menteri. Melakukan pekerjaan itu, dan menjadi dikhususkan untuk itu, saya percaya orang akan melakukan apa yang Tuhan ingin seseorang untuk melakukan.
Studi persiapan (yaitu orang-orang sebelum studi teologis yang sebenarnya dan praktek dalam berkhotbah dan berbicara) kurang lebih turun ke sejarah, bahasa dan geografi Yunani, Asia Kecil (yang dapat diambil untuk memasukkan Palestina) dan Italia. Jadi saya harus belajar ini seperti rajin seperti anjing menggerogoti tulang, dan juga saya ingin tahu bahasa, sejarah dan geografi negara-negara utara, yaitu orang-orang di sekitar Laut Utara dan Selat Inggris.
Akhirnya berhasil membuat peta Asia Kecil, Yunani dan Italia, cukup besar (yang sekarang termasuk Paul's4travels juga), dan juga salah satu Inggris yang akhirnya memiliki sesuatu apa yang saya inginkan untuk memiliki, setidaknya Mendes melihatnya di dalamnya, yaitu bahwa itu tidak ditarik tanpa perasaan dan cinta. (Saya dimasukkan ke dalam nama-nama dari peta di Atlas antiquus dari Spruner-Menke5 bahwa Mendes memiliki, karena itu salah satu yang akan digunakan untuk sejarah.) Ayo, lakukan yang terbaik untuk kita lihat atlas yang kadang-kadang, demikian pula satu per Stieler di particular.6Because itu kesenian. (. Spruner-Menke, Atlas antiquus) 1V: 2
Pada hari Minggu saya mendengar Pendeta Sepuluh Kate7 pada John XIV: 1-6 (Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal: Barangsiapa mengatakan bahwa, apa rumah Bapa kita memegang dalam kenangan bagi kita, apa yang dijanjikan kita). Dia berakhir dengan: Saatnya akan datang di mana orang mati akan mendengar suara Anak rakyat dan akan berdiri, mereka yang telah berbuat baik, kepada Kebangkitan Abadi Life.8 Berbahagialah orang yang rindu, karena mereka akan datang home.9 gereja itu begitu penuh bahwa saya berdiri.
Menghabiskan dua malam di paman Kor, sekali untuk melihat buku-buku tua (termasuk volume L'Ilustrasi di mana saya menemukan banyak kenalan lama, yang benar-benar sebuah majalah yang menarik, antara lain potret tua Dickens10 dan ukiran kayu byDe Lemud, 'secangkir kopi ', 11 seorang pemuda dengan fitur yang agak berat dan tajam dan ekspresi serius yang tampak persis seolah-olah dia sedang berpikir tentang itu bagian dari imitasi The, di kehidupan monastik, 12 atau seolah-olah dia sedang merenungkan beberapa sulit tetapi pekerjaan yang baik atau rencana, karena hanya jiwa yang membutuhkan can.13 pekerjaan tersebut tidak selalu yang terburuk, tapi apa yang tidak dalam kesedihan, seakan-akan, hidup. Selamat pria yang diperintahkan oleh Kebenaran itu sendiri, bukan oleh tanda-tanda dan lewat kata-kata, tapi karena itu sendiri, adalah kata-kata yang baik 14).
Lalu aku juga di paman Cor pada ulang tahun Bibi, 15 yaitu Jumat lalu, mereka bermain kartu malam itu, dan karena saya tidak bisa saya duduk di sana membaca A. Gruson, Histoire des Croisades (Panthéon classique 50 CMEs) .16 Itu sangat buku kecil yang indah, aku hampir akan mengatakan bahwa di sana-sini itu ditulis dengan sentimen Thijs Maris (dengan ini, antara lain, halaman yang menurut saya), 17 seperti ketika dia melukis sebuah kastil tua di atas batu dengan hutan musim gugur pada waktu senja, dengan bidang hitam dengan petani membajak dengan kuda putih di latar depan, 18dan juga membuat saya berpikir tentang Michelet dan Carlyle.
Saya ingin banyak untuk Pa tahu bahwa etsa Seorang warga muda dari V.19 tahun Apakah Anda setuju memberikan pada hari ulang Pa atau sebelum itu, bersama dengan beberapa foto kecil Revolusi, 20 sehingga membentuk keseluruhan dari mana Pa dapat melihat apa yang sering kita pikirkan?
Mungkin Anda sudah tahu bahwa ada kabar yang menyedihkan hari ini dari Brussels, bahwa Pa telah pergi ke sana. Paman Jan, yang menerima telegram yang berisi berita ini dari Ma, Pa telegram dan menerima jawaban 'Kondisi tidak berubah tidak datang belum aku di sini'. Paman Jan dan Paman Kor sudah diatur untuk pergi ke sana bersama-sama, sekarang mereka menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari setia Pa. Apakah akan ada akhirnya akan mengakhiri penderitaan panjang dan mengerikan? 21
Selamat tinggal Theo, menulis segera, anak laki-laki tua, jika Anda bisa, semoga Allah menjaga kesehatan kita dan memberi kita kejernihan pikiran dan kekuatan dan semangat yang kita butuhkan setiap hari. Paman Jan, Paman Corand keluarga Stricker mengirimkan salam mereka, dan menerima jabat tangan hangat dalam pemikiran dari

Saudara penuh kasih Anda
Vincent

Kabar bahwa sekitar Paman Hein datang saat aku menulis ini.

Paul Stricker akan kemungkinan besar harus kembali ke Belanda karena health.22 nya
Sebuah surat yang baik dari Johan van Gogh, dan Willem23 juga melakukan relatif baik, tetapi tidak harus menjaga dirinya sendiri dan berhati-hati.

  1V: 3
Setelah beberapa hari, semua penderitaan yang diderita oleh Tentara Salib sebelum dinding Antiokhia terlihat sepele dan ringan dibandingkan dengan kesengsaraan yang mereka derita dalam diri mereka. Lapar dan haus mulai melecehkan mereka amat sangat. Selama ada setiap pakan yang tersisa untuk kuda-kuda, mereka membuat mereka minum darah mereka; beberapa hari kemudian, mereka menemukan diri mereka dipaksa untuk membunuh mereka, untuk memakan daging mereka. Tanaman jenis apa pun yang gemar melahap. Orang makan daun-daun pohon, dan direbus kulit binatang. Bahkan kulit kering dari potongan besi disediakan makanan. Kelaparan dipinjamkan makanan ini rasa indah dan menyenangkan. Dan itu tidak hanya yang terendah di antara Tentara Salib yang menemukan diri mereka dilemparkan ke negara ini dari kemiskinan; penderitaan yang sama membuat semua orang sama dan membawa semua kepala ke tingkat yang sama. Komandan, tentara, perempuan, gadis, semua menderita bersama-sama. Orang-orang meratapi rasa lapar mereka dengan teriakan keras, dan tidak ada yang bisa membantu yang lain, atau melarikan diri momok. Bahkan Godfrey menemukan dirinya tanpa kuda dan tidak ada uang.
Hal ini melaporkan bahwa beberapa orang tidak bahagia menyeret diri mereka sendiri, setengah mati dari kekosongan, melalui jalan-jalan kota, menangis: '! Ya Tuhan, mungkin nama-Mu diberkati', dan mereka menghibur diri dengan harapan bahwa penderitaan hidup ini akan memiliki pahala mereka di akhirat. Namun pengunduran diri yang sama tidak terus bergoyang seluruh tentara, dan desersi memulai kembali; William Carpenter, melupakan sumpah ia dibuat untuk tetap setia pada penyebab suci, melarikan diri untuk kedua kalinya. Alexius Comnena, dari siapa bantuan yang diharapkan, diaktifkan kembali belajar dari situasi menyiksa orang-orang Kristen Antiokhia. Beberapa jam setelah kembalinya Peter Hermit, yang telah dikirim ke kamp kafir 'untuk memerintahkan mereka untuk meninggalkan pengepungan Antiokhia dan memberikan tiket gratis kepada orang-orang Kristen, dan yang melaporkan apa-apa tapi kata-kata mengancam, kegembiraan aneh adalah terlihat untuk merebut Kristen, marah pada kata-kata angkuh komandan Turki. Mereka pucat, mengalahkan wajah, kusam, mata tak bernyawa mereka tiba-tiba dihidupkan kembali, dan membungkuk, tubuh mereka terbuang berdiri tegak dan bangga. Semua dibuat siap untuk pertempuran yang berlangsung pada hari berikutnya, dan orang-orang menyiapkan diri dengan doa dan prosesi keagamaan. Itu adalah hari raya Santo Petrus dan Paulus, dan keadaan ini meningkat masih melanjutkan keberanian tentara. Semua pasukan, dengan pengecualian dari Hitungan Toulouse dan sejumlah kecil tentara dari Provence, yang tertinggal untuk menahan garnisun Benteng, meninggalkan Antiokhia dan disusun dalam rangka pertempuran di dataran yang terbentang di depan kota . Penjaga muka didahului oleh imam dan biarawan membawa Salib di tangan mereka, menyerukan keras untuk perlindungan Ilahi dan menangis dalam kata-kata Pemazmur, "Jadilah Engkau menara kekuatan bagi mereka yang menaruh iman mereka di dalam Engkau '. Setiap kejadian tampaknya menjadi pertanda baik, dan bahkan embun pagi, membuat udara harum dengan aroma mawar, terlihat tanda nikmat khusus Surga. (Dan mereka memenangkan pertarungan.)

