van gogh letters 151-160

by 2:59 AM 0 comments
151
Untuk Theo van Gogh. Petit-Wasmes, antara Selasa, 1 dan Rabu, April 16, 1879.
  1r: 1
Wasmes, April 1879

My dear Theo,
Sudah saatnya Anda mendengar sesuatu dari saya lagi. Aku mendengar dari rumah bahwa Anda berada di Etten selama beberapa hari dan bahwa Anda bepergian untuk firm.1 Saya sangat berharap bahwa perjalanan Anda berjalan lancar.
Hari-hari ini Anda tidak akan diragukan lagi berada di bukit-bukit pasir dan di Scheveningen sekarang dan kemudian. Di sini juga menarik di negara di musim semi; di sini dan ada tempat di mana orang bisa membayangkan diri di bukit-bukit pasir, karena bukit.
Aku pergi pada perjalanan yang sangat menarik belum lama; faktanya adalah, saya menghabiskan 6 jam di tambang.
Dalam salah satu tambang tertua dan paling berbahaya di daerah tidak kurang, yang disebut Marcasse.2 tambang ini memiliki nama buruk karena banyak yang meninggal di dalamnya, apakah turun atau datang, atau sesak napas atau gas meledak, atau karena air di tanah, atau karena lorong-lorong tua mengalah dan on.3 Ini adalah tempat suram, dan pada pandangan pertama segala sesuatu di sekitar memiliki sesuatu yang suram dan mematikan tentang hal itu. Para pekerja biasanya ada orang, kurus dan pucat karena demam, yang terlihat lelah dan lesu, cuaca-dipukuli dan tua sebelum waktunya, perempuan umumnya pucat dan layu. Di sekeliling tambang adalah tempat tinggal penambang miskin 'dengan beberapa pohon mati, benar-benar hitam dari asap, dan duri-lindung nilai, kotoran-tumpukan dan pembuangan sampah, pegunungan tidak dapat digunakan batubara & c.Maris4 akan membuat lukisan yang indah itu.
Kemudian saya akan mencoba dan membuat sketsa untuk memberikan gambaran tentang 1V it.5: 2
Memiliki panduan yang baik, seorang pria yang telah bekerja di sana selama 33 tahun, seorang pria ramah dan pasien yang menjelaskan segala sesuatu dengan jelas dan mencoba untuk membuatnya dimengerti.
Kami turun bersama-sama, dalam 700 meter kali ini, dan pergi ke sudut-sudut yang paling tersembunyi dari bawah itu.
Para maintenages atau gradins (sel di mana para penambang bekerja) yang terjauh dihapus dari pintu keluar disebut 'des cache' (tempat-tempat tersembunyi, tempat di mana salah satu pencarian). Tambang ini memiliki 5 tingkat, 3 di antaranya, yang paling atas, habis dan ditinggalkan, tidak ada lagi bekerja di dalamnya karena tidak ada batubara. Jika ada orang yang mencoba dan membuat lukisan themaintenages, yang akan menjadi sesuatu yang baru dan sesuatu yang keterlaluan atau lebih tepatnya tidak pernah dilihat sebelumnya. Bayangkan serangkaian sel di lorong agak sempit dan rendah, didukung oleh kasar kayu-kerja. Dalam setiap sel adalah pekerja dalam setelan linen kasar, suram dan kotor sebagai cerobong asap-menyapu, chipping jauh di batubara dengan cahaya redup dari lampu kecil. Dalam beberapa sel pekerja berdiri tegak, di lain ('jahitan bekerja berbaring') ia terletak datar di tanah.

[sketsa A]
[sketsa B]

Pengaturan ini kurang lebih seperti sel-sel dalam sarang lebah, atau seperti gelap, lorong suram di sebuah penjara bawah tanah, atau seperti serangkaian alat tenun kecil, atau benar-benar mereka terlihat seperti deretan oven seperti seseorang melihat di antara petani, atau seperti makam terpisah di lemari besi. Lorong sendiri seperti cerobong asap besar farmsteads Brabant.
Dalam beberapa, kebocoran air di mana-mana dan cahaya lampu penambang menciptakan efek aneh dan mencerminkan seperti dalam sebuah gua penuh stalaktit. Beberapa penambang bekerja di maintenages, lain memuat batubara masih tersisa ke dalam gerobak kecil yang diangkut sepanjang rel trem menyerupai sebuah. Ini sebagian besar anak-anak yang melakukan hal ini, baik anak laki-laki dan perempuan. Ada juga stabil ada, 700 meter di bawah tanah, dengan sekitar 7 kuda tua yang mengangkut jumlah yang lebih besar, membawa mereka ke begitu-calledaccrochage, yang menjadi tempat di mana mereka diangkut ke atas. Pekerja lain sibuk memulihkan lorong kuno untuk mencegah mereka dari mengalah, atau membuat lorong-lorong baru di lapisan batubara. Sama seperti pelaut di darat yang rindu untuk laut, meskipun semua bahaya dan kesulitan yang mengancam mereka, sehingga tambang-pekerja lebih suka berada di bawah tanah dari atas.
Desa-desa di sini memiliki sesuatu yang ditinggalkan dan masih dan punah sekitar mereka, karena hidup terus berjalan di bawah tanah, bukan di atas. Satu bisa berada di sini selama bertahun-tahun, tetapi jika salah satu telah turun di tambang yang tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi di sini.
Orang-orang di sini sangat tidak berpendidikan dan bodoh, dan sebagian besar dari mereka tidak bisa membaca, namun mereka cerdas dan gesit dalam pekerjaan yang sulit mereka, berani, membangun agak kecil tapi persegi bahu, dengan suram, deep-set mata. Mereka terampil banyak hal dan bekerja luar biasa keras. Disposisi sangat gugup, berarti saya tidak lemah tapi sensitif. Memiliki bernanah dan kebencian yang mengakar dan ketidakpercayaan bawaan siapa saja yang mencoba untuk bos mereka di sekitar. Dengan arang-pembakar seseorang harus memiliki sifat arang-burner dan karakter, dan tidak ada pretensi, pridefulness atau keangkuhan, jika salah satu tidak bisa bergaul dengan mereka dan tidak pernah bisa menang 1V trust.6 mereka: 3
Apakah saya memberitahu Anda pada waktu tentang penambang yang terbakar parah oleh ledakan gas? 7 Syukurlah ia kini telah pulih dan pergi keluar dan sekitar dan mulai mengambil berjalan-jalan sebagai praktek, tangannya masih lemah dan akan beberapa waktu sebelum dia dapat menggunakannya untuk karyanya, namun ia telah diselamatkan. Tapi sejak itu telah ada beberapa kasus tifus dan demam ganas, termasuk apa yang dikenal sebagai 'demam bodoh', yang menyebabkan seseorang memiliki mimpi buruk seperti mimpi buruk dan delirium. Jadi ada lagi banyak orang sakit-sakitan dan terbaring di tempat tidur, berbaring di tempat tidur mereka kurus, lemah dan menyedihkan.
Dalam satu rumah semua orang sakit demam, dan mereka memiliki sedikit atau tidak ada bantuan, yang berarti bahwa ada orang sakit yang merawat orang sakit. "Ini dia orang sakit yang merawat orang sakit," kata wanita itu, seperti itu adalah orang miskin yang berteman poor.8 yang
Apakah Anda melihat sesuatu yang indah baru-baru ini? Aku rindu sabar untuk surat dari Anda.
Memiliki Israels telah banyak bekerja akhir-akhir ini, dan Maris dan Mauve?
Beberapa malam yang lalu seekor anak kuda lahir di kandang di sini, makhluk kecil yang bagus yang cepat untuk berdiri kokoh di kakinya. Para pekerja menyimpan banyak kambing di sini, dan ada orang-orang muda di rumah-rumah di mana-mana, seperti kelinci umumnya dapat ditemukan di rumah-rumah pekerja.
Harus pergi keluar dan mengunjungi orang sakit, sehingga harus menyelesaikan sekarang, biarkan aku mendengar dari Anda segera, untuk memberikan tanda-tanda kehidupan, jika Anda memiliki waktu.
Berikan salam untuk teman serumah Anda, dan ungu muda ketika Anda mendapatkan kesempatan, saya berharap yang terbaik, dan percayalah pernah, dengan jabat tangan dalam pikiran,

Saudara penuh kasih Anda
Vincent

Turun di tambang adalah bisnis yang tidak menyenangkan, dalam semacam keranjang atau kandang seperti ember di sumur, tapi kemudian sumur 500-700 meter, sehingga di sana, melihat ke atas, siang hari tampaknya menjadi sekitar sebagai besar sebagai bintang di langit. Salah satu memiliki perasaan yang sama dengan pertama kali seseorang di sebuah kapal di laut, tapi lebih buruk, meskipun untungnya tidak berlangsung lama. Para pekerja bisa digunakan untuk itu, tetapi meskipun demikian, mereka tidak pernah melepaskan perasaan tak terkalahkan horor dan ketakutan yang tetap dengan mereka, bukan tanpa alasan atau dibenarkan. Setelah di sana, namun, itu tidak begitu buruk, dan usaha yang kaya dihargai oleh apa yang dilihatnya.

alamat
Vincent van Gogh
c / o Jean-Baptiste Denis
rue du Petit-Wasmes
Wasmes (Borinage, Hainaut)



152
Untuk Theo van Gogh. Wasmes, pada atau sekitar Kamis, 19 Juni, 1879.
  1r: 1
Wasmes, Juni 1879

My dear Theo,
Ini sudah agak terlambat, yaitu hampir 00:00, tapi aku masih ingin menulis beberapa kata untuk Anda hari ini. Pertama-tama, karena itu adalah waktu yang lama yang saya tulis untuk Anda - tapi lama chap, apa yang harus kukatakan kepadamu? - Saya dibanjiri dengan segala macam pekerjaan di sini, sehingga hari-hari berlalu, namun sering salah satu bahkan tidak memiliki waktu untuk berpikir atau melakukan hal-hal yang lain akan menarik bagi one.1 Tapi apa terutama memaksa saya untuk menulis adalah apa yang saya dengar dari rumah, yaitu bahwa mereka telah menawarkan untuk mengirimkan ke Paris untuk 6 minggu.2 Jika Anda pergi ke sana, Anda akan melewati Borinage. Tidakkah Anda mempertimbangkan menghabiskan hari di sini, atau lebih lama jika mungkin? Aku begitu banyak seperti Anda tahu negara ini, karena ada begitu banyak yang unik untuk diperhatikan oleh orang-orang yang melihat hal-hal erat. Bukankah lebih luar biasa bagi seseorang yang belum pernah melihat desa pantai untuk melihat Scheveningen atau Katwijk3 atau desa lainnya? Kalau begitu - tidak ada laut di sini, tapi karakter segala sesuatu yang menarik dan layak untuk mengenal. Jadi jika Anda merasa keinginan dan begitu ingin, dan dapat menemukan waktu dan kesempatan, silakan berhenti di sini, tapi menulis depan waktu ketika Anda datang dan keberadaan saya dapat menemukan Anda, di mana stasiun dan di mana kereta.
Saya akan memberikan surat ini kepada Ma ketika dia datang, karena kemungkinan besar saya akan bertemu ketika dia kembali dari Paris.4Am bersemangat rindu untuk bertemu dengannya.
Untungnya bagi Paman, bahaya tampaknya telah averted5 untuk sementara waktu.
Apa yang mempengaruhi saya sangat dengar bahwa Frans Soekdied, 6 Saya ingin mendengar beberapa hal khusus dalam hal ini dari Anda, jika Anda kebetulan tahu apa-apa, chap miskin, hidup itu tidak mudah baginya, melainkan cukup perjuangan.
Kami memiliki badai yang mengerikan di sini beberapa hari lalu, sekitar pukul 11 malam. Ada tempat terdekat di mana orang dapat melihat di kejauhan, di bawah ini, sebagian besar dari Borinage, dengan cerobong asap, pegunungan batu bara, 'rumah, tokoh hitam kecil bergerak siang hari seolah-olah dalam semut pekerja kecil sarang, di kejauhan hutan cemara gelap dengan rumah-rumah pekerja putih kecil 'di depan mereka, beberapa menara kecil di kejauhan, kincir angin tua & c. Biasanya semacam kabut menggantung di atasnya, atau yang lain ada efek fantastis cahaya dan bayangan karena bayang-bayang awan yang mengingatkan salah satu lukisan karya Rembrandtor Michel atau Ruisdael. Namun pada kesempatan itu badai di malam yang gelap gulita, itu adalah efek khusus yang disebabkan oleh kilat yang membuat segalanya terlihat hanya untuk waktu sekarang dan kemudian. Dekatnya, besar, bangunan suram dari tambang Marcasse, 7 berdiri sendiri dan terpisah di lapangan datar, yang malam itu, saat hujan kekerasan, benar-benar mengingatkan salah satu Hulk dari bahtera Nuh, karena akan muncul dalam kegelapan Air Bah oleh cahaya dari 1V flash.8 petir: 2 Terinspirasi oleh kesan yang dibuat oleh badai itu, saya memasukkan deskripsi dari sebuah kapal karam di dalam Alkitab membaca malam ini.
Saat ini saya membaca cabin9 Paman Tom banyak - masih ada begitu banyak perbudakan di dunia - dan dalam buku mengherankan indah hal yang sangat penting ini diperlakukan dengan hikmat, dengan cinta dan semangat dan minat dalam kesejahteraan asli masyarakat miskin dan tertindas, yang tidak bisa datang kembali ke sana lagi dan lagi dan menemukan lebih setiap kali.