Itu pada 15 Juli 1099 bahwa Tentara Salib menguasai kota suci. Hampir 3 tahun telah berlalu sejak keberangkatan mereka dari Eropa. Itu menuju 3:00 sore, sangat jam di mana Juruselamat berakhir di kayu Salib; ruang kosong membuka di benteng. Turki retreated.24

Godfrey de Bouillon. Pada malam yang baik pada bulan Agustus 1096, seorang pria berusia sekitar 36 tahun bersandar dalam sikap meditasi di ambang jendela dari luar biasa Kastil Bouillon, tatapannya tertuju pada menara ditempatkan di samping dinding crenellated, yang finials menonjol dalam gelap siluet coklat terhadap putih kusam langit. Kegelapan menyebar perlahan-lahan di atas cakrawala, dan beberapa bintang muncul di langit seperti mata emas. Di halaman besar di bawahnya bisa mendengar dentingan armor armor mencolok, suara laki-laki senjata berbicara antara mereka sendiri, yang meringkik kuda gelisah dan perintah yang dikeluarkan oleh pengawal ke soldiers.25 Akhir dari buku ini adalah: itu adalah personifikasi dari Roh Allah yang, pernah muda dan kuat, hidup melalui berabad-abad dan di luar them.26

  1r: 4
Sekarang inilah apa yang saya pikirkan tentang saat menggambar peta yang Inggris yang akan Anda lihat di Natal: Jika Anda melihat peta dunia, Anda akan melihat, di sudut kiri belahan bumi Timur, dua Islands, berbaring di laut. Mereka adalah Inggris dan Skotlandia, dan Irlandia. Inggris dan Skotlandia membentuk sebagian besar dari kepulauan ini. Irlandia adalah berikutnya dalam ukuran. Pulau-pulau tetangga kecil, yang sangat kecil pada Peta untuk menjadi titik belaka, yang terutama potongan-potongan kecil dari Skotlandia - patah saya berani mengatakan, dalam perjalanan panjang besar waktu dengan kekuatan air gelisah. Di masa lalu, yang lama waktu yang lalu, sebelum Juruselamat kami lahir di bumi dan berbaring tertidur di dalam palungan, kepulauan ini berada di tempat yang sama dan laut badai menderu di sekeliling mereka, sama seperti mengaum sekarang. Tapi laut tidak hidup itu, dengan kapal yang besar dan pelaut pemberani, berlayar dari dan ke seluruh bagian dunia. Itu sangat kesepian. Kepulauan berbaring soliter, di hamparan besar air. Gelombang berbusa putus-putus terhadap tebing mereka, dan angin bertiup suram atas hutan mereka; tapi angin dan gelombang tidak membawa petualang mendarat pada Islands, dan Kepulauan buas tahu apa-apa tentang seluruh dunia, dan seluruh dunia tahu apa-apa dari mereka. Dickens, sejarah seorang anak dari England.27

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Dan Bumi belum berbentuk dan kosong dan gelap gulita menutupi samudera. Dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Dan Allah mengatakan 'Jadilah terang' dan ada cahaya. Dan Allah melihat Cahaya bahwa semuanya itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang dari kegelapan. Dan Allah disebut 'Hari' Light dan kegelapan itu malam. Dan malam dan pagi, itulah day.28 pertama

Pada mulanya adalah Firman dan Firman itu bersama Allah dan Firman itu adalah Allah. Hal yang sama juga di awal dengan Allah. Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan tanpa Dia tidak apa pun yang dibuat yang dibuat. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Itu adalah Terang yang sesungguhnya yang menerangi setiap orang yang datang ke world.29 yang



135
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Sabtu, 24 dan Minggu 25 November, 1877.