Saya tahu ada definisi yang lebih baik dari Art kata dari ini, 'Seni adalah manusia ditambahkan ke alam', 10 alam, realitas, kebenaran, tetapi dengan makna, dengan interpretasi, dengan karakter yang seniman membawa keluar dan yang ia memberikan ekspresi, yang ia menetapkan gratis, yang membongkar, rilis, memaparkan.
Sebuah lukisan karya Mauve atau Maris atau Israels berbicara lebih banyak dan lebih jelas daripada alam itu sendiri. Begitu pula dengan buku juga, dan di kabin Paman Tom khususnya, hal-hal yang dimasukkan ke dalam cahaya baru oleh seniman, dan dengan demikian dalam buku itu, meskipun sudah mulai menjadi sebuah buku tua, yaitu satu tahun yang ditulis lalu , segala sesuatu yang dibuat new.11 Ini sangat halus merasa, itu sangat baik bekerja, begitu mengagumkan. Itu ditulis dengan begitu banyak cinta, begitu banyak keseriusan dan setia kepada kebenaran dan dengan pengetahuan tentang subjek. Ini sangat rendah hati dan sederhana namun pada saat yang sama sehingga benar-benar luhur, begitu mulia dan terhormat.
Baru-baru ini membaca buku tentang bahasa Inggris distrik pertambangan batu bara, 12 tetapi tidak memberikan terlalu banyak rincian. Dengan ini ukiran kayu untuk lembar memo Anda.
Akhir-akhir ini berkenalan seseorang yang melakukan pekerjaan selama bertahun-tahun. Adalah asal-usul sederhana tetapi bekerja karier. Sekarang dia memiliki keluhan dada, cukup serius, dan tidak bisa lagi berdiri pekerjaan sangat melelahkan turun di tambang. Ini sangat penting untuk mendengar dia berbicara tentang subjek. Dia selalu tetap teman pekerja yang (berbeda dengan banyak orang lain yang bekerja dengan cara mereka ke atas, bukan karena perbedaan benar tetapi karena uang, didorong oleh motif yang kurang mulia dan berkali-kali lebih basa). Dia memiliki hati buruh, benar dan jujur dan berani, tapi jauh di atas sebagian besar dari mereka dalam hal pengembangan intelektual.
Pada lebih dari satu kesempatan selama mogok, ia adalah satu-satunya orang yang bisa mengerahkan pengaruh pada para pekerja.
Mereka akan mendengar tidak ada, mereka akan mendengarkan siapa pun kecuali dirinya, dan pada saat kritis tidak ada yang dipatuhi tapi dia sendirian. Ketika aku bertemu dengannya untuk pertama kalinya, saya pikir dari etsa setelah Meissonier, dengan yang sudah Anda kenal, The reader.13 1V: 3
Salah satu anak laki-laki Denis adalah sebaik bertunangan dengan putrinya, itulah sebabnya dia datang ke sini ke rumah, meskipun tapi jarang, dan saya membuat kenalannya. Sejak saat itu aku mengunjunginya beberapa times.14
Apakah Anda pernah membaca Legouvé Les Peres et les enfants, 15that sebuah buku yang luar biasa, menemukan ada di rumah dan membacanya dengan bunga.
Menerima surat beberapa hari yang lalu dari Pendeta Jones dari Isleworth di mana ia menulis tentang bangunan gereja kayu sini di Borinage. Apakah itu layak? Apakah itu yang diinginkan? Dia memiliki pikiran untuk bekerja menuju tujuan itu, yaitu mendirikan pertama dari bangunan tersebut.
Bahkan berbicara tentang datang ke sini kadang-kadang di musim gugur untuk membahas masalah ini.
Saya benar-benar berharap bahwa hal seperti itu mungkin terjadi.
Menulis beberapa kata jika Anda punya waktu, dan jika Anda bisa, berhenti di sini di jalan untuk Paris.16 Dalam hal apapun, saya tahu jika mungkin yang melatih Anda akan melewati salah satu stasiun kereta api di sekitar Wasmes, dan stasiun mana, karena saya akan melakukan yang terbaik untuk berada di sana.
Berkat pada pekerjaan Anda, dan percayalah pernah

Saudara penuh kasih Anda
Vincent



153
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, Selasa, 5 Agustus, 1879.
  1r: 1
Cuesmes, 5 Agustus 1879

My dear Theo,
Saya menulis kepada anda dengan tergesa-gesa. Tidak akan Anda pergi ke Paris cukup lama sekarang? Jika demikian, menulis dan katakan padaku yang hari dan jam berapa, dan kemungkinan saya akan melihat Anda di stasiun. Jika Anda punya waktu untuk tinggal di sini selama satu hari, atau lebih lama atau lebih pendek, aku sungguh-sungguh berharap bahwa ini bisa terjadi.
Akan mampu menunjukkan beberapa gambar, jenis dari sini, 1 tidak bahwa mereka sendiri membuatnya bernilai saat Anda turun dari kereta, tapi di sini Anda akan dengan mudah menemukan sesuatu yang menarik bagi Anda dalam pemandangan dan singularitas dari segala sesuatu, untuk ada begitu banyak karakter yang indah dalam segala hal di wilayah ini. Apakah Anda pernah membaca Dickens, 'Les temps difficiles', Aku memberimu gelar di Prancis karena ada terjemahan Perancis yang sangat baik untuk 1,25 franc diterbitkan oleh Hachette, Bibliothèque des meilleurs romans étranger.2 Ini mengagumkan, salah satu karakter adalah seorang pekerja, Stephen Blackpool, siapa yang digambarkan dengan baik dan sangat likeable.3
Baru-baru ini di Brussels dan Maria-Horebeke dan Tournai, 4 sebagian berjalan kaki.
Apakah di alamat berikut saat ini

Mr Francq. Penginjil di CUESMES5 (di Marais, dekat Mons).

Ada banyak badai sini akhir-akhir.
Ayo, chap tua, jika Anda bisa mengaturnya, datang dan menginap sampai kereta berikutnya.
Baru-baru ini di sebuah studio, Pendeta Pieterszen itu, 6 yang melukis dengan gaya Schelfhout atau Hoppenbrouwers7 dan benar-benar memahami seni.
Dia meminta saya untuk salah satu sketsa saya, type.8 tambang-pekerja Sering duduk menggambar sampai larut malam untuk memiliki beberapa kenang-kenangan dan untuk memperkuat pikiran yang secara otomatis muncul di pikiran saat melihat hal-hal. 1V: 2
Tapi anak tua, saya tidak punya waktu, harus menulis segera toMr Tersteeg untuk berterima kasih atas kotak cat dia mengirimkan dan sketsa itu, sudah setengah full.9 Di Brussels saya membeli buku sketsa besar lain dengan kertas tua jaman Belanda dari penjual buku Yahudi.
Jika saya harus bisa melihat Anda, betapa senangnya aku akan, aku janji youDickens, Les temps difficiles, jika Anda ingin datang dan mengambilnya, tapi kalau tidak saya akan mengirimkannya ketika saya mendapatkan kesempatan.
Adieu, menerima jabat tangan dalam pemikiran, dan percayalah pernah

Hormat kami,
Vincent



154
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, antara sekitar Senin, 11 dan Kamis 14 Agustus, 1879.
  1r: 1
My dear Theo,
Ini terutama untuk memberitahu Anda bahwa saya bersyukur untuk visit1 Anda bahwa saya menulis kepada Anda. Itu cukup lama bahwa kita melihat satu sama lain atau saling menulis surat seperti yang biasa kami. Semua sama, lebih baik kita merasakan sesuatu untuk satu sama lain daripada berperilaku seperti mayat terhadap satu sama lain, lebih-lebih karena selama seseorang tidak memiliki nyata hak untuk disebut mayat dengan menjadi hukum mati, itu memukul kemunafikan atau setidaknya kekanak-kanakan untuk berpose seperti itu. Kekanak-kanakan dalam cara seorang pemuda 14 tahun yang berpikir bahwa martabat dan kedudukan sosial benar-benar mewajibkan dia untuk memakai topi. Jam kami habiskan bersama dengan cara ini memiliki setidaknya meyakinkan kita bahwa kita berdua masih di negeri orang hidup. Ketika aku melihatmu lagi dan berjalan-jalan dengan Anda, saya punya perasaan yang sama saya gunakan untuk memiliki lebih dari yang saya lakukan sekarang, seolah-olah hidup adalah sesuatu yang baik dan berharga bahwa orang harus menghargai, dan saya merasa lebih ceria dan hidup daripada aku telah untuk waktu yang lama, karena meskipun diriku hidup secara bertahap menjadi atau telah tampak jauh lebih berharga bagiku, jauh lebih penting dan acuh tak acuh. Ketika seseorang hidup dengan orang lain dan terikat oleh perasaan kasih sayang seseorang menyadari bahwa seseorang memiliki alasan untuk menjadi, bahwa seseorang mungkin tidak sepenuhnya berharga dan berguna tapi mungkin baik untuk satu hal atau lain, mengingat bahwa kita saling membutuhkan dan membuat perjalanan yang sama seperti seperjalanan. Tepat diri, bagaimanapun, juga sangat tergantung pada hubungan dengan orang lain.
Seorang tahanan yang sudah diisolasi, siapa yang dicegah dari bekerja & c., Akan dalam jangka panjang, terutama jika ini adalah untuk bertahan terlalu lama, menderita konsekuensi persis seperti orang yang pergi lapar terlalu lama. Seperti orang lain, saya memiliki kebutuhan hubungan persahabatan atau kasih sayang atau persahabatan percaya, dan saya tidak seperti pompa jalan atau lampu tiang, baik dari batu atau besi, sehingga saya tidak bisa melakukannya tanpa mereka tanpa memahami kekosongan dan perasaan kurangnya mereka, seperti orang pada umumnya beradab dan sangat terhormat lainnya - dan saya katakan hal-hal ini agar Anda tahu apa efek yang bermanfaat kunjungan Anda pada saya.
Dan sama seperti aku berharap bahwa kita tidak menjauh, ini juga terjadi berkaitan dengan orang-orang di rumah. Meski begitu, saat ini aku benar-benar takut pergi ke sana dan saya sangat cenderung untuk tinggal di sini. Bisa, bagaimanapun, salahku, dan Anda mungkin benar dalam berpikir bahwa saya tidak melihat hal-hal yang lurus, yang mengapa mungkin bahwa, meskipun keengganan besar dan meskipun itu adalah perjalanan yang sulit, aku akan Etten setidaknya beberapa days.2
Karena saya pikir kembali pada kunjungan Anda dengan rasa syukur, pembicaraan kami alami datang ke pikiran. Aku pernah mendengar pembicaraan tersebut sebelumnya, banyak, pada kenyataannya, dan sering. Rencana untuk perbaikan dan perubahan dan meningkatkan roh - namun, jangan biarkan kemarahan Anda, aku sedikit takut pada mereka - juga karena saya kadang-kadang bertindak atas mereka dan akhirnya agak kecewa. Berapa banyak yang telah dipikirkan dengan baik yaitu, bagaimanapun, tidak praktis.
Waktu yang dihabiskan di Amsterdam masih begitu segar dalam ingatan saya. Kau ada di sana sendiri, sehingga Anda tahu bagaimana pro dan kontra ditimbang, dipertimbangkan dan dibahas pada, beralasan dengan kebijaksanaan, bagaimana hal itu dimaksudkan baik - namun bagaimana menyedihkan hasilnya, bagaimana bodoh seluruh bisnis, bagaimana terlalu bodoh. Saya masih bergidik memikirkan hal itu. 1V: 2 Itu adalah waktu terburuk yang pernah saya alami. Bagaimana diinginkan dan menarik hari agak sulit dan bermasalah di negara miskin ini, dalam lingkungan yang primitif, tampaknya saya dibandingkan dengan itu. Hal serupa, saya takut, akan menjadi hasil dari mengikuti nasihat bijak yang diberikan dengan niat baik.
Untuk pengalaman tersebut cukup drastis bagi saya. Kerusakan, kesedihan, regretfulness jantung terlalu besar bagi kami berdua untuk tidak belajar dengan cara yang keras. Jika kita tidak belajar dari hal ini, apa yang akan kita kemudian belajar dari? Sebuah berjuang seperti mencapai tujuan yang ditetapkan sebelum saya, karena itu dimasukkan kemudian, benar-benar itu adalah ambisi yang tidak akan mudah memegang lagi, keinginan untuk mencapai itu telah didinginkan jauh, dan sekarang saya melihat hal-hal dari perspektif yang berbeda, meskipun mungkin terdengar dan terlihat menarik, dan meskipun itu tidak dapat diterima untuk berpikir tentang hal ini sebagai pengalaman mengajarkan saya untuk berpikir tentang hal itu. Tidak dapat diterima, ya, seperti, misalnya, Francq Penginjil menemukan tidak dapat diterima bahwa saya menyatakan khotbah yang diberikan oleh Rev. Jean Andry3to hanya sedikit lebih evangelis dari khotbah-khotbah dari seorang imam. Saya lebih baik mati kematian yang alami daripada bersiaplah untuk itu dengan akademi, dan kadang-kadang memiliki pelajaran dari rumput-mower4 yang tampaknya saya lebih berguna dari satu dalam bahasa Yunani.
Peningkatan dalam hidup saya - yang harus saya tidak menginginkannya atau saya harus tidak membutuhkan perbaikan? Aku benar-benar ingin meningkatkan. Tapi itu justru karena saya merindukan bahwa aku takut obat yang lebih buruk daripada disease.5 Dapatkah Anda menyalahkan orang sakit jika ia terlihat dokter langsung di mata dan memilih untuk tidak diperlakukan salah atau dukun?
Apakah seseorang yang memiliki konsumsi atau tifus berbuat salah dengan mempertahankan bahwa obat kuat dari air barley mungkin berguna atau bahkan diperlukan, 6 atau, menemukan bahwa air barley sendiri bisa tidak membahayakan, namun meragukan efektivitas dan potensi dalam kasus tertentu nya?
Dokter yang diresepkan air barley tidak harus mengatakan, pasien ini adalah orang keras kepala yang diatur pada kehancuran sendiri karena dia tidak ingin mengambil obat - tidak, karena manusia tidak mau, tapi apa yang disebut obat itu cocok, karena memang 'itu' tapi masih belum 'itu' di all.7
Apakah Anda menyalahkan seseorang jika ia gagal untuk dipindahkan oleh sebuah lukisan yang dicatat dalam katalog sebagai Memling tapi yang tidak ada hubungannya dengan Memling selain itu adalah subjek yang sama dari periode Gothic tapi tanpa nilai seni?
Dan jika Anda sekarang harus mengasumsikan dari apa yang telah saya katakan bahwa saya bermaksud untuk mengatakan Anda adalah dukun karena saran Anda, maka Anda akan benar-benar salah paham, karena saya tidak tahu atau pendapat Anda tersebut.
Jika, di sisi lain, Anda berpikir bahwa saya pikir saya akan melakukannya dengan baik untuk mengambil nasihat Anda secara harfiah dan menjadi lithographer judul faktur dan mengunjungi kartu, atau pembukuan atau magang tukang kayu - juga bahwa saya sangat sayang sisterAnna untuk mengabdikan diri perdagangan tukang roti atau banyak hal lain semacam itu (cukup sangat beragam dan saling eksklusif) - yang ia menyarankan saya mengejar, Anda juga akan 1V mistaken.8: 3
Tapi, Anda berkata, aku tidak memberikan nasihat ini bagi Anda untuk mengikuti ke surat itu, tapi karena saya pikir Anda memiliki rasa untuk pemalasan dan karena saya berpendapat bahwa Anda harus mengakhiri itu.
Mungkin saya diizinkan untuk menunjukkan kepada Anda bahwa pemalasan tersebut benar-benar semacam agak aneh idling. Ini agak sulit bagi saya untuk membela diri pada skor ini, tapi aku akan menyesal jika Anda tidak bisa akhirnya melihat ini dalam cahaya yang berbeda. Saya juga tidak tahu apakah aku akan melakukannya dengan baik untuk melawan tuduhan tersebut dengan mengikuti saran untuk menjadi tukang roti, misalnya. Yang benar-benar akan menjadi jawaban yang cukup (seandainya hal itu mungkin bagi kita untuk menganggap kedok seorang tukang roti atau rambut-cutter atau pustakawan dengan kecepatan kilat) dan belum benar-benar respon bodoh, bukan seperti cara orang bertindak yang ketika dituduh heartlessness karena ia duduk di keledai, segera turun dan melanjutkan perjalanannya dengan keledai di shoulders.9 nya
Dan, bercanda terpisah, jujur saya pikir akan lebih baik jika hubungan di antara kami lebih percaya pada kedua sisi. Jika saya serius harus merasa bahwa aku mengganggu atau memberatkan Anda atau orang-orang di rumah, berguna untuk tidak satu hal atau yang lain, dan untuk terus dipaksa untuk merasa seperti penyusup atau roda kelima di hadapan Anda, sehingga akan lebih baik saya tidak ada di sana, dan jika saya harus terus berusaha untuk menjaga semakin jauh dari cara orang lain - jika saya berpikir bahwa memang akan begitu dan tidak bisa sebaliknya, maka aku diatasi dengan perasaan kesedihan dan saya harus berjuang melawan putus asa.
Sulit bagi saya untuk menanggung pikiran dan lebih sulit lagi untuk menanggung pikiran bahwa begitu banyak perselisihan, penderitaan dan kesedihan, di tengah-tengah kita dan keluarga kita, telah disebabkan oleh saya.
Jika memang demikian, maka saya akan benar-benar berharap bahwa itu diberikan saya tidak harus terus hidup terlalu lama. Namun setiap kali ini menekan saya tak terkira, semua terlalu dalam, setelah waktu yang lama pikiran juga terjadi kepada saya: itu mungkin hanya buruk, mimpi buruk, dan kemudian kami akan mungkin belajar untuk mengerti dan memahami lebih baik. Tapi tidak, setelah semua, realitas, dan tidak akan menjadi salah satu hari menjadi lebih baik daripada buruk? Bagi banyak itu akan tidak diragukan tampil bodoh dan takhayul untuk percaya pada perbaikan menjadi lebih baik. Kadang-kadang di musim dingin itu sangat dingin bahwa salah satu mengatakan, itu hanya terlalu dingin, apa yang harus saya peduli apakah musim panas datang, yang buruk melebihi yang baik. Tapi apakah kita suka atau tidak, akhir akhirnya datang ke es keras, dan suatu pagi yang cerah angin telah berubah dan kami memiliki sebuah mencair. Membandingkan keadaan alami cuaca dengan keadaan pikiran kita dan keadaan kita, tunduk variableness dan perubahan, saya masih memiliki beberapa harapan bahwa hal itu dapat meningkatkan.
Jika Anda menulis, segera mungkin, Anda akan membuat saya bahagia. Hanya dalam kasus, alamat perawatan surat dari J.Bte Denis, rue du Petit-Wasmes à Wasmes (Hainaut) .10
Berjalan ke Wasmes setelah keberangkatan malam itu. Sejak ditarik potret.
Adieu, menerima dalam berpikir jabat tangan, dan percayalah