Amsterdam, 25 November 1877

My dear Theo,
Terima kasih atas surat Anda sangat baik, terima kasih juga untuk itu bagian dari Michelet, 1 yang telah saya tulis di bagian belakang peta Normandia dan Brittany, bagaimana benar-benar baik dan indah itu dengan keindahan khas sendiri, ekspresi yang paling indah yang barangkali dapat ditemukan dalam kisah Elia di tepi sungai Kerit dan di widow's2 - itu ditulis dengan ketunggalan heart3 dan kemiskinan roh, 4 per satu yang sedih, namun alway rejoicing.5 Baik bahwa Anda akan akan akan melihat peta tersebut dengan Stieler dan Spruner-Menke6 di perpustakaan; mereka juga indah, dengan keindahan yang sama, itu baik untuk berpikir sering Skotlandia. Kemarin malam aku berada di Paman Kor dan melihat mereka lagi ada - sehingga Elia jiwa, 7 saya bayangkan, itu lebih dari yang lain yang Kristus, 'pria Sorrows, dan yang biasa menderita kesakitan', 8 penuh hal-hal seperti itu, juga orang-orang Bapa dan Ibu kita. Dickens memiliki itu juga, saya pernah melihat potret dia bahwa saya tidak akan lupa, aneh dan, orang akan berkata, liar, di mana ia sedang duduk di kursi dengan api, saya percaya, seolah-olah menonton someone.9 Dalam atlas Stieler itu ada peta dari Kepulauan Inggris, 10 dan salah satu dari Inggris, Skotlandia (luar biasa) 11 dan Irlandia separately.12 Jika Anda melihat melalui atlas, juga memperhatikan orang-orang dari Denmark, dan Norwegia 13Sweden, 14 dan khususnya dari Greece.15England adalah negara setelah hati Allah, jika kita melihat orang-orang peta seseorang tidak dapat membantu berpikir: Tuhan adalah bijaksana dan besar, Dia yang telah dibuat bahwa sedemikian rupa sehingga menjadi apa yang is.16
Pa menulis dari Brussels dan kemudian mengirim telegram ke bothUncles17 datang. Ketika surat itu tiba, Paman Jan baru saja pergi ke Leidsestraat, 18 dan aku pergi ke sana juga untuk membawa surat itu, yang tidak sedikit takut, bagaimanapun, bahwa Paman Jan akan hanya pergi ke rumah dan dengan demikian kita akan kehilangan satu sama lain. Aku melihat Paman di Dam Square, menunggu di jalan-lampu untuk omnibus. Kami kemudian pergi ke Van Gend & layanan pengiriman Loos, atau Hollandsche Spoor, ada di Dam Square, 19Dan membaca surat itu. Mereka berdua meninggalkan keesokan harinya, sekarang Paman Cor telah datang kembali. Ini sangat, sangat sedih ada di Brussels, ketika orang mendengar hal-hal seperti - begitu mengerikan, dan mereka benar-benar bisa menimpa kita juga, untuk yang kita dan apa yang membuat kita berbeda? Kemudian salah satu memang mengerti sedikit mengapa Dia mengucapkan kata-kata 'Dia yang membenci tidak, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak bisa menjadi My murid', 20 karena ada alasan untuk membenci kehidupan dan apa yang disebut 'tubuh maut ini' .21 dan memang telah benar berkata: Jika Anda ingin belajar atau tahu apa-apa untuk keuntungan Anda, kemudian mengambil kesenangan dalam yang tidak diketahui dan unregarded. Sebuah pemahaman yang benar dan estimasi rendah hati diri sendiri adalah yang tertinggi dan paling berharga dari semua pelajaran. Untuk tidak memperhatikan diri sendiri, dan selalu berpikir dengan baik dan sangat dari orang lain adalah wisdom.22 tertinggi Bahagia pria yang diperintahkan oleh Kebenaran itu sendiri, bukan oleh tanda-tanda dan melewati kata-kata, tapi seperti di sendiri.23 Hal ini beruntung bahwa itu juga merupakan bagian dari kebenaran bahwa ada kehidupan setelah kehidupan ini bahwa Allah akan memberikan kepada mereka yang mengasihi Dia dengan segenap heart.24 mereka Dan bahagia adalah orang yang juga hidup dengan roti dari life25 yang merupakan kata Abadi Life26 yang keluar dari mulut God.27 1V: 2
Harus menggambar peta Italia kuno untuk Mendes, atau lebih tepatnya dua, karena saya juga membuat salah satu dari Central Italia, lebih atau kurang dari Roma ke Naples, pada skala yang lebih besar, yang berisi di salah satu sudut peta yang terpisah dari Latium (di mana Roma berbaring).
Ketika saya melihat Paman Jan berdiri di Dam Square malam itu, sosoknya mengingatkan saya bahwa Highlander Landseer (atau adalah ukiran yang disebut 'The puncak gunung'?). 28
Dibayar kunjungan minggu ini untuk Pendeta Jeremie Meijjes, pergi ke sana ketika hujan dengan harapan menemukan dia di rumah, namun ia keluar, siapa tahu apakah dia tidak pergi pada saat itu untuk mengunjungi orang lain untuk alasan yang sama. Tapi wifewas di rumah, duduk di tempat kerja di sebuah ruangan kecil seperti ruang belakang di Etten (hanya satu ini di jalan). Dia mengingatkan saya ofMrs Jones, dan dia bisa lulus untuk seorang wanita Inggris sejauh penampilannya yang bersangkutan, terutama jika dia sedang mengenakan gaun dari kain bahasa Inggris, kotak-kotak Skotlandia, misalnya. Mereka seperti orang yang baik, bertemu mereka baru-baru ini di kuliah dan mereka berdiri keluar dari yang lain dalam penonton seperti sebuah pohon apel tertutup lumut tua atau mawar dari kuburan atau pohon elm dengan sarang burung gagak 'akan menonjol di antara semua jenis alami, tanaman eksotis.
Paman Kor bercerita tentang jalan-jalan ia mengambil dengan Paman Jan di Bois de Cambre.29 Anda tahu bahwa semak keriput dan pohon-pohon di sana dengan bentuknya yang aneh, dan ada langit badai dengan awan besar yang mencerminkan dalam genangan air di tanah. Itu adalah perjalanan yang mendalam melankolis bagi mereka berdua, dan Pa juga. Sering ada perubahan dalam kondisi seperti pada hari kesembilan; Paman Jan ingin menunggu yang keluar dan mungkin akan tinggal sampai Senin. (Kabar dari Princenhage tidak baik baik.) 30
Saya berharap untuk mengirimkan buku kecil tentang Perang Salib (Histoire des Croisades, Gruson) 31 pada awal bulan depan. Bacalah kadang-kadang, dan kemudian kami berdua akan memberikan Topa. Apakah membacanya malam ini di stasiun, menunggu kereta yang Paman Kor dijadwalkan tiba.
Dan Brion juga telah meninggal, 32 itu benar-benar karya yang indah yang ia lakukan dalam hidupnya. Apakah Anda tahu lukisan tua nya, A pemakaman di tepi sungai Rhine? 33 Saya juga menemukan bahwa satu di Luksemburg, 'Noah', 34 begitu indah, dan apa berbagai macam hal-hal yang telah dibuat, ia memiliki bakat besar dan ia membuat sebagian besar dari itu dan diperoleh dari it.35 edisi ilustrasi Erckmann-Chatrian juga mengandung banyak ilustrasi oleh him.36 invasion37 ini juga salah satu lukisan yang paling cantik.
Besok Pa akan menikah Marijn van Aertsen, 38 dia orang pendukung, dan Brion mungkin akan dicat dengan baik. 1V: 3
Jika Anda masih memiliki litograf tua di galeri, layanan ilahi, di Lapland atau sekitar itu, 39 dan juga bahwa salah satu byMeyer von Bremen dan liontin yang juga tergantung di rumah, ibu dengan anak-anak, 40 menempatkan mereka ke samping dan menulis dan ceritakan apa yang mereka biaya. Dan sesuatu yang lain, jika masih ada semua itu Christus Consolator dan pendant.41
Potret yang dari De Ruyter, sebuah aquatint42 tua yang tergantung di sini di kamar Paman, itu juga benar-benar indah, saya melihat begitu sering, ia memiliki badai atau petir ekspresi, seperti cara saya membayangkan Cromwell.
Saw di paman Cor adalah ukiran baru setelah Erskine Nicol, 'Sabat', 43 seorang wanita tua akan pulang dalam hujan, itu sangat baik dan diukir dengan keterampilan.
Besok pagi aku akan pergi ke gereja Inggris kecil yang Anda tahu, 44 itu terletak di sana sehingga damai di malam hari dalam Begijnhof tenang antara duri-pagar, dan tampaknya mengatakan 'Dalam loco este dabo Pacem', yang 'di tempat ini akan saya berikan perdamaian ', 45 firman Tuhan. Amin, menjadi begitu.
Yard adalah pemandangan yang menyenangkan di pagi hari, sekarang hanya mendapat cahaya sehingga di akhir hari-hari gelap sebelum Natal dan pekerja tidak datang sampai 07:00. Ini bertiup badai di luar, kami memiliki angin dan hujan banyak sekali hari ini.
Sementara menerjemahkan sejarah Romawi kuno saya membaca bagaimana seekor burung gagak atau elang kadang-kadang akan menetap di kepala people46 tertentu sebagai tanda dan bukti persetujuan dan berkat dari atas, menurut saya orang-orang pasti terlihat seperti Pa atau seperti Paman Jan atau Paman Kor. Tuhan, satu-satunya Salah satu yang Benar, 47 tidak dari kemarin atau hari ini saja, tapi dari awal selalu sama, 48 dan juga pria setelah hati Tuhan dari siapa kita melihat seperti contoh yang indah dan tepat di Ulysses dari Ithaca dan nya son Telemachus.49 Ada baiknya untuk mengetahui cerita itu, dan saya menganggap itu alasan untuk sukacita yang besar dan menganggap diri saya beruntung bahwa itu diberikan kepada saya untuk mendengar sedikit tentang hal-hal ini.
Sekarang, dari Paman Cor saya telah menerima sejarah seorang anak dari Inggris oleh Dickens, tidak tahu apakah aku sudah menulis ini kepada Anda sebelumnya, buku yang emas murni, 50 di antara hal-hal yang saya baca di dalamnya adalah deskripsi pertempuran Hastings.51 saya percaya bahwa jika seseorang dengan hati-hati membaca beberapa buku seperti Motley, 52such seperti itu satu per Dickens, seperti Gruson, Croisades, seseorang tidak dapat membantu memperoleh eye53 baik dan tunggal untuk sejarah pada umumnya. Boy tua, apakah aku harus lulus ujian saya, jika Tuhan memberikan 54 bahwa, apa hasilnya yang akan. Itu ujian pertama dengan semua mata pelajaran yang tampak begitu sederhana namun cukup sulit, ketika itu benar-benar di belakang saya maka saya akan memiliki hati yang baik untuk apa harus mengikuti. 1r: 4
Baru saja datang dari gereja Inggris, khotbah pada Matius IV: 1, godaan di padang gurun, 55 dan kata-kata terakhir dari khotbah yang 'Diberkatilah orang yang sabar menanggung pencobaan ketika ia mencoba ia akan mendapatkan Crown hidup yang telah Tuhan promised'.56 hujan dan meniup sangat dan cuaca begitu aneh, dan langit, bahwa saya mengambil jalan memutar yang panjang melalui mereka Zwanenburg streets57 dengan semua drawbridges mereka, dan lebih Groenburgwal dan di sekitar Zuiderkerk. 58 tidak ada banyak orang di gereja, 59 tetapi banyak wajah dengan ekspresi tunggal menarik mengkhianati karakter yang baik, saya suka berada di gereja kecil begitu banyak. Pada banyak wajah ada orang bisa membaca, karena itu, apa yang dapat Anda temukan di buku-buku bahasa Inggris oleh Eliot dan lain-lain.
Harus pergi ke Stricker siang ini, mereka sangat khawatir ada tentang Paulus, ada telegram di Kementerian Koloni bahwa ia harus kembali ke Belanda karena kesehatan yang buruk, dan pengganti yang diminta untuk dia - dan sejauh ini mereka haven 't memiliki berita dari dia atau dari Mr Scheffer.60Uncle tidak baik minggu ini, semacam demam dan sakit kepala dari khawatir, saya pikir, tidak memberitakan hari ini. Pergi untuk makan di sana dua kali seminggu ini ketika Paman Jan sedang pergi.
Saya masih harus bekerja, tema Latin untuk besok pagi, dan apa pun yang saya dapat mengelola. Menulis lagi segera jika Anda bisa, dan saya berharap yang terbaik dalam segala hal. Saya berharap untuk memiliki beberapa peta tersebut dengan Stieler sebelum Natal. Aku sedang belajar sekarang, dan bahkan jika biaya sedikit lebih itu harus baik, dan saya ingin berusaha untuk melakukannya karena saya melihat orang lain yang menganggapnya serius melakukannya - itu adalah kursus dan berjuang untuk life61- saya tidak lebih tidak kurang. Siapapun yang mendapatkan melalui program studi ini dan bertekun sampai akhir tidak akan pernah melupakannya, dan melakukannya adalah milik baik.
Itu Wierda62 memang hamba yang setia dan, saya percaya, sangat pintar, yang benar-benar menemukan banyak orang baik dalam bisnis penjualan buku, CM, Mr Braat, 63 Schröder64 sini (Mendes mendapat buku-bukunya dari dia, dan aku pergi ke sana terlalu kadang-kadang ), Wierda, orang bisa juga menghitung Mr Tersteeg di antara mereka, dan bahwa pemuda yang bertemu di perjalanan Anda, 65 antara lain, dan Anda adalah salah satu dari mereka juga, bertahan pada apa yang Anda miliki, untuk Anda juga berada dalam perjuangan. Berbahagialah dia yang dapat melihat kembali hidupnya tanpa terlalu banyak menyalahkan diri sendiri dan usaha untuk mengatakan 'Saya tidak pernah despair'.66 Berikan salam untuk teman serumah Anda, kata perpisahan anak berusia, kita harus melakukan yang terbaik untuk bepergian bersama-sama pada hari Natal, menerima di pikir jabat tangan hangat dari

Adik paling mencintai Anda
Vincent


136
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Senin, 3 dan Selasa, 4 Desember, 1877.