Hormat kami,
Vincent


155
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, antara sekitar Selasa, 22 dan Kamis 24 Juni, 1880.
  1r: 1
My dear Theo,
Ini dengan beberapa keengganan yang saya menulis kepada Anda, tidak setelah melakukannya begitu lama, 1 dan bahwa bagi banyak alasan. Sampai titik tertentu Anda telah menjadi orang asing bagiku, dan saya juga satu untuk Anda, mungkin lebih dari yang Anda pikirkan; mungkin itu akan lebih baik bagi kita untuk tidak pergi di jalan ini.
Ada kemungkinan bahwa saya bahkan tidak menulis kepada kamu sekarang jika bukan bahwa aku di bawah kewajiban, keharusan, menulis kepada anda. Jika, saya katakan, Anda sendiri tidak dikenakan keharusan itu. Saya belajar di Etten2 bahwa Anda telah mengirimkan lima puluh franc untuk saya; baik, saya menerima mereka.3 Tentu enggan, tentunya dengan perasaan yang agak melankolis, tapi aku di semacam kebuntuan atau berantakan; apa lagi yang bisa dilakukan?
Dan jadi terima kasih untuk itu bahwa saya menulis kepada Anda.
Seperti yang Anda mungkin mungkin tahu, aku kembali Borinage; myfather berbicara kepada saya tinggal di sekitar Etten bukan; Saya bilang tidak, dan saya percaya saya bertindak demikian untuk yang terbaik. Tanpa ingin, saya sudah kurang lebih menjadi semacam karakter mustahil dan tersangka dalam keluarga, dalam hal apapun, seseorang yang tidak dipercaya, jadi bagaimana, kemudian, aku bisa berguna bagi siapa saja dengan cara apapun?
Itu sebabnya, pertama-tama, jadi saya cenderung percaya, itu bermanfaat dan posisi terbaik dan paling masuk akal untuk mengambil, bagi saya untuk pergi dan tetap pada jarak yang tepat, seolah-olah aku tidak ada. Apa moulting adalah burung, 4 waktu ketika mereka mengubah bulunya, yang kesulitan atau kemalangan, masa-masa sulit, 5 bagi kita manusia. Satu dapat tetap berada dalam periode molting, kita juga dapat keluar dari situ baru, tapi itu tidak dilakukan di depan umum, namun; itu hampir menghibur, itu tidak ceria, jadi soal membuat diri langka. Nah, jadi itu. Sekarang, meskipun mungkin hal kesulitan yang agak demoralisasi untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari seluruh keluarga mungkin tidak sepenuhnya tanpa prasangka dan kualitas sama terhormat dan fashionablea lainnya, namun, aku tidak benar-benar tanpa harapan bahwa sedikit demi sedikit, perlahan-lahan dan pasti, pemahaman yang baik dapat didirikan kembali dengan orang ini dan itu.
Di tempat pertama, kemudian, saya ingin melihat pemahaman yang baik ini, untuk mengatakan tidak lebih, didirikan kembali antara ayah saya dan saya, dan saya juga akan sangat tertarik bahwa itu didirikan kembali antara kami berdua. Pemahaman yang baik jauh lebih baik daripada kesalahpahaman.
Sekarang saya harus membuat Anda bosan dengan hal-hal yang abstrak tertentu; Namun, saya ingin Anda untuk mendengarkan mereka dengan sabar.
Aku, untuk satu, seorang pria nafsu, mampu dan bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang agak bodoh yang saya kadang-kadang merasa agak menyesal. Saya sering menemukan diri berbicara atau bertindak agak terlalu cepat ketika akan lebih baik untuk menunggu lebih sabar. Saya berpikir bahwa orang lain mungkin juga kadang-kadang melakukan hal-hal bodoh yang sama. Sekarang sedang begitu, apa yang harus dilakukan, harus satu menganggap dirinya orang yang berbahaya, tidak mampu apa-apa? Saya rasa tidak. Tapi itu soal mencoba dengan segala cara untuk mengubah bahkan nafsu tersebut ke rekening yang baik. Misalnya, untuk nama satu gairah antara lain, saya memiliki lebih atau kurang menarik gairah untuk buku, dan saya memiliki kebutuhan terus-menerus untuk mendidik diri sendiri, untuk belajar, jika Anda suka, tepat seperti yang saya perlu makan roti. Anda akan dapat memahami bahwa diri Anda. Ketika saya berada di lingkungan yang berbeda, di lingkungan lukisan dan karya seni, Anda juga tahu bahwa saya kemudian mengambil gairah kekerasan bagi mereka lingkungan yang pergi sejauh enthusiasm.6And Saya tidak bertobat itu, dan sekarang, jauh dari negara lagi, saya sering merasa rindu untuk negara lukisan. 1V: 2
Anda mungkin mungkin ingat dengan jelas bahwa saya tahu betul (dan mungkin juga bahwa saya masih tahu) apa Rembrandt atau apa Millet adalah, atau Jules Dupre atau Delacroix atau Millais atau M. Maris.
Baik - sekarang saya tidak lagi memiliki orang-orang sekitarnya - bagaimanapun, bahwa sesuatu yang disebut jiwa, mereka mengklaim bahwa itu tidak pernah mati dan bahwa ia hidup untuk selama-lamanya dan berusaha untuk selama-lamanya dan selama-lamanya dan selama-lamanya.
Jadi, bukannya menyerah pada kerinduan, saya berkata pada diri sendiri, seseorang tanah negara atau asli adalah everywhere.7 Jadi, bukannya memberikan cara untuk putus asa, saya mengambil jalan melankolis aktif selama aku punya kekuatan untuk kegiatan, atau dengan kata lain, saya lebih suka melankolis yang berharap dan bercita-cita dan pencarian ke salah satu yang putus asa, sedih dan stagnan. Jadi saya mempelajari buku yang saya harus tangan yang agak serius, seperti Alkitab dan Michelet di la Revolution Française, 8 dan kemudian musim dingin yang lalu, Shakespeareand sedikit V. Hugo dan Dickens dan Beecher Stowe, dan kemudian baru Aeschylus, 9 dan kemudian beberapa lainnya penulis klasik kurang, beberapa master kecil yang baik. Anda juga tahu bahwa orang yang peringkat di antara minor (?) Master disebut Fabritiusor Bida.
Sekarang pria yang diserap dalam semua yang kadang-kadang mengejutkan, b kepada orang lain, dan tanpa ingin, menyinggung ke tingkat yang lebih besar atau lebih kecil terhadap bentuk-bentuk tertentu dan kebiasaan dan konvensi sosial. Sayang sekali, meskipun, ketika orang-orang mengambil bagian dalam yang buruk. Sebagai contoh, Anda juga tahu bahwa saya telah sering diabaikan penampilan saya, saya akui itu, dan saya mengakui bahwa itu shocking.c Tapi lihat, masalah uang dan kemiskinan ada hubungannya dengan itu, dan kemudian kekecewaan yang mendalam juga memiliki sesuatu untuk lakukan dengan itu, dan kemudian kadang-kadang cara yang baik untuk memastikan untuk diri sendiri kesendirian yang dibutuhkan untuk dapat pergi agak lebih dalam ke dalam ini atau itu bidang studi dengan mana yang sibuk. Salah satu bidang yang sangat diperlukan studi adalah obat; nyaris tak ada orang yang tidak mencoba untuk tahu sedikit tentang hal itu, yang tidak mencoba untuk memahami setidaknya apa itu tentang, dan di sini saya masih tidak tahu apa-apa tentang hal itu. Namun semua itu menyerap, tapi semua yang melalaikan, tapi semua itu membuat Anda bermimpi, merenungkan, berpikir.
Dan sekarang sebanyak 5 tahun, mungkin, saya tidak tahu persis, saya sudah lebih atau kurang tanpa posisi, berkeliaran ke sana kemari. Sekarang Anda katakan, dari ini dan itu seperti waktu Anda sudah akan menurun, Anda telah memudar, Anda telah melakukan apa-apa. Apakah itu sepenuhnya benar?
Memang benar bahwa kadang-kadang saya telah menerima kerak saya roti, kadang-kadang beberapa teman telah memberi saya sebagai nikmat; Aku sudah tinggal sebaik mungkin, baik atau lebih buruk, karena semua berjalan; memang benar bahwa saya telah kehilangan kepercayaan beberapa orang, memang benar bahwa urusan keuangan saya dalam keadaan menyesal, memang benar bahwa masa depan tidak sedikit gelap, memang benar bahwa saya bisa melakukannya lebih baik, memang benar bahwa hanya dalam hal produktif hidup saya, saya telah kehilangan waktu, memang benar bahwa studi saya sendiri dalam keadaan agak menyesal dan menyedihkan, dan bahwa saya kurang lebih, jauh lebih daripada yang saya miliki. Tetapi yang disebut akan menurun, dan yang disebut melakukan apa-apa?
Mungkin Anda akan mengatakan, tapi mengapa tidak Anda terus sebagai orang akan berharap Anda untuk terus, sepanjang jalan universitas?
Untuk itu saya akan mengatakan hanya ini, biaya terlalu banyak dan kemudian, masa depan itu tidak lebih baik dari yang sekarang, di jalan yang aku di. 1V: 3 Tetapi di jalan yang aku di aku harus terus; jika saya melakukan apa-apa, jika saya tidak belajar, jika saya tidak terus berusaha, maka saya hilang, maka Terkutuklah saya. Begitulah cara saya melihat ini, terus, terus, itulah yang dibutuhkan.
Tapi apa tujuan akhir Anda, Anda akan mengatakan. Tujuan itu akan menjadi lebih jelas, akan terbentuk perlahan dan pasti, sebagai Croquis menjadi sketsa dan sketsa lukisan, sebagai salah satu bekerja lebih serius, sebagai salah satu menggali lebih dalam gagasan awalnya kabur, buronan pertama, lewat pikiran, kecuali menjadi perusahaan.
Anda harus tahu bahwa itu sama dengan penginjil seperti seniman. Ada, sering menjijikkan, sekolah akademik tirani tua, Pembinasa keji, 10 pada kenyataannya - laki-laki memiliki, sehingga untuk berbicara, baju besi, sebuah dada baja prasangka dan konvensi. Orang-orang, ketika mereka sedang bertugas hal, memiliki posisi yang mereka miliki, dan dengan sistem circumlocution11 berusaha untuk mendukung anak didik mereka, dan untuk mengecualikan manusia duniawi dari antara mereka.
Tuhan mereka adalah seperti Allah pemabuk Shakespeare, Falstaff, 'bagian dalam gereja'; 12 d dalam kebenaran, evangelis tertentu (???) pria menemukan diri mereka, oleh hubungannya yang aneh (mungkin mereka sendiri, jika mereka mampu perasaan manusia, akan agak terkejut) menemukan diri mereka memegang titik yang sama pandang sebagai pemabuk dalam hal spiritual. Tapi ada sedikit kekhawatiran bahwa kebutaan mereka pernah akan berubah menjadi jelas-sightedness di subject.13 yang
Keadaan ini memiliki sisi buruk untuk seseorang yang tidak setuju dengan semua itu, dan siapa yang protes terhadap hal itu dengan sepenuh hati dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap amarah yang ia mampu.
Aku sendiri, aku menghormati akademisi yang tidak seperti orang-orang akademisi, tapi yang terhormat lebih tipis tersebar dari satu akan percaya pada pandangan pertama. Sekarang salah satu alasan mengapa saya sekarang tanpa posisi, mengapa aku sudah tanpa posisi selama bertahun-tahun, itu cukup sederhana karena saya memiliki ide yang berbeda dari pria ini yang memberikan posisi kepada individu yang berpikir seperti mereka.
Ini bukan masalah sederhana penampilan, sebagai orang munafik diadakan terhadap saya, itu sesuatu yang lebih serius dari itu, saya jamin.
Mengapa saya mengatakan semua ini? - Tidak menggerutu, tidak meminta maaf atas hal-hal di mana saya mungkin lebih atau kurang salah, tapi cukup hanya untuk mengatakan ini: pada kunjungan terakhir Anda, musim panas lalu, 14 ketika kami berjalan bersama di dekat tambang bekas yang mereka sebut La Sorcière, 15 Anda mengingatkan saya bahwa ada waktu ketika kita juga berjalan bersama-sama dekat kanal tua dan pabrik dari Rijswijk, 16 dan kemudian, Anda berkata, kami sepakat pada banyak hal, tetapi, Anda menambahkan - Anda sudah benar-benar berubah sejak saat itu , Anda tidak sama lagi. Nah, itu tidak cukup bagaimana hal itu; apa yang telah berubah adalah bahwa hidup saya kurang sulit itu dan masa depan saya kurang gelap, tapi sejauh diri saya batin, sejauh cara saya melihat dan berpikir yang bersangkutan, mereka tidak berubah. Tapi kalau ternyata ada perubahan, itu yang sekarang saya pikir dan saya percaya dan aku mencintai lebih serius apa itu juga, saya sudah berpikir, saya percaya dan aku mencintai.
Jadi akan salah paham jika Anda adalah untuk bertahan dalam keyakinan bahwa, misalnya, saya akan kurang hangat sekarang towardsRembrandt atau Millet atau Delacroix, atau siapa pun atau apa pun, karena itu sebaliknya. Tapi Anda lihat, ada beberapa hal yang dapat dipercaya dan dicintai; ada sesuatu dari Rembrandt di 1r: 4 Shakespeare17 dan sesuatu ofCorreggio atau Sarto di Michelet, dan sesuatu dari Delacroix Inv. Hugo, dan di Beecher Stowe ada sesuatu dari Ary Scheffer. Dan di Bunyan ada sesuatu M. Maris atau ofMillet, realitas yang lebih nyata daripada kenyataan, sehingga untuk berbicara, tetapi Anda harus tahu cara membaca dia; maka ada hal-hal yang luar biasa dalam dirinya, dan dia tahu bagaimana untuk mengatakan hal-hal yang tak terkatakan; dan kemudian ada sesuatu Rembrandt dalam Injil atau Injil di Rembrandt, seperti yang Anda inginkan, datang ke kurang lebih sama, asalkan kita memahami itu benar, tanpa berusaha untuk memutar ke arah yang salah, dan jika salah satu beruang dalam pikiran setara dari perbandingan, yang tidak mengklaim mengurangi manfaat dari tokoh aslinya.
Jika sekarang Anda dapat memaafkan seorang pria untuk pergi lebih dalam ke dalam lukisan, mengakui juga bahwa cinta buku adalah sebagai suci sebagai ofRembrandt itu, dan saya bahkan berpikir bahwa kedua melengkapi satu sama lain.
Aku benar-benar mencintai potret seorang pria dengan Fabritius, yang satu hari, juga saat berjalan-jalan bersama-sama, kita melihat untuk waktu yang lama di Haarlem museum.18 baik, tapi aku suka Dickens 'Richard cartone' dalam bukunya Paris et Londres en 1793 hanya sebanyak, 19 dan saya bisa menunjukkan angka aneh hidup lainnya dalam buku-buku belum lainnya, dengan kurang lebih mencolok kemiripan. Dan saya berpikir bahwa Kent, seorang pria di Shakespeare King Lear, sama mulia dan dibedakan karakter seperti halnya sosok Th. de Keyser, meskipun Kent dan Raja Lear20 seharusnya telah hidup lama sebelumnya. Untuk meletakkannya tidak lebih tinggi, Tuhan, betapa indahnya itu. Shakespeare - yang misterius karena dia? - Bahasa dan caranya melakukan hal-hal yang pasti sama setiap gemetar sikat dengan demam dan emosi. Tapi satu harus belajar membaca, sebagai salah satu harus belajar untuk melihat dan belajar untuk live.21
Jadi Anda tidak harus berpikir bahwa aku menolak ini atau itu; dalam ketidakpercayaan saya, saya percaya, dengan cara, dan meskipun telah berubah Akulah yang sama, dan siksaan saya tidak lain adalah ini, apa yang bisa saya baik untuk, tidak bisa saya melayani dan berguna dalam beberapa cara, bagaimana saya bisa mengenal lebih teliti, dan pergi lebih dalam subjek ini atau itu? Apakah Anda melihat, itu terus menyiksa saya, dan kemudian Anda merasa seorang tahanan di kemelaratan, dikecualikan dari berpartisipasi dalam pekerjaan ini atau itu, dan hal-hal yang diperlukan ini dan itu berada di luar jangkauan Anda. Karena itu, Anda tidak tanpa melankolis, dan Anda merasa kekosongan di mana mungkin ada persahabatan dan kasih sayang yang tinggi dan serius, dan Anda merasa putus asa mengerikan menggerogoti energi psikis Anda sendiri, dan nasib tampaknya mampu menempatkan penghalang terhadap naluri kasih sayang, atau gelombang jijik yang mengalahkan Anda. Dan kemudian Anda mengatakan, berapa lama, ya Tuhan 22 Nah, kemudian, apa yang bisa saya katakan!; melakukan apa yang terjadi di dalam acara di luar? Seseorang memiliki api yang besar dalam jiwanya dan tidak ada yang pernah datang untuk menghangatkan diri dalam hal itu, dan orang yang lewat melihat apa-apa kecuali sedikit asap di bagian atas cerobong asap dan kemudian pergi dalam perjalanan mereka. Jadi sekarang apa yang harus kita lakukan, menjaga api ini hidup di dalam, memiliki garam dalam diri kita, 23 menunggu dengan sabar, tetapi dengan berapa banyak sabar, menunggu satu jam, saya katakan, ketika siapapun yang mau, akan datang dan duduk di sana, akan tetap ada, untuk semua aku tahu? May siapa saja yang percaya pada Tuhan menunggu jam, yang akan datang cepat atau lambat.
Sekarang untuk saat ini semua urusan saya akan buruk, sehingga akan tampak, dan yang telah jadi untuk jangka waktu yang tidak begitu tak berarti waktu, dan mungkin tetap seperti itu untuk masa depan yang lebih panjang atau durasi yang lebih singkat, tapi mungkin bahwa setelah semuanya telah tampak salah, mungkin maka semua berjalan lebih baik. Saya tidak menghitung di atasnya, mungkin itu tidak akan terjadi, tapi seandainya ada datang beberapa perubahan yang lebih baik, saya akan menghitung bahwa sebagai begitu banyak diperoleh; Aku akan senang tentang hal itu, saya akan mengatakan, baik itu, ada Anda, ada sesuatu, setelah semua. 2r: 5
Tapi Anda akan mengatakan, meskipun, Anda seorang makhluk menjijikkan karena Anda memiliki ide mustahil pada agama dan keberatan kekanak-kanakan hati nurani. Jika saya memiliki yang tidak mungkin atau kekanak-kanakan, mungkin aku akan dibebaskan dari mereka; Aku ingin sesuatu yang lebih baik. Tapi di sinilah saya mengenai hal ini, lebih atau kurang. Anda akan menemukan di Souvestre Le philosophe sous les toits bagaimana seorang rakyat, seorang pekerja sederhana, sangat celaka, jika Anda mau, membayangkan negara ibunya, 24 'Mungkin Anda tidak pernah berpikir tentang apa yang ibu negara Anda, lanjutnya , meletakkan tangannya di bahu saya; itu segala sesuatu yang mengelilingi Anda, segala sesuatu yang mengangkat dan bergizi Anda, semua yang Anda senang. Pedesaan ini yang Anda lihat, rumah-rumah ini, pohon-pohon ini, gadis-gadis muda, tertawa saat mereka melewati di sana, itu negara ibumu! Undang-undang yang melindungi Anda, roti yang merupakan hadiah dari kerja Anda, kata-kata yang Anda pertukaran, sukacita dan kesedihan yang datang kepada Anda dari orang-orang dan hal-hal di antaranya Anda tinggal, itu negara ibumu! Ruang kecil di mana Anda pernah digunakan untuk melihat ibumu, kenangan dia meninggalkan Anda, bumi di mana ia berpijak, itu negara ibumu! Anda melihatnya, Anda bernapas di mana-mana! Bayangkan, hak-hak dan kewajiban Anda, lampiran dan kebutuhan Anda, kenangan dan rasa syukur Anda, menempatkan semua yang bersama-sama di bawah satu nama, dan nama yang akan ibu negara Anda. "