Amsterdam, 4 Desember 1877

My dear Theo,
Aku baru saja kembali dari kunjungan ke Rev. Jeremie Meijjes, kali ini saya menemukan dia di rumah, tapi dia harus pergi ke Dewan Gereja, 1 jadi saya hanya berbicara kepadanya sebentar, juga melihat istri dan dua anak bungsu , 2 dan istrinya membacakan bagian dari surat dari anak mereka yang berada di lembaga di Den Helder.3 Sekarang aku menjalani cobaan ujian sendiri, 4 saya bersimpati dengan orang lain di posisi yang sama, dan dari beberapa komentar aku bisa membayangkan bagaimana mereka lakukan sampai batas tertentu. Siapa pun bercita-cita untuk posisi di masyarakat harus melalui masa kesulitan besar dan tenaga, keberhasilan dapat bergantung pada hal-hal kecil. Jika seseorang mengatakan atau menulis kata yang salah dalam ujian itu dapat menjadi penyebab kegagalan. 'Semua hal yang penuh tenaga kerja, manusia tidak bisa mengucapkan it'5 - mereka adalah kata-kata yang benar, dan jika satu pikiran terlalu banyak tentang bahaya dari semua jenis yang mengelilingi satu - semua orang yang tidak perlu mengikuti ujian tidak kurang dari orang-orang untuk siapa yang terletak di toko, orang akan menjadi pusing, dan kemudian orang akan hampir pasti tidak lulus, dan akan hampir tidak berani melakukan apapun. Hal ini memang baik bahwa suara berbicara kepada kita dari Alkitab, memperkuat kita dengan kata-kata seperti 'Janganlah gelisah hatimu', 6 'memiliki iman dalam God'.7 Hal ini juga baik untuk melihat orang-orang yang telah berhasil dan memiliki berhasil melewati kesulitan lebih dari pada orang-orang yang menyerah pada mereka.
Man membuat hal-hal sulit, tetapi Tuhan memberikan berkat. Tuhan dapat bekerja dalam diri seseorang sehingga ia bisa menulis dan memberikan ribuan khotbah - itu adalah sesuatu yang baik dan berharga - dan saya berharap bahwa akan portion8 saya - Pengkhotbah berbicara tentang Kesia-siaan belaka, semua adalah kesia-siaan, 9 dan Paulus sedih namun alway rejoicing10 karena 'kebodohan pemberitaan Injil', 11 tetapi sementara itu Dia melanjutkan berkhotbah tetap dan tidak pernah berhenti, dan itu ditulis lagi dan lagi 'kami datang', 12 dan Yesus atas semua berkata bahwa Dia bekerja sementara adalah hari, sebelum malam tiba, ketika tidak ada orang yang dapat bekerja, 13 dan bahwa Bapa-Nya bekerja sampai sekarang dan Dia memiliki too.14
Mendengar Rev. Laurillard kemarin di Noorderkerk15on Kisah IV: 32, Dan banyak dari mereka yang percaya itu, mereka sehati dan sejiwa: tidak mengatakan salah satu dari mereka yang seharusnya hal yang ia miliki adalah miliknya sendiri; tetapi mereka memiliki semua hal-hal umum.
Dia memiliki bakat yang indah, sebuah approach16 baru setiap kali, dan semuanya sangat bersemangat dan hidup, ada sesuatu yang istimewa, sesuatu yang 'hijau', 17 sesuatu yang binasa, selalu muda dan berapi-api gairah yang juga di Pa. Saya jadi percaya bahwa ia, lebih dari menteri lain di sini, telah menempatkan seluruh jantung ke Ciptaannya. Dia yang melakukan itu tidak bijaksana, saya percaya, dan akan terus terpanjang, dan memang akan diberkati dalam hal-hal dan keadaan lainnya.
Tentu saja Anda tahu bahwa Paman Hein meninggal, terima kasih Tuhan, kita mungkin juga mengatakan, karena akhir relatif tenang dan pembebasan datang akhirnya. Ketika sesuatu seperti ini terjadi, kadang-kadang satu mendengar pikiran yang lebih tulus dari hati banyak orang daripada dalam kasus-kasus yang bersifat kurang serius, dan kemudian satu mendengar banyak mengatakan 'hidup adalah short'.18 Yang terbaik yang kita bisa bertanya, mungkin, adalah untuk memilih dengan benar dan untuk mengucapkan kata-kata yang tepat dalam menentukan jam dari kehidupan. Pa telah memiliki sakit pinggang lagi, karena Anda akan sudah pernah mendengar, di salah satu surat terakhirnya Pa menulis tentang pernikahan Marijn van Aertsen. Pada kesempatan itu Pa memberikan khotbah tentang Yesus mengasihi Maria dan adiknya, dan Lazarus.19 1V: 2
Jika Anda bisa, menulis dan memberitahu saya secepat mungkin ketika Anda berencana untuk pergi ke Etten dan apakah kita bisa mengatur untuk bepergian bersama-sama. Aku sangat ingin mengambil kesempatan dari perjalanan ini tinggal di Haarlem sampai kereta berikutnya, dan terutama juga untuk menghentikan sementara di Dordrecht.20 Saya ingin sekali bagi kita untuk pergi ke Dordrecht lagi bersama-sama, tak bisa 't yang diatur?
Hanya memiliki beberapa tulisan terikat bahwa saya ingin melestarikan sebaik-baiknya, itu perasaan yang bagus ketika saya menerima mereka di rumah, saya memberi mereka ke penjilidan dekat di sini di salah satu jalan sempit Kattenburg, di mana semua jenis agama karya yang diterbitkan, 21 dan toko milik dua bersaudara yang penampilannya segera membuat saya berpikir tentang dua hal, yaitu burung hantu gereja dan kepala singa di pintu.
Telah berjalan lebih banyak minggu ini, tidak dapat ada salahnya untuk mengenal kota sedikit.
Ketika bekerja hari ini aku harus berbaring di depanku lembar fromBargue yang Cours de dessin, bagian 1, No. 39, Anne of Brittany.22 Itu sudah tergantung di kamar saya di London dengan No 53,23 dan 'A citizen'24 muda kemudian menggantung di antara mereka. Apa yang saya temukan indah dan baik pada awalnya saya masih menemukan begitu.
Ekspresi wajah yang Anne of Brittany adalah mulia dan mengingatkan pada laut dan pantai kasar. Saya ingin tahu ceritanya. Dia benar-benar indah woman.25 De Lemud pasti akan ditarik tubuhnya dengan baik.
Aku benar-benar ingin sangat banyak bagi kita untuk bersama-sama di Haarlem, menulis dalam hal apapun kapan dan untuk berapa lama Anda bisa mendapatkan pergi.
Boy tua, aku rindu begitu banyak untuk Natal dan rumah dan Anda; ketika Anda menulis, ingat untuk melaporkan apa yang saya minta Anda mengenai orang lithographs.26
Membawa banyak cetakan Anda yang Anda bisa, bahkan jika saya mengenal mereka, aku masih ingin melihat mereka lagi.
Ini adalah keluarga yang baik, yaitu Pdt Meijjes -. Tapi tidak ada menteri yang benar-benar seperti Pa Karyanya brilian, dan selain itu, pria abetter dari Pa akan tidak mudah ditemukan, karena ia tahu bagaimana menjaga dirinya di cek dan untuk mengendalikan diri dan melakukan apa yang baik dan berbakti, lebih dari keinginannya sendiri.
Setelah gereja terakhir Minggu saya bertemu orang itu yang bekerja di toko buku Centen, dengan siapa Anda bepergian dan siapa saya juga bertemu di Braat itu, dan di sini too.27 Berbicara dengan dia dan memberinya salam Anda, karena Anda telah meminta saya. Dia juga telah ke Rev. Laurillard. Dan pagi ini saya melihat dan berbicara dengan dia lagi di Kantor Pos. Dia mengirimkan salamnya. Penampilannya sudah memukul saya sering, sebelum Anda mengatakan kepada saya siapa dia, saya ingin tahu lebih banyak tentang dia.
Jadi hampir lain tahun telah berlalu di mana banyak yang terjadi padaku, dan aku melihat kembali dengan rasa syukur. Jika saya melihat kembali pada umumnya pada waktu yang dihabiskan di Braat dan bulan-bulan belajar di sini, maka mereka benar-benar dua hal yang baik. Boy tua, jika saya di universitas Natal berikutnya, dan sudah melalui kesulitan pertama awal, seperti saya sekarang melalui awal Latin dan Yunani, betapa bahagianya aku seharusnya. Undefessus favente Deo, 'tanpa lelah dengan rahmat Allah', yang tentu saja merupakan negara yang baik berada dalam, dan frase yang Mendes gemar, 28 ia menyebutkan hal itu Sabtu lalu.
Menulis kepada Harry Gladwell hari ini dan juga memberinya salam Anda. Saya berharap bahwa dia akan pulang untuk Christmas.29 1V: 3
Mengirimi Anda hari ini untuk dua peta St Nicholas30 dari Stieler, yaitu Kepulauan Inggris dan Normandia dan Brittany.31Hang mereka di kamar Anda untuk sementara waktu, janji kau akan melakukannya, saya telah menyalin mereka berdua cukup hati-hati, seperti yang Anda tahu , dan salah satu dari Inggris dua kali pada kenyataannya, pada salah satu yang terbaik ternyata saya menulis pembagian negara dan nama-nama dalam bahasa Latin, dan mengubah negara sekitarnya untuk apa mereka berada di zaman Romawi, seperti Danau Flevo bukan Zuiderzee . Untuk melakukannya saya pergi ke Mendes lebih awal dari biasanya pada beberapa pagi, dan ada dibandingkan peta saya dengan orang-orang dari Britannia, Caledonia dan Ierne di Spruner-Menke Atlas antiquus.32 Jadi saya tidak perlu ini lagi, dan itu baik untuk Anda untuk memiliki mereka untuk melihat untuk sementara waktu. Pada Rev. Meijjes itu saya juga mendengar mereka berbicara tentang atlas Stieler itu. Putranya, siapa di institut di Den Helder, memiliki atlas lengkap dan menulis dalam surat terakhirnya, antara lain, bahwa ia telah menyalin peta world.33 yang Mungkin Anda tahu bahwa Paman Kor juga memiliki satu berbaring di ruangan di mana lukisan besar oleh Bernier34 menggantung. Baru-baru ini melihat di Paman gambar besar oleh Bosboom, sakristi, 35 juga dua oleh Miss van Bosse yang sangat indah, terutama yang dari farmstead a. Kemudian, bersama dengan peta, Anda akan gettingGruson, Histoire des croisades.36 Juga memberikan buku toMendes, yang menyukainya; bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk membacanya dari awal sampai akhir, setidaknya daun melalui itu dari awal sampai akhir, maka bagian yang paling indah akan menangkap mata Anda dengan sendirinya. Jika pekerjaan Thijs Maris indah, maka ini terlalu. Sejak Paman Jan mengirim kotak ke Etten, dikirim ke Kor untuk St Nicholas litograf setelah J. Maris seorang gadis yang berasal dari pemakaman, yang satu melihat di latar belakang dengan batu nisan dan gereja kecil. Seorang biksu duduk oleh salah satu gravestones.37 yang
Jika Anda tidak memiliki satu, swap dengan Cor untuk litografi lain.
Ketika tidak ada lagi, selalu ada sesuatu yang lebih, pergi pepatah, dan saya mengalami bahwa pagi ini, ketika saya berpikir bahwa saya tidak bisa memberikan siapa pun hadir St Nicholas, karena saya tetap menemukan sesuatu untuk semua orang, meskipun tidak banyak, Pa dan Ma memiliki peta yang saya drew.38
Ini sudah mulai gelap, dan pemandangan halaman dari jendela di samping saya adalah terlukiskan indah, dengan jalan dari pohon poplar yang bentuk dan cabang tipis ramping menonjol sehingga hati-hati terhadap langit malam abu-abu, dan kemudian bangunan tua dengan gudang di yang water39 yang diam seperti 'air dari kolam lama' yang dibicarakan dalam kitab Yesaya, 40 dinding gudang yang benar-benar hijau dan cuaca di bagian bawah di tingkat air. Kemudian, di bawah ini, taman kecil dan pagar di sekelilingnya dengan semak mawar, dan di mana-mana di halaman angka hitam kecil dari para pekerja, dan juga anjing kecil. Hanya sekarang juga, sosok Paman Janwith uban panjang, mungkin akan membuat putaran. Di kejauhan tiang-tiang dari kapal di dermaga, di depan Aceh, 41 benar-benar hitam, dan merah abu-abu dan senjata-menara, 42 dan di sana-sini jalan-lampu yang menyala hanya menjadi
Ada pergi bel, dan seluruh aliran pekerja yang datang ke arah pintu gerbang, dan dengan mereka penyala lampu untuk menerangi jalan-lampu di alun-alun di belakang rumah. 1r: 4
Juga mendengar Pendeta Laurillard beberapa waktu lalu di perayaan Perjamuan Tuhan, berbicara dengan baik pada teks 'pemberitaan salib adalah kekuatan Allah, 43 karena mereka adalah kata-kata kebenaran yang mengungkapkan pikiran hati banyak orang , karena mereka adalah kata-kata kehidupan Kekal, 44 kata yang proceedeth dari mulut Allah dimana manusia akan hidup dan tidak dari roti saja, 45 dengan kehidupan yang lebih dari daging, 46 yaitu untuk mengenal Allah, satu-satunya Allah yang benar, dan Yesus Kristus, Siapa dahulu sudah dikirim, 47 dan karena langit dan bumi akan berlalu, 48 tetapi pemberitaan tentang salib tersebut tidak berlalu. Apakah Anda pernah melihat salah satu dari buku-bukunya? "Uit de cel'49 harus sangat indah, misalnya, dan saya tergerak oleh bagian ini dari Rust een weinig: 50