Sekarang juga, segala sesuatu pada pria dan dalam karya-karya mereka yang benar-benar baik, dan indah dengan moral, spiritual dan luhur inner beauty, saya berpikir bahwa itu berasal dari Allah, dan bahwa segala sesuatu yang buruk dan jahat dalam karya-karya laki-laki dan di laki-laki, itu bukan dari Allah, dan Allah tidak merasa baik, baik. Tapi tanpa bermaksud itu, aku selalu cenderung percaya bahwa cara terbaik untuk mengenal Tuhan adalah mencintai deal.25 besar Cinta bahwa teman, orang itu, hal yang, apa pun yang Anda suka, Anda akan berada di jalan yang benar untuk mengetahui lebih teliti, setelah itu; itulah yang saya katakan kepada diri saya sendiri. Tapi Anda harus mencintai dengan tinggi, simpati intim yang serius, dengan kehendak, dengan kecerdasan, dan Anda harus selalu berusaha untuk mengetahui lebih teliti, lebih baik, dan banyak lagi. Yang mengarah kepada Allah, yang mengarah ke iman tak tergoyahkan.
Seseorang, untuk memberikan contoh, akan mencintai Rembrandt, tapi serius, bahwa manusia akan tahu ada Allah, dia akan percaya tegas di dalam Dia.
Seseorang akan melakukan studi mendalam tentang sejarah Revolusi Perancis - dia tidak akan menjadi orang yang tidak percaya, ia akan melihat bahwa dalam hal-hal besar, juga, ada kekuatan berdaulat yang memanifestasikan dirinya.
Seseorang akan menghadiri, untuk waktu saja, kursus gratis di universitas besar kemiskinan, dan akan membayar perhatian pada hal-hal yang ia melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya, 26and akan berpikir tentang hal itu; dia juga, akan datang untuk percaya, dan mungkin akan belajar lebih banyak tentang hal itu daripada ia bisa mengatakan.
Cobalah untuk memahami kata terakhir dari apa yang para seniman besar, master serius, katakan dalam karya mereka; akan ada Allah di dalamnya. Seseorang telah menulis atau mengatakan dalam sebuah buku, seseorang dalam sebuah lukisan.
Dan cukup hanya membaca Alkitab, dan Injil, karena itu akan memberi Anda sesuatu untuk dipikirkan, dan banyak untuk memikirkan dan segala sesuatu untuk berpikir tentang, baik itu, berpikir tentang banyak hal ini, berpikir tentang segala sesuatu ini, menimbulkan pemikiran Anda di atas tingkat biasa, meskipun diri sendiri. Karena kita tahu cara membaca, mari kita membaca, maka!
Sekarang, setelah itu, kita mungkin kadang-kadang menjadi sedikit pelupa, 27 sedikit menerawang; ada orang-orang yang menjadi sedikit terlalu linglung, sedikit terlalu menerawang; itu terjadi pada saya, mungkin, tapi itu salahku sendiri. Dan setelah semua, siapa tahu, tidak ada beberapa penyebab; itu untuk ini atau itu alasan yang saya diserap, sibuk, cemas, tetapi Anda mendapatkan lebih dari itu. Pemimpi kadang jatuh ke dalam lubang, tapi mereka mengatakan bahwa setelah dia datang dari lagi. 2v: 6
Dan orang linglung, kadang-kadang dia juga memiliki kehadirannya pikiran, seolah-olah sebagai kompensasi. Dia kadang-kadang karakter yang memiliki nya raison d'etre untuk satu atau alasan lain yang kita tidak selalu melihat langsung, atau mana yang lupa dengan menjadi linglung, sebagian besar tidak sengaja. Orang yang telah bergulir sepanjang untuk usia seakan melemparkan di laut badai tiba di tempat tujuannya akhirnya; orang yang telah tampak baik untuk apa-apa dan tidak mampu mengisi posisi apapun, peran apa pun, menemukan satu pada akhirnya, dan, aktif dan mampu bertindak, menunjukkan dirinya sama sekali berbeda dari apa yang telah ia tampak pada pandangan pertama.
Aku menulis Anda agak acak apa pun yang datang ke pena; Saya akan sangat senang jika Anda entah bagaimana bisa melihat dalam diriku sesuatu selain semacam pemalas.
Karena ada pemalas dan pemalas, yang membentuk sebuah kontras.
Ada orang yang merupakan pemalas melalui kemalasan dan kelemahan karakter, melalui kehinaan dari alam; Anda mungkin, jika Anda berpikir fit, membawa saya untuk one.28 seperti Lalu ada pemalas lain, pemalas benar meskipun dirinya sendiri, yang menggerogoti hati dengan keinginan yang besar untuk tindakan, yang tidak apa-apa karena ia merasa tidak mungkin untuk melakukan apa-apa karena dia dipenjara dalam sesuatu, sehingga untuk berbicara, karena ia tidak memiliki apa yang dia butuhkan untuk menjadi produktif, karena keniscayaan keadaan adalah mengurangi dia untuk saat ini. Orang seperti itu tidak selalu tahu dirinya apa yang bisa ia lakukan, tapi ia merasa dengan insting, aku baik untuk sesuatu, meskipun demikian! Saya merasa saya memiliki raison d'être! Saya tahu bahwa saya bisa menjadi orang yang sangat berbeda! Untuk apa itu bisa saya berguna, untuk apa yang bisa saya layani! Ada sesuatu dalam diri saya, jadi apa itu! Itu merupakan pemalas yang sama sekali berbeda; Anda mungkin, jika Anda berpikir fit, membawa saya untuk satu seperti itu.
Di musim semi burung di cage29 yang tahu betul bahwa ada sesuatu yang dia akan baik untuk; ia merasa sangat jelas bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan, tapi dia tidak bisa melakukannya; apa yang dia tidak bisa mengingat dengan jelas, dan dia memiliki ide-ide yang samar-samar dan berkata pada dirinya sendiri, "yang lain sedang membangun sarang mereka dan membuat anak-anak kecil mereka dan meningkatkan induk ', dan ia membenturkan kepalanya jeruji kandangnya. Dan kemudian kandang tinggal di sana dan burung marah dengan penderitaan. "Lihat, ada sebuah pemalas ', kata burung melewati lain - lain yang semacam manusia luang. Namun tahanan hidup dan tidak mati; apa-apa yang terjadi dalam acara di luar, dia dalam keadaan sehat, dia agak ceria di bawah sinar matahari. Tapi kemudian datang musim migrasi. Sebuah serangan melankolis - tapi, mengatakan anak-anak yang merawatnya, dia punya semua yang ia butuhkan di kandangnya, setelah semua - tapi ia melihat langit di luar, berat dengan awan badai, dan dalam dirinya merasa pemberontakan terhadap nasib. Saya di kandang, aku di kandang, dan jadi saya kekurangan untuk apa-apa, Anda bodoh! Aku, aku memiliki semua yang saya butuhkan! 30 Ah, belas kasihan yang sake, kebebasan, menjadi burung seperti burung lainnya! 2v: 7
Seorang pria menganggur seperti yang menyerupai burung menganggur seperti itu.
Dan itu sering tidak mungkin bagi pria untuk melakukan apa-apa, tahanan di saya tidak tahu apa jenis mengerikan, mengerikan, kandang yang sangat mengerikan. Ada juga, aku tahu, rilis, rilis terlambat. Reputasi hancur benar atau salah, kemiskinan, keniscayaan keadaan, kemalangan; yang menciptakan tahanan.
Anda mungkin tidak selalu dapat mengatakan apa yang batas-batas, yang immures, yang tampaknya untuk mengubur, namun Anda merasa aku tidak tahu apa bar, aku tidak tahu apa gerbang - dinding.
Apakah semua yang imajiner, fantasi? Saya tidak berpikir begitu; dan kemudian Anda bertanya pada diri sendiri, Ya Tuhan, apakah ini lama, apakah ini untuk selama-lamanya, apakah ini untuk selamanya?
Kau tahu, apa yang membuat penjara hilang adalah setiap, lampiran serius dalam. Untuk menjadi teman, menjadi saudara, untuk mencintai; yang membuka penjara melalui kekuasaan yang berdaulat, melalui mantra yang paling kuat. Tapi dia yang tidak memiliki itu tetap berada di kematian. Tapi di mana simpati mata air lagi, hidup mata air lagi.
Dan penjara kadang-kadang disebut Prejudice, kesalahpahaman, ketidaktahuan fatal ini atau itu, ketidakpercayaan, rasa malu palsu.
Tetapi untuk berbicara tentang sesuatu yang lain, jika saya sudah turun di dunia, Anda, di sisi lain, sudah naik. Dan sementara aku mungkin memiliki persahabatan yang hilang, Anda telah memenangkan mereka. Itulah yang saya senang, saya katakan itu dalam kebenaran, dan itu akan selalu membuat saya senang. Jika Anda tidak sangat serius dan tidak sangat mendalam, saya mungkin takut bahwa hal itu tidak akan berlangsung, tapi karena saya pikir Anda sangat serius dan sangat mendalam, saya cenderung untuk percaya bahwa itu akan berlangsung. 2r: 8
Tetapi jika itu menjadi mungkin bagi Anda untuk melihat dalam diriku sesuatu selain pemalas dari jenis yang buruk, saya akan sangat senang tentang itu.
Dan jika aku pernah bisa melakukan sesuatu untuk Anda, berguna bagi Anda dalam beberapa cara, tahu bahwa saya melayani Anda. Karena saya telah menerima apa yang Anda berikan kepada saya, Anda sama-sama bisa meminta saya untuk sesuatu jika saya bisa berguna bagi Anda dalam beberapa cara atau yang lain; itu akan membuat saya bahagia dan saya akan menganggapnya sebagai tanda kepercayaan. Kami cukup jauh dari satu sama lain, dan dalam hal tertentu kita mungkin memiliki cara yang berbeda untuk melihat, namun demikian, kadang-kadang atau hari pertama dari kita mungkin bisa berguna bagi yang lain. Untuk saat ini, saya menjabat tangan Anda, berterima kasih lagi untuk kebaikan Anda telah menunjukkan saya.
Sekarang jika Anda ingin menulis kepada saya salah satu dari hari-hari ini, alamat saya adalah mengurus C. Decrucq, rue du Pavillon 8, Cuesmes, dekat Mons, 31 dan tahu bahwa dengan menulis Anda akan berbuat baik.

Hormat kami,
Vincent

156
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, Jumat, 20 Agustus, 1880.
  1r: 1
Cuesmes, 20 Agustus 1880

Sayang Theo,
Jika saya tidak salah, Anda masih harus memiliki Millet 'The buruh dari fields'.1 yang akan Anda berbaik hati untuk meminjamkan kepada saya untuk sementara waktu, dan mengirimkannya kepada saya melalui pos?
Anda harus tahu bahwa saya membuat sketsa gambar besar afterMillet, dan bahwa saya telah melakukan empat kali dari hari, 2 serta sower.3 The
Nah, jika Anda melihat mereka mungkin Anda tidak akan terlalu senang dengan mereka. Sekarang, jika Anda ingin mengirim saya Tenaga kerja dari ladang, mungkin Anda bisa juga menambahkan beberapa lembar lain dengan atau afterMillet, J. Breton, Feyen-Perrin, & c. Jangan membeli khusus, tapi meminjamkan apa yang mungkin telah Anda.
Kirimkan saya apa yang Anda bisa, dan tidak memiliki ketakutan pada account saya. Kalau saja aku bisa terus bekerja, aku akan sembuh entah bagaimana. Tapi Anda akan sangat membantu bagi saya dengan melakukan hal ini. Jika Anda berkunjung ke Holland cepat atau lambat, saya harap Anda tidak akan lewat tanpa datang untuk melihat goresan.
Saya menulis kepada anda sambil menggambar dan aku terburu-buru untuk kembali ke sana, begitu baik-malam, dan mengirim lembar sesegera mungkin, dan percayalah

Pernah Anda,
Vincent

c / o Charles Decrucq
rue du Pavillon 3
Cuesmes.

Para Millets yang telah saya lakukan adalah empat kali hari, format kurang lebih bahwa lembaran dari gambar Bargue course.4
  1V: 2
Anda akan mengerti cukup baik diri sendiri apa yang saya butuhkan untuk membuatnya tidak perlu bagi saya untuk memberitahu Anda, tapi saya akan memberitahu Anda tetap, sehingga Anda dapat mengetahui pemikiran saya.
Mereka terutama studi tokoh, seperti Millet The penggali, 5 atau litograf setelah Winnower.6 nya Dan angka oleh Brion atau Frère atau Feyen-Perrin atau Jules Breton.
Saya percaya Anda bisa menemukan hanya apa yang saya butuhkan di Alliance des Arts, di mana mereka memiliki litograf oleh Contemporary Artists & c., Yang dijual di sana sangat cheaply.7 Selembar bahwa aku akan sangat senang untuk memiliki besar etsa Daubigny itu afterRuisdael , bush, yang dijual di print-toko di Louvre.8
Saya telah melakukan awal dari penambang, laki-laki dan perempuan thrutchersb, akan pit di pagi hari, di salju, di jalan samping pagar berduri: melewati bayangan, samar-samar terlihat di dusk.9 Dalam latar belakang, bangunan tambang besar dan tumpukan terak menjadi tidak jelas terhadap langit. Saya mengirim Anda Croquis sehingga Anda dapat membayangkan sendiri. Tapi aku merasa perlu untuk mempelajari melukisnya dari master likeMillet, Breton and10 Brion atau Boughton, atau orang lain. Apa pendapat Anda tentang Croquis tersebut? Apakah ide tampaknya baik untuk Anda?
Dalam foto-foto setelah J. Breton oleh Bingham ada, jika saya ingat benar, salah satu dari para pemungut perempuan. Siluet gelap dengan langit di mana matahari terbenam, red.11 Ada Anda, itu hal-hal seperti itu saya harus di depan mata saya. Itu karena saya pikir Anda lebih memilih untuk melihat saya melakukan sesuatu yang baik daripada melakukan apa-apa yang saya menulis kepada Anda tentang hal ini, dan mungkin itu akan menjadi alasan mengapa pemahaman yang baik dan persahabatan bisa didirikan kembali antara kedua kita, dan kita mungkin mungkin berguna bagi satu sama lain.
Saya sangat ingin untuk mengeksekusi gambar yang bersangkutan lebih baik daripada yang telah saya lakukan. Dalam salah satu yang telah saya lakukan, seperti berdiri, angka mungkin sekitar 10 cm tinggi. Liontin adalah pengembalian para penambang, tetapi kurang berhasil seperti berdiri. Ini sangat sulit, karena melibatkan efek siluet coklat dikelilingi oleh cahaya terhadap matahari terbenam langit bergaris-garis.
Kirim Tenaga kerja dari bidang oleh kembali posting jika Anda bisa dan jika Anda mau.

  2r: 3
[sketsa A]

  2v: 4
Aku telah menjatuhkan garis untuk Mr Tersteeg untuk bertanya apakah mungkin akan ada beberapa cara bagi saya untuk memiliki Bargue yang Exercices au fusainfor sementara, 12 yaitu studi tentang model telanjang Anda akrab dengan. Saya tidak tahu apakah dia akan melakukannya atau tidak, itu mengatakan kirimkan mereka, tetapi seandainya dia tidak, tidak bisa Anda mempengaruhi dia sedikit menguntungkan saya? Karena Exercices ini au fusain akan sungguh berguna bagi saya. Tapi mungkin dia akan melakukan saya nikmat mengirimkan saya setidaknya beberapa lembar, jika tidak seluruh program.