Itu yang menyenangkan Tuhan yang paling

Sebuah malaikat yang jatuh tertentu akan lagi akan diangkat ke surga dalam kasih karunia jika ia membawa ke sana hadiah yang menyenangkan Allah yang paling. Gladdened oleh janji itu dan penuh harapan, ia kemudian berbalik ke arah bumi. Ia melayang di atas lapangan, di mana pertempuran sengit dan kekerasan sedang berjuang. Ini adalah pertempuran antara kru tiran dan sejumlah orang yang gagah perkasa berjuang untuk kebebasan mereka tungku dan altar. Mereka berjuang dengan berani tetapi dengan hasil yang tidak menguntungkan. Barisan mereka, bagaimanapun, sangat habis, dan akhirnya hanya satu orang yang tersisa. Tergerak oleh keberanian keras kepala pahlawan ini dan rekan-rekan almarhum, lalim yang menawarinya prestise dan kehormatan. Jawabannya adalah panah-shot. Tapi panah-shot merindukan tanda, dan teman gagah berani kebebasan segera memukul. Malaikat jatuh turun ke tubuhnya dan mengambil setetes darah, dan berpikir bahwa ini pasti akan menjadi hadiah yang akan menjamin masuk ke surga dilarang kepadanya. Tapi di gerbang surga ia diberitahu bahwa ia harus mencari lagi. Karena ada sesuatu yang lain, sesuatu yang bahkan lebih mulia. Beberapa saat kemudian ia melayang di atas kayu. Dari kayu yang suara mengerang dan mengerang datang kepadanya. Dia mendekat dan melihat seorang pemuda tergeletak di sana, yang wajahnya berpipi cekung adalah warna timbal. Dia adalah korban dari wabah. Pemuda ini telah mencuri dari kota, sehingga gadis yang dicintainya dan yang mencintainya tidak akan mati dengan datang di dekatnya. Tapi dia mencari dan menemukannya. Lalu timbullah pertempuran menyentuh antara Cinta dan Kasih. Cintanya berteriak, seolah-olah gila: pergi! dan cintanya menjawab dengan tekad: tidak ada! Jadi mereka meninggal mereka berdua bersama-sama. Malaikat jatuh menangkap napas terakhir yang melintasi bibirnya dan berlari ke atas dengan itu, dengan harapan tertentu yang karunia ini akan membuka surga baginya. Tapi di gerbang surga ia diberitahu bahwa ia harus mencari lagi, bahwa ada sesuatu yang lain, sesuatu yang bahkan lebih mulia. Untuk ketiga kalinya semangat kecewa terbang turun ke bumi. Dia melihat di bawahnya pemandangan tersenyum dan indah, diterangi oleh sinar miring dari matahari perlahan terbenam. Seorang anak kecil yang menyenangkan melompat di sekitar sana, ringan dan riang, kini beralih ke arah bunga yang menawan, kemudian berjalan setelah kupu-kupu berwarna-warni. Saat penunggang kuda yang naik dan turun dari kudanya di sebuah sungai di sana, berkeringat kudanya dan terengah-engah. Wajahnya mengenakan ekspresi sengit, dan semua fitur nya memiliki sesuatu yang mengejutkan tentang mereka, sesuatu yang berbicara tentang kemarahan. Tapi saat melihat anak itu mengambil ekspresi lembut, dan ada sesuatu yang sangat melankolis tentang hal itu ketika kata-kata melarikan diri dari bibirnya: Anak! Saya pernah seperti Anda! Kemudian bel berdentang. Itu adalah lonceng yang dipanggil untuk doa malam. Anak itu berlutut dan berdoa. Kemudian jantung kasar itu hancur, dan mengucapkan menyayat hati menangis: Ibu saya juga mengajari saya untuk berdoa seperti itu, semua dari air mata tiba-tiba menyemburkan dari matanya. Malaikat jatuh mengambil air mata dari pipi kasar dan terbang dengan itu ke surga. Dan ya! bahwa air mata penyesalan adalah hadiah, yang menyenangkan hati Tuhan - yang tiada berkenan kepada kematian orang berdosa, tetapi ia berbalik dari jalan dan live51 nya - lebih dari apa pun. Pengasingan melihat surga terbuka untuknya again.52

Anda mungkin akan sangat sibuk hari ini, tetapi jika Anda punya waktu, menulis itu, dan di atas semua, segera setelah Anda memutuskan kapan Anda akan pergi ke Etten, pastikan untuk membiarkan saya tahu. Bukankah lebih mungkin bagi kita untuk pergi ke Dordrecht lagi bersama hari Jumat atau Sabtu sebelum Natal? Ada baiknya untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dari perjalanan dan perjalanan yang harus membuat. Semoga Anda diberkati dalam segala hal yang Anda lakukan dan, jika mungkin, menerima baik surat St Nicholas. Beri salam saya untuk teman serumah Anda, juga untuk keluarga Tersteeg, Haanebeeks dan Van Stockums, jika Anda kebetulan pergi ke sana. Apakah Mr Tersteeg tahu peta Stieler itu? Adieu, Theo, jika mungkin saya tidak menulis lagi sebelum kita melihat satu sama lain, semua yang baik, maka selamat tinggal untuk saat ini. Menerima jabat tangan hangat dalam pikiran, dan percayalah pernah

Saudara penuh kasih Anda
Vincent

Paman Jan mengirim salam, juga Paman dan Bibi Stricker.
137
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Minggu, 9 Desember, 1877.


Amsterdam, 9 Desember 1877

My dear Theo,
Saya merasa perlu untuk menulis kepada Anda tanpa menunggu terlalu lama, alasannya karena pertama-tama saya harus berterima kasih untuk tiga hal. Pertama-tama, untuk sangat baik surat empat halaman Anda, yang Anda memberi saya kesenangan terbesar, karena tidak bagus untuk merasa bahwa saudara nya juga berjalan dan hidup di bumi, ketika seseorang memiliki banyak hal untuk berpikir tentang dan banyak yang harus dilakukan, salah kadang-kadang mendapat perasaan, di mana aku? apa yang saya lakukan? mana aku pergi? - Dan satu mulai tumbuh pusing - tapi kemudian seperti suara yang akrab, atau tulisan tangan lebih akrab, membuat orang merasa tanah perusahaan di bawah kaki satu lagi, seolah-olah.
Lalu aku harus berterima kasih untuk isu Galerie Contemporaine tentang E. Frère.1 Ini sangat menarik dan saya senang untuk memiliki sesuatu olehnya. Dan saya juga berterima kasih atas 10 perangko, itu benar-benar terlalu banyak dan Anda tidak harus melakukan begitu banyak. Sebuah jabat tangan hangat untuk semuanya.
Sekarang aku punya beberapa hal untuk memberitahu Anda tentang St Nicholas, 2 saya menerima surat yang baik dari Etten dengan wesel untuk sepasang sarung tangan tertutup.
Saya sudah punya beberapa, bagaimanapun, jadi saya membeli sesuatu yang lain dengan uang, yaitu peta lain dengan Stieler, yaitu Skotlandia sendirian.3 Saat ini saya bisa mendapatkan mereka sendiri-sendiri atSeyffardt itu, 4 tapi ada mungkin tidak akan selalu kesempatan itu. Saya sudah ditarik peta itu dan begitu memilikinya ganda, dan karena aku ingin memberikan Harry Gladwell hadiah Natal saya berharap untuk mengirimkannya kepada Anda untuk dia, untuk menyertakan ketika peti pergi ke Paris. SATU HARUS MEMBANGUN SATU RUMAH UPON A ROCK, 5 Skotlandia, Normandia dan Brittany benar-benar agak berbatu, hanya kita lihat bahwa peta besar Skotlandia ketika Anda mendapatkannya. Jika saya membandingkan pekerjaan belajar untuk membangun sebuah rumah, dan bulan ini untuk berdirinya, maka batu sesuai terletak di dasarnya.
Tapi semua ini oleh oleh, sekarang lebih banyak tentang malam tersebut. Dari Paman Cor saya menerima Bossuet, Oraisons Funebres, 6 dalam edisi yang sangat baik dan berguna, sangat lengkap, mencakup, antara lain, khotbah baik tentang Paul pada teks 'Sebab jika aku lemah, maka aku kuat'. 7 Ini adalah buku yang mulia, Anda akan melihatnya pada hari Natal, saya sangat senang dengan itu bahwa sampai hari ini saya telah membawa sekitar di saku saya, meskipun sudah waktunya aku berhenti itu karena sesuatu yang mungkin terjadi it.8From Mendes I menerima karya Claudius, juga baik, buku yang solid, 9 aku telah mengirimnya Thomae Kempensis de imitatione Christi dan ditulis di depan, hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani di dalam Dia, hamba atau orang merdeka, laki-laki atau perempuan, tetapi Kristus semua, dan dalam all.10 dari Paman Stricker kotak cerutu, Anda tahu apa yang saya lakukan dengan mereka, mereka selalu begitu ramah pada Rooses 'dan aku sudah bertanya-tanya apakah aku punya sesuatu untuk mengirim ketika kotak itu cerutu tiba sebagai anugerah. Dan di malam hari saya menemukan letter11 dari Paman Jan berbaring di meja saya. Kemudian sebentar di Vos dan Kee, di mana Paman dan Bibi Stricker yang juga, tapi tidak bisa tinggal karena saya memiliki pelajaran dari 8-10 dengan Teixeira. Paman Jan menghabiskan malam di paman Cor itu. 1V: 2
Adalah pada layanan Paman Stricker pagi ini, yaitu di Eilandskerk, 12 Paman Cor ada juga. Teks adalah 'oleh cahaya-Mu akan kita lihat light'.13
Itu selalu berjalan baik dengan Eilandskerk. Sore ini saya mengambil jalan lain di sekitar gereja Inggris kecil dengan orang-peta negara-negara berbatu, karena saya punya perasaan bahwa mereka terhubung dengan gereja kecil.
"Gereja Tuhan berdiri di atas batu ', 14 kata-kata itu dalam nyanyian rohani pagi ini, dan itulah bagaimana Ruisdael dicat juga, 15 dan Millet dalam lukisan di Luxembourg.16
Ini adalah rencana yang baik dari Anda untuk menulis nama-nama lain di peta Brittany. Bawa bersama saat Natal, Anda tahu bahwa saya melakukan itu di satu saya menarik, maka kita dapat membandingkan mereka. Pastikan dan melakukannya, untuk itu baik.
Anda berbicara tentang saya datang ke Den Haag lagi dalam perjalanan ke Etten, saya harus benar-benar ingin, apakah mungkin untuk tinggal satu malam di Rooses '? Jika demikian, maka Anda tidak perlu menulis, maka saya akan mengandalkan itu menjadi mungkin jika diperlukan. Saya ingin melihat kamar Anda lagi dan pohon dengan ivy, saya berharap bahwa akan mungkin dan bahwa saya bisa pergi dari sini cukup dini.
Saya tidak bisa mengatakan betapa aku merindukan Natal. Dan mungkin PABE puas dengan apa yang telah kulakukan.
Itu cuaca yang indah seperti hari ini, dan begitu indah di antara mereka duri-pagar oleh gereja kecil ketika malam mulai turun.
Sudah bicara dengan Mendes minggu ini, atau lebih tepatnya minggu lalu, sekitar 'Dia yang benci tidak, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak bisa disciple'.17 saya Dia menyatakan bahwa ekspresi terlalu kuat, tapi saya menyatakan bahwa itu adalah kebenaran yang sederhana , dan tidak Thomas a Kempis mengatakan itu ketika ia berbicara tentang mengetahui diri sendiri dan membenci diri sendiri? 18
Jika kita melihat orang lain yang berbuat lebih banyak dan lebih baik dari kita, maka segera kita datang untuk membenci kehidupan kita sendiri karena itu tidak sebagus yang dari others.19 Lihat saja seorang pria likeThomas a Kempis, dibatasi oleh cinta dari Christ20 menulis bahwa buku kecil, tulus dan sederhana dan benar sebagai beberapa orang lain yang, baik sebelum atau sesudahnya. Atau dalam lingkup yang lain, hanya melihat pada karya seorang Millet atau dari Stieler atau The ek besar oleh Jules Dupré.21 Mereka melakukannya: 'hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapamu yang di sorga ', 22 dan Pa adalah orang seperti itu juga; dan namun banyak yang bisa kita lakukan, Anda lihat, hal terbaik adalah untuk menjaga pemandangan kami pada orang tersebut dan mencari apakah kita juga mungkin mungkin menemukan something.23 Dan untuk percaya bahwa itu benar apa yang dikatakan Pa, bahwa jika seseorang meminta 'Tuhan, aku harus begitu banyak ingin menjadi sungguh-sungguh ', bahwa hal itu akan didengar dan dikabulkan oleh God.24
Memiliki hari Minggu yang baik hari ini, bagaimana saya ingin bersama Anda, Paman Jan telah pergi ke Haarlem jadi aku sendirian malam ini, tetapi masih harus melakukan sebanyak yang saya bisa. Anda telah benar-benar memberi saya kesenangan dengan majalah pada E. Frère. Saya pernah melihatnya sendiri di Goupil, ia memiliki sesuatu yang sangat bersahaja tentang dia. "Akhirnya, dia menang" ia mengatakan dalam biografinya, 25 Mei itu sehingga dengan kami satu hari - yang bisa terjadi dan itu baik untuk mengatakan: Saya tidak pernah despair.26
Seseorang tidak mendapatkan semuanya sekaligus, dan sebagian besar dari mereka yang telah menjadi sesuatu yang sangat baik telah melalui, masa sulit yang panjang persiapan itu adalah batu karang di mana rumah mereka adalah founded.27
Manusia bejat oleh alam, 28 terbaik pencuri - tapi - dengan bimbingan Tuhan dan berkat dia bisa menjadi sesuatu yang berharga lebih tinggi, 29 karena ada datang untuk Paul 1V: 3 hari di mana ia bisa mengatakan dengan kejujuran dan kepercayaan kepada Herodes, saya akan untuk Tuhan, yang tidak hanya engkau, tetapi juga semua yang mendengar saya hari ini, yang seperti saya, kecuali bonds.30 ini
Terima kasih untuk apa yang Anda menulis tentang lithographs.31Something lain - Anda juga mengirimkan 2 pasang Christus Consolator dan liontin, 32 Saya sangat senang untuk mendapatkan mereka.
Itu bisa dilakukan ada salahnya jika Anda juga memiliki bahwa peta Skotlandia, maka Anda akan memiliki tiga hal dari atlas itu, dan pepatah mengatakan: segala sesuatu yang baik datang dalam tiga. Jadi mengandalkan mendapatkan satu itu juga, dan tidak berarti membelinya sendiri, memiliki pertama ingin mengirimkan satu ini yang sekarang akan Gladwell, tetapi saya menganggap itu tugas saya untuk membiarkan dia mendengar dari saya sekarang dan lagi. Saya berharap dia akan bisa pergi ke Lewisham saat Natal. Anda tahu bahwa lukisan Cuyp di museum di sini, keluarga tua jaman Belanda, 33 ketika ia melihat bahwa ia berdiri melihat itu untuk waktu yang lama dan kemudian berbicara tentang 'rumah yang dibangun di atas rock'34 dan rumahnya di Lewisham. Saya juga memiliki kenangan rumah ayahnya dan tidak akan mudah melupakannya. Banyak dan kuat dan besar love35 tinggal di sana di bawah atap itu, dan api yang ada di dalam dirinya masih, itu tidak mati, tapi sleepeth.36
Sekarang aku harus buru-buru, karena aku harus pergi bekerja. Jadi kemungkinan besar aku akan datang ke Den Haag pekan depan untuk sehari, Kamis mengatakan, mungkin nanti, saya harus melihat bagaimana hal itu cocok terbaik dengan pekerjaan saya. Dari Den Haag Saya berharap untuk pergi ke Dordrecht, dan jika ternyata Anda dapat meninggalkan Sabtu malam, kita akan saling bertemu di stasiun di Dordrecht.
Dalam hal ini saya bahkan akan menghabiskan dua malam di Rooses ', jika aku akan ke Den Haag pula, tidak ada salahnya untuk tinggal sedikit lebih lama dan memanggil beberapa orang.
Sayang sekali, dengan cara, Mauve yang akan bergerak, 37 Saya berharap bahwa kita akan pergi ke sana lagi bersama-sama, seperti malam itu musim semi lalu, 38 itu benar-benar menyenangkan kemudian.
Sekarang pastikan mereka tidak pergi ke kesulitan di Rooses '. Jika saya tidak bisa tinggal di sana Anda akan tahu itu tanpa meminta mereka dan dapat menulis kepada saya, dan saya akan memperhitungkannya; jika saya bisa, memberitahu mereka hanya sehari sebelumnya.
Saya berharap yang terbaik dan berkah dalam pekerjaan Anda. Anda akan sibuk, tapi sebenarnya kita harus bersyukur atas tekanan dan usaha dan semua hal-hal sedemikian lebih dari apa pun, untuk itu hanya dengan pelatihan yang panjang dalam satu yang berkembang. Saya sangat berharap bahwa Anda akan dapat meninggalkan Sabtu, karena di rumah mereka akan pasti seperti kita berada di Etten hari Minggu sebelum Natal. Jadi selamat tinggal untuk saat ini, jika saya mendengar tidak lebih dari kamu, aku akan datang pada hari Kamis atau Jumat, 20 atau 21 Desember.
Saya akhirnya memutuskan untuk menutup halaman itu lagi dari Bargue yang Cours de dessin, Anne of Brittany, 39 ya, manusia bejat oleh alam dan yang terbaik pencuri, tapi dalam pertempuran hidup dia bisa menjadi makhluk berharga lebih tinggi; makhluk berharga lebih tinggi, kata-kata muncul dalam pikiran ketika saya telah mencari untuk waktu yang lama di ekspresi wajah wanita cantik Anne of Brittany, ekspresi yang menjelaskan mengapa ia juga mengingatkan kata-kata 'satu Dukacita dan berkenalan dengan kesedihan, 40sorrowful namun selalu rejoicing'.41
Adieu, memberikan salam untuk teman serumah Anda, dan percayalah