157
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, Selasa 7 September, 1880.
  1r: 1
Cuesmes, 7 September 1880

Sayang Theo,
Adapun lembar, lukisan & c. yang Anda kirimkan kepada saya beberapa waktu yang lalu, saya menerima mereka dengan aman dan saya terima kasih banyak untuk mereka. Kau melakukan saya layanan besar dengan mengirimkan mereka.
Aku akan memberitahu Anda, bahwa saya telah membuat sketsa 10 lembar Millet itu Tenaga Kerja dari fields1 (dalam kira-kira dimensi selembar dari Bargue Cours de dessin) 2 dan bahwa saya telah benar-benar selesai salah satu dari mereka, yaitu woodcutter.3 saya akan lebih jauh dengan mereka jika bukan karena fakta bahwa saya pertama kali ingin melakukan Bargue yang Exercices au fusain, yang Mr Tersteeg telah begitu baik untuk meminjamkan, dan sekarang aku sudah selesai 60 sheets.4
Selain itu, saya sudah ditarik Malam prayer5 setelah etsa yang Anda kirim.
Saya sangat ingin untuk dapat menunjukkan mereka, untuk memiliki pendapat Anda tentang semua itu, serta pada beberapa gambar lainnya, seperti sepia besar setelah T. Rousseau, Oven di Les Landes.6 aku akan melakukannya dua kali sebelum, kecil, di cat air, sebelum berhasil dengan itu. Aku akan, karena saya sudah bilang, benar-benar seperti untuk doRuisdael The bush, 7 juga. Anda tahu bahwa dua lanskap ini dalam gaya yang sama dan sentimen.
Cukup lama saya sudah menulis ke gambar tanpa membuat banyak kemajuan, tetapi baru-baru ini sudah terjadi lebih baik, menurut saya, dan saya yakin bahwa ia akan pergi lebih baik lagi. Terutama mengingat fakta bahwa Mr Tersteeg dan Anda juga, telah datang untuk membantu saya dengan model yang baik; karena saya percaya saya melakukan jauh lebih baik untuk saat ini dengan menyalin pertama hal-hal baik dibandingkan dengan bekerja tanpa dasar itu.
Namun, saya tidak bisa membantu membuat sketsa, dalam dimensi yang cukup besar, gambar para penambang pergi ke pit, yang saya kirim Anda Croquis, 8 mengubah susunan angka yang sedikit. 1V: 2
Saya sangat berharap bahwa setelah menyalin dua seri Bargue yang lain well9 saya akan dapat menarik penambang lebih atau kurang wajar atau thrutcher wanita, ketika salah satu dari hari-hari ini akan memungkinkan bagi saya untuk memiliki model dengan beberapa karakter, dan sebagai sejauh yang bersangkutan, ada beberapa di sini.
Saya menemukan litograf setelah Bosboom, Interior kandang sapi, 10 sangat indah. Anda juga memahami pemikiran saya ketika Anda menambahkan Hébert itu Malaria11 koleksi kami.
Jika Anda masih memiliki buku dengan lukisan setelah Michel, 12lend kepada saya terlalu kadang-kadang, tapi tidak mendesak; Saya punya banyak untuk bekerja pada untuk saat ini, tapi saya akan sangat bersemangat untuk melihat orang-lanskap lagi, karena sekarang saya melihat hal-hal dengan mata yang berbeda dari saat saya belum menggambar. Saya harap Anda tidak akan terlalu senang dengan gambar setelah Millet ketika Anda melihat mereka; engravings13 kayu kecil ini indah. Seperti yang saya sudah akan memiliki 20 lembar setelah Millet, semua mengatakan, Anda juga dapat memahami bahwa jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi untuk saya, saya akan sangat tertarik untuk melakukannya, karena saya sedang mencoba untuk mempelajari master seriously.14 I sedang menyadari bahwa etsa besar diggers15 yang jarang terjadi, tetapi mengawasi terbuka untuk itu tetap, dan katakan padaku berapa harganya kita masih bisa mendapatkannya. Suatu hari saya akan earn16 atau dua duit dengan beberapa goresan dari penambang, dan aku akan sangat tertarik untuk memiliki lembar, serta semak The, begitu aku bisa membelinya, meskipun mungkin agak mahal. 1V: 3
Beberapa hari yang lalu saya membeli 2 volume Musée Universel untuk 2,50 franc, 17 di mana terdapat cukup banyak ukiran kayu yang menarik, termasuk 3 Millets.18
Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa banyak Mr Tersteeg telah senang saya dengan menyetujui untuk membiarkan saya memiliki Bargue yang Exercices au fusain dan Cours de dessin. Saya telah bekerja pada yang pertama selama dua minggu atau sekitar itu, dari awal di pagi sampai malam, dan hari demi hari aku percaya aku bisa merasakan bahwa itu membuat saya lebih kuat. Tapi tidak dengan kurang, bukan dengan lebih semangat, saya sekarang melakukan Tenaga kerja dari ladang. Ini Domba-shearers19 yang sedang bepergian sekarang.
Jadi menerima saya terima kasih untuk mengirim mereka, dan pastikan bahwa apa pun yang Anda mungkin dapat menemukan oleh seniman yang tidak bisa lebih berguna bagi saya. Adapun Penabur itu, 20 aku sudah ditarik itu 5 kali sekarang, dua kali kecil, 3 kali besar, namun saya akan kembali ke sana lagi, sosok yang menghantui saya begitu.
Ketika Anda menulis kepada saya, cepat atau lambat (yang dengan cara gangguan akan memberi saya senang), bisa Anda memberi saya beberapa informasi tentang lukisan A. Legros '? 21 Jika memori saya melayani saya benar, saya pernah melihat sekitar selusin mereka di Inggris yang sangat baik.
Untuk saat ini, saya akan mengakhiri surat ini dengan berterima kasih kepada Anda lagi dan menjabat tangan Anda.

Vincent

Juga menerima ucapan selamat pada kesempatan 10 September.22

Alamat C. Decrucq.
3 rue du Pavillon
Cuesmes (dekat Mons)

  1r: 4
Berikut adalah Millets yang saya miliki:

Penabur.
doa malam
Reapers sheaves23 mengikat
Penebang kayu dan istrinya di forest24 yang
Fields di winter.25
peasant26 muda
Tenaga Kerja dari ladang, 10 lembar
Empat kali dalam sehari, 4 sheets27

Jangan Anda masih memiliki penebang kayu tua sendirian di hutan di koleksi ukiran kayu? 28