Adik paling mencintai Anda
Vincent



138
Untuk Theo van Gogh. Etten, Minggu 30 Desember, 1877.


Etten, 30 Desember 18771

My dear Theo,
Saya berharap Anda banyak kebahagiaan untuk tahun baru, mungkin itu diberkati untuk Anda dalam banyak cara. Mereka adalah hari-hari yang baik, ketika Anda berada di sini, meskipun mereka tidak berlangsung lama. Liburan saya akan segera berakhir, juga, tapi aku akan tinggal setidaknya satu hari lagi karena Pa begitu sibuk hari ini, dan itu akan baik untuk membahas dengan tenang bagaimana cara terbaik untuk mengejar study.2 lanjut
Pa juga harus berkhotbah di Princenhage pada malam tahun baru, karena Pdt Kuylman3 jatuh dan melukai dirinya sendiri, dislokasi lengan, dan tidak mampu untuk mengambil gilirannya pada malam tahun baru, dan Pa telah menawarkan untuk melakukan hal itu baginya. Jadi Pa harus memberitakan 9 kali dalam 10 hari.
Jika Anda belum dikirim yang peta & c. Harry Gladwell, 4wait sementara, saya mendengar dia tidak lagi di Paris, 5 menulis kepada ayahnya hari ini. Aku bisa mendapatkan jawaban dan kemudian akan menambahkan sesuatu ke gulungan.
Anda lupa untuk mengambil etsa setelah Meissonier, 6 Aku akan mengirimkannya kepada Anda salah satu dari hari-hari ini dengan litograf setelah Jules Breton, Bidang di musim dingin, 7 karena saya tidak mau menerimanya, itu termasuk dalam koleksi Anda.
Salju turun minggu lalu dan Cor bersenang-senang dengan kereta luncur dan begitu juga saya, karena saya sledged di jalan dengan dia dan seorang gadis yang tinggal di Hackstrohs'.8 Hari Pa, Ma, Kor dan saya mengambil jalan yang indah, Anda seharusnya ada.
Kemarin saya melihat sekolah jahit yang Ma sekarang memegang di konsistori, itu memang menyenangkan, orang akan ingin memiliki lukisan itu, 9 sudah ada beberapa anak-anak yang datang ke sana.
Lukisan lain telah terjadi kepada saya yang berhubungan dengan Brittany, yaitu Ribot, Doa, sejumlah anak-anak berlutut di sudut gereja pada sore hari, ada etsa besar dengan dia tentang hal yang sama, 10 yang mungkin Anda know.Jacque sekali membuat etsa dari subjek yang sama, tetapi smaller.11
Membuat daftar hari ini semua yang saya bisa ingat tentang Revolusi Perancis, 12 sehingga menulis di bagian belakang peta Perancis, dan saya berharap secara bertahap untuk memperluas pekerjaan itu, rekaman, misalnya, hal yang paling penting tentang Abad Pertengahan, atau saat Perang 80 Tahun, 13 dan seterusnya. Satu harus berpegang pada apa yang telah dilihat atau apa yang tahu, untuk itu selalu datang dalam berguna.
Jika Anda harus membuat daftar tersebut dari waktu ke waktu, mengirimkannya kepada saya ketika Anda memiliki kesempatan, maka kita dapat membandingkan mereka, ada baiknya untuk melakukannya - sejauh pengetahuan yang bersangkutan, penting untuk mempertahankan apa yang telah dan untuk menyerap secara internal sebanyak satu bisa; terutama ketika seseorang kekurangan uang, ada baiknya untuk mengisi kesenjangan dengan ini dan sama hal. 1V: 2
Berikan salam untuk semua teman serumah Anda dan berharap semua yang terbaik dari saya. Ini tidak mungkin bahwa, dalam perjalanan ke Amsterdam, saya bisa menghabiskan satu malam lagi di Den Haag dan membawa Anda cetak yang tersisa di sini sendiri, tapi jangan mengandalkan itu.
Adieu, sekali lagi saya berharap yang terbaik, dan jabat tangan hangat dalam pemikiran dari

Adik paling mencintai Anda
Vincent



139
Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Rabu, 9 dan Kamis 10 Januari, 1878.