158
Untuk Theo van Gogh. Cuesmes, Jumat 24 September, 1880.
  1r: 1
Cuesmes, 24 September 1880

Sayang Theo,
Surat Anda melakukan saya baik; Saya berterima kasih untuk menulis kepada saya seperti itu.
Sebenarnya, roll berisi koleksi baru lukisan dan berbagai lembaran baru saja tiba. Pertama dan terpenting, etsa mengagumkan, Bush, oleh Daubigny / Ruisdael.1 Itu saja! Saya berencana untuk melakukan dua gambar, baik dalam sepia atau sesuatu yang lain, salah satu dari mereka setelah etsa ini - yang lain setelah T. Rousseau The oven di Les Landes.2 sepia terakhir ini sudah dilakukan - itu benar - tetapi jika Anda membandingkannya dengan etsa Daubigny, Anda akan mengerti bahwa menjadi lemah, meskipun gambar sepia dianggap sendiri mungkin sangat baik memiliki nada dan sentimen tertentu. Aku harus kembali ke sana dan bekerja di atasnya lagi.
Aku masih bekerja pada Bargue yang Cours de dessin, dan berencana untuk menyelesaikannya sebelum melakukan apa pun, karena dari hari ke hari itu latihan dan memperkuat kedua tangan saya dan pikiran saya, dan saya tidak akan bisa merasa cukup berhutang budi kepada Mr Tersteeg untuk memiliki begitu murah hati meminjamkan kepada saya. Model ini sangat baik. Sementara itu aku sibuk membaca buku tentang anatomi dan lain pada perspektif yang Bapak Tersteeg juga mengirimkan me.3 Studi ini berduri, dan kadang-kadang buku-buku ini adalah sebagai menjengkelkan karena bisa, tapi tetap saya percaya bahwa aku melakukan hal yang benar dengan mempelajari mereka.
Anda dapat melihat, bahwa saya bekerja seperti gila, tapi untuk saat ini tidak memberikan hasil yang sangat menggembirakan. Tapi aku punya harapan bahwa duri ini akan menanggung bunga putih di waktu mereka, dan bahwa perjuangan ternyata steril ini tidak lain dari seorang buruh melahirkan. Nyeri pertama, maka sukacita setelah itu.
Anda ceritakan tentang Lessore. Saya percaya saya ingat beberapa pemandangan cat air yang sangat elegan yang bisa olehnya, 4 dengan nada pucat, dengan sapuan kuas yang tampaknya mudah dan ringan tapi pada saat yang sama yang akurat dan halus, dengan efek (biarkan dikatakan tanpa maksud buruk , sebaliknya, dengan yang baik) itu sedikit dekoratif. Jadi saya bisa dikatakan untuk mengetahui sesuatu tentang pekerjaannya, dan Anda akan bercerita tentang seseorang yang tidak sama sekali asing bagi saya. Saya suka potret Victor Hugo. Ini sangat sungguh-sungguh dilakukan, dengan tujuan yang jelas menjadi saksi kebenaran tanpa mencari efek. Berdasarkan itu, meskipun, itu memang memiliki efek.
Saya mempelajari beberapa karya Hugo terakhir ini musim dingin sedikit. Yaitu Le dernier jour d'un condamné5 dan buku yang sangat indah di Shakespeare.6 Saya mengambil studi penulis ini lama sekarang. Ini seindah Rembrandt. Shakespeare adalah Charles Dickens atau V. Hugo apa Ruisdaelis ke Daubigny, dan Rembrandt ke Millet.
Apa yang Anda katakan dalam surat Anda pada subjek Barbizon7 sangat benar dan saya akan memberitahu Anda satu atau dua hal yang akan membuktikan kepada Anda bahwa itulah cara saya sendiri melihat juga. Saya belum melihat Barbizon, tapi meskipun saya belum melihatnya, musim dingin yang lalu saya melihat Courrières. Saya melakukan perjalanan dengan berjalan kaki terutama di Pas de Calais, bukan Channel tapi departemen. Atau province.8 saya membuat perjalanan yang berharap mungkin untuk mencari pekerjaan di sana (apapun, jika mungkin, saya akan menerima apa-apa), tapi sebenarnya tanpa rencana nyata, saya tidak bisa mengatakan mengapa justru. Tapi aku berkata kepada diriku sendiri, Anda harus melihat Courrières. Aku hanya 10 franc di saku saya, dan setelah mulai dengan mengambil kereta aku segera habis sumber daya, dan setelah tinggal di jalan selama seminggu, Aku berjalan agak menyakitkan. Namun demikian, saya melihat Courrières dan luar studio.9 Mr Jules Breton Luar studio ini kecewa saya sedikit, melihat bahwa itu sebuah studio baru dan yang baru dibangun di batu bata, dari keteraturan Methodist, 10 dari aspek sebagai tidak ramah dan dingin dan asketis sebagai CM Jovinda, 11 yang, antara diri kita sendiri, saya tidak banyak seperti baik untuk alasan yang sama. Jika aku bisa melihat bagian dalam saya akan berpikir lagi tentang luar, saya cenderung untuk percaya, dan saya yakin itu bahkan, tetapi ada Anda, saya tidak bisa mendapatkan melihat di dalam. 1V: 2
. Karena saya tidak berani untuk memperkenalkan diri, sehingga masuk aku melihat di tempat lain di Courrières untuk beberapa jejak Jules Bretonor beberapa artis lainnya; semua yang saya temukan adalah fotonya di shop12 fotografer dan kemudian, di gereja tua, di sudut gelap, salinan Titian penguburan, yang dalam kegelapan tampaknya saya untuk menjadi sangat indah dan nada mengagumkan. Apakah dengan dia? Saya tidak tahu, karena tidak mampu membuat keluar signature.13 setiap
Tapi seorang seniman yang hidup, bukan jejak, hanya ada sebuah kafe, yang disebut Café des Beaux-Arts, 14 juga tidak ramah dan dingin dan memalukan bata baru, yang café dihiasi dengan semacam lukisan dinding atau lukisan mural yang menggambarkan episode dari kehidupan ksatria terkenal, Don Quixote.15 lukisan dinding ini, biarkan dikatakan secara rahasia, sepertinya saya maka penghiburan agak miskin dan agak biasa-biasa saja. Saya tidak tahu siapa mereka oleh.
Tapi bagaimanapun saya melihat pedesaan Courrières itu, tumpukan jerami, tanah pertanian coklat atau tanah marly hampir kopi berwarna, dengan bintik-bintik putih di mana napal muncul, yang merupakan sesuatu yang agak luar biasa bagi kita yang digunakan untuk tanah kehitaman. Dan langit Perancis tampaknya saya jauh lebih jelas dan jernih daripada berasap dan berkabut Borinage langit. Selain itu, ada rumah-rumah pertanian dan gudang yang masih dipertahankan atap berlumut jerami mereka, Terpujilah Tuhan dan berterima kasih untuk itu; Saya juga melihat host gagak, yang terkenal dari lukisan Daubigny dan Millet.16 Belum lagi pertama-tama, sebagai salah satu harus, tokoh yang khas dan indah pekerja: penggali yang berbeda, penebang kayu, pertanian tangan mengemudi timnya, dan garis sesekali seorang wanita di topi putih. Bahkan di sana, di Courrières, ada batubara tambang atau pit, 17 Saya melihat hari-pergeseran datang pada sore hari, tapi tidak ada pekerja perempuan dalam pakaian laki-laki, seperti dalam Borinage, hanya penambang mencari lelah dan sengsara, menghitam batubara-debu, mengenakan pit-kain dan salah satu dari mereka sebuah mantel tentara tua. Meskipun tahap ini hampir tak tertahankan bagi saya, dan saya kembali dari itu usang, dengan kaki memar dan dalam keadaan yang agak melankolis, saya tidak menyesal, karena saya melihat hal-hal menarik dan Anda belajar untuk melihat dengan mata sangat berbeda, ada di antara cobaan baku kemiskinan itu sendiri. Aku mendapat beberapa remah roti en route18 di sana-sini dalam pertukaran untuk beberapa gambar yang saya miliki dalam koper saya. Tapi ketika sepuluh franc saya hilang, saya harus bivak di tempat terbuka selama 3 malam lalu, sekali dalam kereta ditinggalkan, semua putih dengan es di pagi hari, tempat penampungan agak miskin, sekali dalam tumpukan kayu dan sekali, dan itu sedikit lebih baik, dalam tumpukan jerami yang telah menyinggung, di mana saya berhasil membuat sarang sedikit lebih nyaman, hanya hujan baik tidak benar-benar menambah kesejahteraan saya.
Nah, dan meskipun, itu dalam kemiskinan ekstrem ini bahwa saya merasa kembali energi saya dan saya berkata kepada diri sendiri, dalam setiap acara saya akan pulih dari itu, saya akan mengambil pensil saya bahwa saya meletakkan di kekecewaan besar saya dan aku akan kembali ke gambar, dan sejak saat itu, menurut saya, semuanya telah berubah bagi saya, dan sekarang saya sedang dalam perjalanan dan pensil saya telah menjadi agak patuh dan tampaknya menjadi lebih dari hari ke hari. Itu kemiskinan, terlalu lama dan terlalu parah, yang telah putus asa saya ke titik di mana aku tidak bisa lagi berbuat apa-apa. 1V: 3
Hal lain yang saya lihat selama perjalanan itu desa penenun '.
Para penambang dan penenun adalah sesuatu ras terpisah dari pekerja dan pedagang lainnya, dan saya memiliki rekan-perasaan yang hebat bagi mereka dan akan menghitung sendiri senang jika saya bisa menarik mereka satu hari, sehingga jenis, yang belum dipublikasikan atau hampir tidak dipublikasikan, bisa dibawa untuk melihat. Pria dari dasar jurang, 'de profundis', 19 itulah penambang tersebut; yang lain, dengan hampir termenung, hampir udara tidur-walker yang menerawang, adalah penenun. Dan sekarang sudah sekitar 2 tahun bahwa saya telah tinggal bersama mereka, dan sampai batas tertentu saya telah belajar untuk mengetahui karakter asli mereka, terutama yang dari penambang setidaknya. Dan semakin banyak saya menemukan sesuatu yang menyentuh dan bahkan hati-mengiris di ini miskin dan tidak jelas pekerja, yang terendah dari semua, sehingga untuk berbicara, dan yang paling dipandang rendah, yang satu biasanya gambar melalui efek dari mungkin hidup tapi sangat palsu dan imajinasi yang tidak adil sebagai ras penjahat dan perampok. Ada penjahat, pemabuk, perampok di sini seperti di tempat lain, tapi itu sama sekali tidak benar tipe.
Dalam surat Anda, Anda berbicara kepada saya samar-samar tentang datang ke Paris atau daerah sekitarnya. Cepat atau lambat, ketika akan mungkin dan ketika aku merasa seperti itu. Tentu saja, itu akan menjadi keinginan saya besar dan bersemangat untuk datang baik ke Paris atau Barbizon atau di tempat lain. Tapi bagaimana aku bisa melakukannya, karena saya tidak mendapatkan sou, dan meskipun saya bekerja keras itu akan mengambil lebih banyak waktu belum mencapai tingkat untuk dapat memikirkan hal-hal seperti datang ke Paris. Karena sebenarnya, untuk dapat bekerja sebagai salah satu harus, itu akan memakan waktu setidaknya sekitar seratus franc per bulan; Anda dapat hidup dengan penghasilan kurang, tapi kemudian Anda sulit bangun, terlalu banyak sehingga sebenarnya.
Kemiskinan mencegah pikiran yang baik berhasil; itu Palissy's20 pepatah lama, di mana ada kebenaran, dan yang sepenuhnya benar jika seseorang memahami tujuan dan impor sebenarnya.
Untuk saat ini saya tidak bisa melihat bagaimana hal itu akan dilakukan, dan itu lebih baik saya tinggal di sini, bekerja seperti yang saya dapat dan akan mampu, dan setelah semua, lebih murah untuk tinggal di sini.
Namun, saya akan dapat melanjutkan lebih lama di ruang kecil di mana saya sekarang. Ini kecil seperti itu, dan ada dua tempat tidur, anak-anak dan saya. Dan sekarang aku sedang melakukan Bargues, lembar cukup besar, saya tidak bisa memberi tahu Anda apa gangguan itu adalah untuk saya. Saya tidak ingin mengganggu orang-orang di pengaturan rumah tangga mereka; dan juga mereka telah mengatakan kepada saya bahwa sejauh ruang lain di rumah pergi, tidak ada cara bagi saya untuk memilikinya, bahkan jika saya membayar lebih, karena istri perlu untuk melakukan cuci nya, yang dalam rumah penambang yang harus dilakukan hampir setiap hari.
Jadi saya ingin hanya mengambil rumah pekerja kecil itu; yang biaya 9 franc per bulan rata-rata.
Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa banyak (meskipun fakta bahwa setiap hari kesulitan baru menampilkan diri dan akan terus menampilkan diri), saya tidak bisa mengatakan betapa bahagianya aku merasa telah mengambil gambar lagi. Ini sudah berada di pikiran saya untuk waktu yang lama, tapi aku selalu melihat hal mustahil dan di luar jangkauan saya. Tapi sekarang, sambil merasakan kedua kelemahan dan ketergantungan menyakitkan saya dalam hal banyak hal, saya sudah pulih berdamai pikiran, dan tenaga saya datang kembali dari hari ke hari. 1r: 4
Sekarang, tentang datang ke Paris. Jika kita menemukan kesempatan untuk berhubungan dengan beberapa yang layak, artis gagah berani, akan sangat menguntungkan bagi saya, tapi, untuk pergi ke sana hanya seperti itu, itu hanya akan menjadi pengulangan dalam skala besar dari perjalanan saya ke Courrières, di mana saya harapkan mungkin untuk bertemu dengan beberapa makhluk hidup dari spesies Artist, tapi di mana saya tidak menemukan satu. Bagi saya itu adalah masalah belajar menggambar dengan baik, untuk menjadi tuan baik pensil saya atau arang saya atau sikat saya; sekali yang dicapai aku akan melakukan hal-hal yang baik hampir di mana pun, dan Borinage adalah setiap bit sebagai indah setua Venice, seperti Saudi, seperti Brittany, Normandia, Picardy atau Brie.21
Jika saya melakukan hal yang salah, kesalahan adalah milikku. Tapi satu yang sangat pasti dapat menemukan lebih mudah di Barbizon daripada di tempat lain, jika mungkin adalah untuk memiliki pertemuan bahagia ini, kesempatan untuk jatuh dengan beberapa artis yang lebih maju yang akan bagi saya benar-benar malaikat Surga-mengirim, biarkan dikatakan serius dan tanpa berlebihan apapun.
Jadi jika, kadang-kadang, Anda melihat cara dan kesempatan, memikirkan aku; sambil menunggu Aku akan tinggal diam-diam di rumah beberapa pekerja kecil, di mana saya akan bekerja sebaik mungkin.
Anda juga berbicara kepada saya tentang Meryon; apa yang Anda katakan tentang dia sangat benar, saya memang sedikit berkenalan dengan lukisan nya. Apakah Anda ingin melihat sesuatu yang aneh - menempatkan satu dari goresan begitu tepat dan begitu kuat nya di samping setiap cetak dengan Viollet-le-Duc22 atau siapa saja yang melakukan arsitektur. Kemudian Anda akan melihat Meryon dalam cahaya penuh karena etsa lainnya, yang akan melayani, jika saya bisa begitu bebas, sebagai foil atau kontras. Jadi apa yang Anda lihat, kemudian? Ini. Meryon, bahkan ketika dia menggambar batu bata, granit, jeruji besi atau tembok pembatas jembatan, menempatkan sesuatu dari jiwa manusia, terguncang oleh saya tidak tahu apa sakit hati, dalam etsa-nya. Saya telah melihat gambar-gambar arsitektur Gothic oleh V. Hugo.23 Nah, tanpa harus kuat dan mengagumkan eksekusi Meryon itu, 24 ada sesuatu dari sentimen yang sama. Apa sentimen ini? Ini memiliki beberapa kekerabatan dengan apa yang diungkapkan Albrecht Dürer di hisMelancholy, 25 yang di masa kita James Tissot dan M. Maris juga memiliki (namun berbeda kedua mungkin satu dari yang lain). Beberapa kritikus mendalam benar berkata James Tissot 'Dia jiwa di need'.26 Tapi dalam hal apapun, ada sesuatu dari jiwa manusia ada; itu untuk alasan bahwa itu adalah besar, besar, tak terbatas, dan menempatkan Viollet-le-Duc sampingnya, itu batu, dan lainnya (yaitu Meryon), itu Roh. Meryon pasti memiliki kekuatan tersebut untuk cinta yang sekarang, seperti Dickens Sydney Carton, dia mencintai sangat batu places.27 tertentu Tapi itu juga menemukan lebih banyak dan lebih baik, dalam mulia, lebih berharga dan, jika saya mungkin diperbolehkan untuk mengatakan begitu , lebih Injili nada - mutiara berharga, 28 jiwa manusia mengungkapkan - di Millet, di Jules Breton, di Jozef Israels. Tetapi kembali ke Meryon, dia juga, menurut saya, beberapa kekerabatan jauh dengan Jongkind dan perhapsSeymour Haden, karena pada saat-saat tertentu dua seniman yang sangat kuat. Tunggu, mungkin Anda masih akan melihat bahwa saya juga seorang pekerja, meskipun saya tidak tahu sebelumnya apa yang akan mungkin bagi saya; Namun demikian, saya berharap untuk membuat beberapa goresan namun di mana mungkin ada sesuatu yang manusia. Tapi pertama-tama saya harus menarik Bargues dan melakukan hal-hal lain yang lebih rumit. Caranya cukup lurus dan pintu gerbang yang lurus dan ada beberapa yang menemukan it.29
Berterima kasih atas kebaikan Anda, terutama untuk bush, saya menjabat tangan Anda.

Vincent

Saya telah mengambil semua koleksi Anda sekarang, tetapi Anda akan memiliki kembali nanti, dan di samping itu, untuk koleksi ukiran kayu, yang saya harap Anda terus, saya punya beberapa hal yang sangat baik dalam 2 volume Musée yang Universel, yang saya berniat untuk Anda.



159
Untuk Theo van Gogh. Brussels, Jumat, 15 Oktober, 1880.
  1r: 1
Brussels, 1 Oktober 15, 1880

Sayang Theo,
Seperti yang Anda lihat, saya menulis kepada Anda dari Brussels. Karena saya pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan untuk pindah ke tempat lain untuk saat ini. Dan itu lebih dari satu alasan. Pertama, itu dari kebutuhan mendesak, sebagai studi kecil di mana saya tinggal dan di mana Anda dapat melihat year2 terakhir begitu sempit dan cahaya ada begitu buruk bahwa itu sangat nyaman untuk menggambar.
Memang benar bahwa jika aku bisa memiliki ruangan lain di rumah saya bisa tinggal, tetapi orang-orang rumah membutuhkannya, ruang lain ini, untuk melakukan pekerjaan rumah tangga mereka dan mencuci, dan bahkan jika saya dibayar sedikit lebih tidak ada cara memilikinya. Ini juga benar bahwa untuk Exercices au fusain dan Les Modeles d'après la Bosse dari Bargue, saya menarik mereka ada semua sama, baik dalam studi kecil atau di luar di taman, tapi sekarang aku sudah datang ke potret setelah Holbein & c. di bagian ke-3 dari Cours de dessin, 3 tidak akan melakukan lagi.
Itu berarti bahwa saya sudah pindah, dan sekarang untuk memperbaiki hal-hal yang agak radikal, inilah rencana saya, yang saya sudah mulai melaksanakan. Aku sudah melihat Mr Schmidt, di sini di Brussels, dan telah berbicara dengannya tentang masalah ini. Itu untuk mengatakan, saya sudah bertanya apakah melalui kantor-kantor yang baik di sana mungkin tidak ada cara bagi saya untuk melakukan kontak dan hubungan dengan beberapa artis, sehingga saya bisa terus belajar di beberapa studio yang serius. Karena saya merasa bahwa itu benar-benar diperlukan untuk memiliki hal-hal yang baik di depan mata seseorang, dan juga untuk melihat artis di tempat kerja. Karena yang membuat saya merasa lebih kuat apa yang saya kurang, dan pada saat yang sama aku belajar cara untuk memperbaiki itu.
Untuk waktu yang lama sekarang saya belum melihat cukup lukisan atau gambar & c., Dan hanya dengan melihat hal-hal yang baik beberapa di sini di Brussels telah mengangkat semangat saya, sehingga untuk berbicara, dan telah lebih jauh meningkatkan keinginan bahwa saya harus belajar melakukan sesuatu dengan tangan saya sendiri.
Jika Mr Schmidt akan memiliki kebaikan untuk berbicara serius dengan seseorang atau lainnya saya tidak ragu bahwa hal bisa bekerja lebih efektif. Ia menerima saya dengan hangat, namun demikian, jika Anda akan mengatakan satu atau dua kata dalam mendukung saya untuk merekomendasikan hal ini kepada dia, yang akan memiliki lebih banyak berpengaruh pada dirinya daripada aku bisa menghasilkan, karena itu sangat wajar bahwa ia mungkin menganggap saya dengan beberapa ketidakpercayaan , karena fakta bahwa saya sebelumnya dengan perusahaan dari G & Cie., kemudian pindah, dan sekarang kembali lagi ke masalah seni. 1V: 2
Jadi, jika Anda akan menulis dia garis pendek oleh kembali posting Anda akan melakukan saya layanan hebat dan itu akan menghemat waktu.
Aku langsung kembali ke pekerjaan saya di sini, itu mengatakan 3 bagian dari Bargues, dan memiliki ruang yang jauh lebih cocok daripada studi kecil, di penginapan-rumah kecil di blvd du Midi.
Ayah saya menulis kepada saya bahwa untuk saat ini saya bisa mengharapkan untuk menerima 60 franc per bulan melalui dia. Ada beberapa anak muda yang mulai studi menggambar dan berada dalam situasi yang sama dan tidak kaya, baik.
Tetapi hal yang memberi kekuatan dalam keadaan tersebut adalah bahwa seseorang tidak selalu sendirian, tapi kontak dan terhubung dengan orang lain yang berada di situation.4 yang sama
Dan itulah yang keinginan besar saya adalah - bahwa melalui kantor Mr Schmidt baik beberapa pintu akan dibuka bagi saya untuk bertemu dengan beberapa seniman muda di sini.
Jadi yang akan Anda lakukan hal tersebut untuk efek itu, yaitu menulis garis pendek ke Mr S.?
Saya telah melakukan drawing pen setelah penebang kayu Millet ini (ukiran kayu yang mengutus Aku) .5 Saya percaya bahwa menggambar dengan pena adalah persiapan yang baik jika nanti Anda mungkin ingin belajar etsa. Anda dapat melakukan banyak hal dengan pena, juga, untuk meningkatkan gambar pensil, tetapi Anda tidak berhasil pertama kalinya.
Adapun gambar setelah Ruisdael Bush, 6 saya akan di atas semua ingin bekerja di dalam pena, dan saya mempersiapkan diri untuk itu dengan membuat upaya percobaan dengan gambar lainnya. Antara lain, saya sudah melakukan salah satu dari kepala Dante, 7 yang agak seperti etsa. Tapi itu tidak semudah kelihatannya.
Pada pertemuan kami Mr Schmidt berbicara kepada saya tentang cara memasukkan L'Ecole des Beaux-Arts8 di sini, tapi saya mengatakan kepadanya terus terang bahwa tampaknya bagi saya bahwa itu jauh lebih disukai dalam kasus tertentu saya untuk bekerja di beberapa artis. Terutama karena saya sudah melakukan dua seri Bargues dan memiliki 3 di tangan, yang saya bisa mungkin lengkap dengan charcoals.9 Allongé itu saya tidak, bagaimanapun, menolak gagasan L'Ecole des Beaux-Arts, karena, misalnya, saya bisa pergi ke sana pada malam hari selama aku di sini, kalau gratis atau tidak mahal. 1V: 3
Tapi tujuan saya harus, untuk saat ini setidaknya, tetap belajar secepat mungkin untuk melakukan gambar rapi dan dijual, sehingga saya akan mulai untuk mendapatkan penghasilan secara langsung melalui pekerjaan saya. Karena itu memang merupakan keharusan yang dipaksakan pada saya.
Jika Anda menulis kepada saya, silakan mengatasi perawatan surat Mr Schmidt, karena saya tidak tahu apakah saya akan tinggal untuk waktu yang panjang atau pendek dalam penginapan saya sekarang.
Saya percaya bahwa Anda akan menyetujui apa yang saya bilang, karena untuk membuat kemajuan itu perlu untuk melanjutkan dengan sejumlah energi.
Setelah saya master pensil saya atau cat air atau etsa, saya bisa kembali ke daerah para penambang atau penenun, untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dari kehidupan daripada sejauh ini. Tapi pertama-tama saya harus mendapatkan jumlah sedikit keterampilan.
Mr Schmidt meminta panjang lebar untuk berita Anda dan membayar Anda pujian; dia dalam proses pindah ke toko lain di rue du Marché aux Herbes, sebaliknya bagian d'Hubert, 10and toko ini tentu sangat baik, sejauh yang saya sudah bisa melihatnya sejauh ini.
Kalau begitu, saya menyimpulkan untuk saat ini, berharap bahwa Anda akan setuju dengan apa yang saya katakan.
Saya percaya bahwa penginapan dan mungkin juga diet sedikit lebih baik daripada Borinage juga akan membantu membangun saya sedikit. Karena aku sudah pasti mengalami beberapa penderitaan di Belgia 'negara hitam', dan kesehatan saya belum terlalu bagus akhir-akhir ini. Tapi asalkan aku berhasil suatu hari karena dapat benar-benar menarik apa yang saya ingin mengungkapkan, aku akan melupakan semua itu dan akan ingat hanya aspek baik dari hal-hal, yang juga ada jika ada yang bersedia untuk mengamati itu. Tapi aku tetap harus berusaha untuk membangun diri sedikit, karena saya membutuhkan semua energi saya.
Menjabat tangan Anda

Vincent



160

Untuk Theo van Gogh. Brussels, Senin, 1 November, 1880.
  1r: 1
Brussels, 1 November
72 blvd du Midi

My dear Theo,
Saya ingin memberitahu Anda beberapa hal dalam membalas surat Anda.
Pertama-tama, aku pergi untuk melihat Mr Roelofs hari setelah saya menerima surat Anda, 1 dan dia mengatakan kepada saya bahwa pendapatnya adalah bahwa mulai sekarang saya harus berkonsentrasi pada gambar dari alam, yaitu apakah plester atau model, tapi tidak tanpa bimbingan dari seseorang yang mengerti dengan baik. Dan dia, dan lain-lain juga, serius menyarankan saya pasti pergi dan bekerja di sebuah akademi menggambar, setidaknya untuk sementara waktu, di sini atau di Antwerp atau di mana aku bisa, jadi saya pikir saya harus sebenarnya melakukan sesuatu tentang mendapatkan mengaku gambar itu akademi, meskipun saya tidak begitu suka ide. Biaya kuliah gratis di sini di Brussels, saya mendengar bahwa di Amsterdam, misalnya, harganya 100 gulden per tahun, dan satu dapat bekerja di ruang cukup dipanaskan dan menyala, yang bernilai memikirkan, terutama untuk musim dingin.
Saya membuat kemajuan dengan contoh Bargue, dan hal-hal yang berkembang. Selain itu, saya baru saja ditarik sesuatu yang banyak pekerjaan tapi aku senang melakukannya. Dibuat, pada kenyataannya, gambar pena skeleton, agak besar pada saat itu, pada 5 lembar kertas Ingres.

1 lembar kepala, kerangka dan otot
1,, batang tubuh, kerangka
1,, tangan dari depan, kerangka dan otot
1,,,, dari belakang,,,,,

1,, panggul dan kaki, kerangka.

Saya diminta untuk melakukannya oleh pengguna ditulis oleh Zahn, Esquisses anatomiques à l'penggunaan des artistes.2 Dan itu mencakup sejumlah 1V lainnya: 2 ilustrasi yang tampaknya saya sangat efektif dan jelas. Dari tangan, kaki & c. & c.
Dan apa yang saya sekarang akan lakukan adalah menyelesaikan gambar otot, yaitu bahwa batang tubuh dan kaki, yang akan membentuk seluruh tubuh manusia dengan apa yang sudah dibuat. Lalu masih ada tubuh terlihat dari belakang dan dari samping.
Jadi Anda lihat bahwa aku mendorong ke depan dengan sepenuh hati, hal-hal yang tidak begitu sangat mudah, dan membutuhkan waktu dan apalagi sedikit kesabaran.
Untuk dapat diterima akademi menggambar seseorang harus memiliki izin dari walikota dan didaftarkan. Aku sedang menunggu jawaban request.3 saya
Aku tahu, tentu saja, bahwa tidak peduli seberapa hemat, seberapa buruk bahkan, seseorang hidup, itu akan berubah menjadi lebih mahal di Brussels daripada di Cuesmes, misalnya, tapi aku tidak akan berhasil tanpa bimbingan apapun, dan saya pikir itu mungkin - jika saya hanya bekerja keras, yang pasti saya lakukan - itu baik Paman Cent atau Paman Cor akan melakukan sesuatu, jika tidak sebagai konsesi bagi saya setidaknya sebagai konsesi untuk Pa.
Ini rencana saya untuk mendapatkan ilustrasi anatomi kuda, sapi dan domba, misalnya, dari sekolah kedokteran hewan, 4 dan menarik mereka dalam cara yang sama seperti anatomi seseorang.
Ada hukum proporsi, cahaya dan bayangan, perspektif, bahwa seseorang harus tahu agar dapat menarik apa-apa. Jika salah satu tidak memiliki pengetahuan itu, akan selalu tetap menjadi perjuangan sia-sia dan satu tidak akan melahirkan apapun.
Itu sebabnya aku percaya aku kemudi kursus lurus dengan mengambil hal-hal di tangan dengan cara ini, dan ingin mencoba dan mendapatkan kekayaan anatomi di sini musim dingin ini, tidak akan lakukan untuk menunggu lebih lama dan pada akhirnya akan terbukti menjadi lebih mahal karena akan membuang-buang waktu. 1V: 3
Saya percaya bahwa ini juga akan menjadi sudut pandang Anda.
Menggambar adalah perjuangan keras dan sulit.
Jika saya harus dapat menemukan beberapa pekerjaan tetap di sini, itu lebih baik, tapi saya tidak berani mengandalkan itu belum, karena saya harus terlebih dahulu belajar banyak things.5 besar
Juga pergi untuk melihat Van Rappard, yang kini tinggal di rue Traversiere 64, dan telah berbicara kepada him.6 Dia memiliki penampilan yang baik, saya tidak melihat apa-apa karyanya selain beberapa gambar pena kecil lanskap. Tapi dia berdiam agak sumptuously7 dan, untuk alasan keuangan, saya tidak tahu apakah dia adalah orang dengan siapa, misalnya, saya bisa hidup dan bekerja. Tapi dalam hal apapun saya akan pergi dan melihat dia lagi. Tapi kesan saya tentang dia adalah bahwa tampaknya ada keseriusan dalam dirinya.
Di Cuesmes, anak laki-laki tua, saya tidak bisa berdiri itu sebulan lagi tanpa jatuh sakit dengan penderitaan. Anda tidak harus berpikir bahwa saya hidup dalam kemewahan di sini, untuk makanan sebagian besar terdiri dari roti kering dan beberapa kentang atau chestnut yang orang menjual di sudut-sudut jalan, tapi aku akan mengelola dengan baik dengan ruang sedikit lebih baik dan dengan makan sedikit makanan yang lebih baik dari waktu ke waktu di sebuah restoran jika itu mungkin. Tapi selama hampir 2 tahun saya mengalami satu dan lain hal di Borinage, itu bukan perjalanan kesenangan. Tapi itu akan mudah berjumlah sesuatu yang lebih dari 60 franc dan benar-benar tidak bisa sebaliknya. Menggambar bahan dan contoh, misalnya, untuk anatomi, itu semua biaya uang, dan mereka tentu penting, dan hanya dengan cara ini dapat melunasi nanti, kalau tidak aku tidak akan pernah berhasil.
Aku punya kesenangan besar akhir-akhir ini dalam membaca ekstrak dari karya Lavater dan Gall. Physiognomie et phrénologie. Yaitu karakter seperti yang dinyatakan dalam karakteristik wajah dan bentuk skull.8 yang
Menarik para penggali oleh Millet9 setelah foto oleh Braun10that saya temukan di Schmidt dan yang ia meminjamkan dengan yang Malam angelus.11 saya mengirim kedua gambar tersebut ke Pa sehingga dia bisa melihat bahwa saya melakukan sesuatu.
Menulis kepada saya lagi segera. Alamat 72 blvd du Midi. Aku tinggal di sebuah kos-rumah kecil untuk 50 franc per bulan dan memiliki roti dan secangkir kopi di sini, pagi, siang dan sore hari. Itu bukan sangat murah tapi mahal di mana-mana di sini. 1r: 4
Para Holbeins dari Modeles d'apres les maitres12 yang indah, saya melihat bahwa sekarang, menarik mereka, lebih dari sebelumnya. Tapi mereka tidak mudah, saya jamin.
Bahwa Mr Schmidt terjerat dalam hitungan uang yang akan melibatkan keluarga Van Gogh dan yang ia, yaitu Mr S., akan adil dituntut, saya tidak tahu hal sekecil apapun tentang semua yang ketika saya pergi untuk melihat dia, dan saya pertama kali mengetahui hal itu dari letter.13 Anda Jadi itu agak disayangkan, meskipun Mr Schmidt menerima saya cukup hormat semua sama. Mengetahui sekarang, meskipun, dan hal-hal yang seperti mereka, itu mungkin akan lebih bijaksana untuk tidak pergi ke sana sering, tanpa menjadi perlu sengaja untuk menghindari bertemu dengannya.
Saya akan menulis kepada kamu cepat tapi terlalu sibuk dengan kerangka saya.
Saya percaya bahwa semakin lama Anda berpikir tentang hal ini semakin Anda akan melihat perlunya pasti lingkungan yang lebih artistik bagi saya, bagaimana orang seharusnya belajar menggambar kecuali seseorang menunjukkan Anda? Dengan kemauan yang terbaik di dunia yang tidak bisa berhasil tanpa juga datang ke dan yang tersisa dalam kontak dengan artis yang sudah lebih jauh. Akan baik adalah sia-sia jika sama sekali tidak ada kesempatan untuk pembangunan. Mengenai seniman biasa-biasa saja, untuk yang peringkat Anda pikir saya tidak perlu ingin menjadi bagian, apa yang harus saya katakan? Itu tergantung pada apa yang disebut biasa-biasa saja. Aku akan melakukan apa yang saya bisa, tapi sama sekali tidak melakukan aku benci biasa-biasa saja dalam arti sederhana. Dan salah satu pasti tidak naik di atas level tersebut dengan merendahkan apa yang biasa-biasa saja, menurut saya kita harus setidaknya mulai dengan memiliki beberapa menghormati biasa-biasa saja juga, dan dengan mengetahui bahwa itu juga, sudah berarti sesuatu dan bahwa satu doesn 't mencapai bahkan tanpa banyak usaha. Kata perpisahan untuk hari ini, aku berjabat tangan Anda dalam pikiran. Menulis lagi segera jika Anda bisa.


Vincent


sumber : http://vangoghletters.org/
terjemahan : google translate










sponsored by
 

Pak Lurah

Developer

apa saja selain hidup

0 comments:

Post a Comment