Amsterdam, 9 Januari 1878

My dear Theo,
Aku harus jadi sangat ingin tahu apakah Anda lebih baik, dan aku hanya menulis cepat untuk meminta Anda untuk menulis segera, dengan kartu pos bila perlu, apakah kondisi Anda telah kembali ke normal.1
Tiba di sini aman dan sehat pada Senin evening2 dan menemukan kartu Paman Cor yang bermain keluarga di paman Jan itu. Ketika Paman Kor mendengar bahwa Paman Cent berpikir untuk meninggalkan begitu cepat, ia pergi lagi untuk Princenhage untuk melihat Paman again.3 Ia kembali hari ini dan merasa puas dengan perjalanan. Telah berbicara dengan dokter di Princenhage dan ia mengatakan bahwa Paman Cent itu tidak dalam bahaya. Sempat juga terlihat baik Pa dan Maand mereka dengan baik, sehingga untungnya semua khotbah yang belum dipakai Pa out.4
Apakah di paman Stricker kemarin, Paulus meninggalkan dengan kapal De Liberaal, mereka tidak memiliki surat dari Paulus sendiri untuk beberapa waktu, tapi Mr Scheffer menulis bahwa kesehatannya membaik, mungkin mereka melihat dia lagi sesegera mungkin.
Mulai mengambil pelajaran lagi pada Selasa pagi, berniat untuk melakukan semua tema yang saya tulis lagi, setidaknya sejauh yang saya bisa menemukan waktu, apa dengan pekerjaan saya yang lain. Paadvised saya untuk melakukannya, karena sekali seseorang baik didasarkan pada dasar-dasar dan kata kerja & c., Salah satu yang membuat kemajuan pesat dengan terjemahan. Saya kira saya akan menemukan waktu ketika mulai tumbuh cahaya sedikit lebih awal di pagi hari dan sedikit kurang dingin, sehingga saya bisa mulai lebih awal. Satu dapat mencapai cukup banyak dalam beberapa bulan jika salah satu bekerja di sesuatu dari pagi sampai larut malam, dan jadi saya berharap untuk menjadi siap untuk ujian sekitar Oktober.
Melihat banyak sekali gambar yang baik di paman Kor, termasuk yang baru dengan Rochussen, seorang soirée diplomatik, sangat clever.5Mauve memberikan presentasi seni di Arti malam ini, benar-benar 6should ingin berada di sana, tapi itu mungkin saya sudah melihat banyak gambar malam itu kami mengunjungi him.7 Paman Cor juga memiliki sebuah lukisan yang sangat bagus oleh Valkenburg, interior rumah petani dengan empat kecil figures.8 1V: 2
Aku akan menutup Oven oleh T. Rousseau9 dan Trekweg di Rijswijk oleh Weissenbruch10 yang saya dapatkan dari Anda. Maaf aku tidak meninggalkan The Hague oleh kereta kemudian, maka kita akan bersama-sama sedikit lebih lama, tapi sekarang saya berharap untuk melihat Anda lagi ketika Anda melakukan perjalanan di spring.11 yang
Saya baru-baru pergi untuk melihat Hillen lagi, terakhir kali saya mengunjunginya aku memberinya sepasang yang Christus Consolator dan liontin, seperti yang saya dapatkan dari Anda, 12 dan sekarang mereka sudah tergantung di kamarnya, karena ia telah menempatkan mereka di bawah kaca sendiri, aku senang mereka tergantung di sana. Itu sudah mulai gelap ketika saya tiba dan ia juga menunjukkan ruang tamunya, terlihat memang sangat menyenangkan dan itu adalah rumah yang baik untuk diingat. Dia orang yang benar-benar bisa dipercaya, karena dia sangat rumit dan melakukan pekerjaannya dengan baik dan telah bertahan di dalamnya untuk waktu yang lama, aku akan senang kalau aku juga yang jauh bersama.
Ini sangat dingin di sini hari ini, dan pagi ini ada salju di tanah, ada baiknya bahwa Paman Cent jauh (karena ia meninggalkan hari ini di 03:00 berada di Paris malam ini).
Jika Anda mengunjungi Mauve, ingat untuk meminta potongan oleh Jules Breton, buruh The, 13 dan mengirimkannya ketika Anda mendapatkannya.
C.M. bertanya apakah saya tidak menemukan Phryne oleh Gérôme14beautiful, dan aku bilang aku lebih suka melihat byIsraëls jelek wanita atau Millet atau wanita tua sedikit demi E. Frère, untuk apa tubuh yang indah seperti Phryne yang benar-benar penting? Hewan memiliki juga, mungkin lebih daripada orang, namun hewan tidak memiliki jiwa seperti yang menjiwai orang yang dilukis oleh Israels atau Millet atau Frère, dan belum hidup telah diberikan kepada kita untuk menjadi kaya di dalam hati kita, bahkan jika penampilan kita menderita dari itu? Saya merasa sedikit simpati untuk itu patung setelah Gerome, karena aku tidak melihat satu tanda alasan di dalamnya, dan beberapa tangan yang menanggung tanda-tanda pekerjaan yang lebih indah daripada seperti yang terlihat pada patung itu.
Dan jauh lebih besar masih merupakan perbedaan antara seorang gadis cantik dan pria seperti Parker15 atau T. a Kempis atau mereka dilukis oleh Meissonier, 16 dan hanya sebagai salah satu tidak bisa mengabdi kepada dua tuan, seseorang tidak dapat mencintai dua hal yang sangat berbeda dan merasa simpati untuk keduanya.
Dan kemudian C.M. bertanya apakah aku tidak akan merasakan apa-apa bagi seorang wanita atau seorang gadis yang cantik, tapi aku bilang aku akan memiliki lebih banyak perasaan untuk dan akan lebih memilih untuk terlibat dengan orang yang jelek atau tua atau miskin atau dalam beberapa cara bahagia, yang memiliki pemahaman yang diperoleh dan jiwa melalui pengalaman hidup dan trial and error, atau kesedihan. 1V: 3
Di CM ada juga gambar yang indah dengan Maris, pemandangan kota dengan air di latar depan dan langit luas, 17you diragukan lagi tahu itu.
Paman Jan dan Paman Cor mengirimkan salam mereka, Paman Jan baik lagi, Anda tahu bahwa dia tidak baik pada hari Natal.
Jadi menulis segera, dan saya berharap yang terbaik, dan tawaran baik-hari untuk teman serumah Anda. Hanya menerima surat baik dari Pa, semuanya baik-baik saja di rumah, kata perpisahan, menerima dalam berpikir jabat tangan hangat, dan percayalah pernah

Saudara penuh kasih Anda
Vincent



140

Untuk Theo van Gogh. Amsterdam, Minggu, 10 Februari, 1878.


Amsterdam, 10 Februari 1878

My dear Theo,
Ini hari Minggu malam, dan saya ingin menulis beberapa kata lagi, karena aku juga sangat lama untuk mendapatkan surat lain dari Anda, jangan menulis lagi segera, saya dengan Anda begitu sering dalam pikiran. Saya sangat berharap bahwa Anda sudah memiliki hari Minggu yang baik.
Seperti yang Anda tahu, Pa here1 dan saya sangat senang itu, kami pergi bersama-sama ke Mendes, Paman Stricker, Paman Cor, Vos andKee dan kedua Meijjes keluarga, dan memori paling menyenangkan kunjungan Pa adalah bahwa pagi kami habiskan bersama di studi saya, melihat dari atas pekerjaan saya dan berbicara tentang segala macam hal. Anda dapat membayangkan bahwa hari-hari terbang oleh dan ketika, setelah membawa Pa ke stasiun dan menonton kereta atau bahkan hanya asap selama itu terlihat, saya kembali ke kamar saya dan kursi Pa berdiri di sana dengan sedikit meja di mana buku-buku dan notebook masih berbaring dari hari sebelumnya, meskipun aku tahu bahwa kita akan bertemu lagi cukup segera, aku menangis dan menangis seperti anak kecil.
Anda akan sudah mendengar bahwa Mendes membuat kesan yang baik pada Pa juga. Pada malam hari, di paman Kor, kami melihat gambar dan buku, termasuk Doré yang Bible2 andBida Le livre de Ruth dan Histoire de Joseph.3
Apakah dalam gereja Inggris morning4 ini dan metWierda saat meninggalkan gereja, yang sudah ada juga. Kami pergi berjalan-jalan bersama-sama dan dia bertanya apakah saya ingin datang dan melihat kamarnya, ia tinggal di Weteringstraat, 5 sekitar 10 menit dari Leidsestraat. Saya mengatakan kepadanya bahwa untuk waktu yang lama aku ingin melihat kamarnya dan di mana dan bagaimana ia hidup, jadi aku pergi bersama dan setelah minum kopi saya tinggal sampai sekitar 03:00 dan melihat buku-buku dan mendengar satu atau dua hal tentang nya hidup, di mana ia telah sebelumnya dan seterusnya, awalnya dia di Bolsward, 6 kemudian di Haarlem dan kemudian di sini. Dia telah bekerja keras dalam hidupnya dan mungkin akan terus melakukannya dan tidak menyerah dengan mudah. Setelah itu, di rumah, menerjemahkan bagian dari Caesar, 7 dan sore ini ke Paman Stricker, saya pergi ke sana agak sering sekarang bahwa Uncle8 berada di luar kota dan sekarang bahwa itu kesepian lagi di sini di rumah karena Pa kiri. Malam ini mereka pergi ke seeVos, yang tidak lebih baik.
Aku masih harus mengucapkan selamat kepada Anda pada hari ulang tahun Pa, 9 meskipun itu sudah dan pergi, itu akan menjadi hari yang baik, dengan Anna di sana juga, aku merindukan surat dari rumah untuk mendengar bagaimana mereka merayakan hari itu. Anna sedikit sehat dan belum pulih sepenuhnya, 10 dia menulis dalam sebuah surat yang Pa diterima di sini. Mungkin Pa membaca surat Ma keras untuk Anda, yang ia tulis saat Pa ada di sini, itu menceritakan tentang kunjungan ke orang sakit yang terdengar seperti sesuatu yang keluar dari Adam Bede.11 1V: 2
Ini berkabut di sini hari ini, untungnya Pa memiliki cuaca yang baik sehingga kita bisa berjalan cukup banyak.
Saya mengingatkan Anda tentang sepotong bahwa dengan Jules Breton, 12 tidak ada terburu-buru, tetapi mencoba dan ingat kapan-kapan.
Karena Maret Anda mungkin akan membuat perjalanan lagi, 13won't Anda, dan juga datang ke sini lagi?
Paman Jan kemungkinan besar akan kembali pada hari Selasa.
Anda pasti akan memiliki banyak yang harus dilakukan pada awal tahun, seperti kebanyakan orang. Wierda, juga dibebani dirinya pada skor pagi ini.
Bagi saya, juga, hal-hal mulai mendapatkan lebih banyak dan lebih serius sebagai ujian approaches.14 aku akan senang ketika tumbuh cahaya sedikit lebih awal di pagi hari dan kita sudah mulai bisa digunakan untuk itu.
Apakah Pa ingat untuk memberikan foto dari Maris? 15 ukiran kayu setelah Van Goyen, Dordrecht, tergantung di tempatnya. Pergi baru-baru ini untuk melihat lukisan itu lagi di sini di museum, itu baik melalui dan through.16 kali Anda datang ke sini saya ingin melihat melalui lukisan oleh DĂĽrerhere di museum lagi, 17 seperti yang kita lakukan dengan Rembrandt terakhir kali .18
Hal ini tidak diragukan lagi indah di Scheveningen pada hari-hari abu-abu, apakah Anda masih pergi ke sana cukup sering? Mungkin itu seperti lukisan oleh Ruisdael di museum di Den Haag. Apakah Anda memiliki litograf itu yang dulunya di Kunstkronijk? 19 Benar-benar bagus.
Bagaimana hal yang terjadi di Mauve itu? Baiklah, saya berharap. Apakah Anda berada di sana baru-baru ini?
Saat ini saya mengambil pelajaran dari Paman Stricker sekali atau dua kali seminggu, itu adalah bonus. Paman adalah seorang ahli dalam hal itu, dan saya senang dia bisa menemukan waktu untuk melakukan it.20
Sekarang, anak laki-laki tua, jabat tangan hangat dalam pikiran, saya akan mulai bekerja, memberikan salam untuk teman serumah Anda, dan juga untuk ungu muda jika Anda bertemu dengannya, aku berharap yang terbaik, menulis segera, juga selamat atas ulang tahun Anna , meskipun itu masih akan datang, 21 dan percayalah pernah

Saudara penuh kasih Anda
Vincent


Selamat malam, anak tua, aku duduk menulis sampai 00:00, jabat tangan dalam pikiran.


sumber : http://vangoghletters.org/
terjemahan : google translate











sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